SalSari Resto & Coffee

Subang terkenal dengan berbagai wisata alamnya yang berada di dataran tinggi. Sebut saja salah satunya adalah wisata alam Bukit Pamoyanan. Seperti namanya, wisata ini berupa areal perbukitan yang menyuguhkan view spektakuler.

Tempat wisata di Subang yang lagi hits ini sangat terkenal di kalangan para pecinta alam. Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke sini akan menginap dengan mendirikan tenda di atas bukit.

Sekilas Tentang Bukit Pamoyanan

bukit pamoyanan subang jawa barat

Bukit Pamoyanan Subang Jawa Barat adalah destinasi wisata alam berupa bukit dengan ketinggian sekitar 600 mdpl. Bukit ini sangat spesial dan menjadi primadona di antara wisata Subang lainnya.

Banyak wisatawan yang tertarik dengan keindahan panorama alamnya. Tak jarang bukit ini jadi target lokasi wisata bagi rombongan peserta gathering, komunitas, dan keluarga.

Adapun atraksi utama dari wisata unggulan Jawa Barat ini adalah pemandangan berupa sunrise dan lautan awan. Selain itu, tentu keseruan saat berkemah di malam hari atau kegiatan siang hari mulai dari outbound hingga paintball.

Di malam hari, pihak pengelola menyediakan fasilitas kambing guling yang pasti sangat nikmat. Jika ada rencana bersama dengan teman-teman atau keluarga besar, cobalah agendakan ke sini.

Harga Tiket Masuk Bukit Pamoyanan

Sama seperti The Ranch Ciater atau destinasi wisata Subang lainnya, untuk masuk ke bukit ini pengunjung harus membayar tiket. Harga tiket masuk Bukit Pamoyanan Subang cukup murah. Berikut daftarnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Tiket Masuk plus Camping Rp30.000,00
Sewa Tenda Tipe A Rp100.000,00
Sewa Tenda Tipe B Rp120.000,00
Sewa Tenda Tipe C Rp140.000,00
Sewa Tenda Kapasitas 6 Orang Rp150.000,00
Sewa Tenda Kapasitas 8 Orang Rp200.000,00
Fun Games Rp95.000,00
Paintball Rp95.000,00
Kambing Guling Rp2.500.000,00
Homestay Tipe A Rp300.000,00
Homestay Tipe B Rp200.000,00

Rute Menuju Lokasi Bukit Pamoyanan

Harga tiket payomanan

Lokasi Bukit Pamoyanan ada di Kawungluwuk, Kec. Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Jarak dari kota sekitar 31 KM dengan waktu tempuh lebih dari 1 jam. Cukup jauh memang tapi akses jalannya sudah bagus.

Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil terdekat dan murah untuk menuju lokasi jika bersama keluarga atau beberapa teman. Sedangkan untuk yang datang bersama rombongan untuk acara gathering, bisa menggunakan Hiace.

Rute menuju Bukit Pamoyanan Subang cukup mudah. Dari pusat kota arahkan kendaraan menuju Alun-Alun Kecamatan Cisalak. Selanjutnya arahkan ke desa Kawungluwuk. Hanya saja, mendekati lokasi jalannya hanya cukup satu mobil.

Akan tetapi, jalan sempit ini tidak terlalu panjang. Jadi semua akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi.

Daya Tarik Bukit Pamoyanan

Wisata bukit ini dapat menjadi opsi tempat untuk berkemah bersama keluarga, teman komunitas, atau karyawan kantor. Ada cukup banyak yang menjadi daya tarik wisata dari bukit ini. Berikut daya tariknya:

Pemandangan Negeri di Atas Awan

Bukit Pamoyanan Subang

Berada di puncak bukit memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan fenomena alam menakjubkan. Hamparan awan seperti lautan akan menjadi pandangan utama di pagi hari. Fenomena ini bernama awan rendah.

Awan rendah hanya terjadi di pagi hari sebelum matahari terbit. Posisi awan saat pagi memang lebih rendah dari biasanya sehingga Anda bisa menyaksikan gumpalan awan yang mengagumkan.

Inilah kenapa wisata bukit ini sering disebut wisata negeri di atas awan layaknya tempat wisata negeri diatas awan Mangunan Yogyakarta. Ketika awan berada di titik rendah, Anda yang berada di puncak bukit dapat menyaksikan lautan awan dari titik puncak.

