SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawah Putih termasuk destinasi wisata di Bandung yang paling populer. Panorama kawah berwarna putih di lereng Gunung Patuha menjadi daya tarik utama tempat ini.

Jika kita pernah berkunjung ke Nepal Van Java, kurang lebih lokasinya mirip dengan tempat wisata ini. Namun dengan nuansa yang berbeda dan lebih menawan.

Sejarah Kawah Putih

Objek wisata ini tak lain adalah sebuah danau alami yang terbentuk akibat erupsi Gunung Patuha ratusan tahun lalu. Warna putih pada danau ini berasal dari tanah yang telah bercampur dengan belerang.

Warna putih di dasar kawah semakin menambah keindahan danau ini Terlebih dengan air kawah yang berwarna kehijauan.

Perpaduan air kawah yang kehijauan dan dasar kawah yang putih memberikan kesan eksotis yang sangat menawan.

Konon katanya, air pada kawah ini dapat berubah warna. Hal ini disebabkan oleh kadar kandungan belerang yang berbeda di dalam kawah. Menarik sekali ya.

Fenomena ini sama seperti yang terjadi di Telaga Warna yang ada di Wonosobo. Sebuah misteri kerja alam yang sangat mempesona.

Daya Tarik Kawah Putih

Kawah yang terletak di ketinggian 2.194 mdpl ini memang cantik. Karena kecantikannya, objek wisata ini pernah menjadi latar salah satu adegan film Heart yang dimainkan oleh Nirina Zubir, Irwansyah, dan Acha Septriasa.

Daya tarik utama pada objek wisata ini adalah area kawah itu sendiri. Kawah dengan air hijau jernih kadang suka berubah warna menjadi kebiruan. Ditambah lagi dengan pasir putih sebagai dasarnya.

Tentunya akan menjadi spot yang indah untuk berfoto. Dan jika Anda berkunjung di pagi hari, suasana di sekitar kawah akan terasa lebih syahdu lengkap dengan kabut tipisnya.

Daya tariknya inilah yang membuat banyak agen perjalanan yang menawarkan destinasi ini ke dalam paket tour Bandung mereka. Keindahannya sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Rekomendasi Spot Foto Di Kawah Putih

Foto Kawah Putih

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Seiring berkembangnya objek wisata ini, pihak pengelola telah menambah beberapa fasilitas pendukung wisata. Sebut saja spot dermaga ponton, ontang-anting, dan skywalk cantigi.

Kemudian ada juga spot-spot alami yang sudah ada sejak kawah ini terbentuk. Misalnya saja danau belerang itu sendiri dan Tebing Sunan Ambu.

Dermaga Ponton

Jembatan atau dermaga ini terbuat dari kayu yang dipasang secara melintang dari tepi kawah. Panjang dermaga ini mencapai 50 meter, sedang lebarnya hanya 2 meter.

Di sini, para pengunjung dapat berfoto, baik swafoto atau berfoto bersama teman atau pasangan dengan latar kawah yang indah.

Nah, untuk dapat melewati dan berfoto di dermaga ini, pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp10.000,00 saja.

Ontang-Anting

Mungkin tak semua orang familiar dengan jenis wahana yang satu ini. Ontang-Anting adalah sebuah wahana bermain yang dirancang sebagai kendaraan untuk menuju pintu masuk objek wisata kawah ini.

Dengan menaiki Ontang-Anting ini, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam di sekitar kawah. Khususnya hutan alami yang biasa kita jumpai di area pegunungan.

Skywalk Cantigi

Sesuai dengan namanya, skywalk adalah akses yang berada di ketinggian. Dari spot ini, view kawah dan sekitarnya dapat terlihat dengan jelas.

Terdapat dua Skywalk Cantigi, yaitu Skywalk Cantigi I dan Skywalk Cantigi II. Masing-masing memiliki panjang trek yang berbeda.

Skywalk Cantigi I memiliki panjang trek 150 meter. Sementara itu, Skywalk Cantigi II memiliki panjang trek hingga 500 meter.

Danau Belerang

Nah, danau belerang ini adalah spot utama di kawasan wisata kawah ini. Danau alami dengan air jernih kehijauan dan kepulan asap belerangnya adalah daya tarik utama di wisata ini.

