SalSari Resto & Coffee

Objek wisata dengan nama Gunung Gajah rupanya tak hanya satu. Ada beberapa nama yang serupa di sejumlah daerah salah satunya seperti Gunung Gajah Telomoyo yang ada di Semarang.

Tempat wisata ini berupa bukit dengan pemandangan indah yang pas untuk berbagai aktivitas wisata. Mulai dari camping, hiking, bersepeda, hingga bermain paralayang.

Fasilitas tempat ini pun cukup memadai dan lengkap. Sehingga perjalanan wisata Anda, baik sendiri maupun rombongan akan semakin menyenangkan.

Anda yang masih penasaran dengan tempat wisata alam yang satu ini, simak informasinya lengkapnya berikut ini:

Sekilas Tentang Gunung Gajah Telomoyo

Gunung Gajah merupakan sebuah gunung di Kabupaten Semarang yang dekat dengan Rawa Pening serta Gunung Telomoyo. Secara administrasi, gunung ini masih menjadi bagian dari wilayah administratif Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Gunung ini bukanlah gunung berapi aktif seperti Gunung Arjuno. Dari segi ukuran, gunung ini layaknya sebuah bukit besar yang penuh dengan tumbuhan dengan yang berupa tanah lapang.

Tanah lapang ini pula yang kemudian dimanfaatkan pengelola untuk berbagai aktivitas wisata. Anda bisa puas menikmati pemandangan dari ketinggian sambil camping atau berfoto dengan tenang.

Tempat wisata Semarang yang satu ini berada di area dengan ketinggian 1.300 mdpl. Area ini juga menjadi landasan meluncur paralayang tertinggi di Semarang yang bisa Anda coba.

Keindahan panorama Rawa Pening, Kota Salatiga dan Ambarawa bisa terlihat dengan jelas dari ketinggian. Inilah yang menjadi salah satu alasan gunung satu ini selalu ramai terutama saat akhir pekan.

Daya Tarik Gunung Gajah Telomoyo

Wisata Gunung Gajah Telomoyo

Wisata alam ini di Jateng ini mempunyai nilai eksotisme panorama alam yang memukau. Anda bisa menikmati pemandangan alam hijau yang berasal dari hutan dan kawasan perbukitan yang subur.

Cara menikmatinya pun beragam, salah satunya dengan bermain gantole atau tandem paralayang. Anda bisa meluncur dari landasan paralayang tertinggi di Semarang dan menikmati panorama yang terhampar.

Belum punya pengalaman bermain permainan ekstrem ini? Tidak perlu khawatir. Sebab ada pemandu serta pelatih yang siap menemani petualangan Anda terbang di ketinggian melihat Rawa Pening.

Kemudian untuk kegiatan pendakian, gunung ini mempunyai trek yang sangat mudah. Trek-nya bisa Anda lewati menggunakan kendaraan roda empat hingga ke kawasan puncak.

Sehingga, berbagai macam persiapan menikmati pemandangan di atas bisa Anda bawa dengan mudah. Selain mudah, tentu saja juga lebih hemat sebab tidak perlu repot sewa barang ini dan itu.

Untuk yang hobi camping, tempat ini juga menawarkan spot yang ideal untuk Anda yang ingin bermalam di alam bebas. Tepatnya di puncak gunung yang akan menjadi spot terbaik untuk menikmati keasrian alam perbukitan sekitar seperti yang ditawarkan di Lembang.

Anda hobi Motocross? Ada beberapa titik lokasi di gunung ini yang sangat cocok untuk kegiatan ekstrim Motocross. Tidak punya motornya? Menaiki sepeda pun tidak kalah menyenangkan.

Fasilitas di Gunung Gajah Telomoyo

Fasilitas Gunung Gajah Telomoyo

Wisata alam gunung ini memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap meski berada di kawasan perbukitan. Berikut fasilitas-fasilitas yang bisa Anda jumpai di sini.

Fasilitas yang pertama adalah area parkir yang cukup luas. Tempat untuk parkir kendaraan ini bisa memuat cukup banyak unit motor dan juga mobil.

Area parkirnya terbilang sederhana dan ada petugas yang selalu menjaga tempat ini. Fasilitas yang kedua adalah mushola dengan perlengkapan sholat dan tempat wudhu sebagai fasilitas pelengkapnya.

Terdapat juga fasilitas kamar mandi untuk keperluan MCK. Selain itu, ada juga fasilitas warung makan yang rasa dari setiap menu-nya tidak kalah dari tempat-tempat wisata kuliner Semarang terkenal.

Harga Tiket Masuk Gunung Gajah Telomoyo

Soal harga tiket masuk, objek wisata alam ini terbilang objek wisata yang murah meriah. Selain tiket masuk, ada biaya parkir kendaraan yang harus Anda bayarkan khusus untuk Anda yang membawa kendaraan.

Tentu dengan harga tiket yang terjangkau ini, Anda bisa gunakan sisa budget Anda untuk hal lain. Misal untuk membeli oleh-oleh khas Semarang favorit Anda. Berikut info HTM dan biaya parkir kendaraan terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp15.000,00 per orang
Tiket Masuk Weekends Rp20.000,00 per orang
Camping Rp25.000,00 per tenda
Glamping Rp400.000,00 sampai Rp600.000,00 per malam
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Tarif di atas adalah tarif reguler yang hanya berlaku untuk kunjungan wisatawan pada umumnya. Masih ada kemungkinan perubahan tarif terutama untuk beberapa aktivitas wisata seperti camping atau bermain paralayang.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Gajah Telomoyo

Lokasi Wisata Gunung Gajah Telomoyo

Wisata gunung ini terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jarak titik lokasi ini kurang lebih 56 KM dari Kota Semarang.

Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke lokasi tersebut. Rute yang pertama dan cukup populer adalah via Ambarawa.

Dari jalur ini Anda bisa menikmati serta mengunjungi beberapa destinasi menarik lain. Contohnya saja seperti Rawa Pening, Benteng Pendem, atau Eling Bening.

Rute yang kedua adalah melalui Tol Ungaran Bawen arah Salatiga dengan akses jalan yang sangat memadai, jadi bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Agar lebih simpel dan nyaman, baiknya Anda gunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan dari Salsa Wisata. Sekedar info, Salsa Wisata menawarkan layanan sewa kendaraan seperti mobil, bus, dan minibus.

Layanan ini tersedia dalam beberapa opsi produk paket yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan.

Untuk perjalanan outbound bersama rombongan, paket sewa mobil Hiace Semarang murah menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

Jam Operasional Gunung Gajah Telomoyo

Objek wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam. Dengan jam operasional yang tak ada batas ini, Anda bebas datang kapan saja.

Namun  sebaiknya hindari kunjungan saat liburan akhir pekan atau libur nasional karena akan lebih ramai.

Demikian sekilas info tentang wisata alam Gunung Gajah Telomoyo ini. Anda dapat gunakan layanan paket gathering Semarang dari Salsa Wisata untuk mendapatkan pengalaman liburan yang mudah dan berkesan bersama rombongan.



By Categories: Destinasi, Semarang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)