Keindahan pemandangan alam pegunungan menjadi daya tarik yang dimiliki Gunung Pancar. Gunung Pancar mungkin bisa menjadi opsi terbaik untuk melepas penat.

Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang setiap hari harus berhadapan dengan keramaian. Suasana tenang di tengah alam ini akan menjadi obat rasa jenuh dan menyegarkan kembali pikiran.

Sekilas Tentang Gunung Pancar

Gunung ini memang bukan satu-satunya destinasi wisata alam di Bogor. Namun jika Anda ingin sedikit menikmati aktivitas petualangan langsung di alam, bisa jadi gunung ini adalah pilihan yang terbaik.

Kawasan wisata gunung ini terletak di Sentul, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika dilihat dari peta, lokasi ini memang tak begitu jauh dari Kota Jakarta dan sekitarnya. Tak heran jika kawasan wisata gunung ini kerap jadi tujuan utama bagi anak Jakarta.

Sama seperti kawasan Puncak Bogor, wisata alam ini menghadirkan suasana alam yang masih asli dan asri. Hawa sejuk nan dingin plus udara yang bersih menjadi sesuatu yang mewah bagi pengunjung.

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar

Besaran biaya untuk membayar tiket masuk taman wisata alam ini tidaklah besar. Apalagi jika dibandingkan dengan kepuasan dan pengalaman liburan Anda. Adapun informasi harga tiket objek wisata ini adalah sebagai berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp5.000,00/ orang
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp10.000,00/ orang
Parkir Motor Rp5.000,00/ orang
Parkir Mobil Rp10.000,00/ orang

Harga tiket di tabel di atas dapat berubah. Perubahan ini biasanya menyesuaikan dengan kebijakan pihak pengelola. Perubahan tarif tiket masuk juga berpotensi terjadi di puncak musim liburan panjang dan cuti bersama.

Untuk wisata yang pasti murah, Anda bisa gunakan paket wisata Bandung murah dari Salsa Wisata. Berbagai destinasi yang ada di kota Kembang ini bisa Anda kunjungi tanpa ada biaya tambahan.

Aktivitas Menarik di Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar

Bersumber dari website resmi Taman Wisata Gunung Pancar, terdapat beberapa aktivitas menarik yang tersedia. Aktivitas tersebut meliputi glamping, camping, prewedding, outbound, trekking, dan trekking di Curug Sentul.

Glamping

Istilah glamping sendiri mungkin sudah cukup familiar di telinga Anda. Glamping adalah aktivitas berkemah mewah dengan fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia. Fasilitas-fasilitas ini mencakup tenda mewah, bed nyaman, logistik, dan peralatan barbeque.

Nah, kegiatan glamping ini memang sangat cocok untuk keluarga, terutama keluarga yang sudah ramai oleh anak-anak. Sebab, ada cukup banyak kegiatan pendukung yang bisa dilakukan selama glamping.

Sebut saja membuat api unggun, bebakaran, dan lain sebagainya. Selain seru, glamping juga bisa menjadi sebuah sarana untuk menambah kehangatan keluarga loh. Anda dan pasangan serta buah hati Anda akan semakin dekat.

Area hutan pinus menjadi lokasi utama untuk aktivitas ini. Pihak pengelola taman wisata alam pun telah menyiapkan segala kebutuhan para pengunjung yang ingin mencoba aktivitas menyenangkan ini.

Melalui jasa sewa perlengkapan glamping, Anda dan pengunjung lainnya tak perlu repot menyiapkan segala sesuatunya dari rumah. Termasuk soal logistik. Cukup bawa diri dan pakaian hangat saja.

Aktivitas glamping Anda dijamin akan sangat menyenangkan. Anda juga bisa merasakan serunya aktivitas ini bila mengunjungi Mojosemi Forest Park.

Camping

Nah, bagi Anda yang gagal glamping karena budget yang terbatas, camping adalah alternatif pengganti terbaik. Vibe yang disuguhkan tak jauh berbeda dari glamping. Bahkan dengan camping, Anda akan merasakan suasana berkemah yang sesungguhnya.

Lokasi terpilih untuk camping adalah di sekitar Sentul, tepatnya di bumi perkemahan Sentul. Area ini selalu bersih sehingga akan membuat nyaman bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda di sini.

Bumi perkemahan di taman wisata alam ini juga telah dilengkapi fasilitas toilet umum dan kamar mandi. Benar-benar membuat kegiatan camping semakin nyaman.

Kemudian akses menuju camping ground juga sangat bagus. Jalan utama telah beraspal. Selama perjalanan pun Anda nantinya akan disuguhkan view deretan pohon cemara di kanan-kiri bahu jalan. Wah, sungguh menakjubkan.

