SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi warga Jakarta, liburan akhir pekan bersama keluarga dengan mengunjungi tempat wisata sejarah bisa menjadi opsi kegiatan yang boleh Anda coba. Misal mengunjungi Gedung Pancasila.

Gedung ini terletak berdekatan dengan gedung-gedung penting lainnya seperti Gedung DPR, Gedung Kementerian Luar Negeri, dan lain sebagainya.

Tepatnya berada di kawasan Lapangan Banteng dan Taman Pejambon, Jakarta. Tentu akan ada banyak informasi dan wawasan baru yang akan Anda dapatkan dengan berkunjung ke gedung ini.

Lebih spesifiknya, Anda akan memperoleh wawasan seputar sejarah atau latar belakang didirikannya gedung putih Jakarta ini.

Daripada penasaran dengan gedung ini, mari kita simak info sejarah, fungsi, dan daya tarik dari tempat wisata di Jakarta Pusat yang satu ini.

Sejarah Gedung Pancasila

Sejarah Gedung Pancasila

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gedung Pancasila adalah sebuah bangunan bersejarah yang kini menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dari info yang kami himpun, tidak ada data resmi terkait dengan kapan gedung ini berdiri. Namun ada beberapa literatur yang menjelaskan bahwa gedung ini dibangun kira-kira tahun 1830-an.

Awalnya, fungsi gedung ini adalah sebagai rumah hunian dari Panglima Angkatan Perang Hindia Belanda. Beliau ini juga merangkap jabatan sebagai Letnan Gubernur Jenderal pada masa itu.

Setelah tak lagi berfungsi sebagai hunian, gedung ini kemudian beralih fungsi menjadi gedung Volksraad atau gedung DPR-nya Pemerintah Hindia Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini berubah namanya seperti yang kita kenal sekarang. Nama Pancasila sendiri berasal dari peristiwa Presiden Soekarno saat menyampaikan pidato di gedung ini.

Dalam pidatonya, beliau menyampaikan tentang gagasan atau konsep dasar Pancasila. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 1 Juni 1945 yang kini kita peringati sebagai hari kelahiran Pancasila.

Kini gedung ini masih sangat kokoh dan terawat. Sebagai salah satu warisan sejarah selain kawasan wisata Kota Tua Jakarta, kini gedung ini rutin menjadi lokasi upacara diplomatik dan acara resmi kenegaraan.

Seperti acara penyambutan tamu kenegaraan. Atau sebagai lokasi penandatanganan perjanjian antar negara RI dan para negara sahabat.

Area halaman gedung juga menjadi lokasi upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang kerap presiden dan jajaran pejabat penting lainnya menghadiri acara penting.

Para staf dan pejabat tinggi Kemenlu juga rutin mengadakan apel pagi di tempat yang sama, yaitu di halaman depan berumput hijau ini.

Daya Tarik Gedung Pancasila

Walau situs gedung ini tidak untuk publik, Anda yang sungguh tertarik dengan tampilan gedungnya dapat memandangnya dari luar. Sederhana memang, tapi tetap akan menjadi hal yang menarik dan menjadi kebanggaan tersendiri.

Dengan mengamati, Anda dapat melihat fasad gedung yang terbuat dengan gaya arsitektur Eropa. Warna putih mendominasi keseluruhan gedung, membuatnya sangat mirip dengan gedung Istana Negara.

Tentu saja pemandangan ini tak boleh Anda lewatkan. Anda boleh memotret gedung ini saja atau swafoto dengan gedung sebagai latarnya.

Selain daya tarik arsitektur gedung, Anda juga akan disuguhi dengan daya tarik lainnya, yaitu sejarah Pancasila yang kini menjadi dasar negara kita.

Sejarah terkait dengan lahirnya Pancasila sangat panjang, jadi akan kami rangkumkan tersendiri di artikel berikutnya.

Fasilitas Gedung Pancasila

Fasilitas Gedung Pancasila

Situs bangunan bersejarah ini bukanlah sebuah spot wisata publik yang identik dengan fasilitas-fasilitas umum. Segala fasilitas yang ada di sini disediakan secara khusus untuk staf Kemenlu dan juga para tamu kenegaraan.

Berdasarkan info yang kami dapat, gedung ini memiliki 6 buah ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya saja ruang kerja, ruang rapat, aula, ruang tunggu, gudang, dan tiga kamar mandi.

Terdapat fasilitas area parkir yang hanya boleh digunakan oleh para staf Kemenlu dan tamu. Jadi, publik, termasuk wisatawan tidak diperkenankan untuk memarkirkan kendaraan pribadinya di area tersebut.

Jika Anda ingin mampir sejenak untuk melihat gedung ini, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di fasilitas area parkir tempat wisata terdekat.

Demikian juga dengan fasilitas pusat kuliner. Di area yang masuk dalam kategori zona A ini tidak terdapat resto, foodcourt, atau warung wisata.

Anda dapat bertolak menuju pusat wisata kuliner Jakarta terdekat. Ada banyak sekali pilihannya. Salah satu yang sangat kami rekomendasikan adalah kawasan wisata kuliner Pecenongan.

Sentra kuliner ini terkenal dengan banyaknya varian makanan khas Jakarta Kembang Goyang dan makanan khas tradisional Betawi lainnya. Banyak juga kedai yang menjual hidangan terkenal Nusantara yang dijamin siap menggoyang lidah Anda.

Harga Tiket Masuk Gedung Pancasila

Karena pada dasarnya gedung ini masih berfunggsi sebagai gedung aktif kenegaraan, tidak ada pemberlakuan tiket masuk layaknya di sebuah tempat wisata.

Jadikan gedung ini sebagai starting point cuci mata saja dan lanjutkan kegiatan wisata Anda di tempat rekreasi terdekat. Contohnya saja di Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, dan lain sebagainya.

Agar liburan Anda terasa semakin afdol, jangan lupa belanja buah tangan untuk kerabat atau sahabat di sentra oleh-oleh Jakarta terdekat.

Lokasi dan Rute Menuju Gedung Pancasila

Lokasi Gedung Pancasila

Gedung yang kini menjadi bagian dari Kemenlu RI ini terletak di Jalan Pejambon No.6, Jakarta. Lokasi alamat ini sangat strategis dan bahkan menjadi kawasan dengan protokol penjagaan yang ketat.

Untuk mengakses alamat ini, rute yang harus Anda lewati adalah Jalan Cik Ditiro dengan waktu tempuh 15 menit. Rute alternatif yang bisa Anda coba yaitu Jalan Salemba atau bisa juga melalui Jalan Pangeran Diponegoro.

Jika Anda menggunakan paket rental mobil Fortuner di Jakarta Pusat non-lepas kunci, sampaikan ke driver untuk menemukan Lapangan Banteng dahulu. Baru kemudian akan tiba di Jalan Pejambon.

Jam Operasional Gedung Pancasila

Sebagai salah satu lokasi di mana para staff Kemenlu bertugas, gedung ini beroperasi dari Senin hingga Jumat. Jam operasionalnya menyesuaikan jam operasional standard di Jakarta, yaitu dari jam 09.00 sampai jam 16.00 WIB.

Gedung Pancasila cukup kita jadikan sebagai intermezo dalam rangkaian tour Anda bersama kami, Salsa Wisata. Selama join sebagai pengguna paket tour Jakarta kami, kami tentu sangat siap untuk menjadi teman petualangan Anda selanjutnya di sejumlah objek wisata hits yang ada di Jakarta.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jakarta

Pos-pos Terbaru




Apa yang menarik minat Anda?

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969
5/5 - (2 votes)