SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bandung merupakan salah satu kota di Tanah Air yang menawarkan banyak destinasi wisata bagi para turis. Selain menjadi rumah bagi berbagai macam makanan khas Jawa Barat yang terkenal enak, wisata alam di Bandung juga terkenal seperti misalnya Curug Tilu Leuwi Opat.

Tempat wisata air terjun yang satu ini memang masih belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Tetapi tempat ini menawarkan banyak hal yang menarik untuk Anda lihat.

Lalu seperti apa keseruan serta daya tarik di air terjun ini? Daripada semakin penasaran, mari kita simak informasinya terlebih dahulu berikut ini.

Sekilas Tentang Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang masih belum terlalu terkenal di kalangan para wisatawan. Tetapi bukan berarti tempat wisata yang satu ini tidak mengasyikkan untuk Anda kunjungi.

Dalam bahasa Sunda, Curug Tilu memiliki arti tiga air terjun, sementara Leuwi Opat berarti empat sungai. Tiga air terjun ini mengacu pada adanya tiga tingkat air terjun di area ini.

Dari aliran ketiga air terjun ini mengalir empat jalur sungai. Keempat sungai ini antara lain Sungai Bagong, Sungai Kacapi, Sungai Baeud, dan Sungai Gentong. Selain itu, di area ini pun ada dua buah gua.

Ada sejarah yang cukup unik di balik tempat wisata alam yang satu ini. Salah satu penduduk di Kampung Ciwangun, yakni Bapak Ayi bekerja sama dengan Perum Perhutani setempat untuk membentuk sebuah kompleks wisata alam di area tersebut pada tahun 2006.

Ketika itu, kondisi kampung Ciwangun memang sepi dan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai peternak dan petani. Padahal, tempat ini memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata.

Karena itulah Bapak Ayi bersama dengan beberapa pemuda di daerah setempat memiliki gagasan demikian. Sejak berubah fungsi sebagai tempat wisata, curug di kawasan Lembang ini pun menjadi lebih ramai.

Daya Tarik Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai salah satu destinasi wisata alam, Curug Tilu Leuwi Opat Lembang ini menawarkan banyak hal yang bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya. Beberapa daya tarik wisata dari tempat ini adalah sebagai berikut.

Alam yang Sejuk

Keadaan alam yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Banyak orang yang tinggal di perkotaan datang ke sini untuk melepas rasa penat.

Air terjun yang ada di area ini sendiri memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 3 meter saja seperti Curug Maribaya. Tetapi area di bawahnya yang bisa tempat berenang bagi pengunjung ini terbilang cukup luas.

Tidak sedikit pula pengunjung yang datang ke sini bersama dengan buah hati tercinta. Biasanya anak-anak bisa bermain di aliran sungai yang tidak terlalu dalam, dan tetap berada di bawah pengawasan orang tuanya.

Tersedia Aktivitas Outbound

Outbound merupakan salah satu kegiatan yang cukup banyak menjadi incaran bagi rombongan wisatawan, baik dari acara sekolah, maupun acara kantor. Sama seperti kebanyakan tempat wisata alam, air terjun ini juga terbuka untuk melakukan aktivitas outbound.

Kegiatan outbound yang ada di sini biasanya sudah satu paket dengan wisata air terjun. Selain itu, pilihan wahana yang tersedia untuk kegiatan ini pun cukup beragam dan seru.

Misalnya saja seperti flying fox, panjat tebing, high rope, rakit, body rafting, shaking bridge, dan masih banyak lagi. Tetapi sebaiknya Anda konfirmasi dulu dengan pihak pengelola, karena wahana untuk aktivitas outbound ini tidak buka setiap hari.

Trekking dan Camping

Bagi para pecinta alam, kegiatan seperti trekking dan camping pasti sudah menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan ketika berwisata ke sebuah tempat wisata alam. Di curug ini, Anda juga bisa melakukan kedua aktivitas tersebut.

Jalur menuju air terjun di tempat ini memang masih cukup alami sehingga menantang bagi para pecinta alam untuk melakukan trekking. Tetapi tentu, saat trekking di tempat ini, Anda harus ekstra waspada karena belum ada pengaman khusus.

Di tempat ini juga tersedia sebuah area camping yang cukup luas. Biasanya untuk camping di tempat ini, Anda cukup membayar biaya tambahan untuk menyewa lahan campingnya.

Untuk Anda yang tidak mau repot camping tapi ingin menikmati keindahan tempat ini bisa memilih sejumlah hotel murah di Bandung yang dekat dengan lokasi. Meski lebih mahal dari biaya camping tapi Anda sudah pasti merasa nyaman.

Fasilitas di Curug Tilu Leuwi Opat

Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Fasilitas yang sudah tersedia di air terjun ini juga terbilang cukup memadai. Di tempat ini sudah tersedia masjid, tempat parkir, toilet, warung, dan masih banyak lagi.

Menariknya, pembangunan fasilitas umum ini juga atas dasar inisiatif dari masyarakat sekitar dan pemerintah setempat. Karena itu, jika Anda datang ke sini, jangan lupa untuk menjaga fasilitas umum yang Anda gunakan.

Meski belum ada fasilitas seperti toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Jawa Barat, tidak mengurangi keseruan di tempat ini. Sebab suasananya yang asri bisa menjadi obat untuk Anda yang ingin healing.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Harga tiket masuk ke Curug Tilu Leuwi Opat ini hanya sekitar Rp10.000,00 saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa masuk dan menikmati fasilitas yang ada di sini.

Kemudian jika Anda datang dengan membawa kendaraan pribadi, Anda juga harus membayar biaya parkir. Tarif parkir motor adalah Rp2.500,00, sedangkan tarif parkir mobil adalah Rp5.000,00.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Motor Rp2.500,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Dengan biaya masuk yang murah ini, Anda bisa menyisakan budget lebih untuk bisa menikmati sejumlah wisata kuliner Bandung yang terkenal. Sehingga pengalaman liburan Anda akan jadi lebih menyenangkan dan sempurna.

Rute Menuju Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat ini berlokasi di daerah Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Lembang, Bandung. Tempat ini berada di daerah Ciwangun Parompong yang letaknya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk bisa sampai ke sini, Anda bisa langsung menuju ke Parompong dari Lembang. Di jalan, Anda akan melewati Universitas Advent, kemudian melewati jalan Ciwangun Indah Camp.

Dari jalan tersebut Anda akan melihat papan petunjuk yang tersedia. Baru sekitar 1,5 km dari sana, Anda akan tiba di lokasi. Jika masih bingung Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memberikan petunjuk.

Sebenarnya, pergi ke air terjun ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Tetapi jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil Hiace Bandung, seperti yang ditawarkan oleh Salsa Wisata.

Jam Buka Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang ini buka setiap hari dan biasanya mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat pagi atau siang hari supaya kesegaran alamnya semakin terasa.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Curug Tilu Leuwi Opat. Untuk memudahkan perjalanan Anda ke sana, sebaiknya Anda memesan paket wisata yang travel organizer pilihan Anda sediakan.

Misalnya jika Anda menggunakan jasa paket wisata Bandung dari Salsa Wisata, maka Anda bisa berkonsultasi tentang rencana wisata Anda. Perjalanan wisata pun akan menjadi lebih mudah dan praktis.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Bandung, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)