SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata bagus di Jawa Barat memang beragam. Dan Anda harus tahu bahwa wisata Jawa Barat itu tidak terbatas Bandung saja. Ada banyak kota dan kabupaten di Jawa Barat yang menyimpan keindahan alam yang memukau. Salah satunya adalah Pandeglang. Apakah Anda sudah pernah dengar Cikoromoy di Pandeglang?

Itu adalah wisata pemandian. Kalau Anda ingin wisata alternatif yang bukan wisata alam, Anda bisa datang ke sini. Tidak perlu bisa berenang kok. Semua bisa datang, bahkan lansia dan anak-anak sekalipun. Para pengunjung bisa menikmati wisata pemandian populer ini.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Bukan cuma sekadar mandi, Anda juga bisa berendam dan main air. Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Tak heran kalau objek wisata ini selalu penuh, apalagi di musim liburan.

Sekilas Tentang Cikoromoy

ikan-ikan di Cikoromoy

Tahukah Anda bahwa tempat pemandian ini sudah ada bahkan dari sebelum Belanda menjajah Indonesia? Memang Cikoromoy usianya sudah tua. Masyarakat Pandeglang percaya bahwa pemandian ini merupakan warisan leluhur dari kerajaan Pasundan di zaman itu.

Bagi Anda pecinta sejarah, Anda bisa datang ke tempat wisata hits di Banten ini untuk napak tilas. Meski sebetulnya tempat pemandian ini sudah ada dari dulu, tempat ini baru resmi dibuka sebagai objek wisata di tahun 1975.

Awalnya, tempat ini bukan cuma dijadikan sebagai lokasi pemandian umum saja, tapi juga sebagai salah satu sumber air bagi masyarakat sekitar. Air di tempat ini biasa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

Meskipun sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sumber air ini masih terjaga kelestarian dan keasriannya sampai kini. Penduduk, dan kini pengelola, menjaga sumber air ini dengan baik, karena sekarang tempat ini memainkan peranan penting bagi masyarakat.

Tempat pemandian ini terbentuk secara alami. Jadi, keindahan alam di sekitarnya tidak perlu diragukan lagi keindahan dan keasriannya. Bahkan setelah ratusan tahun berlalu, tempat ini masih seperti bentuk aslinya.

Sumber air yang mengisi tempat mandi ini asalnya dari Gunung Pulosari. Alirannya kemudian bermuara di sini dan membentuk kolam yang jernih. Karena airnya langsung dari gunung, maka tentu saja jernih dan segar.

Anda bisa lihat sendiri di sini. Kalau berendam di dalam kolam, dasarnya terlihat jernih. Anda bisa melihat batu-batuan di bawahnya yang terbentuk secara alami.

Harga Tiket Masuk Cikoromoy

Bayangkan, dengan semua keseruan yang Anda dapatkan di Cikoromoy, Anda tidak perlu keluar uang puluhan atau bahkan ratusan ribu.

Retibusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00

Anak di atas usia 3 tahun wajib membayar tiket masuk. Jangan lupa sediakan uang tunai ekstra untuk membayar parkir dan membeli makanan di warung sekitar.

Rute Menuju Cikoromoy

pemandian Cikoromoy banten

Cikoromoy ada di Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten. Lokasinya mudah ditempuh karena tidak jauh dari pusat kota. Kalau Anda berkendara dari pusat Pandeglang, Anda hanya harus menempuh jarak kira-kira 15 km.

Kalau dari luar kota, Anda bisa masuk tol Serang Timur. Setelah keluar tol, Anda bisa langsung menuju ke arah kantor pusat pemerintahan Pandeglang. Dari sana, cuma butuh 30 menit untuk sampai di tempat pemandiannya.

Kalau Anda ingin praktis, disarankan untuk menggunakan rental mobil plus driver saja. Dengan rental mobil, Anda cuma tinggal duduk diam dan membiarkan sopirnya yang mencari rute untuk Anda. Kalau Anda berencana liburan ke Banten, Anda bisa hubungi Salsa Wisata untuk mencari mobil yang tepat untuk Anda.

