earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Madiun termasuk kota yang memiliki banyak hal serta tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Jawa Timur. Mulai dari wisata kuliner pecelnya yang terkenal hingga wisata sejarah dan alam yang menawan semua ada.

Tempat wisata di Kota Madiun ini sangat cocok untuk Anda yang ini liburan santai karena suasananya yang tenang seperti sejumlah tempat wisata di Tuban.

Masih belum percaya? berikut ini 18 rekomendasi tempat wisata Madiun terbaik yang wajib Anda kunjungi di tahun 2022:

Daftar Tempat Wisata di Madiun yang Lagi Hits

Nusantara Edupark

Nusantara Edupark

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pengalaman rekreasi seru bersama keluarga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Nusantara Edupark. Tidak jauh berbeda dari Sindu Kusuma Edupark di Jogja, tempat ini menawarkan banyak wahana edukatif menarik.

Anda bersama anak-anak dapat bermain air di waterpark atau outbound yang telah tersedia. Tempat ini juga memiliki kebun binatang mini dengan berbagai koleksi hewan seperti burung, reptil, dan ikan yang beraneka macam.

Bukan cuma itu saja, fasilitas seperti gazebo dan restoran dengan suasana nyaman juga tersedia untuk melengkapi kunjungan Anda. Untuk tiket masuknya juga masih terjangkau sekitar Rp25.000,00 hingga Rp35.000,00 per orang.

Anda yang mau berkunjung bisa datang pada jam operasionalnya pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB setiap harinya. Alamat taman rekreasi ini berada di Jl. Raya Dungus, Munggut, Mojopurno, Wungu, Kota Madiun.

Monumen Kresek

Monumen Kresek

Cerita sejarah mengenai Peristiwa Madiun 1948 bisa Anda temukan saat mengunjungi Monumen Kresek. Monumen ini berdiri pada 10 Juni 1991 dan memiliki luas 3.3 hektar dan berperan sama seperti Monumen Jogja Kembali.

Jadi selain menampilkan diorama serta relief peristiwa kelam tersebut, pengunjung juga dapat rekreasi di kawasan ini. Misalnya saja seperti piknik santai bersama keluarga, camping, atau sekedar berfoto di tengah suasananya yang asri.

Suasana serupa juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Monumen Palagan Ambarawa yang terkenal. Monumen ini bisa Anda kunjungi setiap hari antara pukul 05.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Dengan tiket masuk yang hanya Rp2.000,00 per orang sangat sayang jika tidak mengunjungi monumen satu ini. Lokasinya juga mudah untuk Anda temukan karena berada di Jl. Raya Monumen Kresek, Sewu, Kresek, Wungu, Madiun.

Gunung Wilis

Gunung Wilis

Selain dari Kediri, Nganjuk, dan Ponorogo, pendakian menuju Gunung Wilis juga bisa Anda mulai dari Madiun tepatnya via Desa Kare. Jalur pendakian dari desa ini membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 11 jam menuju puncak seperti mendaki Gunung Gede Pangrango.

Keunikan gunung setinggi 2.563 mdpl ini terletak pada jumlah puncaknya yang mencapai puluhan. Selain itu, di sekitar gunung ini terdapat banyak destinasi menarik lain berupa air terjun.

Bahkan air terjun di sini memiliki pesona indah seperti halnya Air Terjun Coban Rondo. Untuk Anda yang ingin mendaki gunung ini bisa datang ke basecamp Kare eco adventure di Branjang, Kare, Madiun.

Biaya retribusi pendakiannya pun terjangkau, hanya sekitar Rp10.000,00 per orang. Anda bisa datang ke basecamp antara pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB agar lebih mudah melakukan persiapan pendakian.

Gunung Kendil

Gunung Kendil

Anda yang senang bersepeda atau melakukan aktivitas offroad wajib sekali mengunjungi Gunung Kendil. Meski bernama sama dengan salah satu tempat wisata di Temanggung terkenal, pesona kedua Gunung Kendil ini berbeda.

Gunung Kendil di Madiun merupakan sebuah bukit bekas tempat latihan tembak tentara yang kini menjadi arena rekreasi terutama kegiatan offroad. Seringkali perlombaan motor cross atau jeep offroad berlangsung di tempat ini.

Selain itu panorama dari tempat ini cukup cantik dan mampu menyaingi Bukit Moko yang ada di Bandung. Anda yang ingin mampir bersepeda ke tempat ini bisa berangkat menuju Jl. Gunung Kendil, Pilangrejo, Wungu, Madiun.

Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan untuk menikmati keindahan alami dari bukit ini. Langsung saja datang pada jam operasionalnya yakni pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Taman Pule

Taman Pule Madiun

Meski bernama sama dengan salah satu tempat wisata Instagramable di Jogja, Taman Pule Madiun ternyata menawarkan keseruan berbeda. Desa Wisata Pule ini memiliki banyak fasilitas wisata lengkap untuk Anda nikmati.

