earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Palembang termasuk salah satu kota yang menarik untuk Anda kunjungi.  Nilai sejarah, keindahan tempat wisata serta budayanya menjadi daya tarik utama kota ini. Terlebih lagi kota ini menawarkan banyak oleh-oleh khas Palembang yang tahan lama menarik untuk para pelancong.

Sebut saja pempek, tekwan, serta kemplang yang sudah terkenal ke seluruh nusantara. Selain itu semua, masih banyak lagi buah tangan yang bisa Anda bawa dari kota pempek ini. Supaya Anda tidak bingung memilih, berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Palembang yang bisa Anda pilih saat berkunjung:

Daftar Oleh-oleh Khas Palembang dan Harganya

Pempek

pempek palembang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Makanan satu ini tidak bisa terpisahkan dari Pelambang. Mengunjungi Palembang akan kurang sempurna tanpa membawa pempek sebagai oleh-oleh.

Rasa kuah yang pedas manis bercampur adonan pempek yang kenyal dan gurih membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

Cara membuat pempek juga sangat mudah sebab bahan-bahannya banyak tersedia. Namun akan beda rasanya bila membeli langsung dari pusatnya di Kota Palembang.

Berbagai macam pempek bisa Anda dapatkan mulai dari lenjer, pempek panggang, kapal selam, pempek model semua tersedia. Cuka pempeknya pun pasti membuat Anda ketagihan.

Anda juga bisa membeli pempek siap goreng yang lebih praktis. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp150.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap pempek Palembang asli.

Tekwan

Tekwan

Makanan khas Palembang yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Terbuat dari ikan dan tepung tapioka, hidangan ini sering disebut juga bakso khas Palembang.

Berbeda dengan pempek, tekwan ini berkuah dan memiliki banyak pelengkap. Seperti misalnya bihun, lobak atau bengkuang, jamur kuping, daun bawang, dan juga bawang goreng.

Rasa kuah yang gurih serta tekstur kenyal potongan tekwan pasti membuat lidah Anda bergoyang. Bila Anda ingin menikmati hidangan ini pun sudah sangat mudah sebab tersedia kemasan frozen.

Satu bungkus tekwan frozen ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp35.000,00 lengkap dengan bumbu. Sehingga saat di rumah bisa langsung Anda rebus dan sajikan selagi hangat.

Tempoyak

Sambal Tempoyak

Belum banyak orang yang tahu kenikmatan dari olahan durian satu ini. Tempoyak sendiri merupakan hidangan pelengkap yang terbuat dari durian fermentasi.

Biasanya masyarakat Palembang menjadikan panganan ini lauk menikmati nasi hangat. Semakin mantap lagi bila tempoyak dimasak bersama dengan ikan, udang, atau ayam.

Rasa durian yang khas, lalu pedas dari rempah hasil fermentasi membuat panganan ini memiliki cita rasa unik. Bagi Anda pecinta durian dan menyukai makanan pedas, tempoyak wajib masuk daftar belanjaan.

Harganya satu kemasannya dihargai sekitar Rp45.000,00 untuk ukuran standar. Makanan ini pun tidak mudah basi sehingga aman dibawa perjalanan panjang.

Kemplang

Kemplang

Kerupuk kemplang termasuk oleh-oleh Palembang selain pempek yang bisa Anda pilih selanjutnya. Terbuat dari bahan yang sama dengan pempek lenjer, rasa dari kemplang ini pun tidak kalah nikmat.

Terdapat dua pilihan kemplang yang bisa Anda beli yakni kemplang goreng dan juga kemplang bakar. Kemplang goreng biasanya berukuran kecil seperti kerupuk ikan, sedangkan kemplang bakar berukuran lebih besar.

Kerupuk ini biasa dimakan bersama sambal kecap khas palembang yang pedas ataupun saus. Rasa gurih serta pedas dari sambal semakin menambah nikmat kerupuk ini.

Anda bisa membeli kemplang khas Palembang ini di sejumlah toko oleh-oleh dekat tempat wisata palembang. Satu bungkusnya bisa dibanderol dengan harga mulai dari Rp27.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Kain Songket Palembang

Songket Palembang

Oleh-oleh khas Palembang selain makanan satu ini bisa Anda bawa pulang. Berbagai macam motif cantiknya pas untuk Anda gunakan saat acara spesial dan formal.

