earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Liburan ke Aceh tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke berbagai tempat Wisata Kuliner Aceh. Sebab, ada banyak tempat kuliner dengan cita rasa khas Kota Serambi Mekah yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Mulai dari masakan pedas yang sudah melegenda hingga beraneka makanan manis masyarakatnya. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan serta tempat yang wajib Anda kunjungi jika ingin kulineran  di Aceh.

Daftar Wisata Kuliner Aceh Favorit

Rujak Aceh

Rujak Aceh

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berbeda dengan rujak kolam, salah satu wisata kuliner Medan, rujak Aceh punya bentuk yang lebih cair. Sekilas bentuknya mirip dengan rujak serut namun ukuran potongan buahnya lebih besar.

Warga sekitar lebih mengenal rujak ini dengan nama rujak kweni. Bumbu rujaknya lebih kental bila dibandingkan rujak lain dengan warna yang sedikit cerah.

Isian buahnya biasa menggunakan timun, bengkuang, mangga, jambu air, nanas dan buah lainnya. Tidak sedikit juga ada yang menambahkan buah salak untuk memberikan tekstur renyah pada rujak.

Rasa rujak yang pedas, manis, asam, dan renyah jadi pembeda rujak Aceh ini dengan rujak yang lain. Anda bisa menemukan pedagang rujak Aceh di banyak tempat dan yang paling terkenal biasa terdapat di dekat Masjid Baiturrahman.

Harganya pun sangat murah sekitar Rp10.000,00 per porsi, jadi tidak menguras kantong Anda. Rujak Kweni Aceh ini sangat cocok menjadi pembuka petualangan kuliner Anda di Aceh.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Wisata kuliner aceh yang enak rekomendasi selanjutnya adalah ayam tangkap yang hanya bisa Anda temukan di Aceh. Berbeda dengan ayam goreng pada umumnya, ayam ini mendapat tambahan herbs seperti salam, daun kari, dan lainnya untuk memberikan aroma.

Berkat tambahan tersebut, rasa ayam goreng Aceh ini semakin kaya dan menggugah selera. Biasanya, ayam tangkap menjadi menu wajib saat ada perayaan syukuran di Aceh.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sajian ini adalah Rumah Makan Hasan. Restoran ini menyajikan beraneka makanan khas Aceh termasuk ayam tangkap.

Makanan ini biasa tersaji dalam porsi besar 1 ekor untuk 5 sampai 6 orang. Sehingga harganya cukup mahal yakni sekitar Rp60.000,00 per ekor. Namun ada juga rumah makan yang menjualnya per potongan.

Alamat Rumah Makan Hasan ini terletak di Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Bila tertarik Anda bisa datang antara pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sate Matang

Sate Matang

Tidak hanya Padang atau Madura yang punya sate khas, Aceh juga punya, yang terkenal dengan nama sate matang. Sate ini berbahan utama daging sapi atau kambing cincang yang halus.

Selain berbahan sapi, keunikan lain sate ini terletak pada bumbunya. Saus kacang sate matang lebih encer berkat tambahan kaldu gurih. Bumbunya inilah yang membuat rasanya begitu istimewa.

Jika Anda penasaran ingin mencoba, Warung Sate Matang Yakin Rasa di Jl. Sri Ratu Syafruddin  jadi rekomendasi yang wajib Anda kunjungi. Rasa sate di warung ini tidak kalah dengan Sate Klatak, salah satu wisata kuliner Jogja terkenal.

Bumbu rempahnya pun lebih meresap, sebab sebelum dibakar, sate direndam terlebih dahulu dalam bumbu halus. Satu porsinya biasa berisi 8 hingga 10 tusuk dengan harga yang terjangkau.

Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp25.000,00 untuk seporsi sate matang. Warung sate ini juga buka sejak pagi hari pukul 10.00 WIB hingga tengah malam, jadi bisa Anda nikmati kapanpun.

