SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tasikmalaya termasuk salah satu daerah di jalur Selatan Jawa yang terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik. Banyak pemudik atau wisatawan dari luar kota yang sengaja mampir untuk menikmati setiap pesona yang ada.

Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga oleh-oleh bisa Anda temukan di kota dengan julukan Mutiara dari Priangan Timur ini. Apalagi dengan akses yang memadai, tempat-tempat menarik di sini bisa dengan mudah Anda kunjungi.

Berikut ini 18 rekomendasi tempat wisata Tasikmalaya terfavorit yang wajib Anda datangi saat liburan:

Daftar Tempat Wisata Tasikmalaya Populer

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi warga Tasik, gunung dengan tinggi mencapai 2240 mdpl ini memiliki daya tarik tersendiri. Letusannya yang dahsyat selama 9 bulan pada tahun 1982 berdampak besar pada perubahan Kota Tasikmalaya tidak terkecuali urusan pariwisata.

Gunung Galunggung menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik dari Tasik maupun luar kota berkat keindahan alamnya. Aksesnya pun mudah seperti Gunung Telomoyo, sebab Anda bisa mendaki hingga ke kawah gunung dengan bantuan anak tangga.

Terdapat dua jalur yang bisa Anda pilih yakni tangga kuning dan tangga biru yang masing-masing punya jumlah berbeda. Tangga kuning memiliki jumlah sekitar 620 anak tangga sedangkan tangga biru kurang lebih 510 anak tangga.

Dari atas kawah, Anda bisa menikmati pemandangan danau sulfur berwarna hijau yang cukup luas. Selain itu, panorama Kota Tasikmalaya pun dapat terlihat jelas dari ketinggian.

Di kawasan wana wisata seluas 120 hektar ini pula Anda dapat menikmati aktivitas seru lain. Misalnya seperti mengunjungi Curug Agung Galunggung, camping, atau berendam air panas di Pemandian Cipanas Galunggung.

Tiket masuknya pun tidak mahal, berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung aktivitas yang Anda inginkan. Biaya ini bisa lebih murah jika Anda menggunakan layanan dari tempat sewa bus pariwisata terdekat.

Lokasi menuju kawasan wisata Gunung Galunggung ini sendiri terletak di Jl. Ke Cipanas No.30, Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya. Jam operasionalnya berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kampung Naga

Kampung Naga

Tasik juga mempunyai destinasi unik seperti Desa Penglipuran yang bernama Kampung Naga. Kampung ini merupakan kampung adat yang masih memegang teguh adat istiadat lama.

Lokasinya berada di lembah dekat Sungai Ciwulan, tepatnya di Jl. Raya Salawu, Neglasari, Salawu, Tasikmalaya. Letaknya yang cukup terpencil ini membuat suasana desa yang asri masih sangat terjaga.

Wisatawan yang ingin berkunjung harus menuruni 400 anak tangga terlebih dahulu sebelum tiba di desa. Dari kejauhan Anda dapat melihat 111 rumah tradisional yang terbuat dari ijuk, bambu, dan papan berjajar rapi di tengah sawah.

Tak hanya suasananya saja, setiap rumah di sini pun tidak ada yang menggunakan listrik ataupun gas. Cocok sekali untuk Anda yang ingin lepas dari hiruk pikuk dunia modern.

Selama berkunjung wisatawan harus mengikuti aturan dan pantangan yang berlaku. Seperti misalnya tidak masuk hutan, tidak memutar musik, dan tidak masuk serta mengambil gambar bangunan tertentu.

Meski tampak terpencil, fasilitas wisata di sini cukup lengkap. Anda bisa menemukan toko souvenir atau menikmati makanan khas dari rumah warga yang rasanya tidak kalah dari tempat wisata kuliner Bandung terkenal.

Jika tertarik Anda bisa langsung datang ke lokasinya antara pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayar, namun jika ingin menggunakan tour guide siapkan budget sekitar Rp150.000,00.

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Salah satu tempat wisata populer di Tasikmalaya tentu saja Taman Wisata Karang Resik. Taman rekreasi ini berada di perbatasan antara Ciamis dan Tasik menuju arah Terminal Tasikmalaya.

