SalSari Resto & Coffee

Salah satu karakter unik di setiap kota di Indonesia adalah masing-masing memiliki alun-alun. Begitu juga dengan Purwodadi. Alun-Alun Purwodadi menjadi pusat kegiatan masyarakat untuk bersantai dan rekreasi.

Alun-alun ini cukup unik dan berbeda dari tempat taman rekreasi Jawa Tengah hits lainnya. Sebab alun-alun ini lebih mirip taman yang sangat luas karena banyak pepohonan, tanaman dan rerumputan di tengah-tengahnya.

Sekilas Tentang Alun-Alun Purwodadi

Alun-Alun Purwodadi Grobogan adalah ruang terbuka hijau yang menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat. Bagai taman raksasa, area ini penuh dengan pepohonan dan tanaman hijau yang segar di mata.

Penataan taman alun-alun ini sangat apik dan tak kalah elok dengan Simpang Lima Semarang. Di beberapa sudutnya ada area untuk fitnes outdoor, jogging hingga bersantai menikmati keindahan taman.

Selain itu, alun-alun ini menjadi bagian penting untuk kegiatan rekreasi warga setempat. Banyak yang datang ke sini untuk bermain hingga berbelanja di akhir pekan saat ada pasar kaget.

Fasilitas di Alun-Alun Purwodadi

fasilitas Alun-Alun Purwodadi

Fasilitas Alun-Alun Purwodadi ini cukup lengkap. Ada area parkir yang luas bisa untuk kendaraan sepeda motor dan mobil. Selain itu, fasilitas lain seperti tempat fitnes, tempat bermain gratis, tempat duduk dan lainnya.

Jika ingin ke toilet bisa datang ke toilet yang ada di Masjid Agung Baitul Makmur. Masjid agung ini juga sekaligus sebagai fasilitas ibadah. Lokasi masjid berada persis di sebelah alun-alun dan menjadi tujuan wisata religi.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Purwodadi

Untuk setiap pengunjung datang ke sini tidak perlu membayar tiket masuk karena memang tidak ada. Ini adalah fasilitas umum untuk siapa saja, bukan hanya warga Purwodadi. Anda hanya perlu membayar parkir.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Alun-Alun Purwodadi

bersepeda di Alun-Alun Purwodadi

Lokasi Alun-Alun Purwodadi beralamat di Brambangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Letaknya ada di pusat kota dan sangat strategis. Anda bisa menjangkaunya dengan sangat mudah.

Untuk rutenya, arahkan saja kendaraan menuju kota Purwodadi, Grobogan. Setelah itu bisa menggunakan Google Map atau bertanya langsung pada warga. Lokasinya mudah untuk Anda temui.

Daya Tarik Wisata Alun-Alun Purwodadi

Alun-Alun Purwodadi menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat termasuk dari luar kota saat bersinggah. Sebab tempat ini memang layak untuk wisata keluarga di akhir pekan apalagi fasilitasnya juga lengkap

Menikmati Pemandangan Hijau dan Segar

taman Alun-Alun Purwodadi

Purwodadi sendiri adalah kota kecil di Jawa Tengah. Kota ini menjadi penghubung antara Semarang dan Blora hingga ke Jawa Timur. Jika dari Demak dan Kudus hendak ke Surakarta juga akan melewati kota ini.

Alun-alun ini bisa dengan mudah Anda kenali ketika melewatinya. Sebab areanya sangat indah dan sejuk dengan banyak pepohonan dan tanaman. Tempat ini begitu segar dengan udara bersih walau berada dekat jalan.

Ketika berada di sini, Anda dapat merasakan kesegaran dan kesejukannya. Pemandangannya indah dan menenangkan. Sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat singgah saat melewatinya.

Area Olahraga Gratis

area olahraga Alun-Alun Purwodadi

Selain menikmati pemandangan dan tamannya, Anda juga bisa pergi menuju area olahraga. Alun-Alun Purwodadi Grobogan Jawa Tengah ini menjadi salah satu alun-alun yang menyediakan fasilitas olahraga lengkap.

Selain jalan di pinggir alun-alun yang berupa paving dan biasa untuk jogging warga di pagi hari, ada fasilitas olahraga lainnya terutama fitness. Fitness ini berada di ruang terbuka, dan siapapun bisa menggunakannya.

