SalSari Resto & Coffee

​​Bandung memang tidak main-main dalam menyuguhkan tempat wisata. Tempat wisata Instagramable di Bandung itu sangat beragam, bukan cuma wisata kuliner saja, tapi juga wisata alam. Ada juga tempat-tempat yang menggabungkan dua wisata tersebut jadi satu, wisata kuliner dan wisata alam. Salah satunya yaitu Glamping Patenggang Resto.

Tempatnya ada di Bandung Selatan, yakni di Rancabali. Nah, resto yang satu ini letaknya jadi satu dengan Glamping Lakeside Rancabali. Tempatnya memang sangat unik, bisa memberikan suasana baru untuk Anda yang ingin wisata alternatif. Letaknya tidak jauh dari Curug Tilu Rancabali.

Sekilas Tentang Glamping Patenggang Resto

jembatan Glamping Patenggang Resto

Meski pada dasarnya tempat ini adalah restoran, banyak pengunjung yang datang ke sini untuk foto-foto karena keunikan bangunannya.

Resto ini berbentuk kapal raksasa yang terletak tepat di samping Situ Patenggang, tepatnya di dekat kawasan Batu Cinta. Restoran ini sebetulnya terbilang baru baru diresmikan pada tanggal 7 Juli 2016.

Dengan bentuk seperti perahu, restoran ini juga berada di ketinggian dan dikelilingi oleh kebun teh. Kalau Anda berdiri di area outdoor-nya, Anda akan melihat hamparan pemandangan menghijau di sekeliling dari ketinggian. Benar-benar spot yang sangat instagramable.

Resto ini adalah salah satu ikonnya Rancabali, salah satu tempat wisata kuliner terkenal di Ciwidey. Ada dua area makan, indoor dan outdoor.

Kalau Anda lebih suka makan dengan setting konvensional, Anda bisa makan di dalam ruangan, yang areanya ada di lantai satu dan dua. Sedangkan kalau Anda ingin makan di luar ruangan sambil menikmati pemandangan, Anda bisa makan di dek. Area haluan kapan jadi tempat favorit pengunjung.

Desain restorannya sendiri dibuat semirip mungkin dengan interior kapal pinisi. Yang berarti, begitu masuk ke dalam, Anda sudah akan melihat interior yang didominasi bahan kayu.

Dari mulai meja, bangku, dan lantainya, semua dari kayu. Selain itu, ada juga berbagai dekorasi dengan tema nautikal, seperti untaian bendera, tali tambang, kemudi kapal, dan ban pelampung.

Kalau bicara soal menu, Glamping Patenggang Resto ini menawarkan menu yang cukup beragam. Konsepnya a la carte alias prasmanan. Menunya didominasi dengan makanan khas Sunda kekinian.

Namun ada juga sajian ala nusantara lainnya. Beberapa menu yang bisa Anda cicipi adalah mie kuah, sop buntut, gurame bakar, steak, dan nasi goreng. Ada juga berbagai makanan ringan, seperti cilok dan roti bakar.

Fasilitas Glamping Patenggang Resto

interior Glamping Patenggang Resto

Secara keseluruhan, resto ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada lahan parkir yang luas, toilet yang memadai, dan spot foto. Ada juga spot tempat makan.

Jadi, kalau Anda ingin makan dan minum, tidak perlu di Pinisi saja. Selain itu, ada juga musholla dan lokasi untuk rapat atau family gathering yang harus dipesan terlebih dahulu.

Harga Menu Glamping Patenggang Resto

menu makanan Glamping Patenggang Resto

Penasaran dengan berbagai atraksi dan daya tarik yang ditawarkan oleh resto ini? Berikut ini rincian harga tiket masuk berbagai wahana dan kisaran harga menu di Glamping Patenggang Resto:

Retribusi Tarif
Tiket masuk/gerbang umum Rp20.000,00
Tiket masuk terusan (pinisi resto, track lakeside, strawberry farm, golesat, bukit kelinci) Rp50.000,00
Menu makanan Rp9.000,00-Rp112.000,00
Menu minuman Rp8.000,00-Rp32.500,00
Teras bintang Rp20.000,00
Taman angsa, jembatan pinisi, jembatan danau, kebun teh Rp15.000,00
Batu cinta, mandi lumpur Rp10.000,00
Kawah rengganis Rp20.000,00
Perahu Rp25.000,00
Kano Rp20.000,00
Golesat Rp50.000,00

Rute Menuju Glamping Patenggang Resto

deck kapal Glamping Patenggang Resto

Jalan menuju Glamping Patenggang Resto itu tidak sulit dicari. Rutenya sama seperti kalau Anda hendak ke Kawah Putih. Kalau dari Bandung, Anda bisa lewat jalan Kopo-Soreang-Ciwidey-Rancabali dan Glamping Lakeside.

