SalSari Resto & Coffee

Bagi pecinta situs sejarah, terutama situs candi, di Kota Malang sendiri terdapat sebuah situs candi yang cukup populer. Candi Sumberawan namanya. Situs candi ini rupanya mempunyai banyak hal menarik.

Misalnya seputar mitos, kisah sejarah, dan desain arsitektur candi itu sendiri. Meski tidak sepopuler Candi Singasari, ada cukup banyak wisatawan yang melirik tempat wisata di Malang yang murah ini. Lantas, apa yang membuatnya menarik?

Sekilas Tentang Candi Sumberawan

Candi Sumberawan Malang adalah candi bercorak Buddha yang berada di ketinggian 650 mdpl. Materialnya terbuat dari batu andesit yang awet. Luas candi ini sendiri 6.25 meter persegi dan tingginya seitar 5.23 meter.

Candi ini dibangun di kaki Gunung Arjuno dan jaraknya dekat dengan Candi Singasari, yaitu 2 KM saja. Menariknya, candi ini memiliki nama lain, yakni Candi Rawa, karena terletak di tepi rawa.

Di dalam kawasan wisata ini juga terdapat sebuah mata air yang selalu mengalir. Tirta Amerta adalah namanya. Banyak masyarakat setempat yang mengaitkan situs mata air ini dengan mitos tertentu.

Cerita sejarah Candi Sumberawan dan mitosnya yang menarik lantas menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak diantara mereka yang memasukan nama candi ini ke dalam list destinasi pada paket wisata Malang murah mereka.

Lokasi Wisata Candi Sumberawan

tempat wisata Candi Sumberawan

Lokasi Candi Sumberawan terletak di Bodean Krajan, Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Alamat ini dapat Anda tempuh dengan kendaraan mobil atau sepeda motor.

Jika dari Tugu Kota Malang, rute terbaik yang sebaiknya Anda pilih adalah melalui Jalan Raya Lawang dan Gempol. Waktu tempuhnya kurang lebih 40 menit karena harus menempuh jarak hingga 16 KM.

Untuk melancarkan perjalanan, sebaiknya gunakan bantuan aplikasi Google Maps yang siap memandu Anda. Namun Anda tidak perlu repot gunakan Google Maps jika sudah menggunakan layanan rental kendaraan dari Salsa Wisata.

Anda bebas pilih tipe armada yang Anda butuhkan. Misal untuk acara tour bersama rombongan, bus pariwisata, Hiace, dan sewa Elf Malang bisa jadi pilihan terbaik.

Jam Buka Candi Sumberawan

Situs wisata sejarah ini bisa Anda kunjungi hari apa saja karena beroperasi dari Senin sampai Minggu. Hari libur tetap beroperasi dengan jadwal operasional yang sama.

Untuk jadwal operasional, jam buka Candi Sumberawan ini baru dimulai pada pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00 WIB.

Jadi, Anda bisa lakukan kegiatan liburan lainnya setelah puas berkunjung ke sini. Misalnya, belanja buah tangan di toko oleh-oleh khas Malang terdekat.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Sumberawan

Liburan ke situs candi ini tidaklah mahal. Pihak pengelola telah menetapkan harga tiket masuk Candi Sumberawan yang cukup murah agar dapat dijangkau oleh semua kalangan wisatawan.

Khusus pengunjung yang membawa kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, wajib siapkan uang kecil untuk biaya parkir. Berikut kami bagikan nominal biaya parkir dan juga tiket masuk kawasan wisata candi:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Biaya di atas tentu sangat murah. Anda bisa manfaatkan budget yang tersisa untuk keperluan wisata kuliner Malang malam hari, misalnya. Atau, melakukan kunjungan ke objek wisata keren lainnya yang ada di Kota Malang.

Daya Tarik Wisata Candi Sumberawan

Sebagai salah satu warisan sejarah, situs candi ini mempunyai daya tarik yang istimewa. Misal dari segi sejarah. Lalu ada daya tarik arsitektur bangunannya. Bahkan ada beberapa spot yang terbilang masih sakral.

Daripada Anda penasaran, kita bahas satu per satu daya tariknya:

Sejarah Candi

Candi ini merupakan satu-satunya candi di Jawa Timur yang memiliki bentuk stupa. Menurut sejarah, candi ini adalah bangunan peninggalan Budha dari kerajaan Singasari.

Fungsi Candi Sumberawan ini sendiri adalah sebagai tempat sembahyang. Baru kemudian pada tahun 1904, Pemerintah Hindia Belanda menemukan candi ini.

Menurut Prasasti Negarakertagama, candi ini sudah ada sejak awal abad 15 lalu. Catatan sejarah lainnya menuliskan bahwa Raja Hayam Wuruk kabarnya pernah mengunjungi candi ini. Tepatnya tahun 1359.

Ratusan tahun kemudian, tepatnya tahun 1937, telah muncul sebuah mata air saat proses pemugaran candi. Mata air ini hingga sekarang terus mengalirkan air. Kini mata air tersebut dianggap air suci dan bersifat sakral.

Mitos Air Suci Bernama Tirta Amerta

sejarah Candi Sumberawan

Tirta Amerta adalah sumber mata air yang berada tak jauh dari candi. Konon, sumber air tersebut merupakan air suci. Warga setempat menamainya Tirta Amerta yang artinya air keabadian.

Sumber mata air ini muncul sebagai akibat kekuatan para pertapa yang sedang melakukan ritual di dalam candi. Kini mata air tersebut masih terjaga dengan baik.

Airnya sangat jernih dan dapat diminum secara langsung. Kabarnya, air dari sumber mata air ini masih masyarakat gunakan untuk keperluan rangkaian perayaan hari raya Waisak.

Banyak pengunjung yang juga membasuh wajah mereka dengan air suci ini. Sebagian ada yang meminumnya dengan harapan agar awet muda.

Asal Usul Nama Sumberawan

Bagi Anda yang menyukai sejarah pasti akan senang berada di tempat wisata Jawa Timur murah ini. Sebab, akan ada banyak informasi baru yang akan Anda dapatkan. Salah satunya adalah tentang asal usul Candi Sumberawan.

Penamaan Sumberawan sendiri berasal dari kata ‘sumber’ dan ‘rawan’. Jika keduanya kita gabungkan, akan memiliki arti ‘sumber rawa’ atau ‘sumber air’. Arti nama ini sesuai dengan nama Tanah Bidadari yang sudah eksis sejak lama.

Pasalnya, kawasan tersebut memiliki sumber air yang katanya menjadi tempat berkumpulnya para bidadari pada masa dahulu.

Fasilitas di Wisata Candi Sumberawan

tiket masuk Candi Sumberawan

Objek wisata candi ini termasuk destinasi wisata yang dikelola dengan baik. Hal itu membuat fasilitas yang disediakan cukup lengkap sehingga mampu membuat para pengunjung nyaman. Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • mushola
  • tempat parkir kendaraan
  • toilet
  • warung makan

Anda tentu sudah tak sabar untuk mengunjunginya, bukan? Tak perlu buang waktu lagi, tentukan agendanya dari sekarang. Bila perlu, buat list destinasi lainnya seperti spot wisata makanan khas Malang kekinian sebagai selingannya.

Jangan lupa untuk booking layanan paket wisata di Salsa Wisata yang sangat akomodatif. Layanan ini siap mengakomodasi perjalanan Anda ke tempat wisata Candi Sumberawan ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)