SalSari Resto & Coffee

Jika bicara mengenai pulau Sumatera, semua orang setuju bahwa danau jadi ikon di sana adalah Danau Toba. Danau yang terletak di Sumatera Utara itu adalah danau terluas di Indonesia. Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang penasaran akan keindahannya. Ada lagi Danau Siais, yang dijuluki sebagai “adiknya” Danau Toba. Lalu bagaimana dengan Danau Singkarak?

Berbeda dari kedua danau yang disebutkan tadi, Singkarak berada di provinsi Sumatera Barat. Danau ini diapit oleh dua kabupaten, yakni kabupaten Tanah Datar dan kabupaten Solok.

Keindahan alamnya tidak kalah dibandingkan dengan Danau Toba dan Siais. Sebagai salah satu tempat wisata hits di Padang, danau ini menjadi salah satu sumber pemasukan provinsi dari bidang pariwisata.

Sekilas Tentang Danau Singkarak

bebek air danau singkarak

Tahukah Anda bahwa di tahun 1800-an, bahkan dunia belum tahu ada tempat bernama Singkarak. Baru di tahun 1905, seorang peneliti asal Jerman yang bernama Ernst Haeckel melakukan penelitian di sini dan memperkenalkan Danau Singkarak pada dunia.

Ia membuat jurnal mengenai Singkarak. Ernst jatuh cinta pada panorama danau ini. Sehingga ia bukan cuma menggambarkan danau ini lewat tulisan di jurnal saja, tapi juga lewat lukisan.

Dari situlah banyak wisatawan mancanegara yang mulai penasaran akan tempat wisata ini. Awalnya, danau ini terbentuk karena proses tektonik dari sesar Sumatera yang terbendung material vulkanik.

Material ini terbentuk akibat adanya letusan gunung di sekitar danau. Danau ini juga masih jadi satu dengan cekungan Singkarak dan Solok, yang adalah salah satu penyebab munculnya proses tektonik.

Proses tektonik ini jugalah yang membuat danau ini selalu bergerak dan ukurannya bertambah dari waktu ke waktu. Awalnya, lebar danau ini cuma 3 km. Lambat laun jadi 8 km. Sekarang, luas danau ini sudah lebih dari 20 km.

Masyarakat sekitar juga percaya bahwa ada kisah mistis yang menyelubungi danau ini. Maka ada banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar, bahkan oleh wisatawan sekalipun.

Karena itulah banyak yang menganggap tempat ini angker. Namun, mitos dan cerita rakyat tentunya tidak boleh menghalangi Anda untuk datang dan menyaksikan sendiri keindahan Singkarak.

Harga Tiket Masuk Danau Singkarak

Awalnya, masuk ke Danau Singkarak tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun kemudian pengelola memutuskan untuk menerapkan harga tiket masuk untuk biaya perawatan. Tenang saja, harga tiketnya tidak mahal, kok. Berikut rinciannya.

Retibusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00

Rute Menuju Danau Singkarak

sunset Danau Singkarak

Danau Singkarak ada di kabupaten Tanah Datar. Kalau Anda berangkat dari Padang, Anda harus menempuh jarak yang lumayan jauh, kira-kira 70-75 km. Dari Padang, Anda bisa langsung mengarah ke Solok, lalu langsung ke Singkarak.

Bisa juga mampir ke Padang Panjang kalau ingin keliling-keliling. Dari Padang, Anda bisa melaju ke Padang Panjang, lalu ke Kubu Karambie dan ke Ombilin. Rute lewat Padang Panjang ini sangat panjang, kira-kira jaraknya 100 km.

Kalau memang Anda ingin sambil melihat-lihat pemandangan di Padang Panjang, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Pajero plus driver Padang. Anda bisa menyewa mobil plus sopirnya sekalian. Jadi, Anda bisa menikmati perjalanan tanpa perlu repot menghafal rute.

Daya Tarik Danau Singkarak

Bukan cuma sekadar menikmati pemandangan. Di Danau Singkarak, Anda bisa menikmati berbagai hal berikut juga:

Meneliti Ekosistem Air Tawar

Tempat wisata alam yang satu ini punya ekosistem air tawar yang bisa dibilang unik. Di tempat yang seluas ini, tentu Anda berpikir bahwa ada ratusan ikan yang hidup. Padahal, justru tidak banyak Ikan yang hidup di Singkarak. Cuma ada sekitar 19 jenis ikan air tawar saja yang bisa hidup di sini.

