SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi Anda yang menyukai wisata menantang, maka perlu mencoba tempat yang satu ini yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain medan pendakiannya yang cukup berat, gunung ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Gunung di Jogja ini termasuk gunung purba karena sudah ada sejak 60 sampai 70 juta tahun yang lalu. Sehingga bisa dibilang sebagian besar batuannya merupakan fosil hidup yang menyimpan banyak cerita dan sejarah.

Saat ini, kawasan gunung tersebut menjadi destinasi wisata favorit banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan tempat dan harmonisasi alamnya membuat gunung ini begitu eksotik bagi para wisatawan.

Oleh karena itu, gunung yang satu ini wajib masuk daftar objek wisata di Jogja yang harus Anda kunjungi. Ada berbagai hal menarik seputar gunung purba ini, lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut:

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung dengan formasi batuan unik yang ada di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kawasan ekowisata ini memiliki area yang cukup luas yaitu sekitar 48 hektare.

Lokasinya berada sekitar 25 kilometer jika Anda menempuh perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Sebutan gunung api purba untuk gunung ini bukan tanpa alasan, karena asal usul terbentuknya gunung ini sudah terjadi puluhan juta tahun silam.

Formasi batuan di gunung ini terbentuk akibat lava erupsi gunung berapi yang mengering. Gunung ini masih memiliki kaitan dengan pegunungan sewu yang membentang sepanjang pesisir Selatan pulau Jawa.

Selain nilai historisnya yang panjang, gunung ini juga memiliki mitos atau misteri yang membuatnya semakin menarik. Mitos tersebut berkaitan dengan pewayangan yang tergambar dari beberapa puncak yang diberi nama puncak wayang.

Sedangkan untuk puncak tertinggi gunung ini bernama Gunung Gede. Dari puncak inilah Anda dapat menikmati panorama menawan sunset maupun sunrise dengan view hijau pepohonan di sekitarnya.

Ini juga alasannya, gunung ini termasuk salah satu tempat favorit pendakian di Gunungkidul. Ketinggian gunung yang hanya 700 meter di atas permukaan laut, membuat gunung ini menjadi destinasi yang cocok bagi pendaki pemula.

Daya Tarik Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung dan mengabadikan momen menggunakan kamera, maka tempat ini destinasi yang tepat untuk Anda. Sebab, pesona alam yang luar biasa akan segera Anda rasakan jika sudah sampai di puncaknya.

Keindahan alam dan sensasi luar biasa saat berada di puncak gunung semakin lengkap dengan berbagai pepohonan yang mempercantik tempat ini. Hal itulah yang menjadikan panorama gunung purba ini sangat apik dan memanjakan mata.

Memanjakan Mata di Embung Nglanggeran

Salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan ketika Anda berkunjung ke kawasan gunung purba ini adalah Embung Nglanggeran. Danau yang berfungsi sebagai tempat penampungan air ini memiliki luas sekitar 0,34 hektare.

Embung atau waduk ini berada pada ketinggian 495 di atas permukaan laut mdpl. Banyak wisatawan menjadikan lokasi ini sebagai spot terbaik untuk melihat dan mengabadikan foto dengan latar belakang sunset.

Sambil bersepeda, jogging, atau nongkrong Anda bisa menikmati keindahan alam dari hamparan perbukitan yang indah. Dengan pesonanya tersebut, danau ini layak masuk jajaran tempat wisata Gunung Kidul terbaik selain pantai yang wajib Anda kunjungi.

Bermain di Air Terjun Kedung Kandang

Selain berkunjung ke Embung Nglanggeran, Anda juga bisa bermain di Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun musiman ini berada di sebelah selatan, tidak jauh dari pintu masuk pendakian gunung purba ini.

Pemandangan di air terjun ini semakin menarik dengan hamparan persawahan hijau yang dibuat terasering atau berundak oleh masyarakat sekitar. Anda bisa mengabadikan momen di bebatuan air terjun yang dihimpit oleh terasering persawahan ini.

