earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawasan wisata Batu Malang tak hanya memanjakan para wisatawan dengan aneka taman bermainnya saja. Ada banyak wisata alam yang juga tak kalah memikat untuk dikunjungi. Sebut saja salah satunya adalah Gunung Panderman.

Gunung yang masih berstatus aktif ini sering menjadi incaran para pendaki. Akan tetapi, Anda, para wisatawan biasa juga dapat menikmati keindahannya tanpa harus mendaki layaknya seorang pendaki.

Pasalnya, gunung ini memiliki jalur pendakian yang sangat bersahabat dan juga mudah sehingga cocok untuk wisatawan publik ataupun pendaki pemula. Sekilas karakter medan pendakiannya sangat mirip dengan Gunung Prau di Wonosobo.

Lantas, seperti apa daya tarik tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini? Berikut kami bagikan ulasan singkatnya.

Sekilas Tentang Gunung Panderman

Gunung Panderman Malang adalah salah satu destinasi wisata alam gunung di Batu Malang, Jawa Timur. Nama ‘Panderman’ tentu tak asing dan bahkan cukup populer lantaran gunung ini adalah bagian dari rangkaian Gunung Putri Tidur.

Nama Panderman sendiri rupanya meninggalkan kisah yang unik. Konon, nama Panderman terinspirasi dari nama seorang yang berasal dari Belanda, yaitu Van Der Man.

Beliau adalah pendaki pertama yang berhasil mendaki hingga ke puncak. Sejak itulah, gunung ini kemudian dikenal dengan nama yang kita kenal sekarang.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini kini buka untuk wisatawan dan pendaki yang ingin menjelajahi lereng dan puncaknya.

Untuk tiba di area puncak, biasanya waktu tempuh yang harus Anda tempuh kurang lebih 3 hingga 4 jam. Waktu tempuh yang terbilang cukup singkat untuk ukuran sebuah gunung dengan ketinggian 2000-an mdpl.

Puncak tertinggi gunung ini dinamakan Puncak Basundara. Dari puncak ini, tentu keseluruhan wilayah Batu dapat terlihat jelas. Tapi untuk mencapai puncak, memang bukan pekerjaan yang mudah karena areanya berpasir seperti saat pendakian menuju puncak Gunung Semeru.

Terlebih saat musim hujan, hampir semua jalur pendakian akan lebih licin, jadi sebaiknya tidak memilih tempat ini ketika sedang musim hujan. Begitu pula sebaliknya, jangan ragu untuk datang ke sini saat musim kemarau. Anda akan takjub dengan apa yang Anda saksikan nantinya.

Daya Tarik Gunung Panderman

Pendakian Gunung Panderman

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tentu sebagai salah satu destinasi wisata alam yang ramai akan pengunjung pastinya menyimpan daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan. Seperti beberapa daya tarik yang akan kami bahas berikut ini.

Puncak Basundara

Jika Semeru punya Puncak Mahameru, Panderman juga punya Puncak Basundara.

Sebelum sampai di area puncak, ada sebuah spot cantik yang kerap jadi spot foto terfavorit. Spot tersebut adalah sebuah lokasi yang tepat bersebelahan dengan jurang di bagian utara gunung ini.

Di spot ini, Anda bisa menyaksikan deretan gunung plus view Kota Batu dan Kota Malang dari atas gunung. Sungguh sebuah panorama yang sangat memanjakan mata.

Setibanya di puncak, Anda akan mendapatkan pemandangan terbuka yang sangat indah. Apalagi saat sunrise di mana Anda dapat menyaksikan proses sang fajar memamerkan keindahannya.

Golden Sunrise

Alam memang tak pernah gagal dalam memamerkan segala keindahannya. Fenomena alam terbitnya fajar yang dapat dilihat dari puncak gunung ini, misalnya.

Untuk mendapatkan kesempatan melihat sunrise terbaik di Puncak Basundara, sebaiknya mulailah pendakian saat sore atau malam hari.

Lalu Anda bisa mendirikan tenda sebagai tempat rehat sejenak. Sembari menunggu sunrise, puaskan diri Anda untuk memandangi night view perkotaan yang ada di bawah.

Menjelang terang, bersiaplah untuk menyambut sang fajar yang siap menyinari bumi dengan sinar paginya yang hangat. Detik-detik sebelum mentari terbaik, jangan lewatkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

Sarapan Spesial di Puncak Basundara

Usai puas dengan golden sunrise yang berhasil Anda abadikan via kamera, kini saatnya nikmati nuansa pagi yang tenang dan sejuk di atas puncak.

Lengkapi pagi Anda yang indah dengan sarapan ala campers yang sederhana tapi nikmatnya luar biasa. Bukan menu sarapannya yang membuat suasana sarapan kali ini terasa sangat spesial.

Melainkan tempatnya. Kapan lagi Anda akan merasakan pengalaman yang sama kecuali Anda merencanakan wisata pendakian di tempat wisata gunung terdekat dalam waktu dekat.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Panderman

Jalur Pendakian Gunung Panderman

Meski hanya sebuah lokasi wisata gunung, fasilitas yang tersedia di area wisata alam ini cukup lengkap. Selain ada fasilitas tempat registrasi, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas gazebo yang ada di basecamp.

