SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda sangat menyukai kegiatan outdoor seperti mendaki gunung? Ada banyak sekali pilihan gunung di Indonesia. Di Pulau Jawa Sendiri terdapat puluhan gunung, baik gunung berapi yang masih aktif maupun gunung berapi yang sudah tak aktif lagi. Dan Gunung Andong adalah salah satu gunung yang menarik untuk didaki.

Gunung ini kerap menjadi salah satu pilihan utama tempat pendakian bagi para pemula. Mungkin salah satu alasannya adalah jalur pendakian yang tak begitu sulit terutama di jalur pendakian awal menuju pos pertama.

Meski begitu, Anda harus tetap hati-hati ketika mendaki gunung ini dalam kondisi hujan. Pasalnya, trek pendakian bisa berubah menjadi sangat licin ketika dalam kondisi basah.

Terlepas dari itu semua, Andong sering sekali mendapat label “gunung bintang lima di Pulau Jawa” berkat dukungan fasilitas yang lengkap dan menarik. Sama seperti paket wisata Jogja 3 hari 2 malam dari Salsa Wisata yang membuat perjalanan Anda serasa liburan bintang lima.

Sekilas Tentang Gunung Andong

Kawasan gunung ini termasuk yang tak pernah sepi dari para pendaki. Gunung dengan ketinggian 1.463 mdpl ini memang tergolong gunung ukuran medium, bahkan cenderung kecil bila dibandingkan dengan gunung-gunung di sekitarnya.

Secara geografis, Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya yang sangat strategis ini menjadikan gunung ini menjadi destinasi terfavorit bagi para pendaki yang berasal dari Jogja, Klaten, dan sekitarnya.

Daya Tarik Gunung Andong

Sunrise di Gunung Andong

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Menurut sebagian besar pendaki, Andong memiliki keistimewaan di mata mereka terutama dari sisi pemandangan yang sangat indah bak di surga. Tak hanya itu, gunung ini menjadi satu-satunya gunung yang masih dapat dijangkau oleh koneksi internet.

Tentu ini menjadi kabar gembira bagi para pendaki karena mereka dapat mengakses internet secara bebas. Anda pun bisa berfoto lalu mengunggahnya di akun media sosial Anda secara langsung dari sini. Sebuah keajaiban, bukan?

Gunung ini juga terkenal dengan view hamparan awannya yang paling indah. Anda bisa menikmati hamparan awan putih dari puncak gunung tanpa halangan.

Tak lengkap rasanya jika tak disertai dengan bonus sunset atau sunrise. Dan benar saja, Anda bisa menikmati senja di puncak yang sama. Menarik sekali, bukan? Jangan lupa untuk bermalam di punggung puncak sembari menunggu sunrise yang indah. Sungguh surga dunia.

Atau jika Anda hanya ingin tektok alias pulang-pergi tanpa harus berkemah, juga tak apa. Karena terdapat beberapa fasilitas gazebo di jalur pendakian. Anda bisa beristirahat sejenak di sana.

Nikmati juga liburan seru di Gunung Ungaran yang tidak jauh berbeda. Jalur pendakian yang tidak terlalu tinggi juga bisa Anda nikmati dalam waktu singkat.

Harga Tiket Masuk Gunung Andong

Tak perlu menyiapkan budget lebih untuk dapat mendaki dan sampai di puncak gunung ini. Harga tiket masuknya masih sangat terjangkau, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pendakian Rp15.000,00
Retribusi Pendakian Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00 – Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Penitipan Helm Rp1.000,00

Fasilitas di Gunung Andong

Adapun fasilitas yang tersedia di basecampnya sangat memadai. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  1. Fasilitas untuk menginap di basecamp (Catatan: wajib menunjukan ID)
  2. Masjid yang bersih dan luas
  3. Kamar mandi dan toilet umum
  4. Warung dan kantin
  5. Area parkir yang sangat luas

Selain itu, ada juga fasilitas lain yang tak bisa Anda jumpai di basecamp gunung lain. Fasilitas yang dimaksud adalah gazebo. Anda bisa memanfaatkan gazebo ini untuk beristirahat atau bahkan menginap.

Warung dan kantin yang ada pun menyediakan beberapa pilihan makanan khas Magelang yang nikmat. Harganya juga terjangkau dan pas untuk kantong pendaki.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Andong

Untuk lokasi, gunung ini terletak bersebelahan dengan Gunung Telomoyo. Secara posisi, gunung mungil ini berada di antara Daerah Salatiga, Magelang, dan Semarang.

Lebih spesifiknya lagi, alamatnya terletak di Desa Sawit, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 23 km dari Kota Magelang untuk dapat sampai di basecamp pendakian.

Jika dihitung waktu tempuhnya, untuk menuju basecamp dari Kota Magelang, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit. Sedang jika Anda berangkat dari Taman Wisata Kopeng, Salatiga, waktu tempuhnya jauh lebih singkat, yaitu 30 menit saja.