Alamat persisnya berada di Jl. Mohammad Hatta, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya. Lokasinya yang berada di jalur utama sering menjadi destinasi rombongan pariwisata maupun wisatawan dari luar kota.

Di taman rekreasi seluas 32 hektar ini terdapat berbagai macam wahana menarik yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah anjungan 5 negara yakni Korea, Jepang, Belanda, Yunani, dan India.

Di sini Anda bisa merasakan keseruan seperti keluar negeri dengan berbagai ornamen serta bangunan yang ada. Bahkan pengalaman serunya tidak kalah dari tempat wisata di Bandung yang seperti luar negeri.

Selain itu adapula wahana seru untuk anak bermain mulai dari taman labirin, flying fox, waterpark, hingga wonderjoy. Semua bisa Anda nikmati dengan membayar Rp20.000,00 sampai Rp35.000,00 per orang.

Jam operasionalnya sendiri berbeda antara weekdays dan weekend terutama waktu tutupnya. Saat akhir pekan, tempat ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan di hari biasa tutup lebih awal pada pukul 16.00 WIB.

Ampera Waterpark

Ampera Waterpark

Di perjalanan menuju Bandung dari Tasik via Ciawi, Anda bisa mampir sejenak ke Ampera Waterpark. Waterpark ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga melepas penat selama perjalanan panjang.

Berbagai macam wahana air bisa Anda dapatkan seperti yang ada di Amanzi Waterpark. Taman air ini pun memiliki konsep yang unik dengan bangunan berbentuk kastil dan teko air raksasa.

Anak-anak juga dapat puas bermain di sejumlah wahana khusus yang menjamin keamanan mereka. Contohnya seperti kolam anak yang punya seluncuran air, kolam arus, kolam air panas, hingga kolam personal semua ada.

Kolam dengan standar olimpiade pun bisa Anda dapatkan di sini, sehingga orang dewasa dapat berenang hingga puas. Uniknya lagi, kolam renang ini masih berada di naungan Rumah Makan Ampera yang sangat terkenal dengan kelezatan masakan Sundanya.

Beberapa macam makanan khas Bandung seperti Soto Bandung pun bisa Anda nikmati di tempat ini. Jika tertarik datang saja ke alamatnya di Jl. Raya Sumedang – Cibeureum No.217, Pamoyanan, Ciawi, Tasikmalaya.

Waterpark ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, kecuali Jumat yang buka pukul 13.00 WIB. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp15.000,00 hingga Rp40.000,00 per orang untuk bisa masuk.

Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

Seperti halnya Jembatan Ampera, Jembatan Cirahong sudah menjadi salah satu ikon bagi Tasikmalaya. Jembatan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini dulu sering menjadi jalan pintas penghubung antara Tasik Ciamis bagi kendaraan bermotor.

Keunikan jembatan ini terletak pada dua fungsinya yakni sebagai jalur kereta di lantai atas dan kendaraan bermotor di lantai bawah. Meski saat ini akses bagi kendaraan bermotor sudah ditutup, tidak mengurangi daya tarik Jembatan Cirahong.

Salah satu alasannya karena kesan mistis yang sangat terkenal di jembatan sepanjang 202 meter ini. Konon katanya pembuatan jembatan memakan tumbal dan punya penunggu yang terus mencari korban.

Namun menyampingkan hal tersebut, jembatan ini tetap menarik untuk Anda kunjungi terlebih saat kereta lewat. Sambil bersantai di warung yang ada di kedua ujung jembatan Anda bisa menikmati pemandangan unik jembatan berusia seabad lebih ini.

Lokasinya berada di Jl. Raya Cirahong, Cilangkap, Manonjaya, Tasikmalaya dan bisa Anda akses juga dari Ciamis. Tempat ini gratis dan buka selama 24 jam dan bisa jadi destinasi wisata horor sejarah unik di Tasikmalaya.

Gunung Batu Tasikmalaya

Gunung Batu Tasikmalaya

Tidak kalah menarik dari Tebing Koja, Gunung Batu di Mertajaya, Bojongasih, Tasikmalaya juga wajib Anda kunjungi. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata Tasik instagramable yang selalu ramai wisatawan.

