SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda penggemar Nirmala di Majalah Bobo, Anda pasti setidaknya ingin mencoba kehidupan di negeri dongeng satu kali! Tenang saja, tak perlu jauh-jauh ke Disneyland, di Fairy Garden Bandung, Anda bisa bertransformasi menjadi peri!

Memang luasnya dan wahananya tidak sebesar dan sebanyak Disneyland, tapi tempat wisata Bandung Instagramable ini memiliki istana-istana peri yang sangat memukau. Ditambah lagi, ada beberapa pemandu berkostum peri yang akan membantu Anda. Anak Anda pasti senang bukan main kalau berlibur kesini!

Setelah mewujudkan mimpi masa kecil Anda, dan membuat si kecil senang, Anda bisa menikmati wisata kuliner khas Bandung yang lezat.

Sekilas Tentang Fairy Garden Bandung

infografis fairy garden bandung

Tempat wisata yang resmi dibuka pada tahun 2018 ini masih berada di kawasan yang sama dengan The Lodge Maribaya. Pemiliknya pun sama, karena itu kawasan keduanya saling terhubung satu sama lain.

Sementara The Lodge Maribaya lebih menonjolkan suasana alamnya. Sesuai dengan nama wisatanya fairy, tempat wisata ini lebih menonjolkan suasana dongengnya.

Tempat wisata dongeng ini tidak hanya menargetkan anak-anak usia SD. Dengan keberadaan spot-spot foto cantiknya, anak usia remaja serta orang dewasa juga pasti tertarik pergi kesini!

Harga Tiket Fairy Garden Bandung

Berwisata ke tempat wisata ini tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, karena untuk ukuran Bandung sendiri tiket masuknya masih tergolong murah. Namun, tiket tersebut hanyalah untuk akses masuk ke dalam saja, belum termasuk bermain wahana.

Jadi, Anda masih harus menyiapkan dana lebih jika ingin seru-seruan bermain wahana di dalamnya. Nah, untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Fairy Garden Rp35.000,00
Tiket kastil Rp25.000,00
Mini train Rp20.000,00
Carousel Rp20.000,00
Horse riding Rp35.000,00
ATV Rp35.000,00 – Rp50.000,00
Sepeda Rp20.000,00
Tangkap ikan Rp20.000,00
Sewa Kostum Rp35.000,00
Kasi Makan Hewan Rp20.000,00

Fasilitas di Fairy Garden Bandung

fasilitas fairy garden bandung

Tempat ini menyediakan area parkir yang luas, sehingga Anda tidak perlu ragu membawa kendaraan Anda. Jika Anda tidak memiliki kendaraan, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Innova Bandung plus driver dari Salsa Wisata.

Selain itu, di sini juga ada Mushola dan toilet yang cukup luas dan bersih. Selanjutnya, tempat wisata ini juga menyediakan restoran yang menyediakan berbagai makanan enak.

Jika perut lapar, Anda bisa mampir warung di sekitar tempat wisata yang menjual aneka makanan khas Jawa Barat kekinian.

Di sini, untuk makanan berat, ada kwetiau seafood, bihun seafood, mie goreng, nasi goreng, chicken cheese + french fries. Ada juga makanan ringan seperti roti bolognese, burger ayam dan hotdog.

Lokasi dan Rute Menuju Fairy Garden Bandung

gapura fairy garden bandung

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Maribaya Timur No. 1, RT 01/RW 10, Desa Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Taman Peri ini berjarak sekitar 19 km dari Alun-alun Bandung. Waktu tempuhnya juga hanya sebentar, yaitu kisaran 48 menit. Selain itu, akses jalannya juga sangat mudah dilalui.

Angkutan umum pun cukup tersedia jika memang anda tidak menggunakan kendaraan pribadi. Bisa dengan naik trayek angkot atau bus damri yang tersedia untuk menuju lokasi wisata ini.

Daya Tarik Fairy Garden Bandung

Kastil Dongeng

kastil fairy garden bandung

Sebagai tempat wisata bertema dongeng, tentu saja tempat ini memiliki kastil. Anda hanya perlu menaiki tangga untuk masuk ke kastil. Di atas kastil ini ada dua area, area indoor dan outdoor.

Di area outdoor, Anda dapat melihat keindahan negeri dongeng yang berada di tengah-tengah kesejukan pegunungan dan pepohonan Lembang. Selain itu, di sini juga terdapat banyak spot foto menarik. Mulai dari pintu kastil ala dongeng, tea garden ala princess, sampai sudut ayunan peri.

