SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Objek wisata di Sumatera Utara itu bukan cuma Danau Toba saja. Untuk wisata budaya, ada Patung Dewi Kwan Im Medan yang tersohor. Sedangkan wisata alamnya, beragam pantai cantik dan sejumlah danau cantik seperti Danau Siais Tapsel turut ramaikan pariwisata Sumut.

Danau ini tak kalah terkenal dengan Danau Toba. Dengan luas sekitar 4.500 hektar, danau ini menawarkan panorama cantik yang tentunya Instagramable.

Kondisi panorama alam yang indah ini menjadikan danau ini layak mendapat julukan danau tercantik di Tapanuli Selatan.

Dari dulu sampai sekarang, danau ini berfungsi sebagai jalur transportasi. Namun berkat keindahannya, lambat laun, danau ini kini menjadi sebuah objek wisata alam.

Menariknya lagi, danau ini masih asri dan natural. Oleh karenanya sangat cocok untuk Anda yang rindu dengan suasana alam yang sepi dan damai.

Penasaran ada hal menarik apa saja yang disajikan oleh tempat wisata di Medan yang gratis ini? Simak terus rangkumannya.

Sejarah Danau Siais

Sejarah Danau Siais

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terkait dengan asal usul Danau Siais Tapanuli Selatan, Ada mitos yang terkenal dari danau ini, yakni cerita tentang ikan keramatnya. Dikisahkan, Tuanku Imam Bonjol dulu membangun sebuah masjid bernama Baburrohman di Rianite, Tapanuli Selatan.

Di belakang masjid itu terdapat sebuah lubuk, di mana ikan-ikan berkembang baik langsung dari sungai.

Lubuk tersebut memiliki nama Lubuk Larangan. Disebut demikian karena ikan-ikan yang ada lubuk tersebut hanya boleh dipanen satu tahun sekali.

Itupun hanya untuk kebutuhan masjid dan yang boleh memanennya hanya Imam Bonjol saja.

Suatu hari, Imam Bonjol tak pernah kembali. Akibatnya, Lubuk Larangan menjadi sepi karena Imam Bonjol tak pernah lagi mengunjunginya. Meski demikian, ikan-ikan di lubuk masih terus berkembang biak.

Masyarakat setempat percaya bahwa jika ada seseorang menangkap ikan dari Lubuk Larangan tersebut, ia akan menemui ajalnya.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa ikan-ikan tersebut keramat. Ikan yang dianggap keramat tersebut adalah Ikan Jurung atau Ikan Mera (bahasa lokal).

Rupanya mitos ini sangat menarik di mata wisatawan. Banyak diantara mereka yang sangat penasaran dengan keberadaan ikan-ikan tersebut. Dan benar saja, ikan-ikan ini mudah sekali Anda jumpai di danau ini.

Karena bersifat keramat, Ikan Jurung atau Ikan Mera ini tidak boleh dikonsumsi. Masyarakat akan memilih jenis ikan lainnya untuk mereka jadikan sebagai hidangan ikan yang lezat.

Misalnya ikan mas, nila, atau mujair yang menjadi bahan utama pembuatan Arsik, salah satu makanan khas Sumatera Utara yang sangat terkenal.

Daya Tarik Wisata Danau Siasis

Wisata Danau Siais

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di danau cantik nan luas ini. Sebut saja memberi makan ikan, camping, jelajah danau, dan berfoto-foto.

Memberi Makan Ikan

Meski kabarnya keramat, ikan-ikan Jurung ini sangat jinak dengan manusia. Jika penduduk sekitar melakukan aktivitas di danau seperti mencuci atau mandi, ikan-ikan ini justru mendekat.

Wisatawan yang datang ke danau juga boleh memberi makan ikan-ikan tersebut. Jenis makanan yang boleh Anda berikan misalnya potongan roti, biskuit, atau bahkan pakan khusus untuk ikan.

Ajak si buah hati untuk memberi makan ikan-ikan ini sekaligus untuk memperkenalkan habitat ikan air tawar ini.

Camping

Danau ini juga memiliki tepian daratan yang sangat luas. Sebagian daratan tersebut kemudian pengelola manfaatkan sebagai camping ground atau Bumi Perkemahan. Buper ini sangat terkenal dan sering menjadi lokasi langganan bagi anak Pramuka.

Anda para wisatawan juga boleh mendirikan tenda di sini. Tentu dengan posisi pintu tenda menghadap area danau seperti camping di Ranu Pani yang indah.

Camping kali ini pasti akan menjadi pengalaman camping yang terindah berkat pemilihan lokasi yang tepat.

Bagaimana tidak, di hadapan Anda nantinya akan terlihat luasnya danau alami ini. Hijaunya vegetasi turut mempercantik danau ini. Benar-benar memanjakan mata.

Jangan lupa membawa bekal makanan yang cukup. Bila perlu, bawalah makanan yang tahan lama atau bahan makanan instan agar mudah dimasak.

Secangkir Kopi Sidikalang, oleh-oleh Medan kekinian, di pagi hari akan menjadi ‘teman’ pagi Anda saat camping di tepian danau cantik ini.

