earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Segara Anak termasuk salah satu danau dengan pemandangan indah yang ada di Lombok. Uniknya lagi danau ini berada di puncak Gunung Rinjani yang memiliki tinggi sekitar 3726 meter diatas permukaan laut.

Anda bisa menyaksikan pemandangan sekeliling danau dengan pepohonan yang tumbuh di lereng gunung. Keindahan Danau Segara Anak Rinjani tidak kalah populer dengan tempat wisata di Lombok lainnya.

Banyak paket tour ke Lombok yang menawarkan nuansa keindahan Segara Anak dan Gunung Rinjani kepada para wisatawan. Kedua tempat ini menjadi paket sempurna untuk mengisi waktu libur Anda di pulau Lombok.

Sekilas Tentang Danau Segara Anak

Segara Anak merupakan danau vulkanik yang merupakan bagian dari kawah Gunung Rinjani. Danau ini berada di ketinggian 2008 mdpl dan memiliki luas sekitar 1100 hektar dengan kedalaman mencapai lebih dari 230 meter.

Pendaki yang ingin menuju Puncak Gunung Rinjani pasti mampir dan berkemah di pinggiran danau yang asri. Nuansa yang terasa di tempat ini hampir mirip dengan Ranu Kumbolo yang berada di Gunung Semeru.

Suhu air danau ini dapat mencapai 20-22 derajat Celcius dan relatif hangat bila dibandingkan dengan suhu udara sekitarnya. Bahkan di dekat Segara Anak ini Anda dapat menemukan sumber air panas yang bisa digunakan untuk berendam

Nama Segara Anak sendiri dalam bahasa jawa memiliki arti anak laut karena airnya yang biru terlihat seperti air laut. Penamaan ini mirip dengan salah satu tempat wisata lain yakni danau Segara Anakan yang ada di Pulau Sempu Malang.

Hampir sama seperti Ranu Kumbolo, Segara Anakan ini juga tempat sakral terutama bagi umat Hindu yang ada di Lombok dan Bali. Upacara adat keagamaan umat Hindu seringkali dilakukan di pinggiran danau tersebut.

Pemandangan yang tersaji di Segara Anak Rinjani pasti membuat takjub para pendaki dan selalu menjadi target pendakian. Bahkan keindahan dari danau diatas gunung ini sempat diabadikan dalam uang kertas pecahan 10.000 rupiah keluaran tahun 1998.

Daya Tarik Danau Segara Anak

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan dan temukan di Danau Segara Anak Gunung Rinjani ini. Berikut ini beberapa daya tarik yang membuat Segara Anak Rinjani begitu diminati banyak pengunjung.

Keindahan Alam Sekitar

Pemandangan indah dari Segara Anak Rinjani menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di tempat wisata lain. Air danau yang jernih memberikan kesejukan di bawah rindangnya pohon di pinggiran danau.

Dari tepi Segara Anak Anda dapat melihat Gunung Barujari, anak dari Gunung Rinjani mengepulkan asap putih. Punggung dari Gunung Rinjani juga terlihat seperti sebuah benteng dan dinding tinggi yang melindungi keindahan dari Segara Anak.

Kabut tipis yang terkadang turun membuat panorama sekitar terlihat begitu menakjubkan. Anda bisa bersantai di atas batu-batu karang di tepi danau dan menikmati pemandangan apik Gunung Rinjani.

Pesona alam Segara Anak membuatnya jadi salah satu danau tertinggi dengan keindahan terbaik yang ada di Indonesia. Tidak heran bila danau ini menjadi tempat camping favorit bagi para pendaki Gunung Rinjani.

Camping

Camping di Danau Segara Anak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Para pendaki Gunung Rinjani selalu menyempatkan diri untuk berkemah di tepian Segara Anak. Tanah lapang yang cukup luas mampu menampung banyak tenda dari setiap pendaki yang datang.

Dari dalam tenda Anda bisa melihat langsung pemandangan air danau yang tenang dan terkadang mengeluarkan uap saat pagi hari. Biasanya para pendaki ini akan banyak memilih tiba di Segara Anak saat sore hari untuk beristirahat mengisi logistik dan tenaga.

Selama camping Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dan terbit dengan sangat menawan. Biasanya pada saat momen tersebut diikuti dengan kabut tipis yang semakin menambah suasana syahdu.

Saat malam hari pemandangan bintang-bintang di langit terlihat sangat jelas dan terang berkat cahaya bulan. Pengalaman berkemah di Segara Anak ini bisa jadi pengalaman berkesan saat mendaki Gunung Rinjani.

