SalSari Resto & Coffee

Flores memiliki wisata populer terkenal dengan sebutan danau tiga warna, yaitu Danau Kelimutu. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah pemandangan sangat eksotis berupa tiga danau berjajar dengan tiga warna air yang berbeda.

Danau pertama dengan warna air kebiru-biruan bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Danau yang kedua, dengan warna air hijau keputih-putihan bernama Tiwu Ata Mbupu. Sedangkan, danau yang terakhir dengan warna air yang merah terkenal dengan nama Tiwu Ata Polo.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata di NTT Flores tersebut, maka saran waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau adalah sebelum matahari terbit. Anda akan mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata selama berada di tempat tersebut.

Sekilas Tentang Danau Kelimutu

danau kelimutu wikipedia

Danau Kelimutu berada di ketinggian 1.631 mdpl. Asal usul atau sejarah Danau Kelimutu ini bermula dari sebuah peristiwa alam ratusan tahun lalu. Kemudian pada tanggal 26 Februari 1992 silam, danau ini masuk dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu.

Bernama Kelimutu karena merupakan gabungan dari kata “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau ini memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Luas ketiga danau tersebut sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Setiap danau memiliki pembatas berupa dinding batu sempit yang mudah longsor dan sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat.

Sedangkan, untuk ketinggian dinding danau berkisar antara 50 hingga 150 meter. Danau ini menjadi spot menarik untuk menikmati pemandangan sekaligus berfoto.

Harga Tiket Masuk Danau Kelimutu

Meskipun memiliki keindahan yang luar biasa dan sangat instagramable, pihak pengelola wisata tidak mematok harga tiket masuk yang mahal.

Cara membeli tiket masuk di danau ini juga sudah cukup modern. Jika Anda tidak memiliki cukup uang tunai, Anda bisa menggunakan pembayaran non-tunai seperti melalui kartu debit atau kredit.

Ada perbedaan tarif antara wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Tentunya untuk wisatawan mancanegara, tarif tiket masuknya akan jauh lebih mahal. Berikut daftar harga tiket masuk Danau Kelimutu yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Domestik Rp20.000,00 per orang
Tiket Masuk – Mancanegara Rp150.000,00 per orang

Rute Menuju Lokasi Danau Kelimutu

wisata danau kelimutu

Letak Danau Kelimutu berada di Desa Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Sebagian besar masyarakat lokal menyebut lokasi ini dengan nama Flores.

Cara ke Danau Kelimutu ini tidak mudah. Anda harus menempuh perjalanan yang panjang. Bila Anda berangkat dari Kota Kupang, Anda harus menggunakan pesawat menuju Kota Ende. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit.

Perjalanan selanjutnya dapat menggunakan angkutan umum berupa mini bus menuju Desa Koanara yang berjarak 93 kilometer. Dari Desa Koanara Anda bisa berjalan sepanjang 2.5 kilometer untuk sampai di danau.

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin pergi ke danau ini adalah menggunakan sewa mobil terdekat dari Salsa Wisata. Anda bisa mulai menggunakan layanan ini sesampainya di Kota Ende untuk menuju ke Koanara dan ke danau.

Daya Tarik Wisata Danau Kelimutu

Danau tiga warna di Flores ini memang sangat hits di Indonesia. Bahkan, danau ini pernah menghiasi uang kertas lawas pecahan Rp5.000,00 sekitar tahun 1992.

Tempat wisata Indonesia yang mendunia ini memang cukup kental dengan berbagai cerita mistisnya. Namun di balik itu semua, kawasan wisata ini menyuguhkan berbagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Sunrise

Momen yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke danau ini adalah sunrise. Menikmati pemandangan matahari terbit dari atas puncak gunung merupakan idaman para pelancong.

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke puncak gunung pada dini hari untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit yang begitu menawan.

Anda akan menyaksikan pemandangan berupa matahari yang muncul perlahan menyapu awan dan menggantinya dengan semburat cahaya indah. Sinarnya berhasil membuat pemandangan danau begitu mempesona. View ini tak kalah indah dari Panorama Pabangbon di Bogor.

Danau Tiga Warna dan Maknanya

cara ke danau kelimutu

Bagi masyarakat sekitar, mereka percaya bahwa setiap warna yang ada di danau ini memiliki arti. Tiwu Kelimutu, sebutan lain dari danau ini, memiliki corak warna yang berbeda pada airnya.