Kuah Beulangong

kuah beulangong aceh

Cita rasa dari gulai khas Aceh ini tidak kalah dengan gulai-gulai dari makanan khas Padang. Kuah beulangong memiliki rasa kuah yang gurih pedas serta isian daging yang lembut. Semua terasa di setiap suapannya.

Namun dari proses pembuatannya sedikit berbeda, sebab kuah beulangong menggunakan parutan kelapa, bukan santan dan menggunakan wajan raksasa. Sehingga rasa gurihnya lebih kental dan ada tekstur tambahan dalam masakan.

Gulai sapi atau kambing khas Aceh ini seringkali tersajikan saat adanya perayaan besar. Masyarakat bersama-sama menyantap kuah beulangong bersama sajian lainnya.

Tapi sekarang Anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati makanan ini. Sudah ada banyak rumah makan yang menyediakan Kuah Beulangong di Aceh, salah satunya Kedai Kuah Beulangong Alta.

Di sini Anda juga bisa mencoba berbagai wisata kuliner Aceh lain dengan harga yang tidak terlalu mahal. Satu porsi kuah beulangong bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp25.000,00 saja.

Sie Reuboh

Sie Reuboh

Satu lagi kuliner khas Aceh yang wajib Anda coba adalah Sie Reuboh atau rendang Aceh. Namun berbeda dengan rendang yang jadi kebanggaan wisata kuliner Padang, sie reuboh memiliki bumbu lebih sederhana.

Tidak ada rempah tambahan hanya bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, serta merica yang masuk dalam rebusan daging. Meski begitu rasanya tetap nikmat berkat cuka enau khas Aceh yang jadi bumbu rahasia hidangan ini.

Daging rebus khas Aceh ini bisa Anda nikmati di banyak rumah makan, salah satunya di RM Delima Baru. Lokasinya terletak di Jl. Banda Aceh Medan KM 8, Lembaro, Banda Aceh.

Rasa asam pedas serta tekstur daging dan tetelan yang lembut jadi alasan panganan ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu sie reuboh mampu bertahan cukup lama jadi bisa Anda jadikan buah tangan atau bekal di perjalanan.

Di rumah makan yang berdiri sejak tahun 1997 ini Anda bisa mencoba sie reuboh dengan harga sekitar Rp30.000,00 per porsi. Jika Anda tertarik, Delima Baru buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Baker King

Baker King Aceh

Jika Anda ingin kulineran sambil memilih oleh-oleh khas Aceh untuk dibawa pulang, datang saja ke Baker King. Toko kue ini menjual berbagai macam kue manis baik untuk camilan atau acara spesial seperti ulang tahun dan lainnya.

Salah satu kue favorit di sini adalah kue almond cokelat. Rasa manis cokelatnya pas dengan tekstur renyah kacang almond yang gurih jadi alasan banyak orang menyukai kue ini.

Selain itu di Baker King Anda juga bisa mendapatkan kue tradisional khas Aceh seperti kue seroja. Camilan berbahan dasar kacang dengan rasa yang gurih ini cocok untuk menjadi buah tangan Anda dari Aceh.

Untuk harga kuenya cukup mahal namun sebanding dengan rasa yang Anda dapatkan. Satu potong kue bisa Anda beli mulai dari Rp15.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Alamat Baker King sendiri terletak di tengah kota yakni Jl. Panglima Polem, Peunayong, Kuta Alam, Banda Aceh. Jam bukanya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB setiap hari.

Kue Bhoi

Kue Bhoi

Kuliner unik dari Aceh yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Kue Bhoi. Sekilas bentuk kue ini mirip dengan taiyaki khas Jepang namun dengan resep seperti bolu kemojo.

Bahan pembuatannya pun tidak jauh berbeda dari oleh-oleh khas Pekanbaru tersebut. Telur, tepung terigu dan gula jadi bahan wajib untuk camilan satu ini. Dari campuran bahan-bahan tersebut rasa kue ini sangat manis dan renyah.

