earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bandung masih jadi kota wisata favorit. Tidak hanya Lembang saja yang kaya akan pilihan tempat wisata. Wisata Pangalengan juga tak kalah menarik. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Riung Gunung Pangalengan.

Tempat wisata di Bandung Selatan ini merupakan sebuah kawasan kebun teh yang luas dengan suguhan suasana perbukitan dan gunung yang asri.

Karena berhawa sangat sejuk dan pemandangannya hijau, para wisatawan menyebut tempat ini dengan julukan Swiss-nya Kota Bandung.

Lantas pesona wisata apa saja yang disuguhkan oleh Swiss versi Bandung ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Riung Gunung Pangalengan

Objek wisata alam Riung Gunung Pangalengan adalah salah satu destinasi wisata alam pegunungan yang ada di Kecamatan Pangalengan. Yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini adalah perkebunan teh-nya yang terhampar luas (30 Ha) dan hijau.

Orang yang berkunjung ke sini akan langsung terlena dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Apalagi ditambah dengan latar visual pegunungan yang semakin membuat view perkebunan teh ini indah tiada tara.

Hal lainnya yang membuat wisata alam ini terasa lebih menarik adalah berbagai atraksi wisata yang ditawarkan. Salah satunya adalah kegiatan rafting di salah satu pusat kegiatan rafting di tempat ini.

Kemudian Anda para wisatawan yang suka sekali dengan aktivitas camping, Anda tentu boleh mencoba camp site di tempat ini. Pasti akan sangat seru sama seperti Anda camping di Gunung Geulis.

Namun untuk Anda yang ingin bermalam di tempat yang hangat dan nyaman, ada banyak opsi tempat penginapan di sekitar objek wisata ini. Tarifnya bervariasi, sesuai dengan kelengkapan fasilitas dan jenis penginapan.

Untuk jenis penginapan, ada yang berupa hotel dan ada juga yang modelnya villa. Jadi cocok sekali untuk Anda yang ingin staycation santai dengan panorama pegunungan.

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Riung Gunung Pangalengan Bandung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata alam ini mengimplementasikan tema wisata ramah lingkungan. Kurang lebih sepertiga dari area luas kebun teh ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Tentu ada banyak daya tarik wisata di sini dan kami akan membagikan infonya kepada Anda dengan detail.

Jembatan Kayu

Situs jembatan kayu yang membentang membelah area kebun teh ini dibangun pada tahun 2021. Sepintas, jembatan ini sangat mirip dengan Skywalk di kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey.

Jembatan ini biasa menjadi spot foto yang lagi hits di Pangalengan. Panjang jembatan ini kurang lebih 400 meter.

Dibuat dengan material kayu yang berkualitas, jembatan ini merupakan fasilitas yang kokoh dan tahan lama.

Camping

Selain kebun teh dengan dukungan infrastruktur jembatan yang Instagramable, pihak pengelola juga menyediakan sebuah camp site yang luas.

Lokasinya sangat ideal sebagai tempat untuk berkemah karena terletak di dekat sungai kecil.

Apabila Anda tertarik untuk camping semalam di sini namun tidak memiliki perlengkapan camping yang lengkap dan memadai, tak perlu bingung. Anda dapat memanfaatkan jasa sewa perlengkapan camping di sini.

Adapun item yang disewakan antara lain tenda, matras, sleeping bag, dan bahkan kayu bakar untuk membuat api unggun. Harga sewanya relatif terjangkau.

Rafting

Tantang adrenalin Anda dengan menjajal olahraga ekstrem, arung jeram atau rafting. Ada beberapa starting point untuk wisata rafting di Pangalengan. Salah satunya adalah Situ Cileunca Pangalengan.

Fasilitas di Riung Gunung Pangalengan

Wisata Riung Gunung Pangalengan

Nama objek wisata ini telah sudah sangat dikenal, khususnya oleh masyarakat Ciwidey, Bandung, dan bahkan masyarakat Jakarta. Untuk memfasilitasi para wisatawan yang hadir, pihak pengelola telah menyediakan daftar fasilitas lengkap.

Sebut saja fasilitas tempat parkir kendaraan. Area parkir di tempat ini memiliki lahan yang luas dan selalu mendapatkan penjagaan dari petugas. Fasilitas lainnya adalah toilet dan kamar mandi yang terjaga kebersihannya sehingga pengunjung akan nyaman ketika menggunakannya.

Selanjutnya, ada fasilitas protokol kesehatan seperti beberapa wastafel lengkap dengan sabun untuk cuci tangan, alat term detector, dan lain sebagainya.

Tersedia sejumlah fasilitas tambahan pendukung wisata seperti hammock dan camp site yang harus Anda sewa terlebih dahulu. Lalu ada dua fasilitas lainnya yaitu gazebo dan mushola.

