SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi warga Palembang yang gemar sekali dengan sejarah, di Palembang sendiri ada satu rekomendasi situs wisata sejarah yang sangat menarik. Situs wisata sejarah tersebut adalah Benteng Kuto Besak.

Situs sejarah yang berupa benteng ini adalah sebuah peninggalan sejarah yang terletak di tepi Sungai Musi, Palembang.

Tempat wisata ini sungguh menarik terutama bagi kalangan pemerhati sejarah karena sarat akan nilai sejarah. Secara umum, kondisi fisik bangunan benteng ini juga masih sangat baik dan terawat.

Pengunjung pun akan merasa nyaman ketika sedang tour di dalam benteng dan area sekitarnya.

Sekilas Tentang Benteng Kuto Besak

Wisata Benteng Kuto Besak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata Palembang ini memiliki ukuran sekitar 183 x 288 x 1 meter. Jika dilihat dari ukurannya, bangunan benteng ini tergolong luas.

Bagian teras dalam benteng ini sangat luas dan kini sudah tertata rapi karena sudah berlantaikan paving merah bata.

Sejarah

Benteng ini adalah buah karya pribumi, bukan Pemerintah Kolonial Belanda. Mengetahui fakta ini tentunya membuat benteng ini sangat berbeda, terutama dari tampilan desain fisiknya.

Coba kita bandingkan dengan Benteng Pendem di Ambarawa atau Benteng Vastenburg di Solo. Benteng ini mendapatkan label sebagai satu-satunya bangunan benteng yang dibuat oleh pribumi.

Sultan Mahmud Badaruddin I adalah pemimpin Kesultanan Palembang Darussalam yang memerintahkan bawahannya untuk membangun sebuah benteng (1724-1758).

Sayangnya beliau wafat ketika proses pembangunan benteng ini belum rampung. Perintah untuk melanjutkan pembangunan benteng kemudian diteruskan oleh penerus Sultan Mahmud Badaruddin I, yaitu Sultan Mahmud Bahaudin (1776-1803).

Setelah  pembangunan benteng rampung, beliau lalu memindahkan pusat pemerintahan yang tadinya ada di Kuto Lamo kemudian berpindah di Kuto Besak.

Sejak awal benteng ini eksis, benteng ini menjadi simbol kekuatan sekaligus pusat pemerintahan Kesultanan Palembang.

Tapi ketika VOC memasuki Palembang, benteng berhasil dikuasai oleh VOC dan dijadikan sebagai markas VOC. Tentu nama benteng ini berubah pasca dikuasai VOC, yaitu menjadi Nieuwe Keraton.

Kompleks & Struktur Benteng

Bangunan benteng ini berbentuk persegi panjang dan langsung menghadap ke Sungai Musi. Di sekitar bangunan utama, terdapat tembok keliling dengan tinggi 9.14 meter dan tebal dinding 2.13 meter.

Benteng ini memiliki 3 pintu gerbang, yaitu pintu di sebelah Barat Laut, Timur Laut, dan Tenggara.

Memasuki bagian dalam benteng, pengunjung akan disambut dengan area pelataran yang luas. Kemudian ada juga ruangan-ruangan yang berfungsi sebagai ruang tamu, kaputren, balai agung, paseban, dan hunian sultan.

Di bagian tengah, terdapat sebuah kolam renang lengkap perahu, pohon-pohon, dan juga taman.

Harga Tiket Masuk Benteng Kuto Besak

Untuk memulai tour sejarah di lokasi wisata sejarah ini, Anda hanya wajib membeli tiket masuk dengan harga yang sangat murah. Berikut info harga tiket terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00/ orang
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga tiket ini adalah harga tiket normal atau reguler yang berlaku saat weekdays. Sedang selama musim libur seperti saat weekend atau hari libur nasional, harga tiket bisa naik sesuai dengan ketentuan pihak pengelola.

Anda bisa jadikan informasi harga tiket di atas sebagai rujukan saja sebelum Anda benar-benar berangkat liburan di sini.