Berenang dan Berendam Air Hangat

Bila di Ranu Kumbolo Anda dilarang untuk berenang dan mendekati air danau, di Segara Anak ini berbeda. Anda bisa bebas merasakan segarnya air Segara Anak yang hangat, jernih, dan bersih setelah lelah berjalan jauh.

Banyak area-area dangkal yang bisa anda jadikan tempat berenang dengan aman di Segara Anak. Jangan lupa untuk berhati-hati dan tidak berenang sendiri untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Tidak jauh dari lokasi danau, Anda bisa menemukan sumber air panas yang pas untuk menjadi tempat Anda berendam. Hangatnya sumber air panas alami ini diyakini dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Memancing

Memancing di Danau Segara Anak

Memancing di atas ketinggian saat mendaki gunung mungkin hanya bisa Anda lakukan di Segara Anak. Di dalam danau vulkanik ini terdapat banyak sekali ikan yang sengaja dibiarkan hidup untuk menjaga ekosistem sejak tahun 1985.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan ikan nila dan ikan mas yang hidup memenuhi danau Segara Anak. Sering sekali pendaki yang sengaja membawa pancing saat mendaki Gunung Rinjani agar bisa mendapatkan tambahan makanan langsung dari danau.

Menyaksikan Upacara Adat

Setiap tahun masyarakat Hindu dari Bali dan Lombok rutin melakukan upacara Mulang Pekelem di Danau Segara Anak. Upacara adat ini dimaksudkan untuk permohonan hujan kepada Dewi Anjani yang menjadi ratu dari kerajaan gaib di Rinjani.

Biasanya ada sesaji berupa hasil bumi, sembelihan hewan hingga emas yang dilarung ke tengah Segara Anak. Bila beruntung, Anda bisa melihat prosesi upacara adat ini saat sedang camping di atau mendaki Gunung Rinjani.

Mitos di Segara Anak

Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai Segara Anak ini, salah satunya adalah keberadaan kerajaan jin di tengah danau. Mitos lain yang juga banyak dipercaya adalah khasiat dari sumber air panas Segara Anak yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun yang paling populer adalah larangan untuk mengambil emas yang berada di tengah danau bila tidak mau terkena sial. Dibalik semua mitos tersebut, keindahan dari Segara Anak ini wajib untuk Anda nikmati bila sedang berada di Lombok.

Harga Tiket Masuk Danau Segara Anak

Untuk masuk kawasan Segara Anak, Anda cukup membayar SIMAKSI pendakian Gunung Rinjani karena sudah sepaket. Biaya yang perlu Anda siapkan lebih adalah biaya logistik karena perjalanan pendakian yang lama.

Retribusi Tarif
SIMAKSI Rp35.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang diperlukan bila ingin masuk kawasan Gunung Rinjani dan Segara Anak.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya di Lombok dengan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini juga akan membantu Anda mendapatkan Oleh-oleh khas Lombok terbaik untuk Anda bawa pulang setelah liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Danau Segara Anak

Segara Anak terletak di puncak Gunung Rinjani persisnya di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai Segara Anak, Anda harus melakukan pendakian terlebih dahulu dari Desa Sembalun atau Desa Senaru.

Lama pendakian untuk tiba di Segara Anak diperlukan sekitar 9 hingga 10 jam berjalan dengan kecepatan normal. Bila ditotal dengan pendakian ke Puncak Gunung Rinjani hingga turun kembali bisa memakan waktu 4 hari 3 malam.

Untuk mencapai Desa Sembalun atau Desa Senaru Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan petunjuk jalan dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir sewa innova Lombok atau biro perjalanan yang siap mengantar jemput langsung ke lokasi.

Dengan jasa sopir tersebut Anda juga bisa bersantai dan mengunjungi tempat wisata lain yang ada di sekitar Rinjani. Berlibur, bersantai, dan menikmati makanan khas Lombok jadi tidak sulit lagi karena semua sudah dilayani dengan sangat baik.

Jam Operasional Danau Segara Anak

Untuk menikmati keindahan Segara Anak tidak ada batasan waktu, kapanpun Anda tiba di danau ini selalu ada tempat untuk berkemah. Namun waktu terbaik untuk mendirikan tenda biasanya saat sore atau siang hari sebelum malam agar Anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Usahakan untuk memulai pendakian saat musim kemarau karena medan pendakian Gunung Rinjani yang ekstrim dan panjang. Siapkan juga mental, fisik, serta logistik memadai agar perjalanan Anda tetap aman dan lancar.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (5 votes)