Hal unik lainnya lagi adalah, ada satu jenis ikan yang cuma bisa hidup di sini, tapi tidak di tempat lain. Nama ikannya adalah ikan bilih, atau Mystacoleucus padangensis. Ada banyak ilmuwan baik dari dalam maupun luar negeri yang meneliti spesies ikan bilih.

Main Air dan Berenang

naik kapal Danau Singkarak

Sebagai salah satu wisata air, tentu rasanya tidak lengkap kalau Anda tidak berenang dan bermain air di sini. Apalagi air di danau ini sangat jernih dan tenang, menggoda Anda untuk masuk ke air.

Namun, kalau mau berenang tidak bisa di sembarang tempat. Pengelola sudah menyiapkan satu tempat khusus untuk berenang yang diberi nama Tanjung Mutiara. Di Tanjung Mutiara, Anda juga bisa berendam atau sekadar bermain air.

Udara sekitar juga sangat sejuk, bahkan cenderung dingin. Kalau Anda main ke sini, jangan lupa untuk membawa pakaian hangat dari rumah. Disarankan untuk berenang di bagian tepinya saja dan menaati pantangan yang berlaku.

Wisata Kuliner

wisata kuliner Danau Singkarak

Di pinggir-pinggir danau ini ada banyak pilihan warung makan tradisional yang sangat lezat. Anda bisa mencicip makanan khas Padang lezat sambil menikmati pemandangan. Ada berbagai jenis sajian, karena kuliner Padang memang terkenal beragam.

Setelah berenang di Tanjung Mutiara, tentu perut keroncongan. Warung-warung makan ini bisa jadi pilihan. Anda juga bisa membeli makanan kering dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Padang kekinian.

Memancing Ikan

mancing ikan di Danau Singkarak

Anda juga bisa lho memancing di danau cantik yang satu ini. Meski cuma ada belasan jenis ikan air tawar di danau ini, ada banyak dari mereka yang hidup di danau. Anda bisa memancing ikan-ikan tersebut.

Yang lebih seru, Anda bisa ikut memancing bersama nelayan setempat. Anda dapat minta izin ke mereka untuk ikut ke dalam perahu dan memancing ikan. Para nelayan tersebut akan mengajarkan Anda cara menangkap ikan ala warga lokal.

Berburu Spot Foto

spot foto Danau Singkarak

Tempat wisata alam memang selalu punya spot-spot alami yang instagramable. Pesona alam di sini memang luar biasa. Anda bisa berfoto di mana saja dan mendapatkan hasil foto yang estetis.

Tentu saja, spot foto alami favorit para wisatawan adalah spot dengan danau sebagai latar belakangnya. Selain itu, Anda pun bisa mengambil foto di tengah-tengah danau saat Anda sedang ikut memancing ke tengah danau bersama nelayan lokal.

Kalau tidak ingin memancing, bisa juga sewa perahu. Di tempat ini ada fasilitas persewaan perahu yang bisa membawa Anda mengelilingi danau.

Fasilitas Danau Singkarak

Fasilitas utama yang ada di tempat wisata ini adalah deretan warung makannya di sekeliling danau. Ada juga restoran yang menyajikan makanan yang lebih modern. Anda bisa memilih menu apa yang ingin Anda santap.

Selain itu, karena akses jalan ke danau ini cukup mudah, ada banyak tempat penginapan juga yang ada di sekitar danau. Tentunya bisa jadi pilihan kalau Anda ingin menginap di dekat tempat wisata ini. Fasilitas umum lainnya meliputi toilet, area parkir, tempat ibadah, dan persewaan perahu.

Jam Operasional Danau Singkarak

Danau Singkarak buka selama 24 jam setiap harinya. Anda bisa datang kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah di pagi hari. Anda bisa sekalian menikmati suasana pagi yang syahdu di sekitar danau.

Kalau Anda ingin berwisata ke Padang dan sekalian menjelajahi tempat wisata lain di Sumatera Barat, disarankan bagi Anda untuk memesan paket wisata. Salsa Wisata punya banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa liburan tanpa repot karena semua jadwal perjalanan sudah tersusun dalam itinerary.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)