Sebut saja taman selfie, area bermain, taman kelinci, hingga kolam renang dan saung di tengah sawah juga ada. Panorama desa yang aesthetic membuat tempat ini menjadi favorit kawula muda untuk berfoto.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan layanan dari tempat rental mobil murah terdekat yang ada. Atau bisa juga dengan langsung menuju alamatnya di Jl. Lawu, Pule, Sawahan, Madiun.

Kawasan desa wisata ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap hari kecuali hari Senin karena tutup. Tiket masuknya pun masih sangat murah sekitar Rp3.000,00 hingga Rp5.000,00 per orangnya.

Wisata Watu Rumpuk

Wisata Watu Rumpuk

Kawasan Wisata Watu Rumpuk termasuk salah satu tempat wisata di Jawa Timur andalan Madiun yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini menawarkan keindahan panorama alam dari atas bukit berbatu dengan ukuran besar.

Berbagai spot foto menarik bisa Anda coba di sini seperti cangkir tumpah, gardu pandang, hingga batu belah semua tersedia. Daya tariknya pun bukan itu saja, di sini Anda juga bisa menjelajah Goa Jepang dan mendaki Gunung Tapak Bimo.

Tempat ini juga sering menjadi langganan sejumlah event seperti halnya Puncak Sosok yang ada di Jogja. Anda yang ingin berkunjung ke sini bisa langsung menuju alamatnya di Daerah Morosowo, Mendak, Dagangan, Madiun.

Kawasan wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Cukup membayar biaya retribusi sekitar Rp10.000,00 Anda sudah bisa menikmati keindahan dari Watu Rumpuk.

Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan

Madiun terkenal memiliki banyak waduk berukuran kecil yang cantik salah satunya Waduk Dawuhan. Seperti halnya tempat wisata terkenal di Kebumen, Waduk Sempor, kawasan bendungan ini sering menjadi lokasi memancing favorit bagi sejumlah wisatawan.

Sambil menikmati panorama sekitar dari atas perahu atau tepi waduk, Anda bisa memancing dan mendapatkan beraneka macam ikan segar. Panorama indah tempat ini biasanya bisa Anda nikmati saat sore hari.

Namun tidak sedikit pula yang datang di pagi hari untuk berolahraga di sini seperti saat mengunjungi Waduk Sermo Kulon Progo. Untuk lokasinya sendiri Bendungan Dawuhan ini berada di Daerah Plumpung Lor, Wonoasri, Madiun.

Anda yang ingin camping atau sekedar berkunjung bisa datang kapan saja karena tempat ini buka selama 24 jam. Selain itu tiket masuknya juga murah sekitar Rp3.000,00 per orangnya.

Waduk Notopuro

Waduk Notopuro

Selain Waduk Dawuhan, salah satu waduk yang bisa jadi pilihan Anda selanjutnya adalah Waduk Notopuro. Lokasinya berada di sisi utara Madiun dengan panorama Gunung Liman yang menawan.

Sama seperti waduk dawuhan, bendungan notopuro termasuk lokasi favorit pengunjung yang ingin memancing dan bersantai. Apalagi tempat wisata ini gratis sehingga orang bisa bebas datang tanpa harus mengeluarkan biaya.

Waktu operasional waduk ini sendiri berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB tergantung warga sekitar. Jika Anda tertarik berkunjung bisa datang langsung ke Jl. Raya Notopuro, Karang Tengah, Duren, Pilangkenceng, Madiun.

Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo

Ingin bersantai sekaligus berfoto ria di area hutan yang asri? Hutan Pinus Nongko Ijo ini bisa jadi pilihan destinasi. Lokasinya berada di atas lembah sehingga memiliki suasana sejuk dan dapat menjadi lokasi piknik yang asyik.

Anda bisa bebas berfoto di sejumlah spot menarik yang tersedia di kawasan hutan. Jika tertarik, Anda bisa meminta sopir dari tempat sewa bus pariwisata murah terdekat untuk mengantar Anda ke lokasi.

Hutan pinus ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan tiket masuk sekitar Rp5.000,00 per orang. Anda yang ingin piknik di sini bisa datang ke alamatnya di Jl. Desa Kare, Kare, Madiun.

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus

Tidak jauh dari Waduk Notopuro, Anda juga bisa mengunjungi Waduk Kedungbrubus. Di sini Anda dapat memancing, camping, hingga menikmati kuliner lezat berupa ikan bakar di sejumlah warung yang ada.

Panorama bendungan yang apik saat pagi dan sore hari juga dapat Anda manfaatkan menjadi latar berfoto setelah berolahraga. Usahakan pula untuk datang di musim hujan agar debit airnya tidak menyusut.

