SalSari Resto & Coffee

Jika Anda butuh liburan sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran, maka Curug Ciangin adalah pilihan yang tepat. Panorama alam yang tersaji pasti berhasil membuat pikiran Anda lebih segar.

Salah satu tempat wisata Subang murah yang hits ini memang menjadi tempat healing bagi wisatawan yang berkunjung. Kesegaran air curug bisa Anda rasakan dengan cara berenang di kolam alaminya.

Selain berenang, ada berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut. Penasaran? Mari simak bersama ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Curug Ciangin

sejarah curug ciangin

Curug Ciangin adalah destinasi wisata yang berada di Subang, Jawa Barat. Tempat ini bisa menjadi wisata tujuan selain Curug Cibareubeuy yang terkenal.

Menurut sejarah Curug Ciangin yang beredar, curug ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 2015 silam. Penemunya sendiri adalah keluarga Mang Nana atas binaan dari mahasiswa ITB.

Kemudian wisata ini resmi terbuka untuk umum akhir tahun 2015. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata dengan luas sekitar 2 hektar ini semakin banyak diminati pengunjung.

Nama Ciangin sendiri memiliki makna sebuah air terjun atau curug yang aliran airnya selalu menghempaskan angin. Karena hal tersebut membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk.

Harga Tiket Masuk Curug Ciangin

Untuk menikmati keindahan wisata curug ini, Anda harus terlebih dahulu membeli tiket masuk di loket yang tersedia. Adapun harga tiket masuk Curug Ciangin masih terbilang sangat terjangkau.

Selain tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir kendaraan, masuk kolam renang, hingga sewa pelampung. Berikut daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisata Curug Rp15.000,00 per orang
Tiket Masuk Kolam Renang Rp15.000,00 per orang
Sewa Pelampung Rp10.000,00 per unit
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pengelola. Namun, harga di atas bisa menjadi referensi wisatawan yang ingin berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Curug Ciangin

kolam renang di villa curug ciangin

Lokasi Curug Ciangin Subang sendiri berada di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Subang.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat ini. Waktu tempuh yang Anda butuhkan dari Subang adalah sekitar 1 jam perjalanan.

Tempat ini sebenarnya bisa Anda akses menggunakan transportasi umum. Namun Anda tetap harus mengendarai mobil atau motor ketika mendekati tempat wisata. Sebab, jalan menuju Curug Ciangin dan villa-nya cukup sempit.

Bila Anda ingin sampai ke tujuan dengan mudah, Anda bisa memesan rental mobil murah dari Salsa Wisata. Ada pengemudi berpengalaman yang siap menemani perjalanan Anda.

Daya Tarik Wisata Curug Ciangin

Wisata curug ini mempunyai daya tarik yang tidak ada di curug lainnya. Ada dua tingkat air terjun yang menjadi ciri khas curug ini. Curug model bertingkat ini membuatnya begitu terkenal.

Pada tingkatan pertama, aliran air terjunnya tak begitu tinggi. Aliran air tersebut langsung menuju Curug Ciangin yang berada di bawahnya.

Sedangkan curug ini sendiri memiliki dua aliran air terjun dengan tinggi yang berbeda. Aliran airnya jatuh tepat di kolam yang berada di bawahnya.

Selain itu, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di sini. Berikut aktivitas yang dimaksud:

Segarnya Berenang di Kolam Air Terjun

body jumping di curug ciangin subang

Berenang menjadi kegiatan wajib ketika berkunjung ke curug hits ini. Airnya yang sejuk bisa menyegarkan tubuh Anda sekaligus mengembalikan lagi semangat yang sebelumnya luruh.

Apalagi dengan semilir angin di sekitar kawasan wisata, suasana akan terasa semakin menyejukkan. Air terjun setinggi 9 meter dan kedalaman kolam yang mencapai 5 meter juga bisa menjadi sarana healing yang cocok selain Curug Cipanas Lembang.

Jika Anda tidak bisa berenang namun ingin menikmati kesegaran air terjun, maka bisa menggunakan pelampung yang tersedia di tempat penyewaan. Sedangkan bagi Anda yang jago berenang, tidak ada salahnya untuk mencoba body jumping yang memacu adrenalin.