Tebing Sunan Ambu

Anda harus rela berjalan cukup jauh untuk tiba di titik ini. Jalurnya sendiri tidak cukup sulit. Hanya saja menanjak dengan trek yang memanjang.

Terdapat 4 pos di sepanjang jalur. Pengunjung bisa berhenti di pos mana saja hanya untuk melepas lelah.

Harga Tiket ke Kawah Putih Bandung

Mungkin Anda penasaran dengan harga tiket masuk di kawasan wisata kawah ini. Untuk menambah rasa penasaran Anda, berikut adalah informasi terkini seputar harga tiket plus biaya parkir kendaraan di wisata kawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp20.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp50.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp6.000,00
Parkir Bus Rp25.000,00

Harga tiket masuk bisa saja berubah saat sedang musim liburan dan akhir pekan. Biaya parkir kendaraan juga bisa lebih tinggi jika pengunjung memilih untuk memarkirkan kendaraan di area atas yang dekat dengan lokasi wisata.

Biaya yang sudah pasti murah tidak berubah tentu saja paket tour travel dari Salsa Wisata. Dengan sekali bayar, semua kebutuhan liburan Anda sudah terpenuhi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Putih

Ada sejumlah fasilitas umum yang dapat Anda gunakan ketika sedang liburan di objek wisata ini. Berikut daftarnya:

  1. Mushola
  2. Area parkir luas dan bersih
  3. Toilet bersih
  4. Warung makan
  5. Kantor informasi
  6. Shelter
  7. Guide lokal

Di lihat dari daftar fasilitas di atas, cukup standar dan lengkap. Terlebih jika Anda bandingkan dengan harga tiket masuk. Pastinya sangat recommended.

Lokasi & Rute Menuju Kawah Putih

Nah, lokasi objek wisata ini berada di Kabupaten Bandung. Tepatnya ada di Kelurahan Sugihmukti, Kec. Pasirjambu. Jika Anda masih awam dengan lokasi ini, ada baiknya Anda manfaatkan jasa pemandu wisata.

Pemandu wisata lengkap dengan kendaraannya bisa Anda dapatkan di Salsa Wisata.

Kami menyediakan layanan rental mobil avanza Bandung lengkap dengan pemandu dan supir. Dengan layanan ini, Anda tinggal duduk dan nikmati perjalanan tanpa harus memikirkan rute menuju objek wisata ini.

Nah, untuk rute, terdapat dua alternatif rute terbaik menuju objek wisata kawah ini.

Rute pertama dimulai dari Gerbang Tol Pasteur menuju ke Tol Soroja. Sedang rute yang kedua, terutama pengunjung dari arah Jakarta, dapat memulainya dari Tol Soroja lalu langsung mengarah ke Ciwidey.

Jam Operasional Kawah Putih

Kawasan wisata kawah ini buka setiap hari. Anda ingin berkunjung di pagi hari, siang, atau sore, akan selalu dilayani dengan baik. Pasalnya, objek wisata ini buka sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB.

Sangat disarankan untuk berkunjung di pagi hari. Mengapa? Alasan pertama, udara pagi di kawasan wisata alam ini masih bersih. Sangat baik untuk kesehatan.

Alasan kedua, jumlah pengunjung di pagi hari relatif sedikit. Alhasil, suasana pun akan terasa lebih sepi. Anda pun dapat dengan bebas berfoto tanpa mendapat gangguan kehadiran dari pengunjung lain.

Alasan ketiga, ketika cuaca cerah, kawasan wisata ini akan menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen liburan Anda. Tentu dengan dukungan tampilan langit biru cerah plus kawah indah di bawahnya.

Tips Berkunjung ke Kawasan Wisata Kawah Putih

Nah, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya ketika memutuskan untuk berkunjung ke kawasan wisata ini. Termasuk perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Alas kaki harus nyaman dan sesuai dengan trek; sebaiknya memakai sepatu gunung atau sepatu dengan alas yang tidak licin
  2. Kenakan baju hangat; atau jika Anda memakai kaos, sebaiknya lapisi pakaian kaos Anda dengan jaket, sweater, atau baju hangat lainnya
  3. Akan jauh lebih baik untuk datang selain di hari libur atau akhir pekan agar tidak ramai
  4. Pilih waktu berkunjung di musim kemarau
  5. Pakailah masker penutup hidung dan mulut untuk mencegah asap belerang masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut
  6. Kenakan topi untuk melindungi Anda dari sengatan sinar matahari
  7. Patuhi protokol kesehatan selama kita masih berada di masa pandemi

Penginapan Terdekat dengan Objek Wisata Kawah Putih

Tersedia beberapa rekomendasi tempat menginap terdekat. Berikut daftarnya.

