SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bila Bandung Selatan punya Riung Gunung Pangalengan, Bandung Barat tidak mau ketinggalan dengan Wisata Gunung Bendera tak kalah menarik. Gunung ini mempunyai puncak yang cukup landai dan hampir berbentuk persegi seperti bendera.

Selain puncaknya yang unik, pastinya banyak keunikan lain yang siap wisata ini suguhkan untuk para pelancong atau pendaki gunung. Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Gunung Bendera

Gunung Bendera adalah gunung yang berdiri menjulang tinggi di daerah Padalarang. Wisata ini menawarkan kawasan perbukitan dengan aneka pilihan spot foto Instagramable karena background view alamnya begitu indah.

Puncak gunung ini berbeda dengan puncak gunung yang pada umumnya berbentuk kerucut dan runcing. Bagian puncak yang bernama Rindu ini memiliki bentang alam yang cenderung landai dan tidak berbentuk kerucut.

Dengan kriteria bentang alam semacam ini, area puncaknya terbilang sangat luas. Di sini, pengunjung akan menemukan sebuah bendera yang terikat pada batang bambu di atas puncak.

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa alasan gunung ini bernama Bendera karena adanya bendera di atas gunung.

Namun ada pula yang mengatakan bahwa puncak gunung ini sangat landai dan tidak terlalu melengkung sehingga secara visual bentuknya persegi menyerupai bendera.

Gunung setinggi 1408 mdpl ini langsung membuat para pendaki terlena akan suguhan alamnya. Terlebih, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di sini.

Fenomena sunrise dan sunset-nya sama indahnya dengan sunrise dan sunset di Gunung Geulis.

Tambah keseruan liburan di alam terbuka ini dengan staycation ala anak alam. Caranya dengan mendirikan tenda alias camping di puncak gunung. Pemandangan malam di gunung tak kalah memukaunya dengan view pagi dan siang hari.

Bahkan Anda bisa menyaksikan jutaan cahaya bintang di langit. Dan saat langit malam sedang cerah, Galaksi Bima Sakti dapat Anda lihat pula dengan mata telanjang.

Daya Tarik Gunung Bendera

Puncak Gunung Bendera

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tentu terdapat aneka daya tarik yang siap dipamerkan oleh destinasi wisata alam ini. Beberapa diantaranya seperti puncak gunung, foto di spot favorit, hingga sunrise dan sunset. Untuk detail informasinya, ikuti uraian penjelasan berikut ini.

Puncak Rindu

Spot favorit yang menjadi perhatian para pengunjung adalah puncak gunung. Pasalnya di titik tertinggi tempat wisata Bandung yang buka saat ini, seluruh pesona alam bisa Anda nikmati dengan sangat leluasa.

Mulai dari hamparan hijau hutan pinus, langit biru, awan putih yang berkelana, dan pemandangan sunset dan sunrise. Pengunjung seolah sedang berada di negeri di atas awan.

Titik tertinggi gunung ini bernama Puncak Rindu. Hal ini berdasarkan pengalaman para pendaki gunung yang selalu rindu akan keindahan puncak ini.

Di gardu pandang yang tak jauh dari puncak, terdapat papan kayu bertuliskan Puncak Rindu Gunung Bendera yang bisa jadi arena berfoto para pendaki.

Melihat Sunrise dan Sunset

Salah satu momen yang paling pengunjung nantikan adalah fenomena sunrise dan sunset di Puncak Rindu. Untuk bisa menyaksikannya, Anda harus rela trekking lebih awal.

Baik sunrise maupun sunset, keduanya menawarkan suguhan view yang eksotis dan sempurna. Langit sekitar akan terlihat jingga akibat terkena semburat cahaya sunrise atau sunset.

Siluetnya patut Anda abadikan sebagai foto Instagenic. Tak ketinggalan suasana di kala matahari terbit dan tenggelam terasa begitu menakjubkan. Terasa sunyi dan tenang. Hanya suara-suara alam yang terdengar di telinga.

Nikmati momen yang jarang Anda rasakan ini untuk bercengkerama dengan orang terkasih. Akan semakin seru lagi bila tersedia menu makanan khas Jawa Barat favorit yang turut ‘menemani’ malam syahdu Anda.

Wisata Malam

Panorama alam dari puncak saat malam hari tak kalah indah dengan panorama saat hari masih terang. Untuk Anda yang ingin menikmati panorama gunung lebih lama, bisa staycation di alam terbuka dengan cara berkemah.

Anda harus mempersiapkan perlengkapan kemah sendiri seperti tenda, kayu bakar, dan perbekalan makanan khas Bandung kekinian yang tak boleh terlewatkan.