Area bermain tersebut berada di bagian atas curug. Anda bisa beraksi dengan naik dan melompat ke dalam kolam yang berada tepat di bawahnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berenang di kolam renang Muara Bambu. Kolam renang tersebut dekat dengan air terjun.

Berkemah di Area yang Asri

paket camping curug ciangin

Jika Anda datang dari luar kota seperti Jakarta, Bandung dan lainnya, tidak ada salahnya untuk menjajal paket camping Curug Ciangin. Sebab tak lengkap rasanya jika Ada tidak berkemah ketika berkunjung ke curug ini.

Anda bisa menemukan area berkemah tidak jauh dari curug dan sungai. Jika Anda tidak membawa tenda, maka bisa menyewanya di stand sewa tenda. Bahkan, tersedia juga peralatan pendukung camping lain seperti hammock dan kompor.

Sambil bersantai di tenda, Anda bisa menyantap makanan yang Anda bawa dari rumah. Namun, jika tidak membawanya, Anda bisa membeli di warung yang tersedia di kawasan ini.

Ada banyak nama makanan khas Jawa Barat, makanan ringan, dan berbagai suguhan minuman hangat di warung dekat camping ground. Anda bisa memesan kopi atau jahe hangat untuk menemani waktu bersantai bersama keluarga.

Berkunjung ke Curug Nangka Bongkok

curug nangka bongkok

Anda bisa bergeser ke curug terdekat, yakni Curug Nangka Bongkok. Air terjun di objek wisata Curug Nangka Bongkok ini memiliki ketinggian sekitar 4 meter.

Namun, curug ini tidak bisa Anda jadikan tempat untuk berenang karena pada area kolam terdapat sebuah palung yang cukup dalam. Sebagai gantinya, Anda hanya bisa bermain air di tepi kolam.

Tidak hanya palung, aliran airnya juga cukup deras. Hal itu juga yang menjadi alasan pengunjung tidak boleh berenang di sini. Meski begitu, ada yang unik dari curug ini. Anda bisa melihat beberapa menara batu yang berdiri tepi kolam.

Menara tersebut dibuat dengan cara menyusun bebatuan kecil di sekitar curug. Meski batu tersebut memiliki bentuk yang tidak simetris, namun uniknya menara itu bisa berdiri tegak.

Fasilitas di Curug Ciangin

fasilitas wisata curug ciangin subang

Wisata curug di Subang ini juga menyediakan fasilitas yang tak kalah memadai dari tempat wisata lain seperti The Ranch Ciater Subang. Anda bisa menemukan area parkir yang cukup luas di depan kawasan wisata.

Masuk lebih dalam lagi, ada toilet dan kamar mandi yang terletak di sejumlah lokasi. Toilet dan kamar mandi tersebut juga tersedia untuk laki-laki serta perempuan.

Selain itu, ada camping area yang bisa menjadi pilihan Anda jika ingin berkemah. Jika tidak ingin bermalam di area camping, Anda juga bisa menyewa penginapan di sekitar area wisata. Ada villa Curug Ciangin yang lokasinya dekat dengan curug.

Tidak hanya itu, wisata ini juga menyediakan outbound area sebagai tempat bermain. Bagi Anda yang menyukai fotografi, maka bisa memotret di berbagai sudut area wisata. Anda juga bisa foto selfie dan swafoto bersama keluarga dengan latar belakang curug cantik.

Jam Buka Curug Ciangin

Wisata Subang ini buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu. Anda juga bisa berkunjung kapan saja karena jam buka Curug Ciangin hingga 24 jam non-stop.

Oleh sebab itu, Anda bisa datang saat akhir pekan atau hari libur. Namun biasanya waktu-waktu tersebut akan sangat ramai oleh pengunjung.

Untuk Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Subang Jawa Barat, Anda bisa mendapatkannya di penjual pernak-pernik, pakaian, serta makanan yang ada di sekitar kawasan wisata.

Demikianlah informasi mengenai Curug Ciangin Subang Jawa Barat. Menarik, bukan? Segera atur jadwal untuk pergi ke sana bersama keluarga. Anda bisa memesan paket liburan dari Salsa Wisata. Dengan paket liburan ini, Anda bisa keliling Subang dengan biaya hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)