Danau berwarna biru dengan nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai ini dipercaya menjadi tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal.

Sedangkan danau yang berwarna merah dengan nama Tiwu Ata Polo merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang-orang yang selama hidupnya melakukan kejahatan.

Yang terakhir adalah danau berwarna putih yang bernama Tiwu Ata Mbupu. Masyarakat percaya bahwa danau ini menjadi tempat berkumpulnya jiwa tua yang meninggal.

Menikmati keindahan Danau dari Ketinggian

Objek wisata danau dengan ketinggian sekitar 5.377 mdpl ini ini begitu menawan apabila Anda lihat dari ketinggian. Tiga danau yang berjajar dengan warna berbeda begitu cantik.

Keindahan panorama tersebut selalu berhasil memanjakan mata para wisatawan yang datang. Karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, banyak wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke sini.

Pihak pengelola telah menyediakan tangga besi untuk naik ke puncak dan menyaksikan pemandangan danau dari tingginya puncak gunung. Pemandangan ini juga sering kali menjadi latar yang menarik untuk berfoto bersama.

Acara Tahunan Pati Ka

danau kelimutu terbentuk karena aktivitas vulkanik

Seperti di wisata Gunung Tidar, tempat ini juga memiliki tradisi tahunan. Setiap tanggal 14 Agustus, danau ini selalu menggelar acara tahunan bernama Pati Ka yang memiliki arti memberi makan.

Acara ini adalah sebuah festival memberi makan para leluhur yang ada di danau ini. Makanan berupa sesaji ini terbuat dari daging babi dan minuman beralkohol.

Festival ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Uniknya, para wisatawan mancanegara turut mengikuti festival ini dengan memakai pakaian Lawu Lambu.

Saat acara tahunan ini berlangsung, masyarakat setempat akan membawa sesaji ke danau dengan menggunakan pakaian adat berupa sarung dan atasan Lawu Lambu yang unik.

Sejarah Danau Kelimutu

Danau tiga warna ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1915 oleh Van Such Telen, seorang berkebangsaan Belanda. Ketiga cekungan ini merupakan kawah dari Gunung Kelimutu, yaitu gunung berapi yang masih aktif di Flores.

Danau Kelimutu terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik yang kemudian menyebabkan timbulnya 3 buah cekungan. Masing-masing cekungan tergenang air dengan warna yang berbeda.

Perbedaan warna ini menjadi indikator aktivitas vulkanik di bagian dapur magma gunung berapi ini. Selain itu, warna air kawah yang berbeda juga menggambarkan kandungan jenis mineral yang berbeda pula.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa Danau Kelimutu termasuk danau vulkanik yang sama dengan kawah-kawah di kawasan wisata Dieng.

Fasilitas di Danau Kelimutu

fasilitas di wisata danau kelimutu

Objek wisata danau vulkanik ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat area parkir yang luas jika Anda membawa kendaraan pribadi.

Ada juga gazebo untuk tempat beristirahat ketika Anda lelah mendaki. Tempat tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai area bersantai selagi menikmati pemandangan.

Fasilitas umum lainnya yang bisa Anda gunakan adalah toilet dan tentu saja spot foto menarik. Di area warung makan, Anda bisa menyantap makanan khas Indonesia yang sesuai dengan selera lidah Anda.

Jam Buka Danau Kelimutu

Danau ini terbuka untuk umum di setiap harinya. Tempat ini juga tidak terbatas waktu karena jam buka Danau Kelimutu ini adalah 24 jam non-stop.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan terbitnya matahari dari tempat ini, bisa datang pada pukul 03.30 WITA dini hari. Bila Anda ingin berkunjung bersama keluarga atau rombongan, bisa menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari Salsa Wisata.

Dengan harga sewa bus pariwisata yang ramah di kantong, Anda beserta rombongan dapat menikmati perjalanan yang nyaman.

Salsa Wisata merupakan biro perjalanan profesional yang sudah malang melintang di dunia tour and travel di Indonesia. Anda tentu boleh mencoba pelayanan dari Salsa Wisata melalui paket wisata yang kami tawarkan. Wisata Danau Kelimutu bisa Anda jadikan sebagai destinasi utama yang akan Anda kunjungi bersama kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

3.7/5 - (3 votes)