Pengunjung yang datang biasanya ingin menikmati keindahan panorama dari atas gunung dengan puncak datar ini. Meski bernama gunung, tempat ini dulunya merupakan bekas tambang batu marmer yang sempat beroperasi beberapa tahun silam.

Namun berkat pemandangan dan keunikannya, tempat ini pun akhirnya menjadi destinasi menarik bagi sejumlah orang. Anda bisa melihat batu-batu marmer berwarna putih yang tampak seperti dinding menjulang di kawasan ini.

Waktu terbaik berkunjung biasanya saat pagi hari, ketika kabut masih menyelimuti area sekitar. Selain buka selama 24 jam, tempat wisata ini juga tidak mematok biaya masuk, sehingga Anda bisa bebas datang kapanpun.

Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

Selain gunung, Tasikmalaya juga mempunyai banyak pantai yang apik, salah satunya Pantai Karang Tawulan. Pantai ini berada di Jl. Pantai Karangwulan Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya.

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang berpasir putih dan ombak tenang, pantai ini terdiri dari banyak batu karang. Ombaknya pun ganas terlebih saat air laut mulai pasang.

Walau begitu, Pantai Karang Tawulan tetap menjadi destinasi karena keindahan panorama alamnya. Tempat ini sering menjadi lokasi camping untuk menikmati momen sunset dan sunrise dari tebing.

Selain itu, tidak sedikit pula wisatawan atau pengunjung yang sengaja datang untuk memancing ke tempat ini. Kondisi pantainya ini sangat mirip dengan salah satu pantai terkenal di Jogja, pantai kesirat.

Untuk mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp7.500,00 saja. Setelah itu, Anda bisa menikmati pantai ini sepuasnya selama 24 jam.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Salah satu tempat wisata instagramable di Tasikmalaya adalah Curug Dengdeng. Bukan karena punya banyak spot berfoto menarik, namun karena keunikan air terjunnya.

Air terjun ini memiliki penampang yang luas dan datar dengan beberapa tingkatan. Selain itu pada penampang air terjun ini terdapat lubang-lubang alami yang bisa Anda jadikan lokasi berendam atau berenang.

Pemandangan dari atas air terjunnya pun sangat menawan dengan hamparan sawah yang hijau. Di tempat ini pula Anda dapat piknik santai sambil menikmati kuliner sederhana yang lezat.

Jika tertarik mengunjungi air terjun ini Anda bisa memanfaatkan layanan sopir dari tempat rental mobil murah terdekat. Tempat ini pun buka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis, hanya perlu membayar parkir.

Curug Ciparay Tasikmalaya

Curug Ciparay Tasikmalaya

Air terjun lain yang tidak kalah unik adalah Curug Ciparay yang ada di Dusun Parentas, Cidugaleun, Cigalontang, Tasikmalaya. Curug ini memiliki dua buah air terjun dengan ketinggian 75 meter dan 55 meter yang saling berdekatan.

Selain itu terdapat pula mitos mengenai baju merah yang menjadi pantangan bagi para pengunjung. Sebab konon katanya siapapun yang datang menggunakan baju merah akan mengalami kejadian aneh di tempat ini.

Terlepas dari mitos tersebut, air terjun kembar ini sangat cantik untuk Anda nikmati. Alirannya yang deras memberikan kesegaran tersendiri saat Anda berdiri di dekatnya.

Selain itu tersedia pula gardu pandang untuk Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun ini. Sekilas air terjun ini mirip dengan Coban Putri yang ada di Malang namun dengan ukuran yang lebih besar.

Curug Ciparay tidak mematok biaya mahal untuk wisatawan masuk hanya Rp5.000,00 per orang. Anda yang ingin berkunjung bisa datang antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Salah satu pantai yang juga wajib anda kunjungi di Tasik adalah Pantai Cipatujah. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan bibir pantai yang landai mirip dengan Pantai Parangtritis.

Saat sore hari menjadi waktu terbaik untuk Anda menikmati keindahan sunset di pantai ini. Sembari menunggu senja, Anda juga dapat bersantai dan mencoba berbagai macam seafood yang ada di warung pinggir pantai.

