SalSari Resto & Coffee

Biasanya, kota-kota besar di Indonesia pasti memiliki alun-alun yang berfungsi sebagai tempat berkumpul sekaligus berekreasi bagi masyarakat sekitar. Salah satunya yang terkenal adalah Alun-alun Wonosobo.

Taman luas nan asri ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat melepas penat masyarakat, tetapi juga sebagai salah satu tempat wisata menarik di daerah Wonosobo.

Tak heran bila alun-alun ini kerap selalu ramai para wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota. Jika Anda penasaran dengan daya tarik yang dimiliki alun-alun ini, yuk simak ulasaan lengkap yang telah kami rangkum berikut ini!

Sekilas Tentang Alun-alun Wonosobo

drone view Alun-alun Wonosobo

Biasanya para wisatawan hanya mampir sejenak ke Wonosobo sebelum melanjutkan perjalanan ke Dieng. Padahal, di kota ini terdapat cukup banyak tempat wisata yang sangat mengasyikkan! Salah satunya adalah alun-alun yang terletak di Jl. Pemuda.

Alun-alun ini mungkin terlihat seperti alun-alun pada umumnya, dengan lapangan rumput luas yang dulunya digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat saat pemerintah hendak mengumumkan sesuatu.

Namun hal tersebut tidak mengurangi minat para wisatawan. Pasalnya, alun-alun ini memiliki pemandangan yang sangat indah sekaligus fasilitas yang cukup lengkap.

Belum lagi keberadaan beberapa warung makan yang menyajikan ragam kuliner lezat. Saat malam hari pun keadaan di sekitar alun-alun tetap semarak dengan air mancur dan lampu-lampu taman yang indah. Tak heran bila alun-alun ini selalu ramai.

Lokasi Alun-alun Wonosobo

Akses menuju alun-alun ini sangatlah mudah. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pemuda No. 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

Anda bisa mencapai lokasinya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Tapi, tentu saja pilihan terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan layanan rental mobil harian plus driver di Salsa Wisata, agen travel organize yang terpercaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu memusingkan masalah rute dan waktu perjalanan.

Jam Buka Alun-alun Wonosobo

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk Alun-alun Wonosobo

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp3.000,00

Fasilitas di Alun-alun Wonosobo

masjid jami Alun-alun Wonosobo

Karena dikelola langsung oleh pemerintah tentu saja fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa fasilitas umum yang bisa pengunjung gunakan.

  • Parkiran
  • Pendopo
  • Jogging track
  • Lapangan basket
  • Lapangan sepak bola
  • Lapangan voli
  • Masjid
  • Taman bermain anak
  • Outdoor fitness
  • Air mancur

Daya Tarik di Alun-alun Wonosobo

Alun-alun ini memang tidak modern atau megah seperti Alun-alun Kota Bandung. Namun, Anda dapat menemukan beberapa daya tarik tersendiri di sini. Berikut ini beberapa diantaranya.

Area Berolahraga

gym area Alun-alun Wonosobo

Di sini, terdapat sebuah area utama berupa lapangan seluas kurang lebih 3 hektar yang membentang dari barat hingga timur. Jika dulu lapangan ini untuk tempat berkumpul masyarakat saat pemerintah mengumumkan sesuatu, sekarang lapangan ini digunakan sebagai tempat berolahraga.

Tak hanya itu, di sekeliling lapangan juga terdapat jogging track dan area bersepeda. Jadi, Anda bisa dengan leluasa berolahraga di pagi maupun sore hari.

Selain itu, terdapat pula dua lapangan khusus yang diperuntukkan olahraga basket dan voli. Juga beberapa alat fitness outdoor yang bebas digunakan oleh siapa saja.

Pusat Kesenian

Di samping sebagai tempat berolahraga, alun-alun ini juga biasa menjadi lokasi untuk tempat acara-acara kesenian dan kebudayaan. Salah satu acara yang kerap ada di setiap tahunnya adalah Carica Day.

Carica sendiri merupakan buah pepaya khas Wonosobo yang kerap dijadikan manisan. Pada event ini, Anda bisa menikmati berbagai jenis olahan Carica sambil berfoto dengan pengunjung yang mengenakan kostum-kostum menarik.

Selain Carica Day, alun-alun ini juga biasa menjadi tempatuntuk mengadakan acara-acara keagamaan dan pesta rakyat. Jadi, jika Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang kebudayaan dan kesenian khas Wonosobo, Anda bisa datang ke alun-alun ini.

Saat malam hari, terutama di akhir pekan, biasanya alun-alun ini akan semakin semarak dengan kehadiran odong-odong yang dihiasi lampu warna-warni. Anda bisa menyewa odong-odong ini untuk berjalan-jalan mengelilingi alun-alun. Seru sekali kan?

Wisata Kuliner

Kegiatan seru lainnya yang dapat Anda lakukan di alun-alun ini adalah berwisata kuliner khas Wonosobo. Ada banyak sekali tempat wisata kuliner enak di sekitar Alun-alun Wonosobo.

Mulai dari pedagang gerobak kaki lima hingga warung-warung yang menyediakan jajanan khas kota, seperti mie ongklok dan tempe kemul.

Baik saat pagi maupun malam hari, Anda pasti akan menemukan para pedagang ini. Jadi, Anda tidak perlu takut kelaparan atau kehausan selama berjalan-jalan di sekeliling alun-alun.

Sementara itu, jika Anda ingin membeli cendera mata, Anda bisa mengunjungi beberapa toko khusus yang terdapat di sekitar alun-alun ini. Toko-toko tersebut menjual berbagai macam produk oleh-oleh khas Wonosobo kekinian, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan kebutuhan.

Taman Asri dan Masjid Agung Wonosobo

Alun-alun ini juga dilengkapi dengan taman-taman yang asri dan dihiasi tanaman-tanaman hijau nan indah. Sangat cocok sebagai tempat bersantai atau berfoto-foto.

Beberapa taman yang bisa Anda kunjungi di alun-alun ini adalah Taman Kartini, Taman Pendopo dan Taman Hasri Ainun-Habibie. Khusus di Taman Hasri Ainun-Habibie, Anda akan menemukan beberapa monumen bergaya modern yang cocok untuk latar belakang berfoto.

Tak jauh dari alun-alun dan Taman Asri, Anda akan menemukan Masjid Agung Jami’ Wonosobo yang merupakan masjid terbesar di kota itu. Di sini, Anda bisa beribadah sekaligus mengagumi keindahan arsitekturnya.

Tempat wisata yang murah seperti Alun-alun Wonosobo memang selalu menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur atau sekadar melepas penat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi ini, maka pastikan Anda mengenakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat, sebab tempat wisata ini full outdoor, kecuali untuk pendopo dan masjid.

Untuk memudahkan perjalanan liburanmu, Anda bisa memanfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata. Anda bisa bebas memilih paket wisata pilihan yang ada atau menentukan sendiri destinasi mana yang ingin Anda tuju.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)