Mungkin campers sejati akan lebih memilih membawa tenda sendiri. Tapi, jika Anda tidak punya tenda dan perlengkapan camping lainnya, Anda bisa menyewanya langsung di basecamp taman wisata alam ini.

Praktis sekali. Biaya sewanya cukup terjangkau. Hanya Rp. 200.000,00 untuk kapasitas 3 orang. Biaya sewa ini sudah termasuk biaya tiket masuk camping ground.

Prewedding

Abadikan momen foto prewedding Anda di taman wisata alam ini. Dengan dukungan kamera terbaik dan fotografer profesional, plus background hutan pinus yang rindang, prewedding shot Anda sudah pasti akan menjadi yang terbaik.

Hutan pinus yang lebat tentu akan menjadikan hasil foto prewedding Anda semakin memukau. View yang begitu eksotik di lokasi shoot juga akan semakin menambah rasa romantis di antara Anda dan pasangan.

Outbound

Outbound di Gunung Pancar

Anda penyuka outbound? Sekali-kali coba outbound di taman wisata ini. Mungkin adrenalin yang dirasakan tak begitu jauh dari outbound di tempat lainnya. Akan tetapi, outbound di taman wisata alam ini setidaknya memberikan keuntungan bagi Anda.

Dari segi efisiensi waktu, misalnya. Lokasinya yang berada di Sentul setidaknya tidak akan membuat waktu Anda terbuang banyak hanya untuk perjalanan saja. Coba Anda bandingkan dengan kegiatan outbound di Bandung.

Berbeda nantinya jika Anda gunakan layanan paket gathering murah dari Salsa Wisata. Jauh-dekat bukan suatu masalah. Anda tetap dapat menikmati perjalanan dengan nyaman berkat pelayanan terbaik kami.

Trekking

Kegiatan trekking juga bisa menjadi opsi kegiatan menantang lainnya selain outbound. Kali ini Anda dan peserta trekking lainnya akan ditemani oleh seorang pemandu professional. Jadi, keselamatan dan keamanan semua peserta terjamin.

Perbekalan dan jadwal trekking juga sudah disiapkan dengan baik oleh pihak penyelenggara. Terdengar sangat menarik, bukan? Cukup merogoh kocek Rp. 150.000,00 saja per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya pemandu, air mineral, dan tiket masuk.

Fasilitas di Gunung Pancar

Taman wisata alam ini adalah salah satu yang terfavorit. Untuk menjaga kenyamanan para pengunjungnya, pihak pengelola telah menambah sejumlah fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Daftar fasilitas yang ada di taman wisata alam ini cukup banyak. Contohnya adalah toilet dan kamar mandi umum di kawasan camping ground. Fasilitas pokok lainnya adalah area parkir. Zona parkir di objek wisata gunung ini cukup luas. Setidaknya dapat menampung puluhan kendaraan.

Hammock masuk dalam daftar fasilitas tambahan. Kain kuat yang mirip ayunan ini disewakan per jam. Hammock yang sudah disewa nantinya akan diikatkan ke dua pohon pinus. Ada yang dipasang secara tunggal, dan ada juga yang dipasang berurutan dari bawah ke atas.

Fasilitas lainnya yang bisa Anda jumpai di sini adalah pemandian air panas. Spot ini cocok sekali untuk Anda yang rindu dengan suasana tenang dan rileks.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Pancar

Jika Anda sudah mulai tertarik untuk liburan di taman wisata alam ini, segera cek lokasi atau alamat lengkapnya.

Lokasi

Taman wisata alam yang berupa gunung dan hutan pinus ini di kawasan Sentul. Alamat lengkapnya adalah di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kab. Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi ini mudah sekali untuk dijangkau.

Apalagi jika Anda gunakan jasa rental mobil avanza Bogor dari Salsa Wisata. Driver kami siap antarkan Anda ke lokasi dengan tepat waktu. Anda juga nantinya dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan sewa kami yang super nyaman.

Rute

Misal Anda dari Bogor, perjalanan bisa dimulai dari Kebun Raya Bogor. Lalu, arahkan setir Anda menuju Jalan Pajajaran, Tegallega.

Selanjutnya pilih jalur menuju Jalan Tol Jagorawi. Setelah keluar dari pintu tol, arahkan kendaraan Anda ke Jalan MH. Thamrin. Lurus saja hingga sampai di Jalan Siliwangi. Dari sini masih lurus hingga tiba di Jalan Bali Raya, Sumur Batu.

Apabila sudah sampai di kawasan Sentul Nirwana, silahkan belokan kendaraan Anda ke kiri hingga tiba di Jalan Jungle Land. Nah, tak lama lagi Anda akan tiba di jalan menuju taman wisata alam gunung ini.

Jika dikalkulasi, hanya butuh waktu tempuh 35 menit saja untuk sampai di lokasi wisata ini. Anda yang dari Jakarta, silahkan Anda tinggal menuju ke arah Bogor lalu ikuti rute di atas.

