SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ekowisata Sungai Mudal adalah sebuah destinasi wisata alam terbuka yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Pegunungan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo.

Wisata alam kebanggaan masyarakat perbukitan Menoreh ini sangat subur dan penuh dengan pepohonan dan juga tanaman yang tumbuh di area hutan di dalam bukit-bukit.

Dari kejauhan, ekowisata ini tampak sangat hijau dan subur. Suasana sejuk dan nuansa tenang kian terasa di area sekitar Sungai Mudal ini.

Kawasan ekowisata ini semakin tenar dengan hadirnya sejumlah wisata kuliner Jogja Instagramable dan tempat ngopi kekinian yang asik untuk tempat nongkrong bagi muda-mudi.

Ada hal menarik apa saja yang akan Anda jumpai di ekowisata Kulon Progo ini? Simak saja informasi lengkapnya.

Sekilas tentang Ekowisata Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo merupakan sebuah objek wisata alam dengan udara yang bersih dan sejuk. Tempat wisata ini secara resmi mulai beroperasi untuk keperluan kunjungan wisata pada tahun 2015.

Istilah Mudal itu sendiri merujuk kepada nama sebuah mata air jernih dan melimpah di Kulon Progo. Mata air tersebut mengalir sepanjang tahun dan tidak pernah surut.

Dalam bahasa Jawa, kata mudal artinya keluar. Mata air tersebut selalu mengeluarkan air dengan jumlah berlimpah. Karena itulah mata air ini lalu dinamai Mudal oleh masyarakat sekitar.

Sepanjang aliran mata air ini kemudian masyarakat namai dengan nama Sungai Mudal. Kini area di sepanjang aliran sungai menjadi area wisata yang ramai seperti Ledok Sambi di Kaliurang.

Daya Tarik Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo

Ekowisata Sungai Mudal Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata di Jogja untuk keluarga ini mempunyai banyak wahana wisata yang menjadi daya tarik untuk dijadikan sebagai tempat liburan. Berikut ini beberapa wahana wisata yang ada di dalam area ekowisata di Kulon Progo ini.

Flying Fox Selfie

Flying fox atau ada juga yang menyebutnya zip line merupakan salah satu wahana permainan yang digemari oleh wisatawan yang menyukai tantangan.

Banyak anak-anak, remaja, maupun orang dewasa yang menggemari wahana ini. Namun untuk memainkannya, perlu keberanian terutama keberanian untuk meluncur di atas ketinggian.

Flying Fox Selfie berbeda dengan flying fox pada umumnya. Flying Fox Selfi yang ada di Sungai Mudal dilengkapi dengan tempat duduk yang terbuat dari papan kayu.

Wahana ini sangat aman karena rangkanya terbuat dari besi sehingga dijamin kuat menahan bobot puluhan kilo. Wisatawan yang menaiki wahana ini akan mengenakan perlengkapan pengaman agar benar-benar terjamin keselamatannya.

Permainan ini tidak terlalu menantang seperti flying fox pada umumnya. Sebaliknya, jenis flying fox ini bisa menjadi sarana untuk ber-selfie.

Wahana ini biayanya cukup terjangkau yaitu sebesar Rp15.000, 00 saja Anda sudah bisa ber-selfie ria di atas wahana Flying Fox Selfie sambil melihat pemandangan yang menyejukan hati seperti pemandangan Puncak Suroloyo dari kejauhan.

Zipe Bike

Zipe Bike merupakan sebuah wahana sepeda gantung. Anda bisa berfoto selfie di atas Zipe Bike ini. Keindahan Zipe Bike untuk berfoto-foto pun tidak kalah bagus dengan Flying Fox Selfie.

Zipe Bike ini mulai hadir di lokasi wisata ini tahun 2018 lalu. Penambahan wahana yang satu ini tentu saja dalam rangka untuk menarik minat wisatawan. Jadi Anda para wisatawan kini mempunyai spot selfie lain selain Flying Fox Selfie. Tentu dengan suguhan wahana yang berbeda.

