SalSari Resto & Coffee

Jika di Makassar terdapat wisata Pantai Galesong, Minahasa punya Camp James yang begitu populer. Tempat wisata ini terbilang baru dan langsung menarik antusias warga Minahasa untuk berkunjung.

Tempatnya sendiri sangat unik dan satu-satunya di Sulawesi. Pasalnya, tempat wisata ini masuk dalam kategori tempat wisata tematik. Tema yang diusung oleh tempat ini adalah Amerika.

Tak heran jika tempat ini langsung kalahkan popularitas sejumlah tempat wisata Makassar yang hits. Anda tentu sangat penasaran dengan info seputar objek wisata Minahasa ini, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Camp James

camp james Minahasa

Tempat yang terkenal dengan nama Camp James Manado ini merupakan cafe, resto, dan tempat wisata yang terkenal di Kabupaten Minahasa. Uniknya, tempat ini mengangkat nuansa perpaduan antara Minahasa dan Amerika.

Jika berkunjung, Anda akan melihat perpaduan cantik antara vibe Minahasa-Amerika. Hal ini kemudian menjadi daya tarik yang sangat unik bagi tempat wisata ini. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk berlibur sembari mengajak keluarga tercinta.

Anda bisa merasakan suasana seperti di Amerika namun tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke negara aslinya. Di sini terdapat bangunan, desain ruangan, hingga konsep indoor dan outdoor yang sangat mirip dengan Amerika.

Bukan hanya menonjolkan konsep Amerika saja. Destinasi wisata ini juga masih tetap mempertahankan nuansa khas Minahasa. Dari ide atau konsep ini saja, tempat ini suguhkan destinasi wisata yang berbeda dengan tempat wisata Makassar terbaru.

Harga Tiket Masuk Camp James

Untuk masuk ke kawasan resto sekaligus tempat wisata ini, Anda perlu membayar tiket masuk Camp James di loket yang tersedia. Namun tenang, tiket masuk ke tempat ini terbilang cukup murah. Berikut harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp10.000,00 per kendaraan

Tiap pengunjung yang memiliki tiket akan otomatis mendapat voucher. Voucher ini bisa pengunjung tukar dengan welcome drink and snacks. Biasanya welcome drinks di sini berupa minuman teh atau kopi.

Rute Menuju Lokasi Camp James

cafe camp james

Lokasi Camp James berada di Jalan Susuan, Desa Sinuian, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Untuk datang ke tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Jarak yang harus Anda tempuh jika dari arah Kota Manado adalah sekitar 35 kilometer. Bagi Anda yang baru pertama kali ke sini maka bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah.

Atau mengikuti rute berikut: dari Kota Manado ke Jalan Tondano Kamangta lalu langsung ke lokasi. Rute alternatifnya yaitu via Jalan Raya Manado Tomohon dengan waktu tempuh 1.5 jam.

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin datang ke sini adalah menggunakan rental mobil terdekat dari Salsa Wisata. Perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman bersama pengemudi berpengalaman.

Daya Tarik Wisata Camp James

Berada di tempat ini membuat Anda bisa menikmati berbagai makanan khas daerah di Indonesia yang mayoritasnya adalah olahan ikan. Selain kuliner, daya tarik lainnya dari tempat ini tentu saja adalah nuansa Amerika yang bisa Anda jadikan tempat berfoto.

Oleh sebab itu, berkunjung ke tempat ini memang paling tepat bersama keluarga atau teman-teman. Karena Anda dapat mengabadikan momen terbaik bersama mereka.

Agar Anda bisa mendapat gambaran akan keseruan liburan di sini, berikut kami rangkumkan sejumlah daya tariknya:

Bangunan Bernuansa Amerika

resto camp james

Destinasi wisata ini merupakan sebuah bar, cafe, dan resto dengan konsep menyerupai cafe di Amerika. Nuansa khas Negeri Paman Sam tersebut sangat terasa di berbagai sudut kawasan.

Bangunan di tempat ini juga bernuansa Amerika Serikat. Bahkan, Anda bisa melihat bendera Amerika Serikat dan bendera negara-negara bagian Amerika serikat yang juga memperindah visual tempat ini.