Bisa pula dengan memancing atau menyaksikan atraksi balap kerbau yang rutin berlangsung di sekitar kawasan pantai. Lokasi pantai ini sendiri terletak di Jl. Pesanggrahan, Cipatujah, Tasikmalaya.

Seperti pantai murah pada umumnya, tiket masuk kawasannya hanya Rp5.000,00 per orang. Selain itu jam operasionalnya bebas karena buka selama 24 jam.

Curug Panetean

Curug Panetean

Air terjun satu ini termasuk tempat wisata yang lagi hits di Tasikmalaya. Bebatuan yang ada di sungai memiliki formasi seperti sungai Blue River yang ada di New Zealand.

Airnya pun masih jernih dan asyik untuk berenang atau sekedar berendam mendinginkan badan. Sungai ini sering menjadi destinasi para pesepeda atau rombongan piknik keluarga seperti di Air Terjun Sri Gethuk.

Suasana yang masih asri sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai menghabiskan waktu liburan di alam. Untuk menuju ke sini, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju daerah Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya.

Jam operasional wisatanya berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Cukup siapkan biaya tiket masuk sekitar Rp10.000,00 Anda pun sudah bisa menikmati keindahan Curug Panetean ini.

Karaha Bodas Tasikmalaya

Karaha Bodas Tasikmalaya

Kawah Karaha Bodas bisa menjadi destinasi alternatif untuk Anda yang belum bisa mengunjungi Kawah Sikidang. Tempat wisata alam di Tasik ini menawarkan panorama eksotis kawah di tengah bebatuan.

Batu-batu putih yang tersusun tampak cantik menjadi latar Anda berfoto. Apalagi dengan kepulan asap dan air belerang yang muncul membuat latar fotonya semakin menarik.

Sekitaran area kawah ini pun bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas berkemah bersama teman. Dengan tiket masuk yang hanya Rp10.000,00 berwisata di kawah ini akan sangat murah dan berkesan.

Anda bisa datang setiap hari dengan waktu terbaik berkunjung saat pagi hari. Alamat tempat wisata ini berada di daerah Kadipaten, Kadipaten, Tasikmalaya.

Situ Gede Tasikmalaya

Situ Gede Tasikmalaya

Tasikmalaya juga mempunyai sebuah danau unik yang bernama Situ Gede. Keunikan danau seluas 47 hektar ini terletak pada sebuah pulau berukuran 1 hektar yang berada di tengah danau.

Menurut mitosnya, pulau ini merupakan tempat penunggu yang akan mengganggu pasangan muda yang belum menikah. Namun di luar mitos tersebut, keindahan danau ini mirip dengan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Wisatawan yang datang dapat bermain di taman sekitar danau atau bersantai sambil memancing di gazebo terapung yang ada. Waktu terbaik berkunjung biasanya saat sore atau pagi hari ketika matahari tidak terlalu panas.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp2.000,00 sampai Rp4.000,00 untuk bisa menikmati keindahan danau ini. Alamat objek wisata situ gede ini sendiri berada di Jl. Situ Gede, Linggajaya, Mangkubumi, Tasikmalaya.

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Mengunjungi Pantai Sindangkerta bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang ingin liburan tenang di pantai. Sebab pantai indah dengan mercusuar ini masih jarang mendapat kunjungan wisatawan, sehingga keasriannya masih terjaga.

Area pantainya pun cukup luas dengan hamparan batu karang kecil hingga ke tengah laut. Sayangnya, seperti kebanyakan pantai selatan, ombak di pantai ini sangat besar.

Namun ketika surut, Anda dapat mengambil ikan atau bermain air dengan tenang seperti di Pantai Krakal Gunung Kidul Jogja. Bisa pula berfoto hingga ke dekat mercusuar yang ada di tengah pantai.

Lokasi pantai ini sendiri terletak di Jl. Taman Lengsar, Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya. Dengan tiket masuk yang hanya Rp3.500,00 Anda bisa puas bermain di pantai ini selama 24 jam.

Curug Badak

Curug Badak

Satu lagi curug kembar di Tasik yang Anda kunjungi yakni Curug Badak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kawah Gunung Galunggung tepatnya di Sukamukti, Cisayong, Tasikmalaya.

