earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Klaten tidak jauh berbeda dengan Jogja maupun Surakarta. Ada banyak sekali daya tarik yang bisa Anda dapatkan, salah satunya makanan khas Klaten yang benar-benar menggugah selera.

Sebut saja sop ayam pak min Klaten yang sudah terkenal dan tersebar di mana-mana. Rasa hidangan yang khas ini siap membuat liburan dan kunjungan Anda semakin seru.

Selain itu, masih ada makanan lain yang wajib untuk Anda coba. Berikut ini beberapa diantara rekomendasi kuliner khas Klaten tersebut

Daftar Makanan Khas Klaten yang Enak

Sop Ayam

sop ayam klaten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Makanan khas Klaten yang enak satu ini sudah sangat terkenal terutama di pulau Jawa. Ciri khasnya terletak pada rasa kuah sop yang gurih sebab berasal dari kaldu ayam kampung asli.

Rasa gurih sop ini semakin sempurna dengan tambahan rempah seperti lada, garam, dan penyedap rasa lainnya. Ada beberapa pilihan menu yang bisa Anda coba seperti sop pisah, sop campur, sop kulit, hingga sop kepala ayam.

Namun diantara itu semua, sop ayam bagian dada atau paha atas selalu jadi favorit wisatawan. Apalagi bercampur dengan nasi putih hangat sangat pas sebagai menu sarapan Anda.

Bila Anda tertarik ada banyak kedai sop ayam klaten dan yang paling terkenal adalah Sop Ayam Pak Min Klaten. Cabangnya pun tersebar di banyak tempat tidak hanya di Klaten.

Salah satunya yang berada di Jl. Mayor Kusmanto No.4, Tegaltalang, Semangkak, Klaten Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari salah satu tempat wisata Klaten, yakni alun-alun.

Harganya juga sangat terjangkau dan tidak berat di kantong. Satu porsinya bisa Anda beli dengan biaya Rp17.000,00 lengkap dengan nasinya.

Ayam Panggang Klaten

Ayam Panggang Klaten

Anda yang senang berkuliner di kawasan Solo Raya tentu akrab dengan bumbu areh. Bumbu yang terbuat dari santan ini sering menjadi penyedap di berbagai hidangan wisata kuliner Solo salah satunya ayam panggang Klaten.

Dari bumbunya inilah yang membuat rasa dari ayam panggang khas Klaten ini berbeda dari ayam panggang lainnya. Rasa gurih dari santan dan manis dari gula merahnya membuat daging ayam bakar ini semakin lezat.

Ayamnya pun bukan ayam biasa melainkan ayam kampung muda yang dagingnya masih empuk. Bersama sambal terasi atau sambal bawang pedas serta lalapan segar, hidangan ini akan menjadi lebih mantap.

Jika Anda ingin mencoba ayam bakar ini bisa datang ke Jl. Rajawali, Gang Beruang No. 5, Kabupaten, Klaten Tengah, Klaten. Tepatnya di warung makan Ayam Panggang Ny. Anggraini yang sudah sangat terkenal.

Tempat ini buka buka sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap hari. Kisaran harganya mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp95.000,00 tergantung ukuran ayam yang Anda pilih.

Sego Wiwit

Sego Wiwit

Makanan khas Klaten yang terkenal satu ini bukan hidangan biasa, sebab hanya ada saat upacara sedekah bumi saja. Biasanya para petani mengadakan selamatan atau syukuran dengan menyantap bersama nasi wiwit saat panennya melimpah.

Bentuk nasinya tidak jauh berbeda dengan nasi biasa namun penyajiannya mirip dengan nasi tumpeng. Biasanya berisi ayam kampung ungkep, lalapan, urap, dan ikan asing dengan taburan kacang pada nasinya.

Namun sekarang sudah banyak warung makan yang menawarkan kelezatan hidangan ini. Salah satunya yang terletak di sekitar kawasan Candi Prambanan, yaitu Sego Wiwit Prambanan.

Buka sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB, Anda bisa memesan satu porsi lengkap sego wiwit beserta lauknya. Nasi ini akan semakin nikmati bila Anda santap bersama keluarga sambil lesehan.

