SalSari Resto & Coffee

Makassar termasuk salah satu kota yang terkenal dengan tempat wisata bersejarahnya. Di antara sekian banyak situs bersejarah yang ada, Benteng Rotterdam menjadi destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Benteng ini merupakan peninggalan kerajaan besar di daerah Makassar dulu seperti halnya Benteng Somba Opu. Selain dapat belajar sejarah Anda juga dapat menikmati pemandangan apik dan instagramable di sekitar benteng.

Sejarah Singkat Benteng Rotterdam

Sejarah Benteng Rotterdam Ujung Pandang

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam merupakan bangunan bersejarah yang sudah ada sejak lama. Meski memiliki nama layaknya benteng penginggalan Belanda, benteng ini memiliki bentuk yang jauh berbeda.

Sebab dulunya benteng ini merupakan benteng peningalan Kerjaan Gowa-Tallo yang berdiri dari tahun 1541. Pada saat itu benteng ini terkenal dengan nama Benteng Ujung Pandang atau Jum Pandang.

Beberapa orang asli Makassar sering pula menyebutnya sebagai Benteng Panyyua. Nama Panyyua sendiri berasal dari bentuk benteng yang seperti penyu yang memiliki filosofi Kerajaan Gowa dapat berjaya di darat mupun laut.

Di awal pembangunannya tepatnya pada masa Raja ke-9 Gowa, benteng ini masih berbahan dasar tanah liat. Baru pada masa pemerintahan Raja ke-14 Gowa, konstruksi bangunan ini berganti menjadi batu padas dari Pegunungan Karst, Maros.

Seiring berjalannya waktu, fungsi benteng ini terus menerus berubah. Seperti misalnya pada awal berdiri, benteng ini berfungsi sebagai barak bagi para pasukan Kerajaan Gowa-Tallo.

Lalu setelah Kerajaan Gowa-Tallo terpaksa menyerah kepada Belanda, benteng ini menjadi tempat penampungan rempah. Namanya pun berganti menjadi Rotterdam Fort yang hingga kini terus digunakan.

Selain itu bangunan ini juga sempat menjadi tempat penawanan Pangeran Diponegoro pada tahun 1833 sampai 1855. Benteng ini juga pernah menjadi kamp tawanan perang tentara Jepang selama masa PD II.

Kemudian pada tahun 1945-1949 saat agresi militer Belanda, benteng ini sempat kembali dikuasai Belanda. Hingga pada akhirnya di tahun 1970-an, benteng mengalami pemugaran oleh pemerintah dan jadi destinasi wisata.

Alamat Bentang

Benteng ini terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota dengan rute yang bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka

Anda bisa mengunjungi benteng ini setiap hari dari pagi hingga sore bahkan hingga malam saat akhir pekan, berikut ini rincian jam operasionalnya:

Hari Jam Buka
Minggu-Jumat 09.00 WITA – 18.00 WITA
Sabtu 09.00 WITA – 19.00 WITA

Harga Tiket Masuk Benteng Rotterdam

Tempat wisata hits Makassar ini tidak perlu biaya yang mahal karena hanya butuh Rp5.000,00 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya tour guide atau fasilitas wisata lainnya, berikut rincian biayanya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Anak-Anak Rp3.000,00
Tiket Masuk Dewasa Rp5.000,00
Tiket Masuk Museum La Galigo Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Anda juga bisa mengunjungi tempat ini dan berbagai tempat menarik lain dengan harga murah bila menggunakan layanan rental Innova Makassar terdekat. Sopir yang bertugas akan mengantar Anda ke berbagai destinasi seru lainnya.

Daya Tarik di Benteng Rotterdam

Daya Tarik Benteng Rottterdam Museum La Galigo

Ada beberapa daya tarik yang membuat tempat bersejarah ini wajib untuk Anda kunjungi. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

Arsitektur yang Unik

Tidak seperti benteng Belanda pada umumnya, bentuk dari Fort Rotterdam ini sangat unik. Salah satu alasannya karena memang sebenarnya benteng ini merupakan peninggalan asli dari Kerajaan Gowa-Tallo, bukan Belanda.

Benteng ini sendiri dulunya memiliki enam bastion yang membuat tampilan benteng dari atas terlihat seperti penyu. Namun setelah penyerangan Belanda beberapa bagian benteng hancur dan direnovasi dengan gaya Eropa.

Di antara beberapa bagian yang tersisa adalah lima buah bastion utama benteng. Antara lain seperti Bastion Bone, Bastion Bacan, Bastion Buton, Bastion Mandarsyah dan Bastion Amboina yang tingginya sekitar 7 meter.

Selain bastion, terdapat pula parit sedalam dua meter yang mengelilingi tembok benteng serta sumur kuno. Di dalam area benteng sendiri masih berdiri 11 bangunan asli dari abad ke-17 serta 2 bangunan dari jaman Jepang.

Museum La Galigo

Salah satu daya tarik lain dari lokasi wisata bersejarah paling terawat di Asia ini adalah Museum La Galigo. Museum ini sudah ada sejak 1 Mei 1970 dan kerap menjadi lokasi study tour bagi para pelajar atau mahasiswa.

Di sini, terdapat setidaknya 4.999 artefak dari masa prasejarah, Tana Toraja dan numismatik. Selain itu, ada pula koleksi keramik asing, catatan naskah bersejarah dan etnografi yang terpampang dalam kotak kaca etalase.

Tak hanya itu saja di sini Anda juga dapat mempelajari sejarah kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan dari masa ke masa. Namun salah satu yang cukup menarik adalah miniatur kapal phinisi kebanggaan Sulawesi Selatan.

Taman Hijau

Tempat menarik lain yang juga bisa Anda kunjungi di museum ini adalah area Taman hijau. Taman ini sering menjadi tempat berkumpul berbagai komunitas yang ada di Sulawesi Selatan bahkan ada yang sudah berdiri sejak 1990-an.

Selain itu, taman ini juga menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Biasanya, beberapa keluarga juga berpiknik di taman ini, menikmati kesejukan udara, pemandangan indah sambil menyantap makanan khas Makassar.

Ada pula pengunjung yang menjadikan taman ini sebagai spot berfoto atau sekadar bersantai sambil membaca buku. Pemandangan yang indah serta udara yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk bersantai terutama saat sunset.

Festival dan Event-event Seni Budaya

Daya tarik lain yang membuat tempat ini layak untuk Anda kunjungi adalah adanya sejumlah event dan festival. Biasanya festival ini berlangsung pada waktu-waktu tertentu dan terlaksana di area panggung di dalam benteng.

Beberapa festival tersebut antara lain Festival ‘Lipa Sabbe, pameran live sketch di galeri Dewan Kesenian Makassar (DKM), Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) dan acara-acara Teater La Galigo.

Fasilitas di Benteng Rotterdam

Fasilitas Fort Rotterdam

Fasilitas wisata di benteng ini juga cukup lengkap dan pasti membuat Anda nyaman seperti:

  • Area parkir luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Taman spot foto
  • Taman bermain anak
  • Toko pusat oleh-oleh khas Makassar
  • Museum

Kenyamanan mengunjungi Benteng Rotterdam dan tempat menarik lain di Makassar juga bisa Anda dapatkan dari Salsa Wisata. Melalui layanan paket wisata maupun rental mobil yang ada perjalanan Anda pasti jadi lebih mudah.

Sebab kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi selama perjalanan Anda pasti terpenuhi. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk langsung hubungi Salsa Wisata dan nikmati liburan paling berkesan Anda di seluruh Indonesia.



By Categories: Destinasi, Makassar

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)