SalSari Resto & Coffee

Kawasan Puncak Bogor memang strategis. Pasalnya, tempat wisata tersebut tidak pernah sepi pengunjung, bahkan di hari kerja. Apa lagi di akhir pekan atau di saat libur panjang. Sebagai salah satu tempat wisata populer di Bogor, Puncak sendiri punya beberapa tempat wisata. Salah satunya yaitu Curug Cilember.

Wisata alam Bogor satu ini merupakan salah satu curug bagus di Bogor. Bukan cuma sekadar air terjun, curug ini punya tujuh air terjun dengan ketinggian yang bervariasi. Ada jeram yang pendek, sampai jeram yang tinggi yang tingginya mencapai 40 meter.

Sekilas Tentang Curug Cilember

Curug Cilember

Objek wisata ini ada di ketinggian 900 mdpl. Jadi, jangan heran kalau udaranya senantiasa dingin. Suhunya selalu berkisar antara 18 – 23 derajat celcius. Disarankan untuk pakai pakaian tebal kalau ke sini.

Curug Cilember terletak di area seluas tujuh hektar. Sebetulnya, area air terjunnya sendiri tidak begitu mendominasi di tempat luas ini. Yang mengisi sebagian besar kawasan ini yaitu pepohonan pinus Merkusi.

Air terjunnya tepat ada di tengah-tengah hutan pinus tersebut. Kalau Anda mau mendatangi curug, Anda harus hiking terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, hiking di sini tidak akan terasa melelahkan, karena udaranya sejuk dan pemandangannya bisa jadi distraksi.

Kata Cilember sendiri ada artinya dalam bahasa Sunda. Ci adalah variasi lain dari Cai, yang berarti air. Sedangkan Lember itu artinya jamur. Di tempat ini ada banyak jamur. Jadi, diberi nama Cilember.

Selain keindahan alamnya, ada beberapa mitos yang menyelubungi tempat ini. Menurut kepercayaan warga sekitar, curug ini dulunya untuk tempat mandi putri-putri raja kerajaan Siliwangi.

Mitos yang lainnya lagi yaitu, kabarnya air dari air terjun ini berkhasiat. Banyak orang percaya bahwa airnya bisa melancarkan jodoh, membuat awet muda, sampai menyembuhkan beragam penyakit.

Bahkan, ada juga perguruan-perguruan silat yang mengajak murid-muridnya ke sini untuk berlatih pernapasan, karena udaranya juga dianggap berkhasiat. Di atas curugnya, ada sebuah makam yang dikeramatkan keturunan Prabu Siliwangi.

Makam ini selalu ramai oleh peziarah. Biasanya, makam akan sangat ramai di malam Jumat Kliwon bulan Muharram dan pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW.

Fasilitas Curug Cilember

failitas Curug Cilember

Tempat wisata ini dibawahi langsung oleh Kementerian Kehutanan dan Dinas Pariwisata Bogor, serta dikelola oleh BUMN. Oleh karena itu, secara keseluruhan, fasilitasnya sudah sangat lengkap. Ada area parkir, musola, dan toilet.

Semua fasilitas itu ada hingga di air terjun teratas, dan semuanya sangat terawat. Ada juga kios penjual makanan dan minuman kalau Anda ingin mencoba kuliner khas Bogor kekinian atau membawa oleh-oleh.

Ada ruang informasi, jalan setapak yang terawat, pondok kerja, gardu pandang, dan pos jaga. Untuk yang mau menginap, ada juga villa dan camping ground.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Tiket yang harus Anda beli ini uangnya untuk kebersihan, keamanan, pengelolaan konservasi kupu-kupu, dan perawatan tanaman. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp25.000,00
Camping Rp35.000,00
Paket outbound Rp1.000.000,00 – Rp1.500.000,00
Flying fox Rp25.000,00
Panahan Rp20.000,00

Rute Menuju Curug Cilember

Curug Cilember Bogor

Kalau dari alun-alun kota Bogor, Curug Cilember bisa Anda tempuh dalam waktu tiga puluh menit. Jalannya sudah bagus dan bisa untuk kendaraan roda empat. Anda bisa naik transportasi umum dari Bogor.

Naik angkutan umum nomor 2A jurusan Cisarua. Dari Cisarua, Anda bisa sewa motor menuju Puncak. Cara itu tidak praktis bagi Anda yang wisata ke Bogor membawa keluarga. Kami sarankan untuk menyewa rental mobil Pajero Bogor plus driver.

Salsa Wisata menyediakan banyak ragam mobil yang bisa Anda sewa, plus sopir sekaligus atau lepas kunci. Kalau ingin yang lebih praktis lagi, Anda bisa gunakan paket wisata. Salsa Wisata bukan cuma menyediakan jasa rental mobil, tapi juga paket wisata.

