SalSari Resto & Coffee

Desa Wisata Sesaot menyimpan banyak daya tarik yang dapat membuat liburan Anda ke Lombok semakin berkesan. Berbagai pengalaman seru bisa Anda nikmati di sini mulai dari wisata alam, rekeasi, hingga outbound pun ada.

Suasananya yang asri juga cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi healing berbeda di Lombok. Mau tahu apa saja keseruan yang bisa Anda lakukan di desa wisata ini? silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Desa Wisata Sesaot

Desa Sesaot Lombok

Sesaot merupakan salah satu desa di Kabupaten Lombok Barat yang masuk ke dalam kecamatan Narmada. Desa ini sangat populer di kalangan pecinta keindahan alam terlebih lagi bagi para backpacker.

Pasalnya wilayah desa ini sebagian besar merupakan hutan lindung dari kawasan Gunung Rinjani. Berbagai macam wisata alam yang asri dan seru bisa Anda dapatkan selama mengunjungi desa wisata ini.

Misalnya saja seperti bermain air di sungai dan air terjun seru, olahraga ekstrem, hingga camping bisa Anda lakukan. Bahkan fasilitasnya pun sudah sangat lengkap dan memadai sehingga Anda bisa nyaman selama berkunjung.

Alamat

Lokasi desa wisata ini terletak di Jl.Sesaot, Sesaot, Narmada, Lombok Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Mataram yang rutenya bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka

Kawasan wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore, berikut ini rincian jam operasionalnya:

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 08.00 WITA – 17.00 WITA

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sesaot

Untuk mengunjungi objek wisata Sesaot sangat murah karena hanya mulai dari Rp5.000,00 saja. Berikut ini informasi lebih jelas mengenai biaya yang harus Anda keluarkan untuk masuk beberapa wisata di sini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisata Rp5.000,00 – Rp20.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00 – Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00 – Rp10.000,00

Agar Anda bisa lebih mudah menikmati berbagai destinasi yang ada di desa wisata ini, manfaatkan saja paket wisata Lombok murah.

Daya Tarik Sesaot

Daya Tarik Desa Wisata Sesaot

Untuk mengetahui lebih jelas tentang potensi wisata desa Sesaot, berikut ini berbagai daya tarik yang bisa Anda nikmati selama berkunjung:

Mengunjungi Pusat Rekreasi Masyarakat PUREKMAS

Pusat Rekreasi Masyarakat atau PUREKMAS menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi selama di sini. Tempat ini sangat terkenal dengan keindahan pemandian air alaminya yang bersumber langsung dari gunung.

Warna biru tosca air sungai serta beberapa air terjun kecil yang ada membuat tempat ini sangat menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa puas bermain air di kawasan wisata ini sambil mencoba sejumlah wahana seru.

Mulai dari flying fox, kolam renang, maupun bermain di aliran sungai yang dangkal. Tempat wisata hits Lombok ini juga masih sangat asri sehingga cocok untuk kegiatan piknik atau sekedar berfoto di spot foto yang ada.

Tracking Seru di Alam Lepas

Bukit Mangga di desa wisata ini memiliki area tracking dengan pemandangan Gunung Rinjani. Vegetasinya berisi dengan pepohonan besar nan timbun dan acapkali terdapat banyak burung endemik berterbangan.

Anda pun bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk tracking, entah pagi atau sore hari. Karena pada waktu  tersebut waktu yang tepat untuk olahraga sekaligus melihat view sunrise dan sunset.

Olahraga Ekstrim di Bukit Vetong

Selain tracking, lokasi perbukitan di lokasi wisata biasa menjadi area bersepeda gunung. Olahraga ini cocok bagi pecinta dan penantang adrenalin terutama bagi para backpacker.

Anda akan menjumpai medan yang sangat sulit mulai dari jalan berbatu dan berkelok seperti di game downhill. Sepanjang perjalanan pun tidak ada jalan yang lurus, seluruh jalan bakal naik turun bukit.

Namun ketika melewati pemandangan berupa persawahan, perbukitan, hingga hutan akan membuat pikiran tenang. Sehingga bersepeda jauh lebih mengasyikkan apalagi bersama rombongan.

Healing di Air Terjun dan Pura Ranget

Liburan menjadi sarana untuk menenangkan pikiran atau relaksasi bagi setiap orang. Wisata ini menawarkan beberapa spot wisata yang jauh dari kepadatan penduduk atau wisatawan lainnya.

Pertama ada tempat beribadah bernama Pura Ranget, disini Anda bisa bersantai di tempat yang tenang. Pura ini juga menjadi tempat sembahyang bagi penganut agama tertentu.

Selanjutnya bersantai di air terjun Sendalem dan Tibu Bunter. Walaupun lokasinya masih sepi, namun untuk menuju ke air terjun tidak terlalu jauh karena lokasinya dekat jalan raya.

Camping di Rumah Adat Suku Sasak

Suku sasak adalah suku mayoritas yang mendiami wilayah desa wisata ini. Adat istiadatnya masih sangat kenal dapat terlihat dari rumah tradisional yang menjadi tujuan wisata.

Selain berkunjung, wisatawan juga dapat menginap di tempat yang bernama Vetong Hill. Ada pula rumah pohon yang dapat menjadi tempat singgah untuk bersantai menikmati pemandangan alam.

Latar belakang Gunung Rinjani dan hijaunya persawahan sekitar sungguh mempesona sepanjang mata memandang.

Wisata Kuliner Sate Bulayak

Saat berkunjung ke desa ini wajib sekali mencoba salah satu wisata kuliner Lombok terkenal yakni sate bulayak yang rasanya sedap. Sate ini terbuat dari daging sapi dengan lontong dan bumbu satenya.

Anda bisa menikmati hidangan ini yang dijual secara langsung melalui warung makan terdekat di lokasi wisata. Pastinya setelah seharian berlibur sate bulayak adalah hidangan penghilang lapar yang pas.

Pusat UMKM di Nusa Tenggara Barat

Bingung mencari oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat? Maka membeli produk UMKM desa Sesaot adalah pilihan yang tepat. Selain menyenangkan, Anda juga akan membantu perekonomian warga lokal.

Beberapa produk unggulannya yaitu Kube Waroh Maju Bersama yang merupakan cemilan keripik pare. Kemudian ada dodol nangka, keripik pisang, keripik ubi, hingga manisan rumput laut.

Mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp100.000,00 Anda bisa membawa salah satu produk ke rumah. Tentunya dengan kemasan yang unik dan mudah dibawa dalam perjalanan pulang.

Fasilitas di Sesaot

Fasilitas Desa Wisata Sesaot

Sesaot selalu memfasilitasi segala sarana dan prasarana pengunjung dengan sangat baik berikut ini beberapa di antaranya:

  • Toilet.
  • Area parkir luas.
  • Mushola.
  • Warung makanan khas Lombok.
  • Pusat oleh-oleh.
  • Spot foto.
  • Tempat sewa alat renang.

Tertarik untuk mengunjungi Sesaot? Langsung saja hubungi Salsa Wisata untuk booking paket wisata lengkap dengan jasa sewa mobil Innova Lombok yang murah dan terjangkau.

Dengan begitu liburan Anda ke desa wisata ini dan juga destinasi menarik di Lombok bisa jadi makin berkesan. Jadi tunggu apalagi, rencanakan liburan terbaik Anda hanya bersama Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Lombok

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)