Oleh sebab itu, jika ingin menyaksikan fenomena ini Anda harus datang pagi-pagi sekali sebelum mentari terbit. Opsi lainnya adalah dengan camping atau menginap semalam di area puncak bukit.

Camping dan Pemandangan Night City

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan camping, pastikan untuk tidak melewatkannya. Tak puas rasanya jika tak ikut berkemah di area puncak bukit. Sebab, pemandangan di malam hari pun tidak kalah spektakuler.

Pengunjung yang berkemah akan mendapatkan kesempatan menyaksikan view yang super amazing berupa night view Kota Subang. Dari atas ketinggian, Kota Subang akan terlihat gemerlap oleh lampu-lampu jalan dan lampu pemukiman.

Ya, dari atas bukit, Anda bisa melihat lampu perkotaan bak bintang yang bertaburan. Di pagi harinya, Anda akan merasakan sensasi camping di atas awan karena akan ada lautan awan tepat di sekeliling tenda Anda.

Belum lagi, ada banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di sini. Misalnya memasak makanan khas Jawa Barat yang mudah dibuat, membuat kopi hangat, atau membuat api unggun. Dan yang paling dinantikan adalah mengolah kambing guling yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Menyaksikan Indahnya Sunrise dan Sunset

wisata alam bukit pamoyanan

Memang di lokasi yang sama, pengunjung dapat menyaksikan dua fenomena alam, yakni sunrise dan sunset. Hanya saja yang paling menjadi perhatian pengunjung adalah sunrise-nya.

Sebab ketika sunrise, para pengunjung juga dapat melihat lautan awan yang sangat cantik. Bahkan bila beruntung, pengunjung dapat menyaksikan fenomena golden sunrise.

Sebenarnya sunset di sini juga tak kalah cantik. Warna jingga yang mendominasi langit sekitar sang surya yang hendak tenggelam di ufuk Barat terlihat memukau. Momen ini sering dimanfaatkan untuk berfoto.

Rasanya juga akan nikmat menyaksikan sunset dengan makanan ringan khas Jawa Barat. Apalagi ditemani oleh orang tercinta. Sungguh akan jadi momen yang sangat romantis tentunya.

Berbagai Spot Foto Instagramable

ketinggian bukit pamoyanan

Bukit cantik ini sudah pasti memiliki sejumlah spot foto instagramable yang siap memenuhi memori kamera dan memori smartphone Anda. Jadi, kosongkan memori sebelum berlibur dan berkemah di sini.

Spot pertama tentu saja pemandangan lautan awan yang berpadu dengan golden sunrise. Anda bisa berfoto dengan latar awan dan sunrise. Spot selanjutnya adalah berfoto di gardu pandang dengan view yang ciamik.

Jangan lupa juga panorama night city view yang romantis dapat menjadi spot yang instagramable. Bagi pecinta fotografi dan videografi, bisa menemukan spot lain yang tidak kalah spektakuler.

Jika menggunakan drone, maka Anda bisa menyaksikan ciptaan Tuhan yang mengesankan dengan sudut pandang berbeda. Cobalah terbangkan drone tepat di atas lautan awan. Anda akan tercengang dengan hasilnya.

Fasilitas di Bukit Pamoyanan

wisata bukit pamoyanan

Fasilitas objek wisata alam ini cukup lengkap untuk menunjang kegiatan wisatawan. Beberapa di antaranya adalah area parkir, toilet, area camping, penyewaan tenda, mushola, warung makanan khas Sunda yang simple, dan penginapan.

Untuk tenda, pihak pengelola akan membantu mendirikannya sehingga ketika Anda sampai di lokasi, tidak perlu repot lagi mendirikan tenda. Harga sewa tenda di Pamoyanan juga relatif murah.

Selain itu, ada fasilitas outbound, paintball, dan kambing guling. Untuk memasak kambing guling ini juga pihak pengelola yang akan memasaknya. Anda tidak perlu memasak sendiri.

Jam Buka Wisata Bukit Pamoyanan

Objek wisata alam ini beroperasi setiap hari. Jam buka Bukit Pamoyanan ini 24 jam, jadi wisatawan bebas berkunjung di hari apa saja dan di jam berapa saja. Semua fasilitas yang ada di sini juga beroperasi 24 jam. Termasuk warung-warung wisata.

Bagi yang sudah tak sabar untuk camping dan menyaksikan lautan awan di atas puncak bukit, segera agendakan ke sini. Jadikan perjalanan ke wisata Bukit Pamoyanan Subang lebih menyenangkan bersama paket wisata dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)