SalSari Resto & Coffee

Pulau Jawa memang paling terkenal dengan tempat-tempat wisata alamnya. Tak heran bila banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota, yang tertarik untuk berlibur di pulau Jawa. Nah, kali ini, kami akan memberikan ulasan lengkap tentang tempat wisata hits di Jawa Timur, namanya Cafe Kangen.

Kafe ini mengusung konsep outdoor di tengah alam terbuka. Jadi, sudah bisa Anda bayangkan betapa indahnya pemandangan sekeliling.

Di sini, Anda bisa menikmati makanan dan minuman lezat sambil menikmati pemandangan. Tak lupa pula berburu foto-foto yang instagramable.

Sekilas Tentang Cafe Kangen

jembatan Cafe Kangen Pasuruan

Kafe kekinian ini terletak di dataran tinggi daerah Sawiran, tepat di tengah-tengah hutan pinus. Tak heran bila udara di sini sangat sejuk dan menenangkan. Cocok sekali untuk Anda yang ingin healing.

Kafe bernama lengkap Kangen Kaneng ini pertama kali viral pada tahun 2020. Hingga sekarang, kafe ini tidak pernah sepi pengunjung. Tak jarang pula para pendaki Gunung Bromo menyempatkan diri untuk mampir di kafe ini.

Konsep yang diusung adalah menyatu dengan alam. Jadi, jangan kaget bisa Anda melihat desain interiornya yang menggunakan bahan serba kayu atau bambu.

Menu yang ditawarkan kafe ini juga terbilang murah, walau rasanya tidak murahan. Ditambah pula adanya spot-spot foto menarik. Sudah bukan pemandangan asing lagi bila Anda melihat para anak muda berlomba-lomba berpose di tengah kafe ini.

Jam Buka Cafe Kangen

Jam Buka Pukul
Setiap hari 09.00 – 21.00 WIB

Rute Menuju Lokasi Cafe Kangen

Jika hendak mengunjungi Cafe Kangen, maka Anda bisa datang ke lokasinya di Sawiran, Dawuhan Sengon, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan sewa mobil Innoa Reborn Malang pada Salsa Wisata, agen travel organizer yang memiliki pilihan armada mobil lengkap dengan tarif yang terjangkau.

Jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Malang. Sementara dari Kota Pasuruan, perjalanan akan menghabiskan waktu selama 1 jam 5 menit. Jalanannya agak menanjak dan memiliki beberapa belokan yang cukup tajam, jadi berhati-hatilah saat berkendara.

Lokasi kafe ini berdekatan dengan Wisata Goa Kembang Kaneng dan Lembah Gunung Tumpeng. Tidak jauh pula dari Gunung Bromo, Coban Jahe dan Coban Pelangi. Jadi tidak akan sulit untuk menemukan lokasi kafe ini.

Fasilitas di Cafe Kangen

Secara keseluruhan, fasilitas di kafe ini cukup lengkap dan mampu membuat puluhan pengunjung merasa betah berlama-lama di sini. Berikut ini beberapa fasilitas penunjang yang bisa Anda manfaatkan.

  • Parkiran
  • Mushola
  • Spot foto
  • Ayunan
  • Wifi

Menu Favorit

Menu yang ada di kafe ini kebanyakan adalah makanan khas Jawa Timur. Selain itu, yang menjadi salah satu daya tarik dari kafe ini adalah nama-nama menu minumannya yang sangat unik.

Seperti Es Yakult Nangkring, Ex Suami, Wedang Kejam Banget, Coklat Kangen Kamu, Coffee Kangen Mantan, Coffee Gairah Terbang, Es Pelangi Dihatimu, Es Kapal Layar, Ice Semriwing dan masih banyak lagi.

Sementara untuk menu makanan, yang menjadi favorit ada Nasi Pecel Ayam, Nasgor Tempo Dulu, Nasgor Ala Kafe Kangen, Tahu Petis, Tahu Crispy, Tahu Gejrot, Stik Chicken BBQ, Roti Maryam, Sempol Kangen dan sebagainya.

Harga Menu Makanan Cafe Kangen

menu makanan di Cafe Kangen Pasuruan

Harga menu di kafe ini memang sangat murah. Walau begitu, rasanya tidak murahan loh! Apa lagi aneka wedangnya. Benar-benar sedap dan bisa menghangatkan tubuh.

Berikut beberapa harga menu yang ada di kafe ini:

Daftar Menu Tarif
Makanan Rp5.000,00 – Rp35.000,00
Snack Rp8.000,00 – Rp20.000,00
Thai tea Rp10.000,00 – Rp14.000,00
Coffe and tea Rp6.000,00 – Rp22.000,00
Wedangan Rp12.000,00 – Rp18.000,00
Minuman segar Rp8.000,00 – Rp18.000,00

Keunikan/Ciri Khas Cafe Kangen

view Cafe Kangen Pasuruan

Ciri khas utama kafe ini adalah letaknya yang berada di alam terbuka. Tepatnya di tengah hutan pinus dan berada di dataran tinggi. Sehingga, pemandangan yang disajikan pun sangat indah, dan udaranya sejuk.

Selain itu, di kafe ini juga terdapat beberapa spot foto menarik yang pastinya instagenic banget!

Yang pertama akan Anda temui adalah pintu masuk ke kafe ini yang berbentuk segitiga. Pintu masuk ini berada tepat di area parkir, jadi Anda bisa berhenti sejenak dan berpose di depan pintu ini.

Selanjutnya, Anda akan memasuki area kafe yang terdiri dari indoor dan outdoor. Spot favorit untuk bersantai dan mencicipi ragam makanan tentu saja di area outdoor yang menghadap langsung ke hutan pinus.

Di bagian outdoor ini, terdapat beberapa tingkat yang semuanya dilengkapi dengan area makan khusus. Ada yang berbentuk deck dari kayu-kayu bambu kokoh dan dilengkapi dengan meja rendah dan bean bag warna-warni. Ada pula bagian yang menggunakan meja kursi biasa namun berada persis di tepi sebuah lembah kecil.

Kemudian, yang menjadi spot foto paling favorit adalah jembatan gantung. Eits, jembatan ini tidak seperti jembatan gantung yang ada di Kebun Raya Bogor ya!

Bagian bawah jembatan ini merupakan tanah hijau yang masih area hutan pinus. Selain itu, jembatan ini berujung di sebuah deck di atas pohon, di mana Anda juga bisa berfoto-foto sepuasnya.

Saat malam hari, jembatan ini akan diterangi oleh lampu-lampu kecil. Jadi, kapan pun Anda berfoto, hasilnya pasti tetap akan bagus!

Cafe estetik ini bisa menjadi destinasi penutup setelah sebelumnya bertamasya ke tempat wisata kekinian Pasuruan yang gratis. Nongkong di hutan pinus merupakan aktivitas yang bikin hati menjadi adem.

Untuk mendapatkan pengalaman yang berwarna, manfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata. Kami akan membuatkan itinerary liburan yang seru untuk melepaskan segala penat yang ada di kepalamu.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)