Salah satu bangunan yang sangat mirip dengan Amerika Serikat adalah White House. Gedung tersebut benar-benar berwarna putih dengan nuansa Amerika lengkap dengan benderanya.

Tidak hanya gedung White House, Anda juga akan merasakan nuansa Amerika di panggung pertunjukan yang berada di samping cafe. Panggung pertunjukan tersebut biasanya menampilkan pertunjukan tarian ala cowboy dengan musik country yang khas.

Perpaduan Cantik Antara Amerika dan Minahasa

Selain mengusung konsep Amerika, tempat ini juga tidak meninggalkan nuansa lokal, yaitu Minahasa. Keduanya menciptakan perpaduan yang sangat cantik. Tentunya juga unik, terutama di mata para wisatawan.

Keunikan ini yang menjadi pembeda dengan objek wisata di daerah lain seperti halnya tempat wisata di Toraja. Paduan tersebut bisa Anda rasakan mulai dari bangunan serta suasana di tempat tersebut.

Suasana Romantis di Malam Hari

cafe and resto camp james minahasa

Tempat ini menjadi favorit muda-mudi terutama saat menjelang malam hari. Suasana malam di tempat ini menjadi incaran terutama bagi remaja yang ingin berkumpul bersama teman-temannya.

Setelah matahari terbenam, lampu-lampu taman di tempat ini seketika menyala dan menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Nuansa tersebut sangat romantis apalagi jika Anda mengajak pasangan.

Anda bisa menikmati keindahan malam dengan gemerlap lampu di cafe dan resto. Keindahan tersebut tak kalah dengan suasana cantik di tempat wisata Manado Tomohon yang terkenal.

Anda bisa memilih berbagai spot menarik untuk menikmati malam. Seperti nongkrong di bar western ala koboi, di rumah klasik bergaya Amerika, atau dapat juga menikmati cafe gaya ala Hollywood.

Berburu Kuliner

Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan tempat ini saja, namun juga menikmati berbagai sajian kuliner yang terdapat di cafe dan restonya. Hal inilah yang juga mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung.

Tempat ini memiliki menu-menu yang tidak kalah dengan restoran pada umumnya. Menu favorit yang ada di cafe dan resto yaitu nasi goreng spesial. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa paket hidangan olahan ikan.

Selain makanan berat, tempat ini juga menyediakan camilan khas Amerika seperti Burger, roti bakar, dan Hotdog. Sedangkan untuk hidangan khas daerah, Anda dapat memesan Pisang Goroho khas Minahasa.

Dengan adanya menu-menu tersebut, Anda dapat memilih makanan yang paling cocok di lidah. Jangan lupa memesan minuman, tempat ini menyediakan pilihan kopi, teh, dan jus.

Fasilitas di Camp James

camp james buka atau tutup

Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung. Ada area parkir yang luas di depan kawasan wisata yang bisa Anda manfaatkan jika membawa kendaraan pribadi.

Selain itu, ada juga toilet yang berada di berbagai titik. Fasilitas kekinian dari tempat ini di antaranya adalah spot foto instagramable hingga area nongkrong, baik indoor maupun outdoor.

Ada juga taman bermain yang biasanya penuh dengan anak-anak. Anda bisa mengajak si buah hati untuk bermain di taman tersebut. Namun, untuk mendapatkan oleh-oleh khas, Anda perlu mencarinya di luar area wisata.

Anda bisa memilih berbagai toko makanan, jajanan, atau toko souvenir untuk Anda jadikan buah tangan. Menariknya lagi, banyak toko oleh-oleh di sini yang juga menjual aneka produk oleh-oleh khas Makassar dan Manado.

Jam Buka Wisata Camp James

Cafe, resto, dan tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari Senin sampai hari Minggu. Jam buka Camp James dari pukul 10.00 hingga 22.00 WITA. Jika Anda sibuk di hari kerja, Anda bisa memilih libur akhir pekan untuk liburan di sini.

Untuk memudahkan perjalanan Anda menuju ke lokasi, ada baiknya Anda menggunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Selain efektif dan praktis, Anda bisa memilih berbagai destinasi wisata favorit Anda. Dan tentunya biayanya juga akan lebih hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)