Simpang Lima Semarang dikenal sebagian besar masyarakat sebagai alun-alun utama Kota Semarang, padahal bukan seperti itu. Terdapat sejarah panjang dari terkenal nya area Simpang Lima hingga disebut sebagai alun-alun Semarang

Area terbuka yang di simpang lima Semarang ini memiliki nama asli Lapangan Pancasila. Pada awalnya Lapangan Pancasila hanya difungsikan sebagai lapangan upacara di tengah kota, dan alun-alun Semarang masih berada di kawasan Kauman.

Namun karena kawasan Kauman beralih fungsi menjadi kawasan perdagangan, Alun alun kota Semarang harus dipindahkan. Atas usulan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, alun-alun pun dipindahkan ke area Lapangan Pancasila pada tahun 1969.

Karena berada di persimpangan lima jalan utama Kota Semarang, lapangan ini pun lebih akrab disebut sebagai Simpang Lima. Seiring perkembangan waktu, berbagai fasilitas publik pun muncul dan menjadikan Simpang Lima ruang publik yang lengkap.

Daya Tarik Simpang Lima Semarang

Simpang Lima menjadi salah satu pusat keramaian Kota Semarang yang menawarkan banyak hal menarik. Mulai dari area hijau terbuka hingga pusat perbelanjaan bisa Anda temukan di Simpang Lima ini.

Tempat wisata ini pun semakin ramai saat malam hari dan akhir pekan oleh para warga dan wisatawan yang berlibur. Berikut ini beberapa hal menarik yang menjadi daya pikat dari Lapangan Pancasila Simpang Lima.

Berfoto di Berbagai Spot Instagramable

simpang lima semarang malam hari

Untuk mengikuti perkembangan zaman, kawasan simpang lima dilengkapi dengan dengan berbagai spot foto yang instagramable. Salah satu yang paling populer adalah Giant Letter Simpang Lima yang berada di sisi selatan Lapangan.

Giant Letter ini terbuat dari lampu LED atau Neon Sign sehingga tulisan Simpang Lima dapat terlihat jelas dan indah. Kedepannya Neon Sign Simpang Lima akan diubah tulisannya menjadi Lapangan Pancasila Simpang Lima untuk menjaga sejarah tempat tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama para cosplayer yang ada di kawasan Simpang Lima. Mereka sering terlihat saat sore hari atau pada akhir pekan ketika Car Free Day berlangsung.

Berbagai kostum menarik seperti Transformers, tokoh kartun, hingga hantu lokal yang menyeramkan dapat Anda jumpai di Simpang Lima. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya bagi anak-anak namun juga orang dewasa.

Lihat tempat wisata di Semarang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan ini: Dusun Semilir.

Berkeliling Dengan Sepeda dan Mobil Hias

Saat malam hari kawasan Simpang Lima diwarnai dengan lampu kerlap kerlip dari Sepeda Hias dan Mobil Hias yang ada. Bentuk mobil dan sepeda inipun dibuat semenarik mungkin dengan berbagai pilihan seperti burung, Kuda terbang, kereta kencana, hingga doraemon.

Kapasitas nya pun cukup besar karena dapat menampung 3 sampai 4 orang dewasa sekaligus. Sehingga wahana ini sangat cocok untuk dinaiki bersama rombongan keluarga dan teman.

Anda juga bisa memilih menggerakan sendiri mobil dan sepeda hias ini atau meminta penyedia layanan menjadi sopirnya. Dengan begitu Anda tidak akan terlalu lelah untuk berkeliling kawasan simpang 5 menggunakan sepeda atau mobil hias ini.

Sepeda dan mobil hias ini juga terkadang menyediakan fasilitas seperti sound system yang memutar musik kencang untuk menemani Anda berkeliling. Suasana yang ramai dan penuh warna cocok untuk menggambarkan area Simpang Lima di malam hari.

Menaiki Delman Wisata

Tidak jauh dari kawasan Simpang Lima tepatnya di Taman Indonesia Kaya, Anda bisa berkeliling Lapangan Pancasila menaiki Delman Wisata. Tersedia sekitar delapan delman wisata yang siap membawa Anda melihat kawasan Taman KB, Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Simpang Lima.

Berbeda dengan delman pada umumnya, ukuran Delman Wisata ini relatif lebih kecil dan diberi hiasan. Satu delman dapat dinaiki sekitar 2 sampai 3 orang saja, meskipun sempit delman ini tetap nyaman untuk ditumpangi.

Mencoba Berbagai Macam Permainan

Selain kendaraan besar di Simpang Lima juga tersedia kendaraan mainan khusus anak-anak. Di sini Anak-anak bisa coba bermain dengan mobil, motor dan sepeda mini yang bergerak menggunakan baterai.

Anak-anak cukup menginjak pedal dan kendaraan bisa bergerak bebas kemanapun. Ruang lingkup permainan ini pun cukup aman karena berada di dalam kawasan lapangan bukan di trotoar pinggir jalan.

