SalSari Resto & Coffee

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Candi ini menjadi salah satu destinasi wajib yang selalu dikunjungi wisatawan saat melakukan tour ke Jogja. Kemegahan serta keindahan bangunan candi yang sudah berusia ribuan tahun ini jadi daya tarik sendiri yang membuatnya istimewa.

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Candi Borobudur mulai dari menambah wawasan hingga rekreasi seru bersama keluarga. Sehingga wajar bila objek wisata ini sering menjadi langganan kunjungan karya wisata sekolah dari berbagai daerah.

Belum lagi lokasinya yang tidak terlalu jauh dari sejumlah tempat wisata di Jogja membuatnya menjadi primadona pariwisata Jawa Tengah. Supaya Anda bisa mendapatkan gambaran jelas indahnya Candi Borobudur ini silahkan simak terlebih dahulu ulasan singkat berikut ini:

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan bangunan candi bercorak budha yang didirikan oleh Dinasti Syailendra pada abad ke-7. Pembangunan candi ini bertujuan sebagai tempat ibadah dan ziarah bagi umat Budha pada masa itu.

Setelah Dinasti Syailendra menghilang, peninggalan budaya ini baru ditemukan lagi pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Beliau yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal memerintahkan penggalian dan selesai di tahun 1835.

Pemugaran besar-besaran candi dilakukan sekitar tahun 1973 oleh pemerintah Indonesia dibantu dengan UNESCO. Sejak saat itu Candi Borobudur pun aktif kembali sebagai pusat ziarah dan ibadah bagi umat Budha selain menjadi tempat wisata.

Arsitektur Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur

Bangunan Candi Borobudur memiliki sekitar 72 stupa, 504 arca Budha, dan 2672 panel relief yang menghiasi setiap sisinya. Bentuk candi ini pun berbeda dari kebanyakan candi pada umumnya karena bertingkat dan memiliki jalan di keempat arah mata angin.

Arsitektur bangunannya yang unik tersebut memiliki nilai filosofis tersendiri yang berkaitan kehidupan spiritual manusia. Nilai-nilai filosofi tersebut bisa terlihat dari relief yang terdapat di zona-zona tingkatan candi seperti zona Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu.

Zona Kamadhatu

Bagian paling bawah dari Candi Borobudur ini melambangkan kehidupan manusia yang masih sangat melekat dengan dunia. Relief yang ada di Kamadhatu pun menggambarkan kehidupan nafsu buruk manusia yang suka memperkosa, mencuri, membunuh dan lainnya.

Zona Rupadhatu

Naik 4 tingkat ke atas candi, Anda sudah mulai memasuki zona Rupadhatu yang merupakan lambang dari alam peralihan. Di tempat ini manusia sudah terbebas dari nafsu duniawi namun masih hidup dan tinggal di dunia.

Zona Arupadhatu

Tingkat tertinggi dari kehidupan manusia tergambarkan pada zona arupadhatu yang berbentuk lingkaran dan menjadi lambang dari rumah tuhan. Di kawasan ini terdapat patung-patung Budha di dalam stupa yang dianggap menjadi tempat paling suci di Candi Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Sebelum masuk kawasan candi, wisatawan wajib membayar terlebih dahulu biaya masuk yang sudah ditentukan pengelola. Harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Wisatawan Lokal Dewasa Rp50.000,00
Wisatawan Lokal Anak-anak Rp25.000,00
Tour Guide Rp100.000,00
Wisatawan Lokal Rombongan (minimal 20 orang) Rp25.000,00
Tiket Terusan Borobudur Prambanan Dewasa Rp75.000,00
Tiket Terusan Borobudur Prambanan Anak-anak Rp35.000,00
Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Dewasa Rp75.000,00
Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Anak-anak Rp35.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum mengunjungi Candi Borobudur.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat menarik di Jogja dan sekitar dengan menggunakan paket liburan ke Jogja dari biro perjalanan. Paket tersebut akan mengajak Anda merasakan liburan yang mudah, murah, dan tentunya menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Candi Borobudur

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di daerah Magelang tepatnya Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari perbatasan Jogja yang hanya sekitar 23 km dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil innova bulanan di Jogja atau moda transportasi lain untuk dapat mencapai lokasi candi. Cukup gunakan bantuan navigasi dari Google Maps, Anda akan mendapatkan rute terbaik dan tercepat menuju Candi Borobudur.

Jam Buka Candi Borobudur

Untuk waktu berkunjung, Borobudur buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun saat siang hari sekitar pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB Borobudur akan tutup sementara untuk beristirahat.

Jadi waktu terbaik untuk Anda berkunjung bisa datang saat pagi hari dimulai dari saat matahari terbit menuju spot sunrise. Kemudian bisa Anda lanjutkan dengan berkunjung resto hits sekitar Borobudur seperti Svargabumi Borobudur atau Stupa Resto untuk sarapan.

Baru setelah puas menikmati makanan khas Jogja populer dari resto tersebut, Anda siap mengunjungi Borobudur dengan perut kenyang. Usahakan juga untuk merencanakan kedatangan Anda di musim kemarau agar terhindar dari cuaca buruk saat berkunjung.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)