Masih di area basecamp, terdapat sejumlah warung makan kecil yang bisa Anda jadikan sebagai tempat singgah sebelum atau sesudah perjalanan pendakian.

Memang tak banyak pilihan menu yang disajikan di warung-warung ini. Namun menariknya warung-warung ini menjual makanan khas Malang Batu seperti Nasi Pecel asli Malang Batu.

Fasilitas pendukung lainnya adalah pos jaga lengkap dengan beberapa petugasnya. Lalu ada fasilitas toilet umum dan juga kamar mandi yang airnya sangat melimpah dan tentunya cukup bersih.

Tempat parkir yang luas juga bisa Anda temukan di area basecamp ini. Jadi untuk Anda yang datang ke lokasi ini dengan menggunakan mobil, tak usah khawatir soal tempat untuk memarkirkan kendaraan Anda.

Di sekitar basecamp, tepatnya di Panderman Hill Batu, terdapat banyak pilihan fasilitas penginapan dengan fasilitas yang beragam.

Sebagian besar penginapan di sini adalah villa atau homestay yang akan membuat tamu merasa nyaman layaknya tinggal di rumah sendiri.

Tidak ada fasilitas pusat oleh-oleh di sini. Jadi apabila Anda ingin memborong buah tangan, kami sarankan untuk mampir ke sentra oleh-oleh khas Malang terdekat.

Harga Tiket Masuk Gunung Panderman

Untuk memulai wisata pendakian, tiap pengunjung wajib mendaftar di loket pendaftaran terlebih dahulu lalu membayar retribusi tiket masuk. Tarif retribusi tiket masuk di objek wisata gunung ini cukup terjangkau.

Selain retribusi tiket masuk, ada biaya parkir kendaraan yang juga harus Anda bayarkan. Berikut daftar biayanya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp7.000,00
Parkir kendaraan Rp5.000,00 (Mobil)

Rp2.000,00 (Motor)

Namun untuk biaya parkir kendaraan yang menginap, tarifnya akan berbeda dari tarif di atas.

Rute Menuju Lokasi Gunung Panderman

Puncak Gunung Panderman

Wisata gunung ini berada satu rangkaian dengan Gunung Kawi dan Gunung Butak yang terkenal dengan misteri gunungnya. Secara administratif, gunung ini berada di kawasan Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Butuh waktu tempuh 2 jam saja dari Kota Malang dengan melewati rute Jalan Ir. Soekarno. Anda juga bisa menggunakan rute lain seperti rute dari Jalan Raya Lawang-Malang. Hanya saja untuk rute yang kedua ini akan menyita waktu tempuh lebih lama.

Kedua rute di atas menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tapi kondisi jalan yang harus ditempuh penuh dengan tanjakan dan kelokan yang cukup tajam.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan performa kendaraan Anda dalam kondisi baik. Apabila Anda ragu dengan kondisi kendaraan Anda sendiri, solusinya yaitu menyewa kendaraan dari Salsa Wisata.

Mengapa Salsa Wisata? Semua unit kendaraan sewa kami dalam kondisi prima dan memiliki performa terbaik.

Silahkan pilih tipe unit kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk perjalanan wisata dalam kota bersama keluarga, kami rekomendasikan satu produk paket sewa mobil kami.

Paket sewa mobil Hiace Premio di Malang Batu adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Tarifnya bersahabat dan kualitasnya premium.

Jam Operasional Gunung Panderman

Anda dapat datang ke lokasi wisata gunung ini di hari apa saja dan di jam berapa saja. Sebab, tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Namun sebaiknya hindari untuk berkunjung saat libur panjang dan akhir pekan karena tempat ini akan lebih ramai. Perlu jadi catatan juga bahwa sebaiknya tunda kunjungan selama musim penghujan karena rata-rata kondisi jalur pendakian akan licin dan berbahaya.

Untuk mengetahui waktu liburan terbaik, team kami, Salsa Wisata Travel Organizer siap membantu Anda. Kami akan bantu Anda untuk merekomendasikan waktu terbaik berdasarkan kalkulasi dan analisa team kami.

Kami juga akan memberikan rekomendasi paket wisata terbaik untuk Anda. Salah satunya adalah paket wisata ke Malang 1 hari dengan tarif terjangkau dan cocok untuk acara liburan keluarga.

Dengan paket wisata ini, Anda tak hanya akan bisa berhemat, tapi juga akan merasakan pengalaman liburan yang optimal karena tak perlu memikirkan akomodasi dan transportasi. Semua kebutuhan liburan Anda akan kami bantu persiapkan dengan baik.

Bahkan untuk urusan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nantinya. Lebih menariknya lagi, di paket tertentu, Anda dapat memilih destinasi wisata yang sesuai dengan favorit Anda. Termasuk jelajah kuliner di pusat wisata kuliner Malang terdekat dan terkenal.

Gunung Panderman Malang cukup menarik untuk menjadi pilihan kali ini. Apalagi bagi Anda yang sangat rindu dengan suasana alam yang sejuk, asri, dan hijau. Anda telah membuat keputusan yang tepat dengan memasukan Panderman sebagai destinasi liburan Anda pekan depan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)