Untuk menaiki wahana ini, Anda harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Biaya HTM untuk Zipe Bike sama dengan Flying Fox Selfie, yaitu sebesar Rp10.000,00.

Tree Top

Tree Top yang berada di kawasan Sungai Mudal ini adalah wahanan khusus untuk anak-anak. Meskipun wahana permainan ini adalah wahana untuk anak-anak, permainan ini cukup memicu adrenalin.

Anak-anak bisa merasakan keseruan berpetualang sambil menikmati keindahan alam. Permainan ini bisa melatih mental anak-anak menjadi lebih pemberani dan hati-hati serta tepat dalam mengambil tindakan.

Pemandian Alami

Pemandian alami yang ada di wisata jogja ini terbagi menjadi beberapa tempat dengan ukuran kolam pemandian yang berbeda-beda.

Kolam pemandian yang pertama terletak di dekat sumber mata air Mudal. Pemandian ini khusus buat anak-anak dengan ukuran 7 x 5 meter.

Pemandian yang kedua berada di sebelah Barat fasilitas mushola. Kolam pemandian ini tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa. Ukuran kolamnya lebih besar, yaitu 7×13 meter.

Pemandian yang ketiga berlokasi di dekat fasilitas loket bawah. Fasilitas pemandian yang ketiga ini khusus buat orang dewasa. Ukuran kolam pemandian ini seluas 7 x 15 meter.

Taman yang Indah

Ekowisata ini mempunyai sebuah taman yang mengelilingi area kolam. Taman tersebut di dalamnya terdapat bunga-bunga yang cantik. Di dalam area taman, terlihat ada jalan setapak yang tertata dengan rapi. Taman tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat ketika Anda lelah.

Camping

Area camping yang disediakan berkapasitas maksimal 100 orang dan boleh digunakan selain hari Senin. Hari libur nasional tetap buka.

Menariknya, di area camping ini sudah tersedia sekitar 20 tenda siap pakai yang dapat disewa oleh wisatawan yang ingin menginap. Tenda-tenda ini berbeda dari ukuran seperti tenda ukuran kecil, sedang, dan besar.

Tenda dengan ukuran kecil hanya dapat menampung 3 orang, sedang tenda berukuran sedang bisa menampung 5-6 orang. Sementara itu untuk tenda besar, bisa untuk 8 orang.

Air Terjun Sungai Mudal

Air terjun ini berada sekitar 75 meter dari pusat mata air Sungai Mudal. Struktur air terjun ini terbagi menjadi 3 titik sehingga tampak seperti tirai putih yang berundak-undak.

Titik pertama memiliki ketinggian sebesar 16 meter dan titik kedua ada pada posisi 15 meter dari yang pertama. Untuk titik yang ketiga, posisinya berada diatas kolam pemandian yang dekat dengan tempat parkir. Pada saat musim hujan aliran air terjun akan sangat deras yang membuat pemandangan semakin indah.

Outbound

Buat Anda para pelajar dari kalangan SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa serta masyarakat umum yang akan melaksanakan outbound, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Agar kegiatan outbound semakin asik dan seru, pilihlah paket outbound yang tepat dan terbaik. Seperti yang ditawarkan Salsa Wisata di mana pilihan layanan paketnya super lengkap. Untuk kegiatan outbound, kuota peserta maksimal 25 orang.

Paket outbound Jogja murah bukan satu-satunya layanan yang tersedia di Salsa Wisata Travel Organizer, ada sejumlah layanan paket lainnya yang akan memudahkan dan menjadikan liburan Anda semakin berwarna. Sebut saja paket family gathering, paket wisata, dan paket honeymoon.

Fasilitas di Ekowisata Sungai Mudal

Tiket Masuk Ekowisata Sungai Mudal

Selain mempunyai daya tarik dari segi wahana, tempat wisata ini juga memiliki fasilitas lain. Berikut ini fasilitas yang ada di objek wisata alam di sekitar Sungai Mudal.

