SalSari Resto & Coffee

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan segudang atraksi wisata. Selain populer dengan makanan yang enak di Bukittinggi, ada banyak tempat wisata Sumatera Barat yang populer.

Bahkan ada sejumlah nama tempat wisata yang popularitasnya menggaung hingga ke seluruh wilayah Nusantara. Tempat-tempat wisata ini biasanya telah menjadi bagian dari destinasi liburan favorit di sebagian layanan paket wisata.

Seperti layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Ada beberapa nama objek wisata Sumatera Barat yang masuk dalam list destinasi wisata yang direkomendasikan. Anda dapat memilihnya bila penasaran dengan keelokan tempat wisata tersebut.

Daftar 18 Tempat Wisata Sumatera Barat Terbaru dan Hits

Jika Anda ingin berkunjung ke Sumatera Barat, jangan bingung soal destinasi wisata yang akan Anda datangi. Berikut ini adalah rangkuman 18 tempat wisata Sumatera Barat yang buka saat ini. Anda boleh jadikan daftar ini sebagai referensi nantinya.

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Sumatera Barat. Daya tarik utama dari pantai yang satu ini selain keindahan alamnya adalah snorkeling.

Tidak hanya memiliki berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati, pantai ini juga berlokasi di tempat yang cukup strategis. Pantai yang satu ini hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari pusat Kota Painan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Padang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Kota Padang lepas kunci di Salsa Wisata.

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat terkenal. Tempat wisata ini memiliki menara jam dengan ukuran besar di empat sisinya.

Di sekitar menara jam ini, ada taman-taman yang seringkali menjadi tempat para wisatawan untuk berfoto. Bukan hanya masyarakat setempat, tetapi wisatawan dari luar kota juga banyak yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Uniknya, menara jam dengan diameter 80 cm ini ternyata berasal dari Rotterdam, Belanda. Jam raksasa ini bergerak dengan dukungan mesin yang rupanya hanya ada 2 unit saja di dunia. Hanya ada di Jam Gadang Bukittingi dan Big Ben.

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid raya ini terkenal dengan nama Mahligai Minang. Bangunan masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia yang juga cukup bersejarah.

Masjid yang satu ini memiliki arsitektur yang cukup unik, yang merupakan hasil rancangan Rizal Muslimin. Arsitektur Masjid ini menggunakan gaya yang kental dengan adat Minangkabau lengkap dengan goresan kaligrafi pada bagian luarnya.

Luas bangunannya sendiri mencapai 18.000 meter persegi. Selain sebagai tempat ibadah, banyak juga orang yang datang ke tempat yang satu ini untuk melakukan wisata religi.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan adalah salah marga satwa tertua di Indonesia. Kendati demikian, di tempat wisata ini bukan hanya ada kebun binatang.

Di sini, Anda akan menemukan Rumah Adat Baanjuang alias Rumah Gadang yang merupakan rumah adat Minangkabau. Beberapa orang juga menyebut rumah tradisional ini sebagai Rumah Bagonjong.

Selain bisa belajar tentang budaya Minang dari rumah adat tersebut, Anda juga bisa menemukan beberapa koleksi barang bersejarah di dalamnya. Salah satu contohnya adalah perhiasan dan alat kesenian khas Minang.

Area kebun binatang dan area wisata budaya ini terhubung dengan area Benteng Fort De Kock dengan adanya sebuah jembatan. Jembatan yang indah ini bernama Jembatan Limpapeh yang kini jadi tempat wisata di Sumbar yang lagi hits.

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Istano Rajo Basa Pagaruyung merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Sumatera Barat. Tempat ini dulunya merupakan salah satu istana kerajaan Pagaruyung.

Kerajaan yang satu ini berdiri pada tahun 1347, di bawah kepemimpinan Raja Adityawarman. Kerajaan yang menganut agama Budha ini kemudian mengalami peralihan agama kerajaan menjadi Islam pada tahun 1409.

Ternyata, istana Pagaruyung yang menjadi tempat wisata saat ini hanya merupakan sebuah replika. Sayangnya, istana aslinya sudah hancur akibat terjadinya kebakaran pada tahun 1976.