Gazebo ini sangat nyaman untuk beristirahat. Terkadang tempat ini juga sering menjadi lokasi untuk bersantai sambil memandangi perkebunan teh.

Suasana santai ini sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menyantap makanan khas Bandung yang mudah dibuat seperti kue Bandros yang mereka beli.

Bagaimana dengan fasilitas umum lainnya seperti money changer untuk wisman, klinik atau rumah sakit, dan foodcourt atau warung makan? Sayangnya untuk fasilitas money changer dan klinik, hingga saat ini masih belum tersedia.

Maka dari itu, untuk wisman yang hendak datang ke sini, sebaiknya tukar kurs terlebih dahulu di money changer di Kota Bandung.

Sementara itu, untuk fasilitas warung makan atau foodcourt juga belum bisa Anda jumpai. Solusinya, Anda dapat membeli oleh-oleh khas Bandung tahan lama dan enak seperti kue Bolen Kartika Sari.

Kue yang berupa roti padat berisikan pisang dan cokelat ini tentu bisa menjadi pengganjal perut yang sedang lapar. Hanya makan satu atau dua potong Bolen saja, perut akan langsung terasa kenyang.

Harga Tiket Masuk Riung Gunung Pangalengan

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke kawasan wisata kebun teh di Pangalengan ini, mereka akan dikenakan retribusi tiket masuk yang tarifnya murah meriah.

Ada juga beberapa jenis pembiayaan lainnya yang hanya berlaku untuk wisatawan yang ingin sewa tenda dan sewa camp site.

Tarif sewanya masih relatif murah bila Anda bandingkan dengan tarif paket camping mewah yang juga tersedia di sini.

Agar lebih jelas terkait dengan HTM dan biaya-biaya lainnya, kami telah rangkum info lengkapnya di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Sewa Tenda Mulai dari Rp50.000,00 per malam
Camping Rp25.000,00 per orang
Paket Camping Rp400.000,00 – Rp600.000,00 per malam

HTM di atas berlaku untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Tarif tiket masuk di atas juga berlaku untuk kunjungan hari biasa, akhir pekan, dan libur nasional.

Lokasi dan Rute Menuju Riung Gunung Pangalengan

Lokasi Riung Gunung Pangalengan

Alamat Riung Gunung Pangalengan di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jarak tempuh Bandung-Pangalengan kurang lebih 57 KM dengan waktu tempuh hampir 2 jam.

Estimasi jarak yang cukup jauh ini tentu akan jauh lebih baik jika ditempuh dengan menggunakan layanan paket sewa mobil bulanan di Bandung dengan supir.

Salsa Wisata, sebagai salah satu penyedia jasa paket sewa mobil berpengalaman di Bandung siap mengakomodasi kebutuhan transportasi Anda.

Dengan dukungan driver yang sangat berpengalaman dan profesional, kami akan memilihkan rute terbaik untuk dapat tiba di lokasi dengan tepat waktu.

Rute yang biasa kami lewati adalah dari Jalan Tol Soroja, nanti kami belok kiri menuju Jalan Raya Gading Tutuka dan Jalan Pahlawan. Lalu akan sampai di Jalan Raya Soreang Banjaran.

Di pertigaan Pasar Banjaran, kami akan belok kanan agar sampai di Jalan Cimaung-Pangalengan. Setelah sampai di bundaran, kami akan membawa Anda ke Jalan Situ Cileunca.

Sekitar 5 KM dari titik tersebut, Anda akan sampai di lokasi wisata tujuan Anda. Selama melewati rute ini, Anda akan berhadapan dengan banyak spot menarik.

Salah satunya adalah Situ Cileunca yang menjadi salah satu ikon wisata Pangalengan. Anda juga dapat mampir ke pusat wisata kuliner Bandung terdekat untuk jajan atau makan.

Jam Operasional Riung Gunung Pangalengan

Tempat wisata kebun teh Pangalengan buka setiap hari. Jam operasionalnya 24 jam khusus untuk wisatawan yang ingin camping atau menginap di penginapan.

Sementara untuk pengunjung yang datang untuk sekedar rekreasi dan berfoto, jam operasional yang berlaku adalah dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Tentukan agenda liburan di tempat ini dari sekarang apabila kiranya tertarik untuk berekreasi di tempat super-sejuk ini. Bila perlu, gunakan layanan paket tour Bandung One Day Tour dari Salsa Wisata.

Dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat berkualitas dari kami, Anda akan merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Layanan ini sangat memungkinkan Anda untuk dapat menjelajah lebih dari satu destinasi wisata.

Jadi, tidak hanya akan puas di Riung Gunung Pangalengan saja, melainkan bisa safari lagi ke 2 atau 3 tempat wisata terdekat. Tunggu apalagi pesan sekarang dan dapatkan liburan yang Anda impikan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)