SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Makassar rupanya juga mempunyai sejumlah objek wisata sejarah yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah Benteng Somba Opu.

Meski mungkin namanya tak setenar Benteng Fort Rotterdam, wisata yang satu ini juga menyuguhkan situs-situs sejarah yang bernilai.

Lihat saja bangunan benteng yang masih kokoh ini. Meski telah berusia lebih dari seratus tahun, bangunan benteng ini seperti tak usang dimakan waktu. Tiap bagian bangunan masih kuat seperti ketika benteng ini awal berdiri.

Sekilas tentang Benteng Somba Opu

Wisata Benteng Somba Opu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Situs sejarah ini merupakan peninggalan Kesultanan Gowa. Tepatnya benteng pertahanan ini dibangun oleh Daeng Matanre Karaeng yang tak lain adalah Raja Gowa yang ke sembilan.

Bangunan yang telah menjadi tempat wisata ini sudah ada di abad ke-16, berdasarkan catatan sejarah. Pada masa itu, area sekitar benteng ini adalah pusat perniagaan sekaligus pelabuhan besar di Kerajaan Gowa.

Banyak pedagang dari berbagai kerajaan lain melakukan barter di sini. Pada saat itu, komoditas rempah-rempah menjadi komoditas unggulan yang dijual ke para pedagang dari Asia.

Saat VOC mulai masuk ke Makassar, kawasan pusat perdagangan ini menjadi salah satu daerah kekuasaan VOC, termasuk benteng ini. Sekitar tahun 1669, benteng ini sempat hancur akibat ulah VOC dan ombak pasang.

Kemudian tahun 1980-an, benteng ini kembali ditemukan oleh para ilmuwan. Sepuluh tahun kemudian, keseluruhan bangunan benteng ini mengalami perubahan hingga menjadi sebuah tempat wisata Makassar terkenal sekarang ini.

Situs wisata sejarah ini kini ramai oleh wisatawan yang penasaran beberapa atraksi wisata yang ada di dalamnya. Di dalam benteng, wisatawan akan menemui beberapa rumah adat khas Sulawesi Selatan.

Selain itu, ada juga sebuah meriam tua sepanjang 9 meter dengan berat sekitar 9.500 kg. Terakhir, ada sebuah bangunan museum yang berisikan berbagai benda peninggalan Kesultanan Gowa.

Daya Tarik Benteng Somba Opu

Daya Tarik Benteng Somba Opu

Secara umum, ada 3 daya tarik utama di kawasan wisata benteng ini. Ketiga daya tarik tersebut adalah bangunan benteng ini sendiri, koleksi rumah adat, dan museum.

Benteng

Bangunan benteng bersejarah ini patut menjadi destinasi wisata sejarah bagi Anda yang suka sekali dengan sejarah. Di sini, Anda akan diajak untuk mengetahui cerita atau peristiwa sejarah yang pernah terjadi di tempat ini.

Di sini, Anda dan pengunjung lainnya akan melihat langsung visualisasi atau fisik benteng ini. Terlihat jelas bahwa benteng ini terbuat dari susunan batu bata.

Kendati demikian, benteng ini masih saja kokoh hingga sekarang. Memang ada beberapa bagian benteng yang terlihat rusak, tapi tak seberapa.

Benteng ini terdiri dari beberapa bagian dan ada satu-dua bagian yang menjadi tempat di mana rumah-rumah adat Sulsel berdiri.

Di sudut lainnya, terdapat sebuah museum yang bernama Museum Karaeng Pattingalloang. Di museum ini, tersimpan banyak sekali kisah sejarah seputar benteng ini.

Mungkin Anda berpikir bahwa benteng ini begitu luas; seolah menjadi bangunan pelindung situs-situs sejarah yang ada di dalamnya. Hal tidak jauh berbeda dengan Benteng Pendem di Semarang yang juga cukup besar.

Rumah Adat

Bangunan rumah adat di kawasan dalam benteng ini bukan hanya satu unit, melainkan ada beberapa. Rumah adat ini sangat khas, terutama pada bagian fasad alias bentuk fisiknya.

Rumah ini memiliki bentuk atap yang sangat khas, yaitu memanjang ke atas. Sekilas hampir mirip dengan Rumah Gadang, rumah adat Padang.

