SalSari Resto & Coffee

Sumatera Barat memiliki beragam destinasi yang bisa mengisi waktu akhir pekan selain tempat wisata Padang Sumatera Barat. Di Solok misalnya; ada wisata alam Bukik Chinangkiek yang begitu hits.

Banyak yang telah membicarakan bukik atau bukit ini di media sosial. Postingan-postingan cantik tentang bukit tersebut banyak membanjiri Instagram, TikTok, hingga Facebook.

Sekilas Tentang Bukik Chinangkiek

Bukik Chinangkiek singkarak solok

Bukik Chinangkiek Singkarak Solok Sumbar sendiri sebenarnya bukan merupakan destinasi wisata yang terbilang baru. Sebab, sudah berdiri sejak 2017 silam.

Namun, pada 2021 lalu, kawasan wisata ini mengalami banyak perubahan sehingga semakin terkenal di kalangan wisatawan.

Salah satu daya tarik tempat ini adalah banyaknya wahana Bukik Chinangkiek yang menarik. Contohnya adalah perosotan warna-warni yang mirip dengan wisata Dusun Semilir di Semarang.

Ada juga wahana bianglala raksasa, komedi putar ala Dufan, bom-bom car, paralayang, waterboom, dan spot-spot foto instagenic.

Lokasi Wisata Bukik Chinangkiek

Lokasi Bukik Chinangkiek terletak di X Koto, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Anda sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk menjangkaunya.

Manfaatkan aplikasi Google Maps dengan cara klik di sini untuk permudah kegiatan navigasi. Namun jika Anda menggunakan jasa rental mobil Alphard Padang plus supir di Salsa Wisata.

Rute termudah yang bisa Anda lalui adalah melalui Jalan Raya Padang-Solok dengan jarak tempuh sekitar 18 KM. Hanya butuh waktu tempuh sekitar 10 menit saja.

Jam Buka Wisata Bukik Chinangkiek

Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Solok Sumatera Barat ini kapan saja karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk datang ke sini adalah akhir pekan mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB.

Namun rata-rata wahana permainan di sini hanya beroperasi dari pagi hingga sore saja. Jadi silahkan datang di waktu yang sesuai jadwal operasional wahana; bukan jam buka Bukik Chinangkiek.

Harga Tiket Masuk Bukik Chinangkiek

Untuk masuk ke kawasan wisata Bukik Chinangkiek, Anda tak perlu biaya mahal. Biaya masuk Bukik Chinangkiek relatif murah. Namun pengunjung akan dimintai biaya tambahan untuk parkir kendaraan bila membawa kendaraan.

Ada pula biaya tambahan untuk membeli tiket di taman bermain yang harganya juga masih sangat terjangkau. Berikut rincian harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Parkir Mobil Rp10.000,00 per unit
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per unit
Tiket Bermain Rp10.000,00 per orang

Tarif tiket masuk yang murah tentu bisa membuat pengunjung bisa berhemat. Sisa budget yang ada lalu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan wisata lain. Sebagai contoh untuk memborong oleh-oleh khas Minangkabau.

Daya Tarik Wisata Bukik Chinangkiek

lokasi Bukik Chinangkiek

Sempatkan untuk mengunjungi taman hiburan di atas bukit ini jika Anda sedang berada di Solok. Ada banyak alasan mengapa Anda harus datang ke tempat wisata ini.

Keberadaannya di area perbukitan membuat tempat ini menyuguhkan pemandangan yang cantik. Selain itu, ada berbagai wahana permainan yang seru dan menantang layaknya Dufan. Berikut adalah daftar wahananya:

Perosotan Pelangi

Destinasi pertama yang akan langsung menarik perhatian Anda adalah perosotan warna-warni bak pelangi. Perosotan tersebut sebenarnya merupakan kain dengan berbagai macam warna.

Banyak yang menyebut perosotan ini seperti pelangi karena penuh dengan warna-warna cerah. Ada berbagai warna di perosotan tersebut, mulai dari merah, biru, jingga, hijau, kuning hingga pink.

Banyak yang memanfaatkan keindahan perosotan ini untuk berfoto. Spot tersebut memang sangat cantik dan instagramable. Tidak heran banyak wisatawan yang rela antre untuk berfoto di sini.

Jembatan Gantung

Berikutnya ada wahana jembatan gantung yang seru dan menantang. Meskipun tidak seperti jembatan yang berada di Bukit Halimun Bogor, namun Anda akan tetap tertantang ketika mencobanya.

Jembatan ini terbuat dari rangkaian papan yang terikat dengan tali sehingga membentuk sebuah lintasan menarik. Di sisi kanan dan kirinya ada juntaian tali-tali sebagai tempat berpegangan.

Ketika berada di atas jembatan gantung tersebut, Anda akan merasakan guncangan ringan yang mendebarkan. Bagi pengunjung yang memiliki phobia akan ketinggian, masih tetap bisa menikmatinya karena tidak terlalu tinggi.

Rumah Pohon

Spot foto berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah rumah pohon. Anda bisa berfoto dengan latar belakang perbukitan yang elok dan sangat instagramable.

Bentuk rumah tersebut sangat unik karena berada di atas pohon dengan desain yang cantik. Untuk sampai ke rumah pohon tersebut, Anda bisa melewati jembatan gantung.

Menariknya, selain berfungsi sebagai tempat berfoto, rumah pohon ini juga bisa Anda gunakan untuk beristirahat sambil asik menyantap oleh-oleh khas Padang Sumatera Barat favorit.

Waterboom

Sumatera Barat memang terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencoba waterboom seperti di Lampung Walk.

Tempat wisata kebanggaan warga Solok ini juga memiliki wahana waterboom yang sayang jika Anda lewatkan. Ada sekitar tujuh spot bermain yang seru.

Spot tersebut selalu ramai oleh pengunjung terutama anak-anak. Ada tower slide, racer slide, kiddy pool, lazy river, hingga kolam renang.

Ajak anak-anak untuk bermain air di kolam renang. Selain berukuran cukup besar, kolam renang tersebut juga memiliki air mancur di tengahnya.

Paralayang

Anda menyukai permainan menantang? Jangan sebut Anda adalah seorang pemberani jika belum mencoba paralayang di tempat wisata ini.

Ya, di sini terdapat wahana permainan ekstrim yang akan memacu adrenalin Anda, yaitu paralayang. Anda bisa menguji nyali dengan menjajal wahana tersebut.

Tidak perlu khawatir soal keamanan. Sebab paralayang di sini sudah memenuhi standar keamanan. Anda nantinya juga akan mendapat panduan langsung dari instruktur profesional.

Fasilitas di Bukik Chinangkiek

wisata Bukik Chinangkiek

Bukit ini menawarkan wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap. Berikut info fasilitasnya:

  • area parkir kendaraan
  • toilet umum
  • mushola
  • stop kontak listrik
  • rest area
  • gazebo

Wisata bukit di Solok ini sangat ideal untuk Anda jadikan destinasi liburan bersama orang-orang tercinta. Fasilitasnya lengkap, biaya masuk wisatanya juga terjangkau. Wahana-wahana permainannya juga sangat menarik.

Bila tertarik liburan di wisata Bukik Chinangkiek, sayang jika tak sekaligus kunjungi objek wisata terdekat. Untuk itu, agar lancar, Anda bisa manfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata. Dengan ini, Anda bahkan bisa puas kulineran makanan khas Sumatera Barat Rendang dan lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)