SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Aceh kembali menampilkan wisata alam indah berupa sungai yang airnya sangat menyegarkan. Sungai tersebut bernama Brayeun Leupung yang tak kalah indah dengan Ekowisata Sungai Mudal di Jogja atau wisata sungai di daerah lainnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan seperti berenang atau sekedar bermain air. Mereka biasanya berkunjung pada libur akhir pekan bersama keluarga.

Tempat wisata ini memang sangat cocok sebagai destinasi rekreasi keluarga karena banyak sekali area untuk menggelar tikar dan bersantai. Para pengunjung yang berdatangan berasal dari dalam dan luar kota.

Sekilas Tentang Brayeun Leupung

Wisata Brayeun Leupung adalah sebuah bendungan atau waduk yang airnya berasal dari pegunungan Aceh. Keindahan alamnya membuat tempat tersebut dijadikan destinasi wisata yang cocok untuk berlibur.

Keistimewaan tempat tersebut yaitu pemandangan alam yang berisi hutan yang rimbun beserta udara dingin khas pegunungan. Selain itu, suara kicauan burung menambah syahdu lokasi wisata.

Salah satu dari tujuan utama pengunjung datang ke tempat wisata Aceh Besar ini yaitu untuk merasakan wisata air segar yang berwarna biru. Selain itu, beberapa spot air yang dangkal juga aman bagi anak-anak berenang.

Daya Tarik Wisata Brayeun Leupung

Wisata Brayeun Leupung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada beberapa daya tarik dari Brayeun Leupung yang membuat tempatnya selalu ramai pengunjung. Apa saja daya tariknya? Berikut informasi lengkapnya.

Menyusuri Sungai Menggunakan Perahu Karet

Siapa yang tidak ingin berkeliling di sungai yang jernih menggunakan perahu karet? Kegiatan tersebut dapat dilakukan di sini dengan menyewa perahu karet yang bisa Anda sewa dari pusat penyewaan perahu.

Anda bisa menyewa perahu tersebut dengan waktu 40 menit bersama teman atau sanak keluarga. Daya tampung perahu pun cukup besar, yaitu sebanyak lima orang.

Ketika menyusuri area wisata menggunakan perahu, Anda akan merasakan sensasi berpetualang seperti acara Jejak Petualang yang rutin tayang di salah satu stasiun TV swasta Indonesia.

Dengan bantuan alat dayung, perjalanan menggunakan perahu akan lebih menyenangkan dan seakan sedang berpetulang di sungai di alam bebas.

Pemandangan Alam

Liburan ke tempat wisata alam bertujuan untuk menghilangkan segala rasa penat dan permasalahan yang menimpa setiap hari. Berkunjung ke wisata ini dapat membuat yang mengunjunginya merasa fresh.

Pemandangan alam yang ada di lokasi wisata juga mampu menjadi sarana healing yang efektif. Di hari tertentu, lokasi wisata sangat tenang dan sunyi sehingga pas sekali untuk menikmati nuansa sepi dan menjauh dari keramaian kota.

Sembari menikmati alam yang eksotis, Anda dapat menikmati makanan khas Aceh Besar yang Anda bawa dari rumah atau yang Anda beli secara langsung di lokasi wisata alam ini.

Pemandian Air Untuk Semua Usia

Tidak hanya untuk orang dewasa, wisata Aceh Besar ini juga ramah anak. Meski begitu, para orang tua tetap harus mengawasi buah hati mereka saat bermain di sungai tersebut.

Ada beberapa spot air yang dangkal dan arus sungainya tidak deras. Spot-spot inilah yang menjadi favorit anak-anak untuk bermain air atau berenang.

Pemandian Para Raja

Seperti Pulau Dua Aceh yang sangat melegenda, wisata satu ini juga sarat akan unsur mitos. Konon katanya, para raja pada zaman dahulu menjadikan sungai ini sebagai lokasi pemandian raja dan keluarga.

Dengan unsur legenda yang melekat erat pada destinasi wisata, membuat namanya terkenal dan populer di kalangan sejarawan.

Belut Melimpah

Ada banyak hewan air yang hidup di suatu sungai tertentu. Khusus sungai ini, nampaknya sungai ini menjadi habitat para belut dari berbagai ukuran.

Banyaknya belut membuat warga setempat memanfaatkannya sebagai bahan makanan karena rasanya yang enak. Mereka biasanya mulai berburu belut pada sore hari mengingat belut adalah spesies ikan yang aktif di malam hari.

Uniknya, banyak wisatawan yang tertarik untuk berburu belut dengan peralatan seadanya. Bahkan ada yang dengan tangan kosong alias tidak menggunakan alat apapun.

Mereka melakukannya hanya untuk mendapatkan kesenangan dan hiburan semata, bukan untuk keperluan komersil atau konsumsi.

Kulineran

Berbicara tentang tempat wisata kuliner Aceh Besar, maka yang terlintas di benak pertama kali yaitu Mie Aceh. Popularitas Mie Aceh memang sudah tak diragukan lagi.

Olahan mie asli Aceh ini bahkan kini mudah kita jumpai di kota-kota besar di luar Aceh.

Di Aceh sendiri, rata-rata warung makan menjual kuliner khas Aceh ini. Selain itu, tentu masih banyak pilihan menu lainnya yang dapat Anda cicipi selain Mie Aceh.