OYO 3772 Cigadog Residence

Jaraknya hanya 2,9 km saja dari objek wisata kawah ini. Fasilitas penginapan sangat lengkap. Anda dapat mengakses Wifi gratis. Area parkir juga luas. Room service dan cleaning service juga tersedia di sini.

Bagaimana dengan tarif? Informasi tarif dan alamat kami sertakan dalam tabel berikut ini.

Alamat Alamendah, Ciwidey, Kab. Bandung 40973
Tarif/ Malam Rp244.000,00

Oyo 2157 Pondok Gembyang Ciwidey

Masih berada di lokasi yang sama, yaitu Ciwidey, penginapan ini memasang tarif sewa sedikit lebih murah. Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir dan Wifi gratis.

Berikut info lengkap alamat dan tarif sewa kamar per malamnya:

Alamat Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM 38, Alamendah, Rancabali, Bandung
Tarif/ Malam Rp201.000,00

Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark

Rekomendasi penginapan selanjutnya adalah Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark. Fasilitasnya super-lengkap. Pengelola hotel menyediakan area parkir, Wifi, restoran, room service, dan cleaning service.

Untuk harga sewa kamar, berikut infonya:

Alamat Jl. Baru Tunggul KM 17, Ciwidey, Bandung
Tarif/ Malam Rp731.000,00

Nursalink At Villa Nadivia Patenggang

Rekomendasi penginapan yang terakhir adalah Nursalink At Villa Nadivia Patenggang. Akomodasi di sini begitu nyaman. Meski hanya menawarkan jasa cleaning service, penginapan ini selalu laris manis, terutama saat akhir pekan.

Penasaran dengan harga dan lokasinya? Lokasinya hanya 4 km saja dari kawah, sedang tarif sewa kamar per malamnya ada di tabel di bawah ini.

Alamat Jl. Raya Patenggan, Batutunggal RT 05 RW 01, Alam Endah, Rancabali, Bandung
Tarif/ Malam Rp1.823.000,00

Objek Wisata di Sekitar Kawah Putih

Objek Wisata Kawah Putih

Tak jauh dari objek wisata kawah ini, terdapat banyak referensi tempat wisata menarik lainnya. Sebagian besar tempat wisata Bandung ini adalah wisata alam. Mungkin Anda tertarik untuk berkunjung ke salah satunya.

Jika iya, banyak tempat rental bus pariwisata Bandung yang siap mengantar Anda berkeliling.  Berikut ini beberapa ringkasan singkat masing-masing tempat wisata tersebut.

Situ Patenggeng

Tempat wisata ini berupa danau alami yang dikelilingi oleh hamparan kebun teh. Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang asri. Suasananya juga sangat sejuk. Udara di sini juga masih sangat bersih.

Para pengunjung dapat berekreasi dengan menaiki perahu menuju ke tengah danau. Tentu dengan suasana yang digambarkan di atas, pastinya akan betah berlama-lama di sini.

Ranca Upas

Lagi-lagi di Ciwidey. Ranca Upas memiliki luas kurang lebih 215 ha. Kawasan wisata ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu area penangkaran rusa, camping ground, hutan lindung, dan area bermain.

Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini antara lain memancing, berendam di danau air hangat alami, dan mengajak anak-anak berpetualang di playground.

Perkebunan Buah Stroberi

Siapa di sini yang suka sekali dengan buah stroberi? Anda pecinta stroberi, wajib datang ke sini. Kondisi kawasan Ciwidey yang sejuk memang sangat cocok untuk menanam stroberi.

Di sini, Anda bebas memetik buah stroberi yang sudah matang. Boleh juga ajak si kecil untuk memanen buah stroberi di sini. Pasti akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Overall, destinasi wisata kawah di Ciwidey ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Pastinya sangat ramah juga di kantong.

Nah, sekarang giliran Anda untuk siapkan itinerary! Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Bandung sebelum pulang dan selamat liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bandung, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)