Memancing

Terlepas dari mitos yang beredar di masyarakat, danau luas ini adalah surga bagi para pemancing. Anda bisa menyewa sampan dari penduduk lokal, kemudian bawa peralatan memancing Anda ke tengah danau.

Bukan cuma Ikan Jurung, ada beragam jenis ikan di dalam danau. Namun karena tidak ada fasilitas persewaan alat pancing, Anda harus membekali diri dengan peralatan sendiri.

Ikan-ikan hasil memancing boleh Anda bawa pulang untuk Anda olah menjadi kuliner ikan lezat. Anda boleh jadikan menu-menu pilihan di sentra makanan legendaris Medan sebagai referensinya.

Keliling Danau Naik Sampan

Bahkan jika Anda bukan seorang pemancing, mengelilingi danau naik sampan sewaan bisa jadi alternatif yang tak kalah menarik.

Anda bisa menjelajahi sebagian danau sambil membawa bekal. Panorama yang danau suguhkan pasti akan membuat Anda betah duduk berjam-jam di atas sampan.

Tentu Anda harus siapkan biaya untuk menyewa sampan. Tarif sewanya relatif murah, jadi sangat cocok untuk segala kalangan wisatawan.

Berfoto Ria

Foto dengan latar danau seakan menjadi kegiatan wajib bagi sebagian besar wisatawan. Pemandangan indah yang tersaji di depan mata tidak mungkin Anda lewatkan begitu saja.

Anda bisa mengabadikan momen liburan Anda di Tapanuli Selatan dengan mengambil foto-foto sepuasnya di area danau dan sekitarnya.

Memang tidak tersedia spot foto kekinian seperti tempat-tempat wisata pada umumnya. Akan tetapi view alam yang masih natural dan asri jauh lebih estetik.

Panorama alami ini tentu akan seketika menjadikan hasil jepretan kamera Anda sangat instagramable.

Fasilitas di Kawasan Wisata Danau Siais

Tiket Masuk Wisata Danau Siais

Sebetulnya, danau ini memang belum banyak diketahui wisatawan. Namun, pemerintah setempat sudah mulai menggali potensinya.

Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah akses jalan ke Danau Siais sangat mulus. Berkendara di sini tidak akan merusak kendaraan Anda.

Selain itu, tersedia juga lapangan parkir yang luas. Jika Anda bermaksud memancing atau keliling naik sampan, Anda bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir ini. Tenang saja, tempa parkirnya mendapat penjagaan dari petugas.

Ada juga wahana bermain anak kalau Anda membawa keluarga berwisata di sini. Wahana bermain yang lengkap bisa membantu jika anak Anda bosan menemani Anda memancing.

Ada juga pelabuhan jet ski dan perahu berikut kolam pancing dan jala. Bahkan, ada juga pemandian yang tersedia. Bisa dibilang, fasilitas objek wisata ini cukup lengkap.

Karena pemerintah ingin meningatkan potensi tempat ini, nantinya pemerintah akan menambah fasilitas yang lebih lengkap lagi. Misal penginapan, kantin, mushola, dan kamar mandi.

Harga Tiket Masuk Danau Siais

Danau ini masuk dalam jajaran wisata Tapanuli murah meriah. Untuk bisa masuk ke sini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena tiket masuk Danau Siais gratis.

Namun, Anda tetap harus menyiapkan uang tunai jika berkunjung ke sini untuk biaya lainnya. Misal sewa perahu sampan dan biaya parkir.

Rute Menuju Lokasi Danau Siais

Lokasi Danau Siais

Secara geografis, lokasi Danau Siais masuk ke dalam area dua desa, yakni Desa Rianite dan Desa Malombu. Danau ini terletak kurang lebih lima puluh kilometer dari Batangtoru.

Jika berangkat dari Sipirok, ibukota Kabupaten Tapanuli Selatan, Anda akan butuh waktu berkendara selama kurang lebih 3,5 jam.

Bila Anda berangkat dari Kota Padang Sidempuan, Anda hanya butuh waktu sekitar 2 jam berkendara karena jaraknya hanya 63 kilometer.

Meskipun jalan menuju ke Siais sudah bagus, masih jarang angkutan umum yang menuju ke sana. Kalaupun ada, tarifnya sangat mahal. Jauh lebih hemat jika Anda menggunakan jasa rental mobil Medan murah untuk menuju ke sana.

Jam Buka Danau Siais

Seperti objek wisata lainnya yang masih belum banyak tersentuh wisatawan, Danau ini masih belum memiliki jam operasional. Itu artinya, Anda bisa datang ke sini kapan saja tanpa harus mengikuti jam buka Danau Siais.

Namun perlu menjadi perhatian jika Anda bermaksud untuk menyewa sampan dari penduduk sekitar. Pastikan Anda datang di siang atau sore hari ketika penduduk lokal masih aktif.

Bingung bagaimana mengatur perjalanan ke Tapanuli Selatan dan mengunjungi tempat wisata Danau Siais? Anda bisa coba gunakan travel organizer. Salah satu yang terbaik adalah Salsa Wisata. Dengan Salsa Wisata Travel, Anda tidak perlu repot memikirkan sewa transportasi, akomodasi, berikut mengatur kunjungan wisata selama berada di Sumatera Utara.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)