Paketnya bisa Anda pilih berdasarkan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Destinasi wisatanya tidak ada di dalam daftar? Anda bisa buat sendiri paket yang Anda mau. Semua itu sudah lengkap dengan akomodasi dan transpotasi.

Daya Tarik Curug Cilember

Curug Cilember menawarkan banyak aktivitas outdoor untuk Anda. Bukan cuma sekadar melihat air terjun, ada wisata edukasi juga. Bahkan ada juga arena outbound kalau Anda ingin mencari tantangan.

Konsep tempat ini yaitu ekowisata. Berbagai aktivitasnya bisa memberi efek relaksasi yang bisa memberi efek bagus pada pernapasan. Berikut aktivitasnya:

Menikmati Hutan Pinus

hutan pinus Curug Cilember

Hutan pinus di sini juga tidak boleh diremehkan. Jajaran pohon pinus ini membuat udara jadi segar. Bayangkan, ada dua hektar area yang diisi oleh tanaman pinus, rasamala, dan agathis. Pohon-pohon tersebut usinya sudah puluhan sampai ratusan tahun.

Panorama hijau ini dipadukan dengan dengan pemandangan perkebunan dan pegunungan di kejauhan. Benar-benar khas Bogor. Tanaman-tanamannya juga khas Bogor, dengan bentuk yang tegak dan ramping.

Hiking

Tujuh air terjun di curug ini tidak terdapat di satu titik yang sama. Titiknya berbeda-beda. Jarak antara air terjun yang satu ke yang lain sekitar 150 – 800 meter. Untuk menempuhnya, Anda harus hiking.

Dari curug satu sampai tujuh, yang paling mudah dijangkau yaitu curug tujuh. Semakin kecil angka curugnya, semakin tinggi lokasinya dan semakin susah dijangkau. Yang paling dekat dari pintu gerbang yaitu curug ketujuh. Menuju ke sini, medannya masih mudah.

Yang membuat pengunjung agak kewalahan itu yaitu jalur menuju curug lima, di mana banyak tanjakan dengan bebatuan. Nah, kalau ingin mencapai curug tiga, curug dua, dan curug satu, jalannya semakin terjal. Selama ini, pendakian terjauh yang dilakukan pengunjung cuma sampai curug dua. Curug satu medannya terlalu berat.

Mengunjungi Taman Kupu-kupu

taman kupu-kupu Curug Cilember

Dalam perjalanan menuju curug tujuh, Anda akan melihat Taman Kupu-kupu. Ini adalah tempat penangkaran kupu-kupu. Ada sekurangnya dua belas jenis kupu-kupu yang bisa Anda pelajari di sini.

Anda juga bisa melihat tahapan metamorfosis kupu-kupu dari telur sampai jadi kupu-kupu dewasa. Meski namanya Taman Kupu-kupu, tapi tempat penangkaran ini sama sekali bukan seperti taman terbuka biasa.

Bentuk bangunannya serupa kubah jaring dengan konsep green house. Butuh area seluas 500 meter persegi untuk membangun taman konservasi ini.

Berenang

Hampir semua curug di sini punya kolam kecil yang menampung jatuhnya air di bawahnya. Nah, kolam alami ini bisa untuk berenang atau bermain air. Airnya memang dingin, tapi sejuk dan segar.

Meskipun begitu, Anda harus hati-hati. Jangan sampai berenang tepat di bawah jatuhnya air. Derasnya air yang jatuh membahayakan pengunjung yang berada tepat di bawahnya. Rasakan sendiri sensasi berenang di kolam alami yang dibingkai oleh hutan hujan tropis.

Coba Berbagai Wahana dan Outbound

wahana Curug Cilember

Kalau sudah puas menikmati panorama alam, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia. Wahana-wahana tersebut adalah bagian dari area outbound. Ada sepeda gantung, pahanan, dan flying fox.

Sepeda gantung ini terletak di depan air terjun, dengan ketinggian yang pas. Jadi, kalau Anda naik wahana ini, bisa sejajar dengan air terjun.

Kalau tidak mau mencoba wahana yang menantang, Anda  bisa bersantai di kolam terapi ikan. Untuk yang datang membawa anak-anak. ada juga taman kelinci untuk menghibur mereka.

Jam Operasional Curug Cilember

Curug Cilember ini buka dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Anda bisa datang di pagi hari jika ingin suasana yang lebih syahdu. Kalau ingin menikmati sunset atau sunrise di sini, Anda bisa menginap di camping ground atau di villa-nya.

Pulangnya, jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh khas Bogor tahan lama. Ada banyak souvenir yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada saudara di rumah.

Nah, untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, gunakan biro perjalanan terbaik seperti Salsa Wisata yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan melayani ribuan tamu.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)