Rumah-rumah adat ini berhiaskan taman sederhana namun tetap membuat tampilan eksterior rumah-rumah adat ini terlihat lebih fresh.

Area di mana rumah-rumah adat ini berada sering menjadi target untuk keperluan fotografi seperti prewedding.

Museum

Situs museum ini dibangun sebagai wujud dedikasi yang besar untuk tokoh Karaeng Pattingalloang. Proses pembangunan museum ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu dari tahun 1989 hingga tahun 1995.

Adapun daftar koleksi yang tersimpan di museum ini berupa keramik, uang, karya seni rupa, dan peninggalan budaya dan sejarah asli Kesultanan Gowa.

Sama seperti Museum Affandi di Jogja, penamaan museum ini juga terinspirasi oleh nama tokoh paling berpengaruh pada masa itu.

Fasilitas Benteng Somba Opu

Tempat wisata sejarah ini berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata. Tak heran jika fasilitas yang ada di situs sejarah ini begitu mendapat perhatian.

Para pengunjung bebas menggunakan semua fasilitas yang ada. Contohnya antara lain toilet umum, tempat istirahat, papan informasi, area parkir, dan tempat makan.

Khusus untuk tempat makan, ada yang spesial bagi para pengunjung, yaitu tersedianya menu makanan khas Makassar yang terkenal enak. Tentu saja ini adalah sebuah kabar gembira, terutama bagi wisatawan luar Makassar yang belum pernah mencicipi kuliner khas Kota Makassar.

Harga Tiket Benteng Somba Opu

Sejarah Benteng Somba Opu

Untuk mengunjungi benteng ini, Anda tak perlu membayar mahal karena harga tiket masuk objek wisata sejarah ini sangat murah.

Akan tetapi Anda perlu menyiapkan budget khusus untuk bisa mengunjungi spot wisata yang ada di dalam kawasan benteng.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang tunai pecahan kecil untuk membayar parkir kendaraan.

Untuk meredam rasa penasaran Anda soal harga tiket masuk dan juga biaya-biaya lainnya, berikut kami cantumkan informasi terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Benteng Rp2.000,00/ orang
Tiket Masuk Museum Seikhlasnya
Parkir Motor Rp3.000,00/ unit
Parkir Mobil Rp5.000,00/ unit

Tarif retribusi tiket ini adalah tarif normal. Saat hari libur nasional dan libur akhir pekan, tarif tiket masuk dapat berubah. Khususnya mengalami kenaikan layaknya objek wisata terkenal lainnya seperti Pantai Losari, dll.

Lokasi & Rute Menuju Benteng Somba Opu

Lokasi Benteng Somba Opu

Bagi Anda yang sungguh penasaran dengan situs sejarah ini, Anda bisa memulai perjalanan wisata Anda dari jantung Kota Makassar.

Di sini, Anda juga bisa sekalian belanja oleh-oleh karena terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama.

Namun pastikan dulu Anda menggunakan jasa driver dari Salsa Wisata. Mengapa Salsa Wisata? Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam setiap layanan.

Mulai dari paket yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, hingga driver berpengalaman. Semua pasti membuat liburan Anda semakin mudah dan nyaman.

Paket sewa mobil Innova Reborn Makassar hanya satu contoh produk paket yang bisa Anda dapatkan.

Kembali ke rute, ada pilihan rute termudah menuju lokasi wisata sejarah ini, yaitu mulai dari Jalan Dg Tata. Hanya beberapa meter saja dari sini, Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju lokasi wisata yang akan Anda tuju.

Jam Operasional Benteng Somba Opu

Objek wisata benteng ini buka setiap hari dari pukul 08.00-19.00 WITA. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pagi dan sore hari.

Selain akan relatif sepi, suasana pada pagi dan sore hari jauh lebih nyaman. Sehingga Anda bisa lebih puas berkeliling dan menikmati keindahan benteng satu ini.

Benteng Somba Opu adalah opsi destinasi liburan yang sangat recommended untuk Anda yang doyan sejarah. Untuk memuluskan agenda liburan ke benteng ini, manfaatkan saja paket wisata dari Salsa Wisata.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari segi efektivitas biaya, kualitas layanan, dan yang pasti kenyamanan selama perjalanan liburan yang akan Anda lakukan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Makassar



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)