Biasanya kue Bhoi menjadi camilan saat ada perayaan atau syukuran bagi warga Aceh. Untuk mendapatkan kue ini pun cukup mudah sebab tersedia di banyak tempat terlebih lagi di pasar-pasar tradisonal.

Satu potongnya pun sangat terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk hidangan ini. Cukup uang Rp3.000,00 Anda sudah bisa membeli sepotong kue Bhoi matang yang lezat.

Mie Razali

Mie Razali

Bagi para penikmat mie, Warung Mie Razali ini wajib untuk Anda kunjungi. Beraneka macam olahan mie khas Aceh bisa Anda nikmati di sini terutama hidangan mie Aceh.

Ada juga mie rebus yang mirip dengan mie godhog, makanan khas Magelang namun dengan rempah asli Aceh. Namun dari sekian banyak olahan mie yang ada, mie Aceh kepiting basah jadi menu spesial yang wajib Anda coba.

Penggunaan rempah khas Aceh membuat rasa mie tidak hanya gurih tapi juga pedas. Tekstur mie yang lembut dan kaya isian, pasti membuat Anda ketagihan.

Warung mie ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Menu yang tersedia pun tidak hanya mie, ada juga nasi goreng, martabak Aceh, serta makanan Aceh lainnya.

Ayam Penyet Pak Ulis

Ayam Penyet Pak Ulis

Rindu dengan masakan Jawa di Aceh? Coba datang saja ke warung Ayam Penyet Pak Ulis. Warung penyetan ini sudah sangat terkenal di Aceh dan punya cabang dimana-mana.

Menu favorit di tempat ini tentu saja ayam penyet dengan sambal terasi. Namun selain itu hidangan lain seperti bandeng presto, gurami bakar, kepiting, udang, serta cumi juga bisa Anda nikmati di sini.

Harga-harganya pun tidak terlalu mahal mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp35.000,00 saja. Tempat ini juga memiliki fasilitas taman bermain untuk anak di beberapa outletnya, sehingga anak-anak bisa betah bermain.

Diantara sekian banyak outlet yang ada, penyetan Pak Ulis di Geuceu Kayee Jato, Kota Banda Aceh jadi rekomendasi terbaik. Outlet ini sering menjadi langganan dari rombongan sewa Hiace Aceh karena tempatnya yang luas.

Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi

Ingin sarapan bubur yang lezat di Aceh? Coba saja Bubur Kanji Rumbi. Meski bernama kanji rumbi, bubur satu ini tidak menggunakan tepung kanji sebagai bahan utamanya.

Bahan bubur tetap berasal dari beras seperti halnya bubur makanan khas Jakarta, namun dengan isian yang berbeda. Biasanya bubur kanji Aceh ini menggunakan daging sapi atau udang serta wortel dan kentang sebagai pelengkap sajian.

Menu makanan ini sangat mudah Anda dapatkan saat berbuka di bulan puasa. Banyak masjid yang menjadikan kanji rumbi ini sebagai sajian gratis untuk para pengunjung. Teksturnya yang lembut dapat membantu proses pencernaan setelah puasa.

Namun Anda tidak perlu menunggu puasa untuk menikmati sajian bubur ini. Sebab sudah banyak pedagang yang menjual kanji rumbi baik di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan. Harganya pun murah, hanya sekitar Rp10.000,00 per porsi.

Nasi Goreng Daus

Nasi Goreng Daus

Salah satu wisata kuliner malam di Aceh yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Nasi Goreng Daus. Warung nasi goreng ini sudah berjualan sejak tahun 1970 dan memiliki beberapa cabang di Aceh.

Dari segi rasa dan proses pembuatannya masih sama, tidak ada yang berubah sejak lama. Prosesnya masih menggunakan arang dan bumbu rempah pilihan yang membuat nasi goreng di sini sangat istimewa.