Tidak hanya itu, orang dewasa juga bisa mencoba mainan seperti inline skate, hoverboard, sepatu roda, hingga skuter listrik. Anda bisa berkeliling sekitar area Simpang Lima menggunakan berbagai kendaraan tersebut.

Jika Anda belum mahir menggunakan permainan tersebut, Anda bisa belajar di dalam alun-alun atau sekitar trotoar. Pengalaman baru bermain hoverboard, inline skate, dan sepatu roda bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Permainan lain yang bisa Anda coba adalah Catur 3 langkah. Biasanya ada banyak orang yang menyediakan papan catur yang bisa Anda tantang untuk dikalahkan dalam 3 langkah.

Kalau Anda berhasil mengalahkan mereka dalam 3 langkah Anda bisa mendapatkan hadiah. Namun jika Anda kalah, Anda harus siap membayar biaya permainan kepada pemain tersebut.

Wisata Kuliner

wisata kuliner di simpang lima semarang

Simpang Lima juga terkenal sebagai pusat berkumpulnya segala macam jenis makanan lezat khas semarang dan nusantara. Anda juga bisa menemukan makanan ringan modern seperti takoyaki, burger dan lainnya di lokasi ini.

Lumpia, Tahu Pong dan Tahu Petis jadi jajanan wajib khas Semarang yang harus Anda coba di Simpang Lima. Fasilitas umum di Simpang Lima ini pun cukup memadai, Kanopi dan tempat cuci tangan sudah tersedia agar Anda nyaman bersantap ria.

Berbagai jajanan dan makanan di Simpang Lima bisa Anda nikmati mulai dari sore hari pukul 16.00 WIB. Harga yang diberikan pun sangat terjangkau dan bisa Anda lihat langsung di daftar menu yang disediakan.

Berbelanja

Di sekitar Simpang Lima terdapat banyak pusat perbelanjaan yang bisa Anda kunjungi diantaranya Plaza Simpang Lima, dan Ciputra Mall. Pusat perbelanjaan ini bisa Anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki dari Simpang Lima.

Setelah puas berkeliling dan bermain di Simpang Lima tidak ada salahnya untuk mampir berbelanja di mall-mall yang ada. Dengan begitu liburan Anda di Semarang akan semakin sempurna.

Kunjungi juga tempat wisata di Semarang lainnya: Telaga Warna.

Harga Tiket Masuk Simpang Lima

Untuk tiket masuk kawasan Simpang Lima ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Biaya yang harus Anda keluarkan hanya untuk parkir atau menikmati berbagai fasilitas dan permainan yang ada.

Berikut ini rincian biaya masuk dan bermain di kawasan Simpang Lima Semarang:

Fasilitas / Permainan Harga Tiket
Masuk Kawasan Simpang Lima Gratis
Foto Bersama Cosplay Rp5.000,00
Sewa Inline Skate, Sepatu Roda, Hoverboard Rp20.000,00 – Rp50.000,00
Catur 3 Langkah Rp5.000,00
Sepeda dan Mobil Hias Rp35.000,00 – Rp40.000,00
Naik Delman Rp30.000,00 – Rp50.000,00
Kulineran Rp3.000,00 – Rp50.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelolanya. Namun harga ini bisa Anda jadikan patokan jika ingin berlibur di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Ingin mengunjungi lebih banyak tempat wisata tapi tetap bisa hemat? Pilih saja paket wisata Semarang yang ditawarkan Agen perjalanan.

Berbagai tempat wisata di Semarang bisa Anda kunjungi dengan pilihan paket biaya yang beragam dan bisa Anda sesuaikan. Dengan begitu liburan Anda di Semarang bisa semakin mudah dan menyenangkan.

Lokasi Rute Menuju Simpang Lima

Simpang Lima Semarang berada di daerah Pleburan tepatnya pada pertemuan Jl. Pandanaran, Ahmad Yani, Pahlawan, Gajah Mada, dan A. Dahlan. Jaraknya sekitar 20 menit perjalanan dari Stasiun Semarang Tawang maupun Bandara Semarang.

Lapangan Pancasila ini juga sangat dekat dengan Lawang Sewu serta Masjid Agung Jawa Tengah. Sehingga banyak wisatawan memanfaatkan paket liburan ke Semarang atau sewa mobil dari agen perjalanan agar dapat lebih mudah berkeliling wisata Semarang.

Jam Operasional Simpang Lima

Simpang Lima sendiri terbuka untuk umum selama 24 jam penuh setiap hari bagi siapapun. Anda bisa datang kapan saja ke Lapangan Pancasila Semarang ini dengan mudah.

Tapi tempat ini mulai ramai oleh pedagang dan bermacam-macam permainan itu pada saat sore hari pukul 16.00 dan weekend. Jadi jika Anda berencana mengunjungi Simpang Lima sebaiknya di waktu tersebut dan tentunya saat musim kemarau.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)