Bangunan istana ini sendiri memiliki arsitektur khas Rumah Gadang. Pada bangunan ini terdapat tiga lantai yang terdiri atas 72 tonggak dan 11 gonjong atau bagian lancip pada bagian atap.

Lobang Jepang

Anda sudah pernah dengar tentang Lobang Jepang? Tempat wisata yang satu ini merupakan objek wisata di Bukittinggi yang berada di kawasan Taman Panorama.

Lubang menyerupai gua yang merupakan peninggalan dari zaman penjajahan Jepang ini merupakan wisata sejarah yang cukup populer. Letaknya pun hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Jam Gadang Bukittinggi.

Menurut sejarah, Letjen Moritake Tanabe, Panglima Divisi ke-25 Angkatan Darat Bala Tentara Jepang, adalah orang yang mengeluarkan instruksi untuk membuat lubang tersebut. Tempat ini berfungsi sebagai perlindungan para tentara Jepang serta tempat penyimpanan senjata.

Pembangunan Lobang Jepang mulai berjalan pada bulan Maret tahun 1944, dan selesai pada awal bulan Juni tahun 1947. Lubang ini sendiri memiliki kedalaman hingga 49 meter di bawah permukaan tanah.

Soul Puncak Lawang

Soul Puncak Lawang

Jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tempat wisata bernama Soul Puncak Lawang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi. Di sini, Anda bisa menikmati wisata alam dan mencoba berbagai wahana menarik yang tersedia.

Sejauh mata memandang, Anda akan melihat hamparan pohon pinus yang rindang. Tempat yang satu ini memang sangat cocok sebagai tempat untuk melepas rasa lelah.

Tidak sedikit pula wisatawan yang datang ke sini bersama keluarga tercinta. Ada pula yang menjadikan tempat ini sebagai tempat gathering.

Selain pemandangan yang indah, ada beberapa wahana mengasyikkan yang bisa Anda coba di sini. Salah satu wahana yang paling populer adalah flying fox.

Kampung Eropa Harau

Kampung Eropa Harau

Sesuai dengan namanya, Kampung Eropa Harau merupakan tempat wisata yang membuat Anda serasa sedang berada di Eropa. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya perbukitan dan tebing-tebing besar yang mengelilingi tempat ini.

Bukan hanya masyarakat setempat, tetapi banyak turis yang datang dari luar daerah untuk mengunjungi tempat ini. Hal ini bukan hal yang mengherankan, mengingat ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah spot foto bernuansa Eropa. Ada beberapa spot foto favorit dengan miniatur bangunan-bangunan ikonik dari seluruh dunia. Misalnya Menara Eiffel dari Prancis dan Kincir Angin dari Belanda.

Bukan itu saja, di sini juga terdapat sebuah taman bunga yang indah karena memiliki banyak sekali jenis bunga. Ada pula wahana menarik seperti Zip Line Bike dan Sampan yang siap untuk menambah keseruan kunjungan Anda ke sini.

Mifan

tempat wisata sumatera barat Mifan

Mifan, atau lebih terkenal dengan nama Mifan Waterpark Padang Panjang, merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang lagi hits. Tempat ini menawarkan keseruan bermain air.

Mifan terbagi ke dalam dua jenis area, yakni area Waterpark untuk permainan basah dan area drypark untuk permainan kering. Waterpark sendiri berada di kawasan Minangkabau Village. Tempat ini sudah ada sejak tahun 2008 silam dan berdiri di atas tanah seluas 9,8 hektar.

Di sini, Anda akan menemukan banyak sekali wahana air yang menyenangkan. Selain area kolam renang, Anda juga bisa mencoba seluncuran raksasa yang menantang, serta kolam ombak dan ember tumpah.

Sementara itu, pada area drypark, Anda bisa menemukan area outbond. Di dalamnya, ada banyak permainan untuk melatih ketangkasan bagi anak-anak.