Keunikan lain dari nasi goreng Daus in terletak pada kebebasan pelanggan memilih menu pelengkapnya. Ada ayam goreng, burung dara goreng, bistik, dan menu lain yang tersaji di piring berbeda.

Di sini ada beberapa jenis nasi goreng yang bisa Anda pilih yakni nasi kambing muda, nasi seafood, nasi kampung, dan lainnya. Semua memiliki cita rasa yang menggugah selera dan pastinya lezat.

Alamat warung pusatnya berada di Jl. T. Panglima Polem No.87-89, Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Warung Nasi Goreng Daus ini sering menjadi tujuan sopir rental mobil avanza Aceh saat membawa tamunya untuk makan malam.

Break Time Coffee

Kota Aceh juga memiliki tempat ngopi kekinian yang patut Anda kunjungi yakni Break Time Coffee. Dengan konsep vintage modern membuat kafe ini langsung mencuri pandang banyak orang yang datang.

Menu yang tersedia juga beragam dengan harga terjangkau. Walaupun murah, kualitas rasa dan bahan makanannya tidak murahan. Anda bisa mencoba berbagai menu kualitas bintang lima di kafe satu ini.

Salah satu menu favorit di sini adalah chicken wings dengan beberapa pilihan rasa. Sedangkan untuk minumannya, beraneka macam olahan kopi wajib Anda coba. Ada pula menu camilan yang siap menemani waktu Anda bersantai.

Lokasinya berada di Jl. Dr H Teuku Mohammad Hasan Desa No.10A, Sukadamai, Lueng Bata, Banda Aceh. Tempat ini selalu ramai menjadi lokasi nongkrong kawula muda saat sore hingga malam hari.

Mie Ayah

mie ayah banda aceh

Selain Mie Razali, warung Mie Ayah di Simpang Lhong Raya juga jadi rekomendasi terbaik untuk Anda menikmati mie Aceh. Pilihan menunya beragam dan yang menjadi favorit adalah menu mie seafood.

Anda bisa menikmati mie khas Aceh dengan tambahan seafood seperti kerang, cumi, hingga kepiting segar. Rasa rempahnya yang khas pasti membuat siapapun yang mencoba ketagihan.

Warung mie ini buka sejak pukul 10.00 WIB  hingga pukul 00.00 WIB. Harga tiap menunya pun tidak terlalu mahal dan sesuai dengan porsi dan rasa yang Anda dapatkan.

Ayam Pramugari

Ayam Pramugari

Sajian ayam tangkap juga bisa Anda nikmati di Rumah Makan Aditya Jaya atau warung Ayam Pramugari. Julukan uniknya ini berasal dari banyaknya pelanggan pramugari yang berkunjung untuk makan.

Selain ayam tangkap, rumah makan ini juga menyediakan beraneka masakan khas Aceh yang lezat. Mulai dari gulai kambing, kari ayam, hingga minuman segar air kates semua tersedia dan wajib Anda coba.

Jika tertarik bisa datang ke Jl. Blangbintang Lama, Bueng Bakjok, Kuta Baro, Aceh Besar. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah

Satu lagi rekomendasi wisata kuliner Aceh favorit yang wajib Anda coba yaitu eungkot keumamah. Makanan ini terbuat dari ikan tongkol atau ikan kayu dengan cara memasak yang sederhana.

Biasanya masyarakat Aceh mengolah keumamah ini dengan cara tumis kering menggunakan bumbu dan rempah khusus. Rasanya asam pedas berkat tambahan belimbing wuluh serta cabai dalam masakannya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba hidangan satu ini, bisa datang ke pusat kuliner Blang Padang yang ada di Banda Aceh. Kuliner satu ini sangat pas jadi penyempurna perjalanan wisata Anda.

Semua destinasi wisata kuliner Aceh murah yang ada pada daftar di atas bisa Anda kunjungi dengan mudah bersama Salsa Wisata. Melalui paket tour yang beragam, Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan di Aceh dan kota-kota lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)