Termasuk warung-warung makan di lokasi wisata ini. Menu makanan dan minuman yang tersedia tak hanya berupa makanan dan minuman khas Aceh saja.

Melainkan ada juga sajian Nusantara seperti lontong sayur, gorengan, es teh, dan lain sebagainya.

Makanan ringan, makanan instan, dan juga minuman siap minum tentu tersedia juga di warung-warung ini.

Souvenir dari Aceh

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan ketika liburan ke Aceh yaitu membeli cinderamata untuk sanak saudara, keluarga, dan teman di rumah.

Selain akan membuat sanak saudara senang, dengan berbelanja souvenir ini, Anda secara tidak langsung telah turut membantu perekonomian warga setempat.

Adapun contoh produk souvenir yang umum dijual oleh para perajin lokal yaitu berupa kaos, gantungan kunci, aksesoris, dll.

Anda juga dapat berbelanja oleh-oleh khas Aceh Besar yang berupa makanan ringan yang hanya bisa Anda temui di Aceh saja.

Contohnya saja Kue Bhoi, Kembang Loyang, Kue Adee, Dodol Aceh, Kue Kuekarah, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas di Kawasan Wisata Brayeun Leupung

Tiket Masuk Brayeun Leupung

Ada banyak fasilitas di wisata sungai ini yang bisa Anda manfaatkan secara cuma-cuma. Fasilitas tersebut berupa fasilitas umum dan fasilitas pendukung wisata.

Fasilitas umum di sini meliputi fasilitas toilet dan kamar mandi. Toilet plus kamar mandi ini juga berfungsi sebagai kamar bilas bagi para pengunjung yang telah selesai berenang atau bermain air.

Area parkir di objek wisata ini juga luas sehingga dapat menampung kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Sementara untuk fasilitas pendukung wisata, Anda bisa menyewa ban renang, baju renang, perahu karet, wahana bebek-bebekan, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Brayeun Leupung

Objek wisata berupa sungai atau bendungan ini adalah wisata keluarga yang ramah kantong karena harga tiket masuk Brayeun Leupung tidaklah mahal.

Berikut ini kami informasikan rincian biaya tiket masuk untuk memasuki dan biaya-biaya lainnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Sewa Pondok Dekat Area Parkir Rp40.000,00
Sewa Pondok Dekat Sungai Rp20.000,00

Harga yang tertera belum termasuk biaya sewa fasilitas lain serta makanan dan minuman. Tarif harga di atas juga tidaklah tetap; Bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Anda bisa jadikan informasi harga ini sebagai referensi ketika akan berencana liburan ke tempat wisata ini.

Rute Menuju Lokasi Brayeun Leupung

Lokasi Brayeun Leupung

Lokasi Brayeun Leupung terletak di Meunasah Mesjid, Kec. Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Jaraknya 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh atau sekitar 2,5 Km dari Polsek Leupung.

Dari pusat Kota Aceh Besar, silahkan menuju ke arah Timur di Jl. Blang Bintang-Krueng Raya. Setelah tiba di bundaran, langsung saja menuju Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda dengan jarak tempuh 6,6 km.

Setelah tiba di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jalan Lintas Barat Sumatera dan Jalan Soekarno – Hatta sejauh 7,7 km. Lanjutkan perjalanan mengikuti Jalan Cut Nyak Dhien atau Jalan Lintas Barat Sumatera sejauh 20,1 km.

Setelah itu, belok kiri menuju Jalan Brayeun sejauh 3,9 km dan ketika hampir tiba di lokasi wisata, ikut petunjuk jalan yang berupa papan petunjuk jalan yang terpasang di banyak titik lokasi.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjunginya. Namun jika Anda berasal dari luar kota dan terkendala transportasi, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Aceh Besar terbaik dan murah.

Jam Buka Brayeun Leupung

Terkait dengan jadwal operasional, pihak pengelola telah menetapkan jadwal buka Brayeun Leupung, yaitu dari jam 08.00 – 17.00 waktu setempat.

Dan jika Anda bertanya kapan waktu terbaik untuk liburan ke tempat ini, jawabannya adalah di pagi hari dan siang hari. Saat hari masih pagi, jumlah pengunjung tidaklah banyak sehingga suasananya akan cenderung sepi.

Suasana ini tentu sangat tepat untuk menikmati keindahan sungai dan alam sekitarnya. Anda juga dapat bebas berfoto ria tanpa khawatir akan terganggu oleh kehadiran pengunjung lainnya.

Udara pagi di tempat wisata ini juga bersih dan menyegarkan, cara self-healing yang simpel tapi berdampak sangat besar.

Keuntungan lainnya yaitu Anda memiliki waktu yang panjang untuk mengunjungi dan eksplorasi tempat wisata sekitarnya dengan dukungan paket tour dari Salsa Wisata.

Sekilas informasi, Salsa Wisata adalah travel organizer berpengalaman yang menawarkan ragam produk paket tour domestik dan juga paket rental mobil yang beroperasi di Aceh dan puluhan kota lainnya di Indonesia.

Nikmati segala fasilitas, baik fasilitas transportasi maupun akomodasi terbaik dan berkelas dengan tarif bersahabat hanya di Salsa Wisata. Dapatkan segala kemudahan perjalanan wisata bersama kami, termasuk agenda liburan ke Brayeun Leupung ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)