Area yang sering jadi kawasan camping ground biasanya di area puncak gunung. Nyalakan api unggun saat malam hari untuk menghangatkan diri di tengah suasana gunung yang dingin.

Semakin larut malam, maka suasana sekitar semakin tenang dan damai. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama teman sambil menyantap oleh-oleh khas Bandung yang lagi hits yang Anda bawa.

Gardu Pandang dengan Kibaran Bendera

Ketika sudah sampai puncak, pasti ada rasa kepuasan tersendiri bagi para pendaki yang sudah bersusah payah menuju gunung ini. Supaya liburan alam Anda makin berkesan, abadikan momen dengan berfoto di atas gardu pandang.

Gardu pandang ini jadi spot foto ikonik puncak gunung ini. Jika belum berfoto di sini, artinya Anda belum sampai puncak tertinggi gunung ini. Pengunjung bisa melihat hamparan alam hijau yang begitu menawan dari atas gardu pandang ini.

Saat berfoto di gardu pandang dari bambu ini, sajian view langit biru dan hutan hijau siap berpadu dalam foto instagenic Anda.

Di kedua sisi gardu pandang ini, terdapat dua buah Bendera Merah Putih yang berkibar karena tertiup angin.

Fasilitas di Gunung Bendera

Jalur Pendakian Gunung Bendera

Untuk memfasilitasi para pengunjung, pihak pengelola wisata menawarkan beberapa fasilitas lengkap. Sebut saja fasilitas toilet yang berada di basecamp.

Selain itu, area parkirnya juga bisa Anda manfaatkan untuk memarkirkan kendaraan mobil dan sepeda motor. Tarif parkirnya sangat murah, jadi Anda tak perlu khawatir soal biaya.

Tetapi untuk peralatan berkemah, tempat wisata ini tidak menyediakan fasilitas sewa alat untuk berkemah. Jadi, Anda harus inisiatif membawanya sendiri.

Sebelum memulai kegiatan jelajah alam, ada baiknya Anda mengisi energi dengan menyantap kuliner Bandung kaki lima yang ada di warung makan terdekat. Sebab, selama berada di jalur pendakian, Anda tidak akan menjumpai kedai makan.

Harga Tiket Masuk Gunung Bendera

Destinasi wisata alam favorit para pendaki gunung ini menerapkan biaya tiket masuk yang murah meriah. Dengan harga tiket masuk Gunung Bendera Padalarang ini, siapa saja bisa menjadikan wisata gunung ini sebagai tujuan liburan hemat.

Hanya dengan membayar biaya masuk tersebut, Anda akan mendapatkan bonus berupa air mineral dan stiker gratis. Langsung saja cek tarif tiket masuk dan biaya parkir kendaraan yang terbaru di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00

Tarif ini bukanlah tarif yang bersifat permanen. Artinya, tarif dapat mengalami kenaikan kapan saja tanpa adanya pemberitahuan. Meski begitu, kenaikannya tak berbeda jauh dengan tarif terdahulunya.

Rute Menuju Lokasi Gunung Bendera

Lokasi Gunung Bendera

Lokasi Gunung Bendera ini berada di Kampung Pojok Desa, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Jarak tempuhnya sekitar 25 km dari pusat Kota Bandung.

Jika Anda berkendara menggunakan rental mobil Bandung terbaik, waktu tempuh perjalanannya sekitar 40 menit.

Sebaiknya Anda memanfaatkan layanan driver dari Salsa Wisata agar perjalanan tidak membuat Anda lelah. Anda juga dapat bebas melihat-lihat pemandangan alam sekitar.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat tenaga pada tubuh Anda sebagai bagian dari persiapan kegiatan jelajah alam di gunung ini.

Jam Operasional Gunung Bendera

Tidak jauh berbeda dengan wisata gunung lainnya, wisata alam gunung ini menerapkan jadwal buka setiap hari dari hari Senin hingga hari Minggu.

Jam operasional Gunung Bendera ini adalah 24 jam. Jadi, Anda bisa berkunjung jam berapa saja.

Namun, kami sarankan Anda melakukan pendakian pada siang hari jika tujuannya ingin berkemah di puncak gunung. Berbeda jika ingin menikmati pemandangan alam puncak; waktu terbaiknya adalah di pagi hari.

Tentukan agenda liburan di Gunung Bendera Bandung ini dari jauh-jauh hari bersama paket tour dan paket outbound Bandung 1 hari dari Salsa Wisata. Dengan fasilitas yang memadai dan berkualitas, tim Salsa Wisata siap membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman jelajah alam yang memuaskan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)