SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Arjuno sudah sangat dikenal terutama bagi para pendaki di pulau Jawa. Pesona keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di Malang lainnya.

Gunung ini sudah sangat terkenal di kalangan pendaki dan pecinta alam di Pulau Jawa. Pesona alam dari Gunung ini ini juga tidak kalah dengan tempat wisata di Malang lainnya.

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Gunung Arjuno mulai dari pemandangan alam, sejarah, hingga misteri. Pengalaman mengunjungi Gunung ini akan menjadi pengalaman berlibur dan mendaki yang mengesankan.

Anda bisa mengunjungi Gunung ini atau tempat wisata lain di Malang dengan paket wisata bromo yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang telah menanti Anda di Gunung Arjuno berikut ini:

Sekilas Tentang Gunung Arjuno

Gunung Arjuno atau sering disebut Gunung Arjuna ini merupakan gunung berapi yang berada dalam kondisi tertidur. Erupsi terakhir Gunung ini terjadi pada tahun 1952 dan sejak saat itu belum ada aktivitas vulkanik yang terlihat.

Ketinggian dari Gunung ini mencapai lebih dari 3000 meter atau lebih tepatnya 3339 mdpl. Ketinggian ini membuatnya menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Puncak Gunung ini masih satu punggung dengan Gunung Welirang sehingga banyak pendaki yang menyebut gunung ini sebagai Gunung Arjuno-Welirang. Selain Gunung Welirang, Gunung ini juga dekat dengan Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II.

Ada banyak sekali jalur pendakian yang bisa dipilih jika Anda ingin mendaki puncak seperti via Tretes, Purwosari, Selecta, dan Lawang. Setiap jalur ini masing-masing memiliki pesona wisata dan keindahan alam yang menarik untuk ditelusuri.

Anda bisa menemukan banyak candi, kisah misteri, dan sejarah saat mendaki Gunung Arjuno. Tentu saja pemandangan indah dari puncak Gunung Arjuno menjadi pelengkap sempurna perjalanan Anda.

Hal Menarik di Gunung Arjuno

Wisata Gunung Arjuno

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak hal yang menjadi daya tarik bagi para pendaki untuk datang ke Gunung Arjuno. Mengunjungi Gunung ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan dan ingin menikmati keindahan alam.

Gunung Arjuno juga menyimpan banyak potensi wisata dari setiap sisi di gunungnya dan berikut ini beberapa diantaranya:

Menikmati Panorama Alam

Pemandangan alam dari Gunung Arjuno menjadi daya tarik utama bagi sebagian besar pendaki yang mengunjungi Gunung ini. Perkebunan warga di lereng gunung, hutan cemara yang lebat, padang sabana hijau menjadi suguhan panorama alam yang akan Anda temukan.

Setiap pos pendakian yang Anda lewati menyajikan keindahan alam yang sangat memukau dan sayang bila terlewatkan. Saat sore hari Anda bisa melihat langit berubah warna menjadi jingga dan perlahan menjadi gelap dengan sangat menawan.

Kawasan gunung yang bebas dari polusi udara membuat langit dapat tampak begitu terang dengan bintang yang ada di langit. Saat pagi hari, lautan awan menjadi pemandangan indah yang mengiringi munculnya sinar hangat matahari.

Semua pemandangan alam terlihat semakin sempurna dari puncak tertinggi Gunung ini. Rumah-rumah kecil, punggung gunung yang kokoh dan hijaunya alam dari ketinggian jadi pemandangan yang sulit untuk dilupakan.

Melintasi Jalur Pendakian Menuju Puncak

Untuk menuju puncak Gunung ini ada banyak jalur yang bisa Anda pilih. Setidaknya ada 9 jalur pendakian yang bisa dipilih dimana lima diantaranya bukan jalur yang biasa dipilih.

Dari semua jalur pendakian yang ada pendakian via Lawang dan Purwosari menjadi yang paling sering dipilih. Berikut ini sekilas tentang masin-masing jalur pendakian tersebut:

Gunung Arjuno via Lawang

Pendakian Gunung Arjuno via Lawang sering dipilih wisatawan karena waktu tempuh menuju puncak yang relatif lebih singkat. Dari basecamp hingga puncak Ogal Agil Gunung Arjuno hanya memerlukan waktu kurang lebih 9.5 jam.

Jalur ini terkenal memiliki sedikit sekali jalanan landai, dari awal hingga akhir menuju puncak jalur sebagian besar berupa tanjakan. Area landai hanya bisa ditemukan di pos-pos pendakian dan peristirahatan karena itulah jalur ini lebih sering diambil oleh pendaki berpengalaman.

Selama perjalanan Anda akan melewati empat pos sebelum puncak dengan area camp di pos 3 dan pos 4. Untuk sumber air bisa Anda temukan di dekat Pos 2 atau Pos Lincing yang memiliki pemandangan sabana yang indah.

Selepas dari pos 4 Anda akan melewati hutan Cemoro Sewu Lali Jiwo yang terkenal angker. Hal ini karena banyak pendaki yang lupa jalur mana yang sudah dilewati saat berada di kawasan Lali Jiwo.