Warna merah dan ornamen benang emas memberi kesan elegan dari setiap kain songket. Selain warna tersebut masih banyak warna lain yang tidak kalah cantik.

Untuk mendapatkan kain tenun ini Anda bisa datang ke Pasar 16 ilir dengan bantuan sopir dari rental mobil innova Palembang yang Anda gunakan.

Di pasar ini harga kain songket cukup terjangkau dan bisa Anda tawar kembali. Biasanya satu lembar songket dibanderol mulai dari Rp50.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan motif.

Bolu Kojo

Bolu Kojo

Senang makanan manis? Bolu Kojo wajib Anda coba. Kue ini terbuat dari campuran tepung, gula, daun suji, dan pandan yang dicetak dalam loyang bunga.

Nama Kojo sendiri berarti kamboja sebab bentuk kue yang menyerupai bunga kamboja. Ciri khas lain dari kue ini adalah teksturnya yang kenyal dan lembut dengan warna hijau terang serta wangi pandan yang khas.

Anda bisa mendapatkan dua versi dari kue bolu ini yakni kukus dan juga panggang. Namun untuk yang lebih tahan lama, bolu kojo panggang merupakan pilihan yang tepat.

Harganya pun masih sangat terjangkau, mulai dari Rp35.000,00 hingga Rp90.000,00 tergantung ukurannya. Kue ini sangat cocok menjadi camilan saat perjalanan atau saat piknik bersama keluarga.

Burgo

Burgo Palembang

Seperti halnya tempoyak, burgo ini kalah terkenal dibandingkan pempek dan tekwan. Meski begitu, rasanya mampu bersaing dan siap buat Anda ketagihan.

Bentuknya seperti lontong namun terbuat dari tepung sagu serta tepung beras. Penyajiannya menggunakan kuah santan kental dan juga suwiran ayam, telur, tidak lupa daun bawang.

Rasa rempah dan santan dari makanan ini langsung terasa saat Anda pertama kali mencoba. Jika Anda ingin menikmatinya saat di rumah sekarang sudah tersedia kemasan praktisnya.

Satu bungkus lengkapnya biasa dijual dengan harga mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00. Namun kuah santannya tidak bisa bertahan lebih dari 2 hari jadi harus langsung Anda nikmati setelah tiba di rumah.

Lempok Durian

Lempok Durian

Olahan durian yang tidak kalah nikmat adalah lempok durian. Ada yang menyebut makanan tradisional ini sebagai dodol durian namun dengan sedikit perbedaan.

Tekstur lempok ini lebih padat dan tidak terlalu lengket. Bahan pembuatannya pun tidak banyak, hanya buah durian asli serta gula aren.

Dengan bahan-bahan tersebut jajanan tradisional ini mampu bertahan cukup lama. Sehingga pas bila menjadi buah tangan Anda dari Palembang.

Toko yang menjualnya pun banyak tersebar di sekitar Palembang. Biasanya satu lonjornya dijual dengan harga mulai dari Rp35.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung ukuran.

Laksan

laksan palembang

Gabungan antara pempek dan burgo bisa Anda rasakan saat mencoba laksan. Sajian satu ini terbuat dari ikan dan tepung sagu yang berkuah santan dengan rasa gurih.

Laksan semakin terasa nikmat berkat tambahan udang kering, bawang goreng, serta rempah yang khas. Makanan ini pun sudah tersedia kemasan frozennya sehingga aman selama perjalanan.

Untuk mendapatkannya Anda bisa manfaatkan layanan paket wisata dari biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Harganya sendiri cukup terjangkau sekitar Rp30.000,00 per kemasan lengkap dengan bumbu.

Ikan Salai

Ikan Salai Palembang

Olahan ikan satu ini bisa menjadi buah tangan yang sangat awet. Proses pembuatannya dengan cara pengasapan sehingga rasa dan aroma ikan terasa begitu khas.

Ikan salai biasa berbahan baku ikan tenggiri, namun tidak sedikit juga yang menggunakan ikan patin, gabus, atau tongkol. Cara membuatnya pertama ikan dibelah dan dipipihkan lalu diberi bumbu baru selanjutnya diasapi.

Rasa gurihnya masih sangat terasa dan bisa Anda olah kembali di rumah. Kisaran harga ikan ini tidak terlalu mahal mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp300.000,00 tergantung bahan ikan serta ukurannya.