Jam Operasional Taman Wisata Gunung Pancar

Taman wisata alam gunung ini buka selama 24 jam. Anda ingin datang jam berapa pun atau hari apa pun, objek wisata ini akan selalu siap menyambut kedatangan Anda.

Tips Berkunjung ke Gunung Pancar

Nah, agar liburan Anda tetap menyenangkan, Anda sebaiknya baca beberapa tips penting berikut ini:

  • Gunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa karena sejauh ini belum ada kendaraan umum yang menjangkau lokasi ini
  • Untuk mendukung aktivitas outdoor Anda, terutama outbound dan trekking, sebaiknya gunakan alas kaki yang tepat (sepatu gunung atau minimal sandal gunung)
  • Apabila Anda ingin bersepeda di area wisata alam ini, dukung kegiatan bersepeda Anda dengan perlengkapan yang standard dan aman
  • Nah, untuk Anda yang ingin camping dengan peralatan camping sendiri, cek sekali semua peralatan dan kebutuhan. Misal, sleeping bag, baju hangat, tenda, senter, alat masak, logistik, hingga obat-obatan
  • Siapkan budget dan sesuaikan budget Anda dengan jenis kegiatan yang akan Anda lakukan di tempat wisata Bogor Termasuk budget untuk BBM
  • Siapkan fisik dengan baik dan tentunya wajib patuhi protokol kesehatan

Penginapan di Sekitar Gunung Pancar

Hotel atau penginapan di sekitar taman wisata alam ini bisa menjadi opsi terbaik untuk staycation usai liburan di sini. Berikut kami bagikan daftar penginapan atau hotel dengan fasilitas dan harga terbaik.

Aston Sentul Lake Resort and Conference Center

Hotel ini masuk dalam kategori hotel bintang empat. Fasilitas yang tersedia sangat memadai. Bahkan hotel ini mendapatkan penilaian yang baik berdasarkan penilaian dari aplikasi booking hotel.

Fasilitas hotel antara lain breakfast, AC, kamar bebas asap rokok, Wifi, area parkir, room service, dan cleaning service.

Untuk tarif sewa, memang sedikit mahal. Namun sangat sepadan dengan fasilitas yang ada. Berikut info harga sewa per malam-nya:

Alamat Sumur Batu, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Column 1 Value Rp, 1.570.000,00

Hotel Neo ++ Green Savana Sentul City

Bangunan hotel ini tepat di antara ibu kota dan Bogor. Fasilitas hotel terdiri dari restoran, layanan resepsionis 24 jam, Wifi, AC, area parkir, room service, clean servis, dan layanan antar-jemput bandara.

Informasi harga sewa dan alamat sebagai berikut:

Alamat Sumur Batu, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Column 1 Value Rp711..000,00

Tirta Arsanta Hot Springs & Villa’s

Kali ini bukan hotel, melainkan sebuah villa dengan standar kualitas fasilitas setara dengan hotel. Di area villa ini terdapat sebuah spot pemandian air panas alami. Sangat recommended untuk meregangkan saraf dan otot yang tegang.

Dengan menginap di villa ini, selain lebih private, Anda juga dapat menikmati segala fasilitas villa. Sebut saja cleaning service, room service, AC, Wifi, asuransi, area parkir, dan kolam renang. Untuk tarif dan alamat, cek tabel di bawah ini:

Alamat Jl. Raya Gunung Pancar, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Column 1 Value Rp1.377.000,00

Objek Wisata di Sekitar Gunung Pancar

Sebagai tambahan informasi, berikut kami bagikan sejumlah referensi objek wisata sekitar taman wisata alam ini.

Pasar Ah Poong

Masih berlokasi di Sentul, Pasar Ah Poong menawarkan konsep wisata kuliner yang unik. Mirip sekali dengan konsep pasar apung. Pengunjung nantinya dapat bersantap ria di atas air. Terdapat sekitar 80 pilihan menu di pasar ini.

Taman Budaya Sentul City

Kuliner khas Bogor dan tanah sunda, itulah menu utama dari Taman Budaya Sentul City. Taman wisata dengan luas sekitar 6 hektar ini menawarkan sejumlah pengalaman wisata yang menarik. Contohnya saja Education Program, Recreation Program, Development Program, dan Meeting Program.

Eco Art Park Sentul City

Dari namanya saja sudah sangat unik. Wisata ini adalah objek wisata edukasi di Sentul City. Tema utama yang diusung adalah eduksi energi dan manajemen kelola.

Program wisata edukasi ini mendapat dukungan dari KMI (Komunitas Migas Indonesia) dan METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia). Selain tema-nya yang sungguh menarik, ada hal lainnya yang juga cukup menarik, yaitu adanya patung Optimus Prime.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)