earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Objek wisata Gardu Pandang Tieng sering menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang hendak liburan ke Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini tepat berada di sisi kanan jalur utama menuju ke Dieng.

Di sana terdapat sejumlah fasilitas semacam rest area yang berisikan resto, toilet, dan bahkan gazebo.

Menariknya, tempat ini tak hanya menyuguhkan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Namun juga menawarkan beberapa spot foto menarik serta daya tarik lainnya.

Seperti misalnya spot teras yang langsung menghadap ke area perbukitan yang termasuk spot paling instagramable. Golden sunrise dan pemandangan Merapi-Merbabu juga menjadi daya tarik utama di tempat wisata ini.

Hampir setiap wisatawan yang hendak ke Dieng menyempatkan diri mereka untuk mampir sebentar ke tempat ini, sekedar untuk melepas lelah. Namun, ada juga yang sengaja ke sana untuk rekreasi.

Nah, mungkin Anda masih penasaran dengan spot wisata ini, berikut adalah ulasan singkatnya.

Sekilas Tentang Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng adalah sebuah rest area sekaligus tempat rekreasi yang menawarkan tempat terbaik untuk menikmati golden sunrise di Dieng.

Tempat singgah ini terletak di tepi jalur utama menuju kawasan wisata Dieng, tepatnya di ketinggian 1.789 mdpl.

Terletak di Desa Tieng, Kabupaten Wonosobo, tempat ini sering menjadi tempat persinggahan sementara para wisatawan yang ingin liburan di Dieng.

Lokasinya berada di pinggiran tebing, menjadikan tempat ini sangat ideal untuk menyaksikan secara leluasa panorama Desa Tieng.

Masih di lokasi yang sama, Anda juga bisa menikmati keindahan kawasan perbukitan lengkap dengan lanskap Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang membentenginya.

Daya Tarik Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada cukup banyak daya tarik yang bisa Anda temui di tempat wisata ini. Daya tarik ini berupa view alam Desa Tieng dan sekitarnya yang sangat asri.

Ada juga daya tarik berupa spot untuk menikmati momen golden sunrise dan negeri di atas awan. Dan daya tarik yang terakhir adalah wisata kuliner.

View Desa Tieng dan Merapi-Merbabu

Desa Tieng merupakan sebuah desa di Kabupaten Wonosobo yang lokasinya cukup dekat dengan gardu pandang ini. Karena lokasinya masih berada di bagian dataran tinggi Dieng, terkadang desa ini terlihat berselimutkan kabut.

Nah, dari gardu pandang ini, Anda bisa melihat keseluruhan lanskap desa plus bukit-bukit yang ada di sekelilingnya.

Selain itu, suguhan keren lainnya adalah berupa pemandangan gunung-gunung yang berbaris rapi.

Terlebih lagi dengan view perkebunan warga yang terlihat berundak-undak berwarna hijau.

Golden Sunrise

Posisinya yang berada pada ketinggian 1.789 mdpl ini juga membuat pemandangan langit di sekitar gardu seolah menjadi lebih dekat.

Dengan begitu, tempat wisata Wonosobo ini ideal sekali untuk menyaksikan golden sunrise secara lebih dekat lagi.

Untuk mendapatkan spot yang terbaik, Anda sebaiknya harus datang lebih awal karena ada banyak wisatawan yang juga ingin menyaksikan fenomena alam ini.

Keindahan Negeri di Atas Awan

Salah satu motivasi wisatawan datang lebih awal ke tempat ini tak sebatas ingin menyaksikan golden sunrise saja. Mereka juga sangat penasaran dengan keindahan view sekitar yang terselimuti oleh kabut pagi.

Momen klimaksnya adalah ketika mentari mulai muncul, perlahan kabut ini akan tersibak hingga samar-samar hilang.

Area yang semula berupa putih akibat kabul perlahan berubah menjadi siluet-siluet pepohonan, rumah, ladang, bukit, dan gunung. Sungguh mengagumkan.

Cicip Wisata Kuliner

Sebagai rest area, tempat ini tentu menawarkan fasilitas restoran kepada para pengunjung yang datang.

Di sekitarnya juga terdapat para penjual makanan yang menjajakan barang dagangan yang berupa makanan khas Wonosobo seperti Tempe Kemul, Mie Ongklok, dan lain sebagainya.