Daya Tarik Benteng Kuto Besak

Bangunan Benteng Kuto Besak

Cukup banyak daya tarik yang disuguhkan oleh situs wisata sejarah ini. Salah satunya adalah benda-benda peninggalan sejarah yang tersimpan di dalam museum benteng.

Seperti misalnya meriam yang ada di sini dan menjadi ‘magnet’ perhatian para pengunjung. Meriam ini adalah senjata yang dipergunakan oleh Kesultanan Palembang untuk membidik para musuh.

Meriam ini tentu saja memiliki fungsi yang sama dengan Meriam Puntung yang ada di Istana Maimun, Medan.

Mari bergeser ke area luar benteng. Ada daya tarik lainnya yang pasti akan membuat diri Anda lebih fresh. Tepat di samping benteng, pemandangan Jembatan Ampera dan Sungai Musi siap menyambut Anda.

Ketika gelap malam mulai datang, suasana sekitar luar benteng terasa semakin syahdu dengan pemandangan ini. Terlebih ada kerlap-kerlip lampu di sekitar jembatan. Benar-benar memanjakan mata.

Fasilitas Benteng Kuto Besak

Benteng ini sangat lengkap dari segi fasilitas, khususnya fasilitas dalam benteng yang rupanya juga ada sebuah museum. Cukup kontras dengan Benteng Vredeburg yang unggul pada label cagar budaya.

Ketika Anda mendatangi benteng ini, Anda akan mendapatkan suguhan sejumlah fasilitas seperti area parkir, spot untuk acara festival dan rest area.

Selain itu, di area luar benteng juga terdapat pusat wisata kuliner khas Palembang lengkap dengan resto-resto terkenal seperti resto terapung.

Masih di sekitar lokasi benteng, terdapat juga sebuah pasar besar yang dinamakan Pasar 16 Ilir.

Pasar ini seringkali menjadi target serbuan para wisatawan yang hendak wisata belanja. Memang ada banyak sekali produk yang dijajakan di pasar ini.

Mulai dari jajanan tradisional, fashion item, souvenir, hingga oleh-oleh khas Palembang selain pempek.

Lokasi & Rute Menuju Benteng Kuto Besak

Lokasi Benteng Kuto Besak

Untuk Anda yang tak sabar untuk memulai tour ke situs sejarah ini, silahkan datang saja ke alamat berikut: Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dari alun-alun kota, Anda hanya perlu lanjutkan perjalanan sekitar 4 KM ke arah Jalan Veteran. Hanya butuh waktu 10-15 menit saja untuk sampai di alamat ini.

Akses menuju benteng ini sangat baik. Hanya saja rawan macet karena berada di pusat kota. Tentu kondisi jalan yang macet ini akan membuat Anda lelah dan stress di jalan.

Akan beda kondisinya jika Anda manfaatkan jasa driver dan sewa mobil dari Salsa Wisata. Anda tidak akan merasa lelah akibat menyetir di jalanan yang macet.

Dengan paket rental mobil yang tersedia, akan selalu siap memberikan Anda pelayanan terbaik. Semua produk paket yang kami tawarkan telah sesuai dengan tren kebutuhan perjalanan Anda.

Misal, untuk mini trip keluarga dengan tujuan tempat wisata dalam kota, paket rental mobil Grand New Innova menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda.

Jam Operasional Benteng Kuto Besa

Wisata benteng ini buka setiap hari Senin sampai Minggu dan juga hari libur nasional dengan jam operasional 08.00-21.00 WIB. Namun untuk area luar benteng, jam operasionalnya tanpa batas, alias 24 jam.

Mari ramaikan situs wisata sejarah ini agar semakin ramai dan lestari. Salsa Wisata tentu akan siap kapan saja untuk menjadi partner liburan Anda.

Dengan berbagai pilihan paket trip yang kami sediakan, Anda tidak akan menemukan kendala sedikitpun terkait dengan kebutuhan liburan Anda.

Segera hubungi call center kami untuk dapatkan informasi detail tentang produk paket trip yang kami tawarkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)