Engkak Ketan

Engkak Ketan

Sekilas kue engkak ini mirip dengan lapis legit, makanan khas Semarang, namun terdapat perbedaan dari ukuran dan teksturnya. Engkak Ketan ini lebih kecil serta kenyal sebab adonannya terbuat dari tepung ketan.

Agar cita rasanya semakin nikmat, adonan tersebut diberikan santan kental. Kue basah ini sering terlihat saat lebaran dan juga perayaan imlek.

Meski cukup jarang, Anda masih bisa menemukan panganan ini di toko kue khas Pelambang. Tapi Anda harus menyiapkan uang yang cukup banyak sebab satu kotak biasa dijual dengan harga Rp145.000,00 hingga Rp250.000,00.

Kue Maksuba

Kue Maksuba

Kalau engkak ketan hanya mirip, kue maksuba ini merupakan versi Palembang dari lapis legit. Bahan pembuatannya hampir sama namun di Palembang telurnya menggunakan telur bebek.

Rasa manis legit dan gurih bisa Anda rasakan di setiap potongan kue. Daya tahannya yang lama juga jadi alasan kue ini selalu dicari wisatawan sebagai oleh-oleh.

Kue ini banyak di jual di pusat oleh-oleh Palembang dengan harga terjangkau. Biasanya berkisar antara Rp60.000,00 hingga Rp400.000,00 per kotak.

Malbi

malbi khas palembang

Bila Anda menggunakan jasa sewa bus pariwisata Palembang pasti pernah diajak ke restoran yang menjual malbi. Bagi yang belum tahu malbi merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging sapi.

Hidangan ini merupakan perpaduan antara rendang dan juga semur daging. Rasa rempah yang lezat dengan daging yang empuk membuat banyak lidah tergila-gila.

Karena itu banyak pula restoran yang menyediakan Malbi dalam kemasan kaleng atau siap makan bagi wisatawan. Harganya pun sangat murah sebab satu kemasannya bisa Anda dapatkan hanya dengan uang Rp20.000,00 saja.

Gulo Puan

Gulo Puan

Gula puan atau gulo puan ini merupakan camilan khas Palembang yang dulu menjadi makanan para raja. Bahan pembuatan gulanya bukan dari tebu atau jagung melainkan susu kerbau rawa.

Susu inilah yang membuat rasa gulo puan sangat berbeda. Sayangnya, bahan baku yang sulit membuat gula ini sudah jarang Anda temukan.

Tapi jika Anda tetap ingin mencoba, bisa datang ke Desa Bangsal, Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Satu bungkusnya biasa dijual dengan harga Rp30.000,00 untuk ukuran 120 gram.

Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam

Selain gulo puan, kue 8 Jam juga termasuk hidangan para bangsawan Palembang. Namanya berasal dari proses pembuatannya yang lama membutuhkan waktu sekitar delapan jam.

Bahannya sendiri sama dengan kue maksuba namun dengan cara pengolahan yang berbeda. Meski begitu rasa manis dan legit kue ini tetap terasa nikmat dan lezat.

Prosesnya yang lama tersebut membuat kue ini memiliki harga yang cukup mahal. Satu kotaknya bisa mencapai Rp200.000,00 dengan ukuran yang besar dan sebanding dengan kenikmatannya.

Bolu Suri

bolu suri palembang

Bukan hanya Medan, Palembang juga punya versi lain dari Bika Ambon yakni Bolu Suri. Namun berbeda dengan makanan khas Medan itu, bolu suri ini memiliki rasa lebih gurih dan manis.

Adonannya pun tidak memakai daun serai dan daun jeruk hanya telur ayam atau bebek. Meski begitu makanan ini sangat awet dan tahan lama sehingga cocok menjadi oleh-oleh.

Untuk mendapatkan kue ini Anda bisa datang langsung ke toko kue tradisional Palembang yang ada. Biasanya harganya sekitar Rp100.000,00 hingga Rp300.000,00 per kotak.

Nah selain oleh-oleh khas Palembang beserta harganya yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak souvenir lain yang bisa Anda pilih. Lebih puas lagi bila Anda datang langsung berlibur ke Palembang.

Ingin mewujudkan hal tersebut? Jangan ragu gunakan layanan dari Salsa Wisata. Setiap paket yang tersedia siap membuat liburan Anda semakin mudah dan nyaman.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)