Nikmati Minuman Hangat Asli Dieng

Pernah mendengar minuman Purwaceng? Memang terdengar asing, namun sebenarnya minuman ini sangat terkenal di Dieng. Purwaceng adalah jenis tumbuhan yang hanya dapat tumbuh di Dieng.

Cara menyajikannya cukup mudah tinggal seduh saja dengan air panas. Minuman ini kerap menjadi oleh-oleh khas Wonosobo yang laris manis dan jadi oleh-oleh yang langka dari Dieng.

Fasilitas Gardu Pandang Tieng

Wisata Gardu Pandang Tieng

Lokasinya yang berada di alam lantas tidak menjadikan tempat wisata ini minim akan fasilitas. Ada cukup banyak fasilitas yang bisa Anda temui di sini.

Area parkir dengan luas yang cukup untuk menampung motor dan mobil tentu tersedia lengkap dengan petugas.

Kemudian, fasilitas restoran dan warung-warung kecil juga mudah sekali Anda jumpai di sekitar lokasi.

Toilet yang bersih pastinya juga tersedia karena pasti ada banyak wisatawan yang membutuhkannya.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Tieng

Tak perlu membayar mahal untuk menikmati semua daya tarik di atas lantaran HTM tempat wisata ini tergolong murah. Wisatawan nantinya juga wajib membayar biaya parkir kendaraan dengan tarif yang juga tak mahal.

Berikut adalah HTM terbaru dan tarif parkir kendaraan di kawasan wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00/ orang
Parkir Motor Rp2.000,00/ unit
Parkir Mobil Rp5.000,00/ unit

HTM dan tarif parkir di atas dapat berubah kapan saja. Biasanya HTM dan tarif parkir akan naik saat liburan nasional dan libur akhir pekan.

Oleh karena itu, siapkan budget lebih apabila Anda berencana untuk liburan di sini saat akhir pekan atau libur nasional.

Lokasi dan Rute Gardu Pandang Tieng

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Untuk lokasi, spot wisata ini sebenarnya sangat mudah untuk Anda jumpai karena lokasinya tepat di pinggir jalan utama Dieng.

Alamat lengkapnya di Jalan Dieng, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Rute menuju ke spot wisata ini sangat mudah. Jika Anda berangkat dari Wonosobo, Anda hanya perlu melalui Jalan Dieng lalu perhatikan sisi kanan jalan setelah tanjakan panjang.

Nantinya akan ada papan nama dengan keterangan nama lokasi tujuan Anda.

Dapatkan pengalaman jalan-jalan ke Wonosobo dan sekitarnya dengan nyaman hanya dengan menggunakan layanan sewa mobil dari Salsa Wisata.

Dengan dukungan crew yang berpengalaman, kami siap antarkan Anda dan rombongan ke sejumlah tempat wisata hits di sekitarnya. Sebut saja ke Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan bahkan mampir ke gardu pandang ini.

Anda tinggal memilih satu dari paket sewa mobil yang kami tawarkan. Misal, untuk wisata keluarga, paket sewa mobil Grand New Innova akan terdengar sangat cocok untuk agenda liburan Anda.

Jam Operasional Gardu Pandang Tieng

Spot wisata gardu pandang ini buka setiap hari dengan jam operasional yang lebih lama, yakni dari jam 05.00 sampai jam 21.00 WIB.

Khusus wisatawan yang ingin menikmati golden sunrise dan indahnya kabut, sebaiknya mulai berangkat sebelum jam 5 pagi.

Ini adalah waktu terbaik agar nantinya tak ketinggalan untuk menyaksikan fenomena alam yang paling mempesona.

Bagaimana, semakin tak sabar untuk segera datang, nikmati sunrise, lalu sarapan Mie Ongklok di sini? Agar semua agenda liburan Anda lancar dan sesuai dengan ekspektasi, gunakan paket wisata dari Salsa Wisata.

Dengan menggunakan layanan paket wisata dari kami, liburan akan terasa lebih mudah, terutama yang ada kaitannya dengan hotel dan transportasi.

Momen rekreasi di Gardu Pandang Tieng pun akan terasa menyenangkan sehingga liburan impian Anda pun bisa terwujud.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)