SalSari Resto & Coffee

Curug Cigentis termasuk salah satu tempat wisata Karawang favorit saat musim libur tiba. Keindahan air terjun di antara tebing batu yang tertutup tanaman hijau serta bebatuan besar menjadi magnet tidak hanya bagi warga Karawang tapi juga di daerah sekitarnya.

Selain itu suasananya yang asri serta fasilitas pendukung yang lengkap juga jadi alasan tempat ini selalu ramai wisatawan. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan air terjun ini sebagai tempat rekreasi rutin setiap minggu untuk melepas penat.

Sekilas Tentang Curug Cigentis

Sekilas Tentang Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis merupakan air terjun setinggi 25 meter yang lokasinya berada di Gunung Sanggabuana pada ketingian 1000 mdpl. Karena letaknya tersebut suasana di tempat ini tentu saja sangat sejuk dan terasa asri.

Selain suasananya, tempat ini ternyata juga menyimpan cerita sejarah mengenai para wali. Konon menurut ceritanya sumber mata air dari curug ini muncul setelah para sunan berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkan sumber air.

Sumber mata air yang mengalir deras menjadi curug ini pun membuat Nu Geulis Nyi Gentis salah satu pengawal terkejut bahagia. Ia langsung melompat masuk ke dalam kolam air bersih yang terbentuk di bawah air terjun dan sejak saat itu curug ini bernama Curug Cigentis.

Meski kebenarannya belum terbukti, bukan berarti hal menarik dan keindahan curug ini hanya cerita belaka. Bahkan bisa saja Anda melakukan hal yang sama seperti Nyi Gentis saat melihat dan terkagum dengan pesona dari curug ini.

Alamat Curug

Lokasi Curug Cigentis Loji terletak di Daerah Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang. Untuk rute menuju lokasi curug ini bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka Curug

Curug ini sebenarnya buka selama 24 jam namun untuk beberapa fasilitas hanya buka pada jam operasional tertentu dan sebaiknya Anda datang pada jam tersebut.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis

Tiket masuk Curug Cigentis ini masih cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp20.000,00 per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk tarif yang perlu Anda bayarkan untuk menikmati sejumlah fasilitas seperti parkir, camping ground dan lainnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp20.000,00
Tiket Masuk Weekdays Rp25.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp7.000,00

Daya Tarik Curug Cigentis

Daya Tarik Curug Cigentis Loji

Tidak kalah dengan Green Canyon Karawang, ada banyak daya tarik yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke sini. Berikut beberapa hal menarik yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di curug ini:

Menikmati Segarnya Air Terjun

Bermain di air terjunnya yang jernih dan sejuk tentu jadi daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi di bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup luas untuk Anda sekedar berendam dan relaksasi melepas penat.

Meski alirannya cukup deras, Anda bisa tetap aman sebab ada batu-batu besar yang memecah aliran air. Sehingga hanya dengan duduk diam di bawah dekat air terjun Anda sudah bisa merasakan segarnya air dari kaki Gunung Sanggabuana ini.

Trekking Melintasi Hutan

Sebelum tiba di lokasi curug, Anda harus melintasi hutan terlebih dahulu sambil berjalan kaki. Lintasan trekking ini memiliki panjang kurang lebih 300 meter yang sudah terbuat dari jalur batu dan semen sehingga tidak terlalu sulit.

Selama perjalanan Anda dapat menikmati alam sekitar yang masih asri bersama dengan suara burung dan gemericik air. Jika Anda lelah selama perjalanan pun tidak masalah, karena sudah tersedia banyak sekali warung serta tempat istirahat yang bisa Anda pilih.

Spot Foto Instagramable

Berkunjung ke curug ini tentu kurang jika Anda belum berfoto. Apalagi ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda pilih seperti formasi batuan besar yang ada di sepanjang aliran sungai dari curug.

Area di bawah air terjun juga bisa jadi tempat yang apik untuk mengabadikan momen Anda. Belum lagi sejumlah spot foto instagramable lain yang sudah pihak pengelola sediakan untuk para pengunjung bebas berfoto sepuasnya.

Kolam Renang Mini

Jika Anda datang bersama anak-anak tidak perlu takut untuk mengajak mereka bermain air. Sebab di tempat ini sudah tersedia kolam renang mini lengkap dengan waterboom mini yang tidak kalah seru dari sejumlah tempat wisata hits di Jawa Barat lainnya.

Apalagi untuk menikmati kolam renang ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun. Anda bisa puas bermain air dan berenang di kolam dengan air segar langsung dari aliran curug.

Jembatan Oranye

Salah satu daya tarik sekaligus ikon dari tempat ini tentu saja jembatan oranye dengan tulisan Curug Cigentis. Jembatan ini merupakan spot wajib bagi para wisatawan untuk berfoto sebagai bukti telah berkunjung.

View yang terlihat dari tempat ini pun sangat cantik karena Anda dapat melihat air terjun serta batuan besar di sepanjang alirannya. Jadi sempatkan untuk berfoto di jembatan ini saat Anda mengunjungi air terjun hits Karawang ini.

Camping Ground & Outbound Area

Kegiatan camping atau outbound juga menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Terlebih lagi jika Anda datang bersama teman dari luar kota seperti Bekasi, Purwakarta, atau Jakarta.

Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas lengkap untuk Anda yang ingin berkemah ataupun outbound. Bahkan tidak sedikit pula pengunjung yang datang menggunakan layanan rental avanza Bekasi juga memanfaatkan fasilitas tersebut selama berada di sini.

Fasilitas di Curug Cigentis

Fasiltias Curug Cigentis

Curug ini punya banyak sekali fasilitas yang bisa Anda nikmati untuk mendukung kenyamanan berwisata seperti misalnya:

  • Area parkir kendaraan
  • Jalan setepak memadai
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Saung tempat beristirahat
  • Warung makanan
  • Area camping, homestay, villa
  • Fasilitas outbound

Dengan berbagai layanan serta fasilitas tersebut tentu pengalaman liburan Anda ke Curug Cigentis jadi sangat berkesan. Seperti halnya saat liburan menggunakan berbagai layanan dari Salsa Wisata.

Melalui paket wisata, rental kendaraan, serta layanan lain liburan Anda pasti jadi lebih mudah. Apalagi biayanya sangat terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tunggu apalagi hubungi Salsa Wisata sekarang dan buktikan sendiri serunya liburan bersama Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Karawang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)