Bila Anda masih bingung dengan rute mana yang harus di pilih, manfaatkan saja layanan sopir dari rental mobil innova Magelang. Para driver ini bisa merekomendasikan rute terbaik yang bisa Anda pilih untuk mendaki Andong.

Jam Operasional Gunung Andong

Bagaimana dengan jam operasional? Sama seperti basecamp-basecamp di berbagai gunung di Indonesia, jam operasional yang berlaku adalah 24 jam dan setiap hari selalu buka dan menerima pengunjung. Jadi. kapanpun Anda ingin mendaki, tempat ini siap menyambut Anda.

Tips Berkunjung ke Gunung Andong

Jangan lupa untuk selalu perhatikan tips berikut ini sebelum Anda mendaki kawasan Andong. Apa saja tipsnya?

  1. Membuat perencanaan waktu pendakian (usahakan pilih waktu pendakian saat musim kemarau agar track tidak licin akibat hujan)
  2. Siapkan perlengkapan, peralatan, dan logistik yang memadai
  3. Persiapan fisik; kondisi badan dan mental harus prima dan sehat
  4. Sediakan obat-obatan, termasuk obat asma jika Anda memiliki riwayat sakit asma
  5. Kenakan pakaian dan celana yang standard dan ideal untuk area berhawa dingin seperti di gunung
  6. Bagi pendaki pemula, sebaiknya pilih jalur pendakian via Dusun Sawit karena jalur pendakian ini jauh lebih mudah
  7. Kenakan sepatu gunung yang layak demi keselamatan Anda
  8. Lakukan olahraga secara rutin beberapa hari sebelum Anda melakukan aktivitas pendakian.

Penginapan Sekitar Gunung Andong

Ingin melepas lelah pasca pendakian? Berikut ada beberapa referensi penginapan yang lokasinya dekat dengan basecamp.

RedDoorz Syariah Near Kopeng Treetop Adventure

Penginapan ini hanya berjarak kurang dari 6 km dari basecamp. Lokasinya ada di Jalan Kopeng. Biaya sewa per malam sekitar Rp. 100.00,00 – Rp. 150.000,00. Anda bisa memesan kamar di penginapan ini melalui Agoda.com atau Booking.com.

Hotel Kopeng Indah 2

Referensi penginapan lainnya yang tak jauh dari basecamp Gunung Andong adalah Hotel Kopeng Indah 2. Lokasinya tak jauh dari penginapan yang pertama. Jarak penginapan – basecamp kurang lebih 5.8 km saja.

Alamat lengkap Hotel Kopeng Indah 2 ada di Jalan Raya Kopeng KM 13, Daerah Sidomukti, Kopeng, Kabupaten Semarang.

Hotel Griya Loka Indah

Ada juga alternatif penginapan lainnya yang boleh Anda coba. Hotel Griya Loka Indah namanya. Hanya berjarak 5.89 km saja untuk dapat sampai di Bukit Andong.

Jika Anda tertarik untuk menginap di hotel sederhana ini, silahkan kunjungi saja alamat berikut: Jalan Raya Kopeng Magelang, Nomor 101E, Daerah Sengon, Kabupaten Semarang.

Objek Wisata di Sekitar Gunung Andong

Pendakian Gunung Andong

Nah, berbicara soal tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Andong, tentu ada cukup banyak pilihannya. Sebagian besar tempat wisata ini berada di Daerah Kopeng. Penasaran ada apa saja tempat wisata di Kopeng? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Taman Wisata Kopeng

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Kopeng – Magelang KM. 15, tepatnya di Getasan, Semarang. Wisata ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga, kantor, atau instansi karena menawarkan area rekreasi yang luas.

Taman Wisata Kopeng ini mengusung konsep wisata alam di mana Anda dapat menikmati suasana alam yang masih asli dan asri. Terdapat juga beberapa wahana menarik di sini. Sebut saja Outbound Centre, Waterpark, Playground, Gardening, Hall, Kids Corner, dan masih banyak lainnya.

Atlantic Dreamland

Kopeng juga mempunyai tempat wisata lain yang begitu menarik. Atlantic Dreamland namanya. Sesuai dengan namanya, sebagian wahana rekreasi yang terdapat di Atlantic Dreamland ini berupa wahana air. Contohnya adalah kolam renang lengkap dengan water toys, water balls. waterboom, dan jet coaster.

Apabila bosan dengan wahana air, Anda dan keluarga juga boleh menikmati atraksi wisata lain. Misalnya saja ATV, flying Fox, dan masih banyak lainnya. Memang sekilas mirip dengan konsep wisata yang ada di Ancol, Jakarta, bukan?

Nikmati pula serunya berpetualang mengunjungi berbagai destinasi di Jogja Magelang dan sekitarnya bersama layanan Salsa Wisata. Setiap paket yang tersedia siap memberikan Anda pengalaman terbaik sejak tiba hingga saatnya pulang nanti membawa oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang Anda inginkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Magelang

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)