Untuk menujuk ke kopo, Anda bisa lewat gerbang tol kopo. Kalau tidak mau lewat tol, Anda bisa lewat leuwi panjang.

Agar lebih gampang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa ke sini. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Innova plus driver Bandung.

Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitarnya, sekaligus mampir beli oleh-oleh khas Jawa Barat kekinian.

Daya Tarik Glamping Patenggang Resto

Sensasi Makan di Kapal

eksterior Glamping Patenggang Resto

Resto ini memang termasuk ke dalam area glamping lakeside Rancabali. Seperti yang tadi sudah disebutkan, bentuk bangunannya menyerupai kapal raksasa. Bagian depan resto ini menjorok langsung ke Situ Patenggang. Untuk bisa masuk ke dalam resto ini, Anda harus masuk dari salah satu dari dua pintu yang ada.

Pintu masuk pertama yaitu lewat jembatan gantung. Jembatan ini cukup panjang. Anda bisa sekalian foto-foto di sepanjang jembatannya. Jembatan ini juga melewati area kebun teh dan akan langsung membawa Anda ke lantai dua resto. Sementara pintu masuk yang satu lagi ada di bagian bawah kapal.

Pemandangan Situ Patenggang

pemandangan Glamping Patenggang Resto

Lokasi restoran ini ada tepat di pinggir Situ Patenggang yang merupakan salah satu tempat wisata Ciwidey terkenal. Itu berarti, selain menyuguhkan menu yang enak, resto ini juga menawarkan pemandangan danau yang menawan. Anda bisa menikmati pemandangan secara penuh kalau berdiri di anjungan kapal. Anjungan kapal ini dibuat sama seperti tempat mengemudi kapal.

Pemandangan danau akan tampak lebih eksotis jika hari cerah. Sebaliknya, di hari yang berhujan, Anda bisa menyaksikan kabut yang mengelilingi tempat ini. Temperatur udara juga turun beberapa derajat celcius.

Spot Foto Cantik

spot foto Glamping Patenggang Resto

Sebetulnya, daya tarik utama restoran ini yaitu konsep kapalnya. Bangunan berbentuk kapal inilah yang membuat pengunjung berbondong-bondong memadati tempat ini. Banyak pengunjung yang berfoto dengan latar belakang bangunan resto.

Selain itu, anjungan kemudi di sudut resto di area outdoor dan jembatan gantung juga jadi spot favorit pengunjung. Ada juga area teras yang langsung membuka ke Situ Patenggang dan sekitarnya.

Glamping

glamping Glamping Patenggang Resto

Ada beberapa objek wisata lain yang bisa Anda nikmati di dekat resto ini. Salah satunya di Glamping Lakeside Rancabali. Glamping lakeside ini adalah penginapan dengan konsep glamour camping di tepi danau. Anda bisa bermalam di sini sambil ditemani suasana alam dan danau yang sejuk.

Selain itu, ada juga taman kelinci. Di taman ini, Anda melihat banyak kelinci lucu yang bisa diajak berinteraksi. Kalau Anda suka wahana yang memacu adrenalin, Anda juga bisa naik golesat. Wahan tanpa mesin cuma memanfaatkan kontur lahan yang miring. Anda akan mengemudikannya seperti mengendarai sepeda.

Teras Bintang

teras bintang Glamping Patenggang Resto

Selain itu, ada juga spot wisata terbaru yang baru dibuka di tahun 2017. Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan sekitar dengan lebih lepas. Tempat ini adalah balkon yang luas di mana Anda bisa melihat panorama dengan sudut pandang 360 derajat.

Area ini paling sering digunakan oleh para pengunjung untuk menikmati sunset. Menikmati momen matahari terbenam tentu saja asyiknya sambil minum kopi. Ada taman di sekitar balkon ini juga yang menambah keindahan.

Jam Operasional Glamping Patenggang Resto

Glamping Patenggang Resto buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi restoran ini yaitu di siang hari, di jam makan siang. Sore hari di jam 15.00 WIB juga bisa jadi waktu oke untuk nongkrong sambil minum kopi di sini.

Tertarik berwisata ke sini? Anda bisa memesan perjalanan ke Bandung lewat Salsa Wisata. Salsa Wisata punya paket wisata keluarga Bandung murah. Anda bisa memilih paket wisata yang budget-nya sesuai.

Anda bisa juga mengubah beberapa destinasi wisata yang sudah ada, karena paketnya bersifat fleksibel. Paket sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)