SalSari Resto & Coffee

Selain mengunjungi Curug Ciburial, Anda juga bisa mampir ke Curug Hordeng yang tak kalah indah. Meski tidak terlalu tinggi curug ini punya bentuk aliran air yang unik seperti tirai sehingga membuat cukup menarik untuk Anda kunjungi.

Tak hanya itu airnya yang jernih dan kolam luas cocok untuk Anda yang ingin bersantai menyegarkan diri. Dengan keindahan dan daya tariknya tersebut wajar jika banyak wisatawan baik dari Bogor hingga Jakarta, Depok dan sekitarnya selalu memilih tempat ini sebagai destinasi.

Sekilas Tentang Curug Hordeng

Sekilas Tentang Curug Hordeng

Curug Hordeng merupakan air terjun setinggi kurang 5 meter yang berada pada ketinggian 720 mdpl Gunung Kuta Jonggol. Dengan letaknya tersebut, air terjun ini tentu memiliki suasana yang asri dan hawa sejuk yang menyegarkan.

Aliran airnya berasal dari mata air alami yang ada di gunung dan mengalir ke beberapa aliran sungai. Salah satu daya tarik dari curug ini adalah letaknya yang tidak jauh dari beberapa curug terkenal di Bogor lainnya seperti Curug Ciburial dan Curug Kembar.

Curug ini juga punya kolam air terjun yang cukup luas dengan aliran yang tidak terlalu deras. Sehingga untuk Anda yang ingin berenang dan bermain air bisa sepuasnya menikmati keseruannya di kolam renang alami ini.

Alamat Curug

Curug ini terletak di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Rute menuju lokasi bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan lihat di Google Maps.

Jam Buka

Curug ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore, namun sebaiknya Anda datang berkunjung sejak pagi hari.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Hordeng

Tiket masuk Curug Hordeng sangat murah karena mulai dari Rp10.000,00 saja per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya, berikut info lebih lengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Pos Pertama Rp10.000,00
Tiket Masuk Curug Rp20.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Daya Tarik Curug Hordeng

Daya Tarik Curug Hordeng

Salah satu tempat wisata hits Bogor ini memiliki banyak daya tarik yang membuatnya layak untuk Anda kunjungi. Mulai dari keindahan alamnya, keseruan aktivitasnya dan lainnya semua bisa Anda dapatkan, berikut info lengkapnya:

Tiga Curug Jadi Satu

Daya tarik utama dari curug ini adalah keberadaan dua curug lain yang saling berdekatan. Curug tersebut merupakan Curug Ciburial dan Curug Kembar yang jaraknya hanya 15-20 menit berjalan kaki dari curug ini.

Ketinggian serta pesona masing-masing curug ini pun berbeda jadi sangat menarik untuk Anda kunjungi. Siapkan saja fisik yang kuat untuk lanjut berjalan kaki jika Anda ingin mengunjungi ketiga air terjun ini.

Trekking

Bagi kalian yang menyukai tantangan dan pendakian, curug ini cocok dijadikan destinasi wisata. Rute perjalanan menuju lokasi Curug Hordeng memang terbilang terjal. Kalau tidak terbiasa atau jarang berolahraga, perjalanannya mungkin akan terasa berat.

Namun, rasa lelah itu pasti akan terbayarkan dengan pemandangan indah di sekitar area. Jangan lupa siapkan pula bekal berupa air minum dan kenakan sepatu yang nyaman agar perjalanan trekking Anda bisa lebih mudah saat melewati medan yang berat.

Pemandangan Instagramable

Pemandangan indah air terjun ini sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Batu-batu berukuran besar, aliran air yang deras serta hijaunya alam sekitar menjadi elemen penting yang membuat view sekitar curug ini terlihat sangat instagramable.

Dari berbagai sudut Anda bisa mendapatkan foto terbaik selama liburan. Salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto di tempat ini adalah area jembatan bambu yang memperlihatkan pemandangan apik air terjun dari depan.

Area Camping

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di sekitar air terjun Hordeng di malam hari, sudah tersedia area camping. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari area curug sehingga suara gemericik air dan alam sekitar akan jadi pelengkap suasana yang syahdu.

Namun untuk berkemah di tempat ini Anda perlu siapkan peralatan dan bekal sendiri. Sebab belum ada tempat penyewaan peralatan camping dan juga warung makanan di sekitar area air terjun.

Berenang dan Bermain Air

Aktivitas wajib yang tidak boleh Anda lewatkan di sini tentu saja bermain air. Aliran air yang tidak terlalu deras serta area kolam yang luas memungkinkan Anda berenang dan bermain air dengan aman daripada curug yang lain.

Anda juga bisa bersantai di atas pelampung yang Anda bawa sendiri dari rumah sambil berfoto. Dengan begitu, momen healing dan refreshing Anda di kawasan air terjun ini bisa terasa sangat menyenangkan.

Tempat Menarik Lain

Selama trekking menuju lokasi curug, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat menarik lain. Salah satunya seperti spot foto gardu pandang yang sangat hits di sekitar kawasan curug ini.

Di spot ini Anda bisa berfoto dengan pemandangan apik gunung dan area perbukitan Jonggol. Selain itu curug-curug lain pun bisa jadi spot menarik yang bisa Anda kunjungi agar kunjungan Anda ke air terjun ini bisa jadi makin berkesan.

Fasilitas di Curug Hordeng

Fasilitas Curug Hordeng

Fasilitas di lokasi curug cukup lengkap, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Parkir luas
  • Jalur trekking jelas
  • Toilet bersih
  • Warung makan makanan khas Sunda
  • Pemandu wisata

Curug Hordeng wajib masuk dalam daftar destinasi tempat wisata di Bogor yang wajib Anda kunjungi. Agar rencana tersebut semakin lancar, Anda bisa manfaatkan layanan rental hiace premio Bogor murah terdekat.

Bersama sopir yang handal dan armada yang nyaman, Anda bisa mengunjungi lebih banyak destinasi menarik di Sentul Bogor dan sekitarnya. Dengan begitu momen liburan bersama rombongan teman atau keluarga Anda bisa jadi lebih mudah, berkesan, dan nyaman.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)