Pantai Gandoriah

Di kota Pariaman, ada sebuah pantai indah bernama Pantai Gandoriah. Pantai ini populer di mata wisatawan lokal. Menariknya lagi, pantai ini menjadi gerbang awal bagi para wisatawan untuk bisa masuk ke beberapa pantai di pulau lainnya.

Ada enam pulau lainnya yang bisa Anda jelajahi, dan terkenal dengan sebutan 6 Gugusan Pantai Gandoriah. Beberapa pulau yang termasuk ke dalam gugusan pantai tersebut antara lain Pulau Kasiak, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Angso, Pulau Gosong, Pulau Bando.

Keenam pulau tersebut letaknya berdekatan dan bisa Anda capai dengan menaiki perahu. Jadi sembari melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu, Anda juga bisa turut menikmati view laut.

Nama Pantai Gandoriah ini ternyata berasal dari sebuah cerita rakyat yang menceritakan tentang Putri Gandoriah. Dalam ceritanya, sang Putri jatuh cinta kepada Anggun Nan Tongga. Karena mereka berdua adalah saudara sepersusuan, mereka tidak boleh menikah.

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai adalah sebuah air terjun yang sangat terkenal di Bukittinggi. Tempat wisata di Bukittinggi ini memang terkenal karena letaknya yang unik, yakni di sisi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Lokasi ini berada tepat di kaki Gunung Singgalang.

Siapapun yang melintas di Jalan Raya tersebut bisa melihat keindahan air terjun ini. Jika ingin menikmati air terjun lebih dekat, Anda juga bisa turun beberapa meter agar bisa bermain air.

Area sekitar kolam terjunnya sendiri terbilang cukup aman karena terbendung dengan adanya bebatuan. Dengan tinggi air terjun sekitar 35 meter dan aliran airnya yang cukup deras, berpadu dengan pemandangan yang menyejukkan jiwa.

Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wajib saat Anda berkunjung ke Bukittinggi. Sudah pasti Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

Tugu Merpati Perdamaian

Objek wisata Tugu Merpati Perdamaian adalah sebuah tempat wisata di Padang yang memiliki bentuk mirip dengan origami burung merpati. Tugu yang satu ini memiliki ketinggian kurang lebih delapan meter.

Lokasi tepat tugu ini berada di Taman Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat. Presiden Joko Widodo meresmikan monumen yang satu ini pada tanggal 12 April 2016 silam.

Menariknya, acara peresmian monumen tersebut merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara. Acara pelatihan ini merupakan hasil gagasan dari TNI Angkatan Laut. Tajuk acaranya adalah Multilateral Naval Exercise Komodo.

Selain mengabadikan momen di depan area Tugu Merpati Perdamaian, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Salah satunya adalah berburu makanan khas Sumatera Barat yang tersedia di sekitar area tugu.

Museum Adityawarman

tempat wisata sumatera barat Museum Adityawarman

Situs museum ini merupakan salah satu objek wisata pendidikan yang cukup populer. Museum yang satu ini mengangkat sejarah masyarakat Minangkabau dan peninggalan kebudayaan mereka.

Di sini, Anda dapat melihat sejarah perjalanan kebudayaan khas Minangkabau mulai dari masa prasejarah hingga ke masa modern seperti sekarang ini. Di dalam museum juga terpajang berbagai koleksi barang bersejarah bagi masyarakat Minang.

Tempat wisata di Sumatera Barat yang satu ini berada di tengah tanah seluas 2,6 hektar. Luas bangunannya sendiri adalah sekitar 2.855 meter persegi dan menggunakan desain arsitektur rumah Bagonjong alias Rumah Gadang khas Minangkabau.

Nama museum ini berasal dari nama Raja Adityawarman, salah satu raja Minangkabau yang masih merupakan trah kebangsawanan Majapahit. Sang raja sendiri pernah berkuasa pada tahun 1334 hingga 1364 masehi.

Bukik Chinangkiek

Bukik Chinangkiek

Di Kabupaten Solok, ada sebuah objek wisata menarik untuk Anda kunjungi, yaitu Bukik Chinangkiek. Tempat wisata yang satu ini berada di kawasan perbukitan Danau Singkarak.