Daya Tarik Cikoromoy

Berenang Sambil Main Air

berenang di Cikoromoy

Itu adalah hal wajib yang harus Anda lakukan kalau datang ke Cikoromoy. Kolamnya jernih dan airnya bersih, meski tanpa kaporit. Jadi Anda bebas berenang berlama-lama tanpa takut paparan zat kimia.

Bahkan anak-anak kecil pun bisa dengan aman bermain air di kolam ini. Anda bisa memakaikan pelampung ke anak-anak. Tidak perlu khawatir kalau tidak membawa pelampung. Ada persewaan pelampung yang disediakan oleh pengelola. Bahkan, ada juga pelampung untuk orang dewasa, lho.

Foto-foto

Pemandangan alam yang indah di sekitar memang bisa jadi latar foto yang instagramable. Sayang kalau dilewatkan begitu saja. Meski tidak banyak spot foto buatan, pemandangan alam sekitar cukup untuk jadi objek yang bagus.

Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar juga bisa jadi kanopi alami sekaligus spot foto yang cantik. Kalau Anda tidak suka basah-basahan, Ada bisa duduk saja di tepi kolam dan melihat aktivitas pengunjung yang berenang, sambil menikmati kesejukan udara sekitar. Pemandangan gunung di kejauhan menambah keindahan panorama.

Berenang Bersama Ikan

berenang bersama ikan Cikoromoy

Ada beberapa kolam di tempat wisata ini. Anda bisa pilih yang banyak ikannya. Meski tidak ada wahana ember tumpah atau seluncuran seperti di Victory Waterpark Bandung, Anda bisa merasakan pengalaman tak terlupakan di sini, yakni berenang bersama ikan.

Ikan-ikan kecil di sini jinak, jadi tidak takut dan kabur meski ada pengunjung yang berenang bersama mereka. Pengunjung juga diminta untuk tidak mengganggu ikan-ikan tersebut. Jadi keseimbangan ekosistem bisa tetap terwujud, mengingat tempat ini memang masih alami.

Wisata Kuliner

wisata kuliner Cikoromoy

Tentu saja, mengunjungi sebuah tempat wisata tidak akan lengkap tanpa wisata kuliner. Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Sunda kekinian yang tersedia di sekitar tempat ini. Ada juga berbagai makanan khas nusantara lainnya yang bisa Anda pilih.

Meskipun begitu, Anda wajib coba ikan bakarnya. Ikan segar air tawan ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa Barat, lalu dibakar di atas arang. Setelah sudah terpanggang sempurna, ikan bakar tersebut lalu disajikan saat masih hangat. Jangan lupa makan ikan bakarnya bersama nasi dan lalapan sayur segar serta sambal khas Pandeglang.

Fasilitas Cikoromoy

fasilitas Cikoromoy

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap dan memadai. Ada beberapa fasilitas pelengkap dan penunjang yang ada, berikut ini beberapa di antaranya fasilitasnya:

  • Kamar mandi. Tenang saja, kamar mandinya ada banyak dan bersih. Jadi, Anda bisa membilas tubuh dengan nyaman.
  • Peralatan renang. Memang untuk masuk ke sini tidak butuh baju renang. Namun, Anda pasti butuh pelampung dan floatee. Anda bisa menyewa semua itu di sini. Dari mulai ban sampai kasur floatee.
  • Tempat makan. Ada banyak warung makan yang tersedia di sekitar tempat wisata.
  • Lahan parkir. Tempat parkir di sini cukup luas, jadi bisa menampung bukan cuma mobil dan motor tapi juga bus pariwisata.
  • Mushola. Ada juga tempat ibadah yang bersih dan dilengkapi dengan peralatan sholat di musholanya.

Jam Operasional Cikoromoy

Cikoromoy buka dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari ketika baru buka, jadi suasananya masih sejuk.

Ingin liburan lebih berkesan? Anda bisa hubungi Salsa Wisata untuk memesan paket wisata. Bukan cuma menyediakan mobil sewa, kami juga punya banyak pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia.

Dengan paket wisata, Anda bisa liburan ke mana saja yang Anda mau termasuk ke toko oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama. Paket wisata kami sudah lengkap akomodasi, transportasi, makan, dan tiket wisata. Jadi, tidak perlu sewa mobil lagi. Simpel, kan?

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)