Beberapa fasilitas di sini adalah rowing machine, body pulling training, lat pull down two set dan double sit up board. Selain itu juga ada three waist swivel, chest press two seat, horse rider machine dan elliptical machine.

Bahkan di area ini juga tersedia bicycle dan single pole parallel baras. Bagi pecinta olahraga fitness bisa datang ke lokasi ini untuk mencoba fasilitasnya.

Selain itu, di dekat pendopo ada lokasi yang cocok untuk bermain skateboard dan sepatu roda. Anak-anak dan orang dewasa bisa menggunakan area ini tanpa perlu membayar.

Untuk anak-anak kecil bisa bermain dan lari-larian di atas lapangan yang penuh dengan rumput hijau nan segar. Ajaklah keluarga ke sini dengan memanfaatkan jasa rental mobil lepas kunci terbaik di Grobogan.

Berburu Foto Instagramable

Sebagai informasi, pemkot Purwodadi sudah menyiapkan lokasi khusus untuk para pedagang kaki lima. Sehingga area alun-alun ini cukup steril dari para pedagang terutama sampahnya.

Oleh sebab itu, taman di Alun-Alun Purwodadi ini bersih dan rapi, sangat cocok untuk berburu foto. Ada banyak spot foto menarik. Mulai dari taman, dekat pendopo, di tengah lapangan dan lainnya.

Wisata Kuliner di Alun-Alun

kulineran di Alun-Alun Purwodadi

Di salah satu sudut alun-alun, sudah tersedia tenda khusus para pelaku usaha kuliner. Wisata kuliner di kota kecil ini tak kalah seru dengan wisata kuliner khas di Semarang. Ada banyak pedagang jajanan, makanan dan minuman.

Di sini ada banyak pilihan menu dari lontong, siomay, nasi goreng, soto, mie ayam, bakso dan banyak lagi. Jajanannya ada sosis, pentol dan masih banyak lagi. Tenang, harga semua makanan dan jajanan ini sangat murah.

Anda cukup datang ke lokasi kuliner dan pilih satu atau beberapa makanan khas Jawa Tengah enak yang Anda inginkan. Saat malam hari, jumlah pedagang ini lebih banyak daripada pagi atau siang hari kecuali di hari Minggu pagi.

Wisata Malam Minggu yang Meriah

pasar malam Alun-Alun Purwodadi

Seperti alun-alun pada umumnya, di akhir pekan terutama malam minggu lokasi alun-alun kota sangat ramai. Banyak pedagang dan pengunjung yang memadati tempat ini.

Bukan hanya pedagang kuliner saja tapi ada pedagang fashion, aksesoris hingga perabotan rumah. Selain itu, ada banyak wahana permainan untuk anak-anak. Wahana ini berbayar tapi sangat murah.

Salah satu yang menarik perhatian adalah mobil gowes. Mobil dengan lampu warna-warni seperti di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Satu mobil bisa untuk beberapa orang tergantung ukurannya. Pastikan gowes dengan kuat.

Jika datang bersama teman atau keluarga, bisa menggunakan yang berukuran lebih besar. Ada yang bisa untuk 4 orang bahkan bisa 6 orang lebih. Setiap penumpang bisa menggowes agar tidak terlalu berat.

Jam Operasional Alun-Alun Purwodadi

Jika berniat datang ke sini, Anda bisa datang kapan saja dan jam berapa saja karena tidak ada jadwal operasional. Alun-Alun Purwodadi buka setiap hari selama 24 jam.

Di pagi hari banyak yang berolahraga. Menjelang malam, lokasi ini ramai dengan pedagang dan pengunjung. Puncaknya adalah di malam minggu hingga minggu pagi dari jam 06.00 – 09.00.

Berkunjung ke alun-alun kota Purwodadi ini tidak akan lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah tahan lama. Apa lagi jika Anda datang dari luar kota dan singgah sebentar di kota kecil ini.

Jika ingin mendapatkan banyak oleh-oleh bisa keliling kota Purwodadi dengan jasa dari Salsa Wisata. Jadi selain ke Alun-Alun Purwodadi, Anda bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata hits di kota ini.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)