SalSari Resto & Coffee

Bukan hanya Bogor yang terkenal memiliki banyak curug cantik, Cianjur juga punya salah satunya Curug Cibeureum. Air terjun satu ini berada di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango dan terkenal memiliki beberapa aliran air terjun yang saling berdekatan.

Selain itu, rute trekking menuju lokasinya penuh dengan berbagai macam hal menarik. Pas sekali untuk Anda senang aktivitas hiking dan trekking atau ingin sekedar healing selama liburan di tengah alam yang asri.

Sekilas Tentang Curug Cibeureum

Sekilas Tentang Curug Cibeureum

Curug Cibeurum merupakan air terjun setinggi 40 meter yang berada pada ketinggian 1.625 mdpl. Air terjun terletak di tengah jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas sehingga sering dilewati para pendaki.

Konon katanya, asal nama Cibeureum atau air merah ini berasal dari lumut berwarna merah yang ada di sekitar air terjun. Saat terkena sinar matahari lumut tersebut membuat air terjun tampak seperti berwarna merah akibat terkena pantulan cahaya.

Selain memiliki asal usul nama yang unik, di sekitar air terjun ini juga terdapat dua curug lain yang bisa Anda kunjungi. Curug tersebut antara lain Curug Cikundul dan juga Curug Cidengdeng.

Lokasi ketiga curug ini sangat berdekatan sehingga sering disebut sebagai curug kembar oleh sebagain orang. Saat berkunjung ke sini, Anda juga bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata hits Jawa Barat lain yang masih satu jalur seperti Telaga Biru dan juga Kebun Raya Cibodas.

Alamat Curug

Lokasi Curug Cibeureum terletak di JL. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Cisarua, Puncak, Cimacan, Cipanas, Cianjur. Untuk rute menuju lokasi bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka Curug

Curug ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari, untuk lebih detailnya silakan simak tabel di bawah:

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 06.00 WIB – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Tiket masuk Curug Cibeureum masih cukup murah karena hanya sekitar Rp16.000,00 saja per orang. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi dan juga retribusi masuk kawasan Gunung Gede Pangrango.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp16.000,00
Tiket Masuk Weekends Rp18.500,00
Tiket Masuk Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas Rp13.500,00
Camping di Bumi Perkemahan Rp27.500,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Daya Tarik Curug Cibeureum

Daya Tarik Curug Cibeureum

Curug ini mempunyai banyak daya tarik yang membuatnya layak untuk Anda kunjungi selama liburan. Berikut ini beberapa di antara daya tarik tersebut:

Tiga Curug yang Berjajar

Tiga curug berbeda yang saling berdekatan menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Sebab Anda bisa menikmati Curug Cidengdeng dan Curug Cikundul sekaligus dalam satu lokasi.

Ketinggian serta bentuk dari ketiga curug ini juga berbeda sehingga membuat panorama yang terlihat semakin apik. Tidak sedikit wisatawan yang memanfaatkan ketiga curug ini dengan melakukan berbagai hal mulai dari berenang hingga berfoto.

Bermain air

Berenang dan bermain air tentu menjadi aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di tempat ini. Aliran airnya yang jernih dan segar tentu sangat mengundang untuk Anda nikmati secara langsung di bawah alirannya.

Apalagi di bawah aliran air terjun ini terdapat kolam dangkal yang bisa jadi tempat bermain air terbaik. Jadi siapkan baju ganti jika Anda datang mengunjungi air terjun ini.

Piknik Santai

Suasana asri di area sekitar air terjun juga cocok untuk Anda yang ingin piknik santai bersama keluarga. Pepohonan yang ada di sekitar area dan beberapa saung bisa jadi tempat yang pas untuk Anda menggelar tikar.

Sambil mendengarkan suara gemericik air terjun dan kicau burung, momen bersantai Anda pasti semakin berkesan. Apalagi jika ditemani aneka makanan khas sunda yang bisa Anda beli atau Anda bawa sendiri dari rumah.

Trekking

Sebelum menikmati semua keseruan di air terjun ini, Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Lama perjalanan ini sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung kecepatan Anda berjalan dengan jarak sekitar 2.8 KM.

Selama perjalanan panjang tersebut, Anda bisa menemukan banyak titik menarik yang bisa Anda kunjungi. Seperti misalnya Telaga Biru, Jembatan Rawa Gayonggong dan juga persimpangan menuju jalur pendakian Gede Pangrango.

Telaga Biru

Salah satu spot menarik yang bisa Anda kunjungi selama perjalanan menuju curug ini adalah Telaga Biru. Danau dengan air jernih berwarna biru kehijauan ini termasuk tempat wisata di Cianjur yang terkenal karena keindahannya.

Foto keindahan telaga ini pun sering viral di sosial media terutama saat pagi hari. Danau seluas 500 meter persegi ini pun jadi lokasi favorit bagi wisatawan untuk beristirahat selama trekking karena suasana yang asri dan sejuk.

Camping di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Meski tidak berencana mendaki gunung, Anda tetap bisa camping di sekitar area curug. Sebab tidak jauh dari air terjun ini sudah tersedia area camping khusus yang bernama Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas.

Kawasan camping ini sangat luas dan mampu menampung banyak tenda sekaligus. Jadi sangat cocok untuk Anda yang berencana datang bersama rombongan teman atau keluarga dan ingin menikmati kesejukan alam yang masih asri di sini.

Fasilitas di Curug Cibeureum

Fasilitas Curug Cibeureum

Fasilitas di lokasi curug cukup lengkap dan berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Saung dan tempat istirahat
  • Jalur trekking yang jelas
  • Warung penjual makanan

Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap selama liburan melalui layanan dari Salsa Wisata. Kebutuhan akomodasi, transportasi, hingga konsumsi Anda pasti terlayani dengan baik sesuai keinginan Anda.

Pilihan destinasinya pun beragam tidak hanya Curug Cibeureum karena Anda bisa memilih setiap destinasi wisata yang ada di Indonesia. Jadi tunggu apalagi hungi kami sekarang dan nikmati liburan paling berkesan bersama Salsa Wisata.



By Categories: Cianjur, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)