Sebagai tips, Anda sebaiknya datang ke tempat ini pada saat musim hujan berlangsung. Sebab pada musim hujan, debit air akan terlihat deras berbeda jika Anda berkunjung ketika musim kemarau tiba.

Jalan-jalan di Kampung Pitu

Tempat unik berikutnya yang bisa Anda kunjungi di kawasan sekitar adalah Kampung Pitu. Seperti namanya yang berarti kampung tujuh, warga di kampung ini hanya terdiri dari tujuh kepala keluarga saja dalam satu desa.

Konon jika kampung ini berisi lebih dari tujuh kepala keluarga akan ada hal aneh yang menimpa warga tersebut. Mitos ini juga berkaitan dengan legenda dan cerita Kyai Ongko Wijoyo yang menjadi sosok penjaga kawasan gunung.

Lokasi kampung ini berada di sebelah timur kawasan gunung api purba. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan sembari jalan-jalan atau bersepeda. Hamparan sawah yang indah akan menemani perjalanan Anda ketika menghabiskan waktu di ini.

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran

Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola di Gunung Api Purba Nglanggeran terbilang sangat lengkap. Seperti misalnya area parkir yang luas, camping ground, jalur pendakian, toilet, mushola, homestay hingga balai pertemuan.

Untuk Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Yogyakarta juga bisa menemukan aneka buah tangan di sejumlah tempat. Salah satu oleh-oleh yang wajib Anda coba dari tempat ini adalah olahan cokelatnya yang terkenal lezat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Gunung Kidul seperti gudeg, bakpia, tiwul dan lain sebagainya. Menyantap makanan di lereng gunung merupakan hal yang pasti tidak akan mudah Anda lupakan.

Harta Tiket Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga tiket masuk wisata Gunung Api Purba Nglanggeran tergolong cukup murah. Anda perlu membayar biaya retribusi sekitar beberapa puluh ribu rupiah saja. Supaya bisa lebih jelas berikut harga tiket masuknya di lokasi ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Gunung Rp15.000,00 – Rp20.000,00
Tiket Air terjun Kedung Kandang Rp7.000,00
Tiket Embung Nglanggeran Rp10.000,00 – Rp15.000,00
Tiket Kampung Pitu Rp15.000,00

Rute Menuju Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Dusun Tlogo, Terbah, Patuk, Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit perjalanan.

Setidaknya ada dua rute yang bisa Anda gunakan untuk sampai di ini yaitu melalui Wonosari dan Yogyakarta. Sebagai pilihan termudah, Anda bisa memakai jasa rental mobil Avanza Jogja murah dari Salsa Wisata agar perjalanan lebih nyaman.

Jika Anda datang dari arah Wonosari, maka Anda hanya perlu belok kanan di Bunderan Sambipitu kemudian menuju ke Desa Bobung. Dari Desa Bobung, Anda perlu melintasi jalanan sepanjang 3 kilometer untuk sampai di tujuan.

Namun, bila Anda berangkat dari arah Yogyakarta, langsung saja menuju Piyungan hingga Anda sampai di Bukit Bintang. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk dan belok kiri menuju ke Desa Ngoro-oro.

Setelah itu terus pacu kendaraan sampai pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II. Dari pertigaan tersebut, Anda hanya perlu belok satu kali lagi ke kanan sebelum sampai di tujuan yaitu Desa Nglanggeran.

Jika Anda sudah puas mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, maka jangan lupa membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa ditemukan di berbagai toko. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda bersama keluarga menyenangkan.

Jam Buka Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran ini buka selama 24 jam di setiap harinya. Jadi, Anda bisa datang ke sini kapanpun yang Anda mau. Usahakan saja datang saat cuaca cerah agar Anda bisa camping dengan tenang dan senang.

Jangan lewatkan juga kesempatan dan kemudahan mengunjungi berbagai destinasi lainnya di Jogja bersama Salsa Wisata. Dengan layanan seperti paket tour gathering Jogja dan layanan lain, liburan Anda pasti jadi lebih praktis karena semua terlayani.

Langsung saja hubungi kami dan dapatkan pengalaman liburan paling berkesan mengunjungi setiap tempat wisata di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)