Di sini, Anda bisa berlibur bersama keluarga maupun teman sambil menikmati berbagai wahana. Beberapa di antaranya adalah wahana jembatan gantung, rumah pohon, bahkan hingga flying fox.

Bagi Anda hobi menantang adrenalin, bisa mencoba wahana Paralayang dan menikmati keindahan Danau Singkarak dari ketinggian. Selain itu, jika anak-anak ingin bermain air, di sini juga sudah tersedia sebuah taman rekreasi air dengan tujuh wahana permainan.

Ada pula permainan lainnya seperti bumper car, bianglala, motor tabang, dan masih banyak lagi. Liburan di sini dijamin akan sangat terasa seru.

Pantai Padang Sumatera Barat

Bagi Anda penyuka wisata pasti sudah tidak asing dengan Pantai Padang Sumatera Barat. Pantai di Sumatera Barat ini memang menjadi salah satu destinasi wisata incaran para wisatawan.

Dulunya, Pantai Padang ini memang kurang terawat, sehingga tidak banyak wisatawan yang ingin datang ke sini. Kendati demikian, Pemkot Padang telah membangun banyak fasilitas dan menjaga keasrian pantai yang satu ini, sehingga tampilannya sudah sangat berubah.

Selain menikmati keindahan pantai, Anda bisa juga melakukan beberapa aktivitas lain seperti berselancar. Di tempat wisata Padang ini juga ada banyak pilihan wisata kuliner Sumatera Barat di beberapa titik.

Aktivitas favorit bagi para wisatawan untuk mereka nikmati di sini tidak lain adalah menikmati suasana matahari terbenam. Tidak jarang para wisatawan juga mengabadikan momen dengan berfoto ketika matahari terbenam tiba.

Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman

Satu lagi pantai yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Pantai Kata Pariaman. Pantai yang satu ini terletak di bagian Selatan Kota Pariaman dan membentang di sepanjang Desa Taluk dan Kelurahan Karan Aur.

Lingkungan pantai ini masih cukup bersih, sehingga wisatawan yang datang pasti akan merasa nyaman. Tersedia pula kawasan khusus untuk pedagang, sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk mencari oleh-oleh khas Minangkabau di sini.

Menariknya, jika Anda menyusuri bagian Utara pantai ini, Anda akan melihat barisan pohon cemara yang rindang, lengkap dengan ayunan dan tempat duduk. Di sini, Anda juga akan menemukan adanya Tugu Ikan Situhuak.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, jangan sampai terlewat untuk menikmati suasana matahari terbenam. Matahari terbenam di Pariaman memang indah, sehingga tidak heran pantai di kota ini terkenal dengan sebutan The Sunset City of Indonesia.

Kapalo Banda Taram

tempat wisata sumatera barat Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram sejatinya merupakan danau irigasi yang berfungsi sebagai tempat penampungan air untuk mengairi perkebunan. Dulunya, tempat ini memang tidak terlalu populer, tetapi sejak viral di medsos, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung.

Di sekeliling danau, Anda akan melihat beberapa bukit hijau yang indah, serta banyak pepohonan yang rindang. Jika Anda ingin melepaskan rasa penat dari hiruk-pikuk perkotaan, tempat ini bisa jadi tempat wisata yang tepat.

Replika Batu Malin Kundang

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang cerita legenda Malin Kundang. Legenda yang satu ini sudah begitu melekat di masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat.

Batu yang ada di tempat tersebut ternyata hanya merupakan replika. Replika batu Malin Kundang ini dibuat untuk menarik perhatian para wisatawan, sekaligus sebagai gambaran dari kisah legenda tersebut.

Kendati demikian, hingga kini masih banyak wisatawan yang datang untuk melihat batu ini. Meskipun hanya replika, tidak jarang wisatawan yang datang ke daerah ini mengabadikannya dalam bentuk foto.

Demikianlah tadi 18 tempat wisata Sumatera Barat yang sayang untuk Anda lewatkan. Ketika berkunjung ke provinsi tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut bersama layanan paket wisata dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (3 votes)