earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Provinsi Jawa Barat memang juara soal wisata alam. Hampir semua opsi wisata alam bisa kita jumpai di Tanah Sunda ini. Curug Sawer hanya salah satunya saja.

Curug ini terlihat masih sangat alami. Hal ini bisa dilihat dari lanskap alamnya yang berupa hutan lebat. Tidak banyak juga fasilitas wisata yang terlihat terpasang di sini.

Pengunjung curug juga masih relatif sepi, menandakan bahwa tidak banyak orang yang tahu soal tempat wisata alami ini.

Sekilas Tentang Curug Sawer

Air terjun ini terletak di area Lembah Cilengkrang di salah satu sisi kaki Gunung Ciremai. Lokasi ini berada di ketinggian 900 mdpl. Sementara itu, air terjunnya sendiri menjulang tinggi dengan ketinggian 70 meter.

Area di sekitarnya merupakan habitat sebuah satwa langka, yaitu Elang Jawa yang memiliki nama latin Spizaetus bartelsi. Tempat ini juga menjadi habitat pohon Jamuju yang juga masuk dalam daftar flora yang hampir punah.

Sekitar 1 KM dari lokasi terdapat dua buah air terjun yang dinamakan Curug Sabuk dan Curug Kembar. Keduanya sering menjadi destinasi lanjutan oleh pengunjung yang telah puas menyaksikan keindahan Air Terjun Sawer.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer

Objek Wisata Curug Sawer

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata Cirebon yang terkenal ini memang masih sangat natural dan cenderung sulit untuk diakses. Meski begitu, masih ada cukup banyak pengunjung, terutama mereka para pecinta alam, yang penasaran dengan keelokan tempat ini.

Untuk menyaksikan keindahan curug, pengunjung tak perlu membeli tiket mahal. Berikut harga tiket yang harus dibeli sebelum memasuki area curug:

Retribusi Tarif
Tiket  Masuk Rp4.000,00

Tarif tiket masuk di atas tentu bisa berubah kapan saja: menyesuaikan kebijakan pihak pengelola.

Potensi kenaikan tarif tiket masuk umumnya terjadi saat high season dan akhir pekan. Sebab, jumlah pengunjung akan jauh lebih banyak dibanding jumlah kunjungan di hari biasa.

Daya Tarik Curug Sawer

Air Terjun Sawer

Kecantikan curug dan alam sekitarnya tentu menjadi daya tarik utama di setiap objek wisata jenis ini. Grojogan Sewu, Sri Gethuk, dll adalah beberapa contoh saja. Demikian juga dengan curug ini.

Kemudian daya tarik lainnya yang bisa Anda nikmati saat sedang berada di tempat ini adalah aktivitas camping.

Dan tentu saja wisata kuliner di warung-warung di sekitar curug juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pesona Curug dan Alam Sekitarnya

Bayangkan setibanya Anda di lokasi Anda bisa melihat secara langsung terpaan air terjun yang jatuh di atas bebatuan. Air lalu mengalir di sela-sela batu menuju kolam alami yang ada di bawah air terjun.

Dengarkan deru air terjun yang keras namun menenangkan. Rasakan juga dinginnya percikan air terjun yang mengenai wajah atau tubuh Anda. Dingin yang menyejukan.

Kedua mata Anda juga akan dimanjakan dengan panorama alam sekitar yang asli dan asri. Benar-benar membuat betah untuk tinggal berlama-lama di tempat seperti ini.

Camping

Berkemah menjadi opsi terbaik bagi Anda yang berencana untuk tinggal lebih lama atau menginap di sekitar curug. Ada beberapa spot yang cukup memadai untuk berkemah selain di Buper Cilengkrang.

Jangan lupa membawa bekal yang cukup, khususnya logistik dan makanan khas Cirebon yang kiranya awet dan bisa dihangatkan untuk disantap nanti. Pasti camping kali ini akan terasa lebih nikmat.

Wisata Kuliner

Meski tak banyak, air terjun di Daerah Kuningan ini telah dilengkapi dengan warung makan yang menjual makanan & minuman. Selain itu, ada juga pelengkap hidangan seperti Kerupuk Rambak khas Cirebon.

Anda bisa jadikan Kerupuk Rambak ini sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Rasanya yang gurih dan asin pasti akan jadi favorit orang rumah.

Fasilitas di Curug Sawer

Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Pos jaga, misalnya, bisa Anda jumpai di dekat air terjun.

Kemudian ada fasilitas area parkir yang dapat menampung kendaraan sepeda motor dan mobil. Terdapat juga saung untuk tempat peristirahatan para pengunjung.

Mushola dan tempat wudhu tersedia untuk pengunjung yang ingin menjalankan ibadah sholat. Fasilitas yang terakhir adalah toilet yang biasanya disertai dengan kotak pembayaran.

Lokasi & Rute Menuju Curug Sawer

Jembatan Curug Sawer

Curug ini berada di Barat Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Dari Cirebon, perjalanan bisa Anda mulai dengan tujuan Desa Kelapa Gunung lalu lanjut lagi ke Desa Pejambon, tepatnya ke arah Lembah Cilengkrang atau Buper Cilengkrang.

Sebelum tiba di Air Terjun Sawer, Anda akan tiba di Curug Sabuk terlebih dahulu. Dengan berjalan kurang dari 1 KM,  Anda baru akan tiba di lokasi tujuan Anda.

Oh iya, untuk sampai ke sini tidaklah mudah karena jalur yang akan Anda lewati sebenarnya adalah aliran sungai. Jadi Anda harus hati-hati karena jalur ini rawan licin.

Perjalanan dari Cirebon hingga ke Desa Pejambon tampaknya mudah dan lancar saja. Namun tidak dengan perjalanan via jalan kaki yang pasti akan menguras tenaga.

Oleh karena itu, sebagai persiapan sebelum melewati trek yang sulit, save energy Anda dengan tidak menyetir. Biarkan driver dari paket rental mobil Hiace Cirebon milik Salsa Wisata yang mengantarkan Anda.

Salsa Wisata adalah sebuah travel organizer yang beroperasi di Cirebon dan kota-kota besar lainnya. Selain menawarkan aneka produk paket wisata, kami juga aktif menyediakan produk paket sewa mobil, minibus, dan bus.

Jam Operasional Objek Wisata  Curung Sawer

Curug yang terletak cukup dekat dengan Taman Wisata Alam Linggarjati ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional atau libur tanggal merah. Jam operasional objek wisata alam ini dimulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Namun jika Anda ingin berkemah, baik di Buper Cilengkrang maupun di spot sekitar curug, Anda wajib meminta izin ke pihak pengelola Buper Cilengkrang.

Jadikan kegiatan liburan Anda mudah dengan memanfaatkan paket tour dari Salsa Wisata. Kami sediakan sejumlah pilihan paket menarik; Silahkan Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

Rate this post