Harganya pun tidak terlalu mahal satu piring sego wiwit bisa Anda beli dengan harga Rp7.000,00 saja.

Sate Kambing Klaten

Sate Kambing Klaten

Bagi Anda yang tidak takut kolesterol atau darah tinggi, sate kambing khas Klaten ini wajib Anda coba. Berbeda dengan sate klathak, salah satu wisata kuliner Jogja yang terkenal, sate ini memiliki bumbu yang lebih medhok.

Bumbunya meresap hingga ke dalam daging dan langsung terasa rempah-rempahnya. Daging kambingnya pun tidak alot apalagi bau prengus, sehingga setiap gigitannya terasa begitu nikmat.

Rekomendasi sate kambing Klaten yang enak bisa Anda temukan di daerah Wedi persisnya di Sate Kambing Tali Roso Pak Tri. Tempatnya sedikit terpencil namun selalu ramai, bahkan Pak Ganjar, Gubernur Jateng pernah makan di sini.

Jam buka nya mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 18.30 WIB, namun seringnya sate sudah habis lebih dulu sebelum tutup. Harganya sendiri sekitar Rp35.000,00 untuk satu porsi lengkap sate kambing ukuran besarnya.

Sop Ayam Pecok

Sop Ayam Pecok

Sekilas sop ayam pecok tidak jauh berbeda dengan sop ayam Klaten biasa, namun jika Anda lebih teliti bisa terlihat perbedaannya. Ciri khas sop ayam ini adalah potongan ayamnya yang tidak beraturan atau dalam bentuk suwiran.

Cara penyajian yang seperti ini membuat rasa kaldu ayam lebih kuat. Selain itu bumbu dapat meresap hingga ke dalam daging dan tulang ayam. Sehingga rasanya semakin nikmat.

Untuk bisa mencoba hidangan ini Anda bisa memanfaatkan rental mobil Klaten yang siap mengantar Anda ke salah satu tempat rekomendasi, yaitu Sop Ayam Pecok Pak Gembong.

Selain karena rasanya yang sedap, tempat ini ramai sebab harganya yang murah. Satu porsi sop ayam di sini bisa Anda beli dengan harga Rp7.000,00 saja.

Soto Bebek

soto bebek klaten

Selain sop ayam, soto bebek dari Klaten juga tidak boleh Anda lewatkan. Rasanya jelas berbeda dari soto ayam sebab kaldunya berasal dari rebusan bebek beserta rempah khusus.

Kuah sotonya bening dengan warna sedikit kuning. Rasanya pun lebih gurih sebab bercampur dengan lemak bebek di dalam kuahnya. Untuk isiannya tidak jauh berbeda dari soto biasa.

Tempat rekomendasi untuk sajian soto ini adalah Soto Bebek Bu Heri yang ada di Wedi. Banyak sopir dari tempat sewa hiace Jogja yang menjadikan tempat ini salah satu destinasi saat melewati Klaten.

Harganya juga bersahabat di kantong sebab tidak terlalu mahal. Anda bisa mendapatkan satu porsi soto lengkap dengan nasi hanya dengan uang Rp8.500,00 atau Rp10.000,00.

Sego Gudangan

sego gudangan klaten

Gudangan atau urap tidak hanya jadi pelengkap di beberapa hidangan, bahkan bisa jadi sajian utama seperti sego gudangan khas Klaten ini.

Meski dengan isian yang serupa, ‘nasi urap’ ini sedikit berbeda dari sego wiwit sebab lebih mudah dijumpai. Hidangan ini lebih mirip nasi pecel semanggi, makanan khas Surabaya yang menjadi sarapan favorit.

Untuk mendapatkan makanan khas Klaten populer ini pun cukup mudah sebab tersedia di banyak tempat salah satunya di sekitar alun-alun. Harganya pun sangat murah yakni sekitar Rp3.000.00 hingga Rp10.000,00 saja.

Dengan harga segitu Anda akan mendapatkan nasi gudangan lengkap. Biasanya berisi urap, sate usus, tempe, telur rebus, atau ikan asin sesuai selera Anda.

Bebek Bacem

bebek bacem klaten

Bacem tidak hanya berlaku untuk tahu dan tempe saja, di Klaten Anda bisa mencoba bebek bacem yang unik. Cara memasaknya berbeda dengan bebek pada umumnya.