Fasilitas yang pertama adalah tempat parkir yang terletak di dekat air terjun dan kolam pemandian. Areanya cukup luas dan sangat layak. Anda pun dapat dengan mudah untuk memarkirkan kendaraan karena petugas parkir selalu siap membantu para pengunjung yang hendak masuk atau keluar lokasi wisata.

Fasilitas yang kedua dan ketiga adalah mushola dan loket on the spot. Pusat sewa ban pelampung menjadi fasilitas yang ketiga.

Ekowisata ini adalah objek wisata terkenal di Kulon Progo, jadi wajar jika fasilitasnya cukup lengkap. Selain fasilitas-fasilitas di atas, Anda juga akan menjumpai beberapa warung wisata yang jual makanan khas Jogja dengan harga murah tapi rasanya lezat.

Telah tersedia kamar bilas dan ruang ganti yang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin berganti pakaian usai berenang atau berendam di kolam pemandian.

Kawasan perbukitan Menoreh sangat identik dengan pusatnya destinasi wisata alam yang asri dan juga alami. Meski begitu bukan berarti sulit untuk menemukan sentra oleh-oleh.

Di Kulon Progo sendiri terkenal dengan buah duriannya. Tapi bukan buah durian yang akan kami rekomendasikan sebagai buah tangan. Melainkan kopi asli dari kebun-kebun kopi di Menoreh. Jadikan produk kopi lokal Kulon Progo ini sebagai oleh-oleh Jogja kekinian dan istimewa.

Tiket Masuk Ekowisata Sungai Mudal

Rata-rata objek wisata alam menjadi pilihan favorit masyarakat karena harga tiket masuk Sungai Mudal tergolong murah dan terjangkau oleh semua kalangan. Begitu juga dengan wisata alam di Kulon Progo ini. Harga tiket masuk Ekowisata Sungai Mudal ini tidak mahal.

Pihak pengelola Ekowisata Taman Sungai Mudal juga menawarkan sejumlah paket menginap dan juga paket liburan seperti camping dan outbound dengan harga yang bersahabat. Berikut detailnya:

Retribusi Tarif
Paket Inap 1 Rp95.000,00
Paket Inap 2 Rp80.000,00
paket Camping 1 Rp75.000,00
paket Camping 2 Rp30.000,00
Paket Outbound Rp85.000,00

Rute Menuju Lokasi Ekowisata Sungai Mudal

Lokasi Ekowisata Sungai Mudal

Lokasi Ekowisata Sungai Mudal masih berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Alamat lengkapnya di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY.

Akses jalan untuk menuju objek wisata ini sudah beraspal halus dan nyaman untuk Anda lewati. Tempat ini bisa diakses menggunakan sepeda motor dan mobil. Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 30 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Dari Kota Jogja, Anda dapat melewati rute Jalan Ngapak-Kentheng. Opsi rute lainnya yaitu melalui Jalan Nanggulan-Girimulyo lalu ke Jalan Raya Kaligesing. Waktu tempuh yang Anda butuhkan sekitar 1 jam 20 menit.

Apabila Anda ingin mengajak rombongan untuk rekreasi ke tempat ini, akan jauh lebih nyaman, efektif, dan murah dengan menggunakan bus dari layanan sewa bus Jogja. Harga sewa bus pariwisata Jogja relatif affordable. Apalagi jika Anda menyewanya di Salsa Wisata. Harga sewanya akan jauh lebih murah.

Jam Buka Ekowisata Sungai Mudal

Anda bisa mengunjungi objek wisata ini sesuai jadwal buka yang ditentukan. Jam buka Ekowisata Sungai Mudal mulai dari jam 08.30 sampai jam 15.30 WIB. Wisata ini selalu siap menemani liburan Anda kapan saja karena tempat ini buka setiap hari termasuk saat hari libur nasional.

Demikian ulasan seputar Ekowisata Sungai Mudal. Semoga Anda bisa menikmati liburan di sini dengan tetap menjaga kelestarian alamnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)