Sama seperti Waduk Notopuro tempat ini tidak ada tiket masuk atau gratis serta buka selama 24 jam. Alamatnya berada di Daerah Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun sekitar 35 menit dari Caruban.

Waduk Saradan

Waduk Saradan

Satu lagi waduk kecil cantik yang bisa Anda kunjungi di Madiun yakni Waduk Saradan. Lokasinya berada di Jl. Raya Madiun – Nganjuk, Petung, Pajaran, Saradan, Madiun.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin beristirahat saat perjalanan menuju atau dari Surabaya melewati Kota Madiun. Kawasan waduk tenang ini buka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis di luar biaya makan dan parkir.

Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape

Suasana pedesaan yang asri langsung terasa saat Anda berada di Wana Wisata Grape. Fasilitas yang ada di kawasan agrowisata ini tidak kalah dari tempat wisata di Sumedang favorit, Kampoeng Ciherang.

Di sini Anda bisa bermain di sungai, camping, outbound, hingga menikmati kuliner khas di tengah alam yang tenang dan sejuk. Lokasinya sendiri terletak di Jl. Grape, Kuwiran, Kare, Madiun.

Anda bisa berkunjung di waktu operasionalnya yang buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiketnya pun tidak mahal sama sekali karena hanya Rp3.000,00 per orang.

Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru

Bernama lain Air Terjun Kedung Malem, Air Terjun Seweru ini bisa jadi pilihan Anda untuk healing di alam. Tingginya tidak seberapa namun aliran airnya yang alami terasa begitu menyegarkan.

Air terjun ini berada di Desa Brajang, Kare, Madiun dan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Siapkan saja biaya tiket masuk sebesar Rp2.000,00 untuk dapat menikmati kecantikan air terjun ini.

Selo Gedong

Selo Gedong

Bagi para pecinta fotografi wajib sekali untuk mengunjungi Selo Gedong. Gunung dengan formasi batu unik berukuran besar ini memiliki panorama eksotis yang apik untuk bahan foto Anda.

Lokasinya berada di Desa Bodag, Kare, Madiun, tepat berada di kaki Gunung Wilis yang sejuk. Tempat wisata alam ini buka setiap hari dengan tiket masuk sekitar Rp5.000,00 per orangnya.

Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas

Dari beberapa waduk yang ada di Madiun, Waduk Bening Widas termasuk yang terbesar. Waduk ini termasuk salah satu tempat wisata instagramable Madiun karena bentang alamnya yang apik terutama saat sore hari.

Cukup dengan membayar biaya retribusi sekitar Rp10.000,00 Anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata yang buka 24 jam ini. Untuk Anda yang ingin mampir bisa langsung datang ke Jl. Wisata Waduk Bening, Setren, Pajaran, Saradan, Madiun.

Air Terjun Kertoembo

Air Terjun Kertoembo

Satu lagi rekomendasi air terjun cantik tersembunyi yang bisa Anda kunjungi yakni Air Terjun Kertoembo. Selain menikmati suasana air terjun yang asri, sepi, dan tenang, Anda juga dapat melakukan aktivitas seru seperti tubing.

Lokasi air terjun ini berada di Kampung Kertoembo, Sumberagung, Kare, Madiun yang sangat unik. Anda bisa datang ke kampung ini antara pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB kecuali hari Jumat dengan tiket masuk seikhlasnya.

Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban

Mengunjungi Madiun, sempatkan untuk mampir ke ibukota kabupatennya Kota Caruban, tepatnya di Taman Kota Caruban. Public space ini punya banyak fasilitas dan wahana bermain menarik yang bisa Anda coba bersama keluarga.

Sehingga saat akhir pekan atau sore hari Taman Kota Caruban pasti selalu ramai pengunjung. Anda yang ingin datang bisa menuju lokasinya di Jl. Anggur, Lingkungan Dua, Purwosari, Wonoasri, Madiun.

Situs Nglambangan

Situs Nglambangan

Madiun juga memiliki peninggalan sejarah yang bisa jadi pilihan destinasi Anda yakni Situs Punden Lambang Kuning Desa Nglambangan. Situs ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit dalam berbagai bentuk.

Penasaran dengan keunikan lain tempat ini? bisa datang ke Brubahan, Nglambangan, Wungu, Madiun. Saat malam satu suro, situs yang buka selama 24 jam dan masih gratis ini pasti selalu ramai warga yang melakukan ritual.

Bagaimana sudah ada pilihan tempat wisata di Madiun yang ingin Anda kunjungi? Langsung saja hubungi Kami, Salsa Wisata, dan dapatkan pengalaman berkesan yang tak terlupakan saat liburan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)