Kedua air terjun yang bersebelahan ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai aliran yang begitu deras. Aliran curug ini pun dipercaya berkhasiat karena mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Selain dapat bermain air di sekitar air terjun, wisatawan yang datang juga bisa bersantai dan berfoto di spot yang telah tersedia. Di area ini juga sudah tersedia kedai dan warung sederhana untuk Anda bersantap.

Wisatawan yang ingin berkunjung bisa mengunjungi lokasi curug ini antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tidak lupa siapkan uang sebesar Rp15.000,00 untuk membayar retribusi masuk wisata.

Pasir Pataya

Pasir Pataya

Salah satu tempat wisata baru di Tasikmalaya adalah Pasir Pataya. Tempat ini menawarkan wisata seru seperti berenang, camping serta outbound dalam satu kawasan wisata.

Anda bisa puas berenang di kolam renang berbentuk hati bersama anak-anak atau kolam renang lain yang tersedia. Di area outboundnya sendiri terdapat 6 wahana yang bisa anak-anak Anda coba.

Lalu untuk camping, selain menikmati alam sekitarnya Anda juga bisa mengunjungi kebun-kebun buah di sekitarnya. Tempat wisata menarik ini berada di daerah Ciakar, Cibeureum, Tasikmalaya.

Harga tiket masuk wisata ini pun berbeda tergantung lokasi yang Anda kunjungi antara Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00. Jam operasionalnya berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Bukit Kacapi

Bukit Kacapi

Wisata alam lain di Tasik yang juga wajib Anda kunjungi adalah Bukit Kacapi. Bukit ini menawarkan panorama kebun teh yang tidak kalah menarik dari Kebun Teh Wonosari Malang.

Selain dapat menikmati suasana asri perkebunan teh, Anda juga bisa berenang di kolam renang ala hotel yang tersedia. Sambil berenang, Anda pun dapat berfoto di spot unik yang ada di pinggir kolam.

Objek wisata yang sudah ada sejak tahun 2015 ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB dengan tiket Rp7.000,00 per orang. Lokasinya sendiri berada di Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya.

Teejay Waterpark

Teejay Waterpark

Waterpark di Tasik yang juga tidak kalah terkenal di kalangan wisatawan adalah Teejay Waterpark. Wahana yang ada di sini cukup mirip dengan Jogja Bay Waterpark,  misalnya kolam ombak, kolam arus, dan wahana bajak laut.

Namun bedanya di Teejay Waterpark tersedia juga area playground serta mini zoo untuk anak-anak. Di mini zoo ini anak-anak bisa berinteraksi dengan beberapa hewan seperti burung beo dan merah.

Waterpark ini sendiri buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan tiket masuk antara Rp30.000,00 sampai Rp40.000,00. Untuk Anda yang penasaran, bisa datang ke alamatnya di Komplek Plaza Asia, Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya.

Danau Lemona

Danau Lemona

Sebagai pamungkas wisata di Tasik, Danau Lemona Salopa wajib sekali Anda kunjungi. Danau buatan di kawasan resto ini siap memberikan pengalaman seru berwisata sambil kulineran.

Sembari menunggu pesanan makanan seperti gurame bakar tersaji, Anda bisa berfoto di sejumlah spot menarik yang ada seperti jembatan gantung. Selain itu gazebo terapung di atas danau ini juga cocok menjadi tempat Anda menikmati santapan lezat di sini.

Tempat ini pun sering menjadi destinasi dari berbagai biro perjalanan yang menyediakan paket acara gathering murah. Jika tertarik Anda bisa datang ke alamatnya di Jl. Raya Salopa, Kawitan, Salopa, Tasikmalaya antara pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap hari.

Bagaimana sudah tidak bingung lagi kan tempat mana yang ingin Anda kunjungi di Tasik? Jika masih bingung jangan ragu memanfaatkan jasa biro wisata yang siap mengantar Anda seperti Salsa Wisata.

Selain semua urusan perjalanan Anda terpenuhi, keamanan dan keseruan selama liburan pun pasti terjaga. Sehingga perjalanan wisata Anda bisa menjadi pengalaman yang paling berkesan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)