Setelah itu mulai terlihat jalur terbuka batas vegetasi menuju puncak Ogal-Agil. Batas vegetasi ini juga menjadi titik pertemuan dari jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Gunung Arjuno via Purwosari

Jalur pendakian via Purwosari ini terkenal karena kesan magis dan sakral yang terasa di sepanjang jalur. Ada banyak situs keramat yang bisa Anda temukan mulai dari pos 1 hingga pos 6 yang semua berkaitan dengan pewayangan.

Bila dihitung secara total waktu tempuh dari pos 1 hingga pos 7 dan puncak, waktu yang diperlukan sekitar 13 jam lebih. Meskipun panjang, Anda akan banyak menemukan tempat beristirahat yang nyaman.

Jalur ini juga sering digunakan bagi para peziarah sehingga hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung. Selain itu ada banyak sumber air yang bisa ditemukan di pos 2 hingga pos 5 seperti Sendang Dewi Kunti.

Tempat mendirikan tenda terbaik berada di pos 5 Mangkutoromo dan juga pos 7 Jawa Dwipa. Selain lahannya yang landai, jalur pendakian setelah kedua pos tersebut lebih berat dan butuh tenaga ekstra untuk dilalui.

Dari Pos 7 menuju Puncak Ogal-Agil Gunung ini memerlukan waktu paling cepat 4 jam melewati batas vegetasi Plawangan. Titik ini juga menjadi persimpangan dengan jalur pendakian via Lawang menuju puncak Arjuno.

Belajar Sejarah dan Wisata Religi

Gunung Arjuno juga menyimpan banyak sejarah dan budaya yang tidak boleh dilewatkan. Situs bersejarah dan keramat ini lebih banyak ditemukan di jalur pendakian via Purwosari dimana banyak pula peziarah yang datang.

Situs pertama yang bisa Anda lihat adalah Goa Antaboga atau Onto Boego yang dipercaya menjadi tempat pertapaan Naga Hyang Antaboga. Kemudian ada pula banyak petilasan di sekitar pos 2 yang sering dikunjungi para peziarah.

Petilasan yang ada di kawasan inilah yang membuat Gunung Arjuno terkenal angker dan wingit. Anda juga bisa menemukan Sendang Dewi Kunti sumber air bersih yang menurut mitos berkhasiat bila diminum.

Di pos 4 Anda akan menemukan arca Semar yang menjadi penanda tempat eyang Semar moksa. Naik ke pos 5 terdapat punden dan arca yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar karena menjadi tempat Dewa Wisnu bertapa.

Arca terakhir bisa Anda temukan di pos 6 atau Candi Sepilar dimana tersusun 9 arca penjaga dan 5 arca pandawa. Semua situs bersejarah ini berkaitan dengan kisah-kisah pewayangan Pandawa khususnya Arjuna dan tentu sangat menarik untuk dipelajari dan dilestarikan.

Tempat Wisata di Sekitar Gunung Arjuno

Puncak Gunung Arjuno

Tidak ingin lelah mendaki, Anda masih bisa menikmati keindahan Gunung Arjuno dari berbagai tempat wisata yang ada di sekitarnya. Ada Taman Safari Prigen yang siap mengajak Anda berpetualang melihat hewan bebas berkeliaran di hutan.

Jika Anda ingin bersantai menikmati Alam sambil bermain air bisa coba mengunjungi Selecta Malang. Di tempat ini juga tersedia berbagai makanan khas Malang seperti bakso Malang yang siap mengobati lapar Anda.

Anda juga bisa menikmati keindahan alam dan berendam air panas di Agrowisata Wonosari sekaligus membeli oleh-oleh khas Malang disana. Selain tempat-tempat ini masih banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa Anda temukan di sekitar Gunung Arjuno.

Harga Tiket Masuk Gunung Arjuno

Untuk pengunjung atau pendaki yang ingin naik Gunung Arjuno harus membayar simaksi yang telah ditentukan. Biaya simaksi ini sangat terjangkau terutama bagi wisatawan lokal, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Pengunjung Lokal Weekdays Rp11.000,00
Pengunjung Lokal Weekends Rp16.000,00
Pengunjung Mancanegara Rp201.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya sebelum mendaki Gunung Arjuno.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai destinasi wisata lainnya dengan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur, sehingga Anda tinggal menikmati waktu liburan tanpa harus repot ini dan itu.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Arjuno

Ada banyak pilihan rute menuju Gunung Arjuno yang bisa diambil yakni Tretes, Tambaksari, Lawang, Sumber Brantas, Gunung Pundak, dan Watu Jengger. Anda bisa pilih sendiri rute pendakian mana yang akan diambil saat melakukan booking online untuk pendakian.

Agar lebih mudah bisa gunakan Google Maps dan masukan pos pendakian yang Anda pilih agar bisa ditunjukan jalan terbaik. Bisa pula minta bantuan sopir dari rental hiace Malang atau biro perjalanan untuk mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Gunung Arjuno

Gunung Arjuno bisa Anda nikmati selama 24 setiap hari karena tidak ada batasan waktu buka dan tutup. Hanya saja untuk booking pendakian ada waktu pelayanan yang harus diikuti jadi usahakan untuk booking jauh-jauh hari.

Waktu terbaik memulai untuk pendakian bisa dimulai saat pagi sekitar pukul 08.00 WIB atau malam pukul 18.00 WIB. Semua bisa Anda tentukan sendiri bersama rombongan tergantung pertimbangan masing-masing.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Malang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)