Bebek bacem ini melewati proses perebusan selama lebih dari 5 jam dengan bumbu khusus serta gula merah. Dari proses tersebut terciptalah daging bebek yang lembut dengan cita rasa manis gurih yang khas.

Sangat berbeda dari bebek tik tok, makanan khas Depok dengan rasa pedas dan gurihnya. Sajian legendaris Klaten ini sangat pas Anda nikmati bersama sambal serta lalapan segar.

Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi Bebek Goreng Bu Darman yang ada di Jl. Solo – Yogyakarta, Jogonalan Klaten.

Namun karena proses persiapannya yang lama, harganya menjadi sangat mahal. Satu ekor bebek bacem biasa dijual dengan harga sekitar Rp120.000,00 bila Anda membeli utuh.

Nasi Trancam

Nasi Trancam

Bila terlihat secara sekilas nasi trancam hampir mirip dengan sego gudangan. Padahal ada sedikit perbedaan antara kedua hidangan ini yang terdapat pada isian sayur urapnya.

Sayuran dalam urap nasi trancam biasanya masih mentah dan segar mirip karedok, makanan khas Bandung. Misalnya potongan kubis, kacang panjang, timun, dan juga ciri khasnya yaitu daun kemangi.

Nasi urap ini bisa Anda temukan di beberapa rumah makan salah satunya Rumah Makan Bu Mayar di Jl. Klaten-Solo, Ceper. Sepiring nasi trancam ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp17.000,00 lengkap dengan ayam goreng.

Kepelan

Kepelan

Bosan dengan makanan berat, saatnya Anda mencoba camilan khas Klaten bernama kepelan. Nama kepelan sendiri berasal dari proses pembuatannya yang harus mengepal adonan sebelum menggorengnya.

Terbuat dari tepung terigu dan bumbu sederhana, rasa jajanan ini gurih dan pas menjadi teman bersantai. Anda juga bisa menjadikan kepelan sebagai oleh-oleh khas Klaten atau camilan ringan di perjalanan.

Harganya juga tidak terlalu mahal, dengan uang Rp5.000,00 Anda bisa mendapat satu bungkus besar jajanan ini. Penjualnya pun tersebar di mana-mana terutama di kawasan ramai.

Dawet Bayat

dawet bayat klaten

Puas makan-makan jangan lupa melepas dahaga dengan salah satu minuman khas Klaten, dawet bayat. Minuman tradisional ini hampir sama seperti cendol namun dengan penggunaan santan kelapa muda.

Rasanya pun lebih gurih dan manis berkat tambahan cairan gula merah. Banyak wisatawan biasanya menambahkan es ke dalam minuman ini agar semakin segar.

Anda bisa membeli dawet ini dengan sangat mudah sebab banyak pedagang yang berkeliling menjajakan. Harganya juga terjangkau hanya sekitar Rp8.000,00 per porsinya.

Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok

Makanan lain yang mirip dengan nasi pecel adalah nasi tumpang lethok. Hal yang membedakan terletak pada bumbunya yang menggunakan santan, dan juga tempe.

Tidak hanya satu tempe, nasi lethok ini menggunakan tiga tempe berbeda yakni tempe bacem, tempe semangit dan tempe biasa. Rasanya jangan ditanya. Gurih, pedas, manis terasa di setiap suapannya.

Nasi tumpang khas Klaten bisa Anda temukan di Jl. Mayor Kusmanto tepatnya di Nasi Tumpang Koyor dan Bubur Lethok. Harganya mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp25.000,00 per porsi.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas dari Klaten yang halal dan wajib Anda coba. Masih banyak hidangan menarik lain yang bisa Anda temukan di Klaten seperti swike kodok yang tidak semua orang bisa nikmati.

Apapun makanan yang ingin Anda pilih, mengunjungi kota bersinar ini tentu lebih mudah dan seru bersama biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Dengan berbagai layanan seperti paket gathering misalnya, perjalanan wisata Anda bersama keluarga atau rombongan kolega akan sangat praktis. Tidak perlu repot lagi urus ini itu, semua bisa langsung Anda rasakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)