Sementara di area indoor, terdapat Art Fairy yang juga sering disebut Kastil Rona Flora. Bagian dalamnya terlihat seperti studio berisi aneka flora yang menyala-nyala dalam gelap. Di sini juga terdapat miniatur-miniatur rumah peri yang cantik.

Kalau Anda suka fotografi interior dan still life, Anda wajib sekali membawa kamera kesini! Karena interior di kastil ini terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja.

Mural Art

Wahana ini masih berada di dalam kastil. Di sini, Anda bisa melukis tangan dan wajah Anda seharga Rp15.000,00 – Rp25.000,00. Lukisan itu nantinya akan menyala-menyala di beberapa spot foto yang disediakan.

Bukan hanya anak kecil, remaja-remaja gen z juga pasti sangat tertarik dengan wahana ini. Mereka pasti akan senang, karena hasil fotonya yang instagramable. Karena itu, tempat ini juga cocok bagi Anda yang memiliki putra-putri remaja.

Rumah Kaum Gipsi

rumah gipsi fairy garden bandung

Untuk melihat rumah kaum gipsi, Anda perlu memasuki area Plaza Dalam. Sebelum masuk, sebaiknya Anda menggunakan kostum gipsi yang disediakan.

Gipsi sendiri adalah suku bangsa yang banyak mendiami daerah Britania Raya pada zaman dulu. Kaum gipsi hidup secara nomaden atau berpindah-pindah, sehingga mereka tinggal di karavan. Karena itu, di sini Anda akan menemukan karavan-karavan mini yang sangat instagramable.

Di sini juga ada taman bunga, patung-patung peri, serta air mancur mini

Wahana Permainan

wahana fairy garden bandung

Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana yang dapat Anda gunakan untuk mengelilingi semua area. Diantaranya ada sepeda, kuda, ATV dan mini train.

Selain itu, ada juga wahana memancing untuk anak-anak, wahana panahan, playground, trampolin serta carousel.

Hewan Negeri Dongeng

hewan di fairy garden bandung

Tempat wisata ini memiliki taman kelinci. Hewan yang muncul di Alice in Wonderland ini memang identik dengan dongeng. Di sini, Anda bersama keluarga, dapat memberikan makan pada para kelinci sesuai aturan yang ada.

Selain kelinci, tempat wisata ini juga memiliki taman burung. Ada burung-burung bersuara merdu nan cantik yang dapat menarik perhatian Anda.

Pertunjukkan Malam

Tempat wisata ini tutup di malam hari, sehingga pada pukul 18.30 WIB, saat suasana mulai gelap, akan ada pertunjukkan malam.

Pada saat itu, lampu-lampu kastil akan menyala dengan indahnya. Anda yang selama ini hanya melihat indahnya kastil dari logo disney, akan takjub melihat keindahan kastil dalam gelap, secara langsung.

Setelah lampu-lampu menyala, akan ada pertunjukkan musikal. Efek LED, serta efek suara akan menghiasi pertunjukkan ini. Dongeng yang ditampilkan adalah dongeng original milik tempat wisata ini, sehingga Anda tidak akan melihatnya di tempat lain.

Spot Foto Malam Hari

Tidak hanya kastilnya yang menyala. Ternyata, di bagian taman juga ada beberapa spot foto tersembunyi yang hanya terlihat di malam hari, seperti misalnya spot bulan.

Selain itu, jalanan taman di malam hari juga memiliki pesonanya sendiri yang akan membuat Anda takjub.

Jam Buka Fairy Garden Bandung

fairy garden bandung

Bila ingin mengunjunginya, Anda dapat datang kapan saja, karena objek wisata Fairy Garden buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Namun, di waktu weekend Fairy Garden tutup lebih malam yaitu pada pukul 20.00 WIB.

Setelah puas berkeliling di taman wisata ini, pulangnya Anda bisa mampir beli oleh-oleh khas Bandung tahan lama. Karena, ada banyak pilihan toko oleh-oleh di sepanjang pinggir jalan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan biro perjalanan terbaik seperti Salsa Wisata di setiap agenda liburanmu. Berbagai pilihan paket wisata domestik bisa menjadi pilihan di waktu liburan selanjutnya bersama keluarga. Selamat berlibur!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)