SalSari Resto & Coffee

Tasikmalaya menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan. Salah satunya berada di kawasan Gunung Galunggung. Gunung berapi ini masih menyandang status normal aktif.

Gunung ini juga tercatat pernah beberapa kali erupsi dan menyisakan kawah yang sangat indah. Pemandangan alam dari puncak gunung ini juga tiada duanya. Oleh sebab itu, wisata alam ini tak pernah sepi pengunjung.

Sekilas Tentang Gunung Galunggung

Gunung Galunggung Tasikmalaya memiliki ketinggian sekitar 2.168 mdpl. Sedangkan puncak tertinggi gunung berapi ini bernama Puncak Beauti Canar dengan tinggi mencapai 2.240 mdpl.

Objek wisata ini sangat cocok untuk pendaki pemula bahkan orang awam sekalipun. Hanya saja, untuk bisa mencapai puncak membutuhkan usaha ekstra karena ada ratusan anak tangga yang harus Anda lalui.

Destinasi wisata Jawa Barat ini menawarkan pesona alam yang super amazing. Belum lagi pemandangan hijau berupa perbukitan dan udaranya yang segar. Hawa di sini juga sejuk layaknya gunung pada umumnya.

Harga Tiket Masuk Gunung Galunggung

Tiket masuk Gunung Galunggung cukup murah yakni sekitar Rp15.000,00. Namun untuk beberapa destinasi dan aktivitas lain, ada biaya yang harus Anda bayarkan seperti berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Ojek Tangga Kuning Rp20.000,00
Ojek Tangga Biru Rp25.000,00
Kawasan Objek Wisata Rp3.000,00
Pemandian Air Panas Rp20.000,00
Camping Rp15.000,00
Sepeda Downhill Rp25.000,00

Rute Menuju Lokasi Gunung Galunggung

Lokasi Gunung Galunggung

Lokasi Gunung Galunggung terletak di Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya. Jarak dari pusat kota sekitar 22 km dengan waktu tempuh 46 menit dengan kendaraan.

Rutenya dari Tasikmalaya ke Jln Garut – Tasikmalaya menuju Jln Cipanas – Galunggung. Setelah itu lurus ikuti jalan hingga sampai ke loket masuk kawasan wisata Galunggung.

Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil murah agar perjalanan wisata bersama keluarga ini lebih nyaman. Ada opsi sewa dengan atau tanpa sopir.

Jam Buka Gunung Galunggung

Kawasan wisata Gunung Galunggu buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tapi jika Anda ingin menikmati keindahan tempat ini lebih lama seperti menginap atau camping sebaiknya sampaikan pada petugas.

Fasilitas Gunung Galunggung

Fasilitas Gunung Galunggung sangat memadai dan cukup lengkap. Area parkirnya luas, ada dua pilihan anak tangga apakah 630 atau 510 anak tangga biru, toilet dan banyak lagi.

Warung-warung juga menawarkan berbagai minuman dan makanan khas Jawa Barat dengan harga terjangkau. Sehingga selama berwisata ke sini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas tersebut.

Daya Tarik Gunung Galunggung

Gunung Galunggung memiliki arti yang penting bagi masyarakat Tasikmalaya. Bahkan konon nama Tasikmalaya sendiri berasal dari peristiwa letusan gunung tersebut. Selain hal tersebut, berikut hal menarik lainnya.

Turun ke Kawah Gunung Galunggung

Layaknya Gunung Merapi dan gunung berapi lainnya, gunung yang satu ini pernah meletus. Hanya saja, letusan terakhir terjadi sekitar tahun 1982 di mana abu vulkaniknya sampai hingga ke Australia.

Meski sempat meletus parah, kawah gunung ini sekarang masih dalam kondisi tenang. Oleh sebab itu, di salah satu sisi lembah terdapat anak tangga yang mengarah ke bangunan kecil di bawah.

Dari bangunan ini juga pengunjung bisa melanjutkan jalan kaki hingga masuk ke area kawah. Area kawah ini sekilas seperti tanah lapang biasa dengan padang rumput ilalang menghiasi di atasnya.

Mendaki 620 Anak Tangga

Tangga Kuning Gunung Galunggung

Begitu pengunjung sampai di tempat wisata hits Tasikmalaya ini akan langsung berhadapan dengan 620 anak tangga yang menjulang ke atas. Anak tangga ini akan mengantarkan wisatawan hingga ke puncak.

Bukan hanya jumlahnya yang banyak sekali, tetapi juga kecuramannya. Anak tangga ini mengikuti kontur tanah gunung sehingga cukup miring. Selain itu sifatnya konstan sehingga anak tangga ini terus naik.

Tapi, selama pendakian ini Anda bisa istirahat berkali-kali sambil melihat keindahan alam di sekitar. Apalagi saat posisi sudah cukup tinggi Anda bisa menyaksikan dengan jelas panorama kota Tasikmalaya.

Menikmati Keindahan Kawah

Pendakian yang sangat melelahkan ini akan terbayar lunas ketika Anda menginjakkan kaki di anak tangga terakhir. Begitu sampai puncak, pesona keindahan kawah gunung tidak bisa Anda gambarkan dengan kata-kata.

Salah satu tujuan utamanya adalah menyaksikan betapa magical-nya kawah Gunung Galunggung. Kawah ini berbentuk seperti danau dengan air berwarna hijau. Warna hijau kekuningan ini berasal dari belerang.

Walau demikian, pengunjung sama sekali tidak mencium aroma belerang. Dari atas ini pula Anda bisa menyaksikan lembah yang mengelilingi kawah. Lembah ini sangat luas dan hijau penuh dengan pepohonan.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air Terjun Gunung Galunggung

Nah, sebelum masuk ke kawasan air terjun ini terdapat anak tangga yang bernama Tangga Biru dengan jumlah 510 anak tangga. Anak tangga ini juga nantinya mengarah pada puncak dan kawah gunung.

Air terjun ini bernama Curug Agung Galunggung yang memiliki ketinggian hingga 80 meter. Keindahan air terjun ini bak lukisan di atas kanvas. Sangat indah, magnificent dan pastinya spektakuler.

Dari kejauhan saja air curug ini tampak mempesona. Pengunjung biasanya akan mengabadikan foto dengan latar air terjun tersebut. Apalagi panorama alam di sekitar air terjun juga tampak eksotis.

Berendam Air Panas

Bagi pengunjung yang ingin menghilangkan rasa lelah setelah mendaki dan ingin bersantai bisa berendam di kolam air panas. Air panas ini berasal dari mata air gunung sehingga panasnya alami.

Tentu saja, panas di sini kadarnya masih wajar dan sangat cocok untuk berendam. Efek panas ini akan meregangkan otot-otot sehingga membuat tubuh semakin segar dan kulit pun tampak sehat.

Kolam ini terdiri dari kolam anak dan orang dewasa. Sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menikmati waktu dengan berendam dan bersantai.

Menyaksikan Pemandangan Apik

Pemandangan Gunung Galunggung

Objek wisata ini memang tidak cocok untuk anak-anak karena ada ratusan anak tangga. Sebab rasa kelelahan yang ekstrim bisa berakibat fatal. Bahkan pengunjung dewasa sekalipun bisa mengalami pingsan.

Bagi pengunjung yang bisa sampai ke atas berkesempatan untuk menyaksikan sunrise, sunset dan citylight. Untuk bisa menyaksikan golden sunrise di atas gunung ini maka harus menginap.

Wisatawan bisa memilih untuk berkemah dengan mendirikan tenda di tempat yang sudah tersedia. Sedangkan untuk menyaksikan sunset dan citylight tidak perlu menginap.

Tapi, harus sabar untuk menunggu sunset dan berhadap agar tidak ada kabut. Begitu juga di malam hari, saat cuaca cerah pemandangan citylight Tasikmalaya sangat spektakuler.

Berburu Kuliner

Setelah puas mendaki dan berendam isi lagi tenaga Anda dengan menikmati berbagia makanan khas Sunda yang tersedia. Ada banyak warung di sekitar yang bisa Anda pilih untuk melepas rasa lapar.

Saat mendaki menuju kawah, sudah terdapat banyak warung yang menyajikan berbagia menu pilihan.Pasti sangat menyenangkan bisa menikmati secangkir kopi atau teh panas saat berada di puncak gunung.

Apalagi sambil melihat pemandangan lembah dan kawah gunung, tentu sangat sempurna. Semua bisa Anda nikmati saat mengunjungi gunung terbesar di Tasikmalaya ini.

Berwisata ke sini memang membutuhkan perjuangan fisik dan pastinya dompet juga. Apalagi jika Anda menyukai wisata kuliner dan oleh-oleh khas Jawa Barat, tentu perlu siapkan budget tersendiri.

Jika membutuhkan partner wisata ke Gunung Galunggung yang terpercaya. Anda bisa menggunakan layanan Salsa Wisata. Silahkan pilih layanan paket wisata atau rental kendaraan dengan harga terjangkau yang tersedia.



By Categories: Destinasi, Tasikmalaya

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)