earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada rencana liburan dengan tema outdoor tapi masih belum sempat memilih destinasi wisata yang pas? Tak perlu khawatir. Cobalah sekali-kali lakukan wisata ala pendaki di Gunung Butak.

Gunung yang ada di Kabupaten Blitar ini memiliki pesona alam yang pastinya akan membuat liburan Anda jauh lebih berkesan dan berwarna.

Bagaimana tidak, tempat wisata alam gunung ini mempunyai spot-spot foto alami yang sayang jika Anda abaikan begitu saja. Cocok sekali untuk Anda yang gemar hunting foto sambil liburan.

Seputar Gunung Butak

Gunung Butak merupakan sebuah gunung tipe stratovolcano yang berada di kawasan perbatasan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Secara posisi, gunung ini terletak tak begitu jauh dengan Gunung Kawi.

Kemudian soal sejarah letusan, belum ada informasi yang valid seputar peristiwa erupsi gunung ini hingga sekarang ini.

Gunung ini berada di ketinggian 2.868 mdpl, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Gunung Raung dan Gunung Semeru.

Jalur pendakian gunung ini juga termasuk mudah sehingga sangat cocok untuk wisatawan umum dan pendaki pemula.

Terdapat dua pilihan jalur pendakian menuju puncak gunung ini, yaitu pendakian via Panderman atau pendakian via Sirah Kencong.

Lantas, ada daya tarik apa di gunung ini? Untuk mengetahui info detailnya, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Gunung Butak

Jalur Pendakian Gunung Butak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada beberapa daya tarik yang telah berhasil kami rangkum dari tempat wisata Malang ini. Diantaranya adalah sabana yang luas dan pemandangan alam dari puncak gunung.

Sabana Luas

Jika Anda menyukai pemandangan rerumputan, ilalang, atau sabana yang luas, Anda memilih gunung yang tepat. Gunung ini memiliki padang sabana yang sangat luas.

Menariknya lagi, sabang sabana ini berisikan bunga abadi, yaitu Bunga Edelweis. Kami sarankan untuk berkunjung di Bulan Juli atau Agustus agar Anda dapat menyaksikan Bunga Edelweis yang bermekaran.

View Perbukitan

Selain sabana yang luas seperti di Semeru, daya tarik lainnya dari gunung berapi ini adalah view perbukitan yang ada di sekeliling sabana. Anda boleh mengabadikan view indah ini dengan kamera Anda.

Camping 

Kontur tanah sabana yang datar kerap dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda. Terdapat juga sumber air bersih tak jauh dari Sabana.

Intinya, area sabana ini adalah tempat yang paling ideal untuk camping.

Setelah mendirikan tenda, Anda bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati bekal makanan khas Malang yang awet, yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

View dari Puncak

Mungkin bagi kebanyakan wisatawan, hiking menuju puncak gunung ini adalah sesuatu yang melelahkan. Akan tetapi, saat sampai di puncak, rasa lelah yang Anda rasakan akan langsung sirna.

Mengapa? Karena ada pemandangan alam yang memukau di hadapan Anda. Dari puncak, Anda dapat melihat gagahnya Gunung Arjuno. Belum lagi selimut awan putih yang terlihat mengelilingi Arjuno.

Pesona Sunrise 

Saat pagi menjelang, jangan lewatkan momen sunrise dari atas puncak. Jika Anda beruntung, Anda akan menyaksikan hamparan awan yang terlihat menguning keemasan