SalSari Resto & Coffee

Bogor sudah sangat terkenal sebagai kota curug karena memiliki banyak sekali curug-curug cantik seperti Curug Love. Air terjun yang berada di kawasan Sentul dan tidak terlalu jauh dari beberapa curug yang bagus di Bogor lainnya.

Ciri khas dari curug ini terletak dari bentuk aliran airnya yang menyerupai bentuk hati. Selain itu, suasana yang asri serta kontur tebing batunya yang unik dan instagramable juga jadi salah satu alasan tempat ini wajib Anda kunjungi.

Apalagi harga tiket masuknya masih sangat terjangkau dan cocok untuk Anda yang ingin liburan melepas penat di alam. Dengan segala pesonanya, curug ini pasti dapat menjadi destinasi terbaik untuk Anda habiskan waktu liburan.

Sekilas Tentang Curug Love Bogor

Curug Love Leuwi Catang

Curug Love Bogor merupakan salah satu air terjun cantik di lokasi yang tidak biasa. Jika pada umumnya air terjun berada di tengah hutan dan tersembunyi, curug ini berada di kawasan perkebunan dan persawahan terbuka.

Tinggi curug ini sendiri sekitar 5 meter yang langsung mengalir ke kolam-kolam alami di antara tebing batu. Tak hanya itu saja, pengunjung yang datang juga bisa bermain air di aliran atas air terjun yang relatif dangkal dan aman.

Untuk namanya sendiri, warga sekitar lebih mengenal nama curug ini dengan sebutan Curug Leuwi Catang. Namun karena bentuk air terjun yang terbelah dua dan menyatu seperti bentuk hati membuat wisatawan sering menyebut tempat ini sebagai Curug Love Leuwi Catang.

Selain itu karena bentuk tebing batu di air terjun ini juga cukup unik banyak yang menyebutnya sebagai little grand canyon. Keunikan batunya inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Harga Tiket Masuk Curug Love Bogor

Tiket masuk Curug Love Bogor ini masih sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp5.000,00 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk tarif masuk kawasan wisata serta biaya untuk parkir kendaraan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Rp20.000,00
Tiket Masuk Curug Rp5.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Curug Love Bogor

Lokasi Curug Love Bogor

Curug Love Bogor terletak di kawasan Sentul tepatnya di Bantar Karet, Nanggung, Bogor. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari sejumlah tempat wisata terkenal di Sentul yang bisa Anda kunjungi sebelum atau setelah ke air terjun ini.

Rute menuju lokasinya pun tidak terlalu sulit sebab letak curug ini tidak jauh dari jalan raya. Jika Anda berangkat dari Kabupaten Bogor bisa mengarah langsung ke daerah Leuwiliang dan menuju ke daerah Pabangbon.

Setelah melewati kawasan camping ground Pabangbon yang terkenal, bisa ikuti jalan hingga tiba ke jalan desa menuju Bantar Karet. Setelah sampai ke simpang Jl. Raya Aneka Tambang, Anda sudah bisa melihat penunjuk arah menuju lokasi air terjun.

Rute lain juga bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan bantuan dari Google Maps atau tempat rental hiace Bogor. Dengan kedua opsi tersebut, Anda bisa tiba di lokasi dengan mudah dari mana pun posisi Anda berangkat.

Jam Buka Curug Love Bogor

Curug Love Bogor buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun utnuk mendapatkan pengelaman liburan terbaik, Anda bisa datang saat pagi hari di luar musim hujan ketika hari kerja.

Sebab pada hari tersebut, suasana curug lebih sepi dan tenang serta aliran air bisa lebih jernih. Selain itu Anda juga masih memiliki waktu untuk mencoba berbagai makanan khas Bogor yang terkenal enak tidak jauh dari lokasi.

Daya Tarik Curug Love Bogor

Curug ini memiliki banyak sekali hal menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa daya tarik yang bisa Anda dapatkan selama mengunjungi tempat wisata hits di Jawa Barat ini:

Berbentuk Seperti Hati

Curug ini memiliki dua aliran air yang terpisahkan oleh beberapa bongkah batu besar di tengahnya. Bongkahan batu ini lah yang kemudian membuat curug tampak berbentuk hati saat terlihat dari atas.

Keuniakannya ini membuat banyak wisatawan tertarik menjadikan air terjun ini sebagai spot foto. Terutama di area sekitar curug yang memiliki tebing batu berlekuk unik yang terlihat apik dari berbagai angle.

Green Canyon Mini

Spot Foto Curug Love

Daya tarik lain dari tempat ini terletak pada bebatuan tinggi yang mengelilingi kolamnya, tampak begitu eksotis dan estetik. Bahkan kecantikannya tersebut tampak seperti replika dari Grand Canyon di Arizona.

Garis-garis serta lekukan pada batu ini memberikan kesan tersendiri yang pasti membuat Anda takjub. Apalagi saat terkena aliran air sungai yang jernih kebiruan ketika musim cerah, Anda pasti akan terpana dan tertarik untuk datang kembali.

Body Rafting

Aktivitas lain yang juga bisa Anda coba saat mengunjungi curug ini ialah body rafting. Mengapung mengikuti aliran sungai melewati celah-celah tebing batu bisa jadi pengalaman seru untuk Anda lakukan.

Apalagi ada banyak sisi batu yang bisa Anda jadikan seluncuran selama menyusuri sungai. Kegiatan ini semakin asyik jika Anda lakukan bersama teman-teman menggunakan ban atau pelampung yang di sediakan pengelola.

Berenang dan Bermain Air

Kolam Curug Love Bogor

Kawasan curug ini juga asyik untuk jadi tempat berenang dan bermain air. Kolam-kolam yang terbentuk di bawah area air terjun bisa jadi tempat yang pas untuk Anda jadikan tempat berenang.

Selain itu, di area atas air terjun, terdapat pula ceruk semi-alami yang bisa jadi tempat anak-anak bermain. Kedalaman yang dangkal, serta ruang gerak yang lebih luas sangat aman untuk anak-anak.

Trekking

Bagi Anda si pecinta alam yang gemar trekking, Anda pasti akan senang mengetahui jalanan menuju tempat ini yang lumayan menantang. Anda harus melewati pematang sawah serta jalan yang cukup licin dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Meski begitu, sudah ada tangga-tangga kecil di sepanjang jalan yang akan membuat perjalanan Anda jadi lebih mudah. Selain itu, selama perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan indah bentang alam sekitar curug yang masih asri.

Fasilitas Wisata di Curug Love Bogor

Fasilitas Curug Love Bogor

Meski lokasinya cukup terpencil curug ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya saja seperti penyewaan pelampung dan ban, hingga jasa sewa tenda dan outbound pun bisa Anda dapatkan di sini.

Apalagi untuk fasilitas dasar seperti kamar mandi, saung tempat istirahat, serta area parkir yang sudah sangat memadai. Anda yang tidak membawa makanan pun tidak perlu pusing karena sudah ada warung makan di sekitar curug.

Dapatkan juga pelayanan lengkap selama Anda liburan ke Curug Love Bogor dan tempat menarik lain dengan menggunakan layanan biro perjalanan. Melalui paket wisata, paket rental maupun layanan lainnya semua kebutuhan Anda selama lakukan perjalanan wisata pasti terpenuhi.

Semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Jadi tunggu apalagi hubungi kami segera dan nikmati liburan berkesan yang Anda inginkan terwujud bersama kami, Salsa Wisata.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)