SalSari Resto & Coffee

Selama ini orang mengira Karawang cuma area pabrik yang penuh polusi dan kemacetan. Padahal, kalau Anda mau mengulik sedikit lebih jauh, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga punya tempat wisata tersembunyi, lho. Letaknya memang agak terpencil, tapi benar-benar wajib Anda kunjungi. Namanya Green Canyon Karawang.

Kabupaten Karawang ini tekstur geografisnya memang berbukit-bukit, terutama di bagian selatan. Karena itulah Anda bisa menemukan banyak lembah, ngarai, dan sungai. Semua itu membentuk canyon.

Tempat wisata alam Karawang Instagramable ini dinamai green canyon karena memang dinilai mirip dengan green canyon yang ada di Amerika Serikat sana.

Sekilas Tentang Green Canyon Karawang

kolam renang Green Canyon Karawang

Hal pertama yang Anda saksikan begitu masuk ke tempat wisata ini adalah pemandangannya yang spektakuler. Anda tidak akan mengira bahwa tempat ini letaknya cuma 40 km saja dari pusat kota Karawang yang ingar-bingar.

Green Canyon Karawang ini merupakan sebuah ngarai kecil yang terbentuk alami karena erosi aliran air selama berjuta-juta tahun. Aliran ini berhasil menerobos gua dan membentuk celah di antara stalaktit dan stalakmit.

Pemandangan yang indah tersebut berpadu dengan udara yang sejuk khas pinggir kota. Tempat wisata ini memang benar-benar cocok untuk dijadikan tempat healing. Green canyon ini sendiri nama aslinya Curug Taneuh.

Airnya berwarna hijau dan sangat jernih. Karena letaknya terpencil dan cenderung sulit dijangkau, wisata ini masih belum begitu banyak dipadati pengunjung. Pas untuk Anda yang tidak suka keramaian.

Green canyon ini memang tidak terlalu luas. Jangan bandingkan dengan green canyon yang asli di Amerika sana. Namun pemandangannya sangat eksotis. Ada tebing-tebing yang mengapit aliran sungai di bawahnya.

Tak ketinggalan, ada juga akar-akar pohon tua dan batu-batu besar yang menambah pesona wisata alam ini. Sayangnya, mini green canyon ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Jadi, kalau dibandingkan dengan Curug Cikuluwung, rasanya tempat ini masih kurang. Namun bagi pecinta alam yang lebih suka tempat yang masih alami, tempat ini justru terasa lebih asri dan menarik.

Fasilitas Green Canyon Karawang

fasilitas Green Canyon Karawang

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia sudah memadai dan cukup lengkap. Berikut ini adalah berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan pengunjung:

  • Gazebo.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Ruang penitipan barang.
  • Ruang ganti.
  • Area parkir yang luas.
  • Mushola.
  • Kedai makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Karawang

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, memang Anda akan dikenakan harga tiket masuk yang lumayan mahal. Namun, retribusi Green Canyon Karawang ini diharapkan bisa jadi modal untuk menambah fasilitas di tempat ini. Berikut rincian harganya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp50.000,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Sewa pelampung Rp15.000,00

Rute Green Canyon Karawang

bermain di Green Canyon Karawang

Green Canyon Karawang ini letaknya berbatasan langsung dengan Bogor. Karena itulah banyak yang menyebut tempat ini masuk ke dalam salah satu tempat wisata hits di Bogor. Posisi tepatnya ada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Karawang.

Kalau Anda berangkat dari pusat kota Karawang, Anda bisa ikuti arah menuju tol Karawang Barat. Nanti kira-kira satu kilometer sebelum gerbang tol, belok kiri lalu belok kanan melewati bawah jembatan layang.

Ikuti jalan menuju daerah Badami, lalu terus ke Loji. Sebelum pasar Loji, belok kanan lalu ikuti jalan beton sampai menemukan lokasi. Tidak ada gerbang besar yang menandakan tempat wisatanya.

Hanya ada dua warung yang terbuat dari bambu di sebelah jembatan sebagai patokan jalan masuk ke tempat wisata ini. Di warung makan ini, Anda bisa mengisi perut dulu dengan makanan khas Jawa Barat kekinian sebelum masuk ke Green Canyon.

Rute menuju tempat wisata ini tergolong sulit dijangkau. Tentu saja tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda sampai tepat di depan tempatnya.

Kalau Anda bukan warga sekitar, disarankan untuk menggunakan layanan rental mobil Bogor plus driver murah. Serahkan masalah rute pada sopir Anda, sehingga Anda bisa menikmati perjalanan.

Daya Tarik Green Canyon Karawang

Begitu Anda sudah masuk ke lokasi, bersiaplah untuk melakukan berbagai hal seru di sini. Akan lebih menarik lagi kalau Anda menikmatinya bersama teman dan keluarga. Berikut aktivitas yang menjadi daya tarik Green Canyon Karawang:

Berenang dan Berendam

berenang di Green Canyon Karawang

Seperti di Green Canyon yang lain, di sini ada aliran air yang membentuk kolam-kolam alami. Anda bisa berenang atau berenang di sini. Berenang di kolam alam rasanya jauh lebih menyegarkan dibanding di kolam renang yang mengandung zat kimia.

Apa lagi di kanan kirinya ada tebing-tebing. Green Canyon ini punya dua tebing hijau dengan panjang kira-kira 100 meter dan tinggi 10 meter. Jangan lupa untuk berfoto di sini. Tebing-tebing eksotis ini bisa jadi spot foto yang instagramable.

Canyoning

canyoning di Green Canyon Karawang

Kegiatan yang wajib dilakukan di sebuah canyon adalah canyoning. Canyoning sendiri artinya menyusuri ngarai sempit dengan cara meluncur, berenang, berperahu, atau bahkan naik kano. Saat menyusuri sungai ini, Anda akan melihat stalaktit dan stalakmit yang indah.

Jangan lupa, ada air terjun juga di sini. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, tidak seperti air terjun coban rondo yang terkenal itu. Tinggi air terjun di sini cuma sekitar 5 meter. Namun, pemandangannya sangat indah, apalagi dengan alam hijau di sekitarnya.

Untuk bisa menikmati air terjun di sini, Anda tidak perlu jauh-jauh trekking. Cukup dengan canyoning saja, Anda sudah bisa melihat keindahan air terjun ini, karena lokasinya ada di green canyon-nya langsung.

Berburu Foto

Tentu saja kegiatan yang satu ini tidak boleh luput. Untuk Anda yang hobi fotografi alam, jangan lupa persiapkan kamera Anda saat wisata ke sini. Ada banyak spot foto alami yang harus Anda coba, seperti misalnya di bebatuan, di dalam kolam alami, dan di antara tebing.

Pemandangan alam yang terhampar di sini memang berbeda jauh dengan wajah Karawang pada umumnya. Pepohonan yang rindang berpadu dengan air sungai yang jernih dan tebing yang hijau bisa jadi latar belakang foto yang elok.

Main di Green Canyon Waterpark

waterpark Green Canyon Karawang

Nah, kalau Anda lebih suka berenang di kolam buatan, pihak pengelola juga menyediakan kolam renang dengan konsep waterpark di sini. Seperti waterpark pada umumnya, ada berbagai wahana air modern yang bisa Anda nikmati, seperti ember tumpah dan seluncuran raksasa.

Kolamnya juga ada banyak, terbagi menjadi kolam dewasa dan kolam anak dengan kedalaman yang berbeda. Rasanya kurang lebih sama seperti The Jungle Waterpark Bogor. Namun, kalau mau berenang di sini, Anda harus membayar biaya tambahan.

Jam Operasional Green Canyon Karawang

Green Canyon Karawang buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Lebih baik datang ke tempat wisata ini di pagi hari, jadi suasananya masih sejuk. Bingung mengatur waktu liburan Anda? Tenang, Anda bisa serahkan semua pada Salsa Wisata.

Pesan paket wisata Anda di Salsa Wisata, dan Anda bisa menikmati liburan lengkap dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di kota tujuan Anda, menginap di hotel berbintang, wisata kuliner, dan diantar oleh sopir yang berpengalaman. Praktis dan bebas repot. Hubungi Salsa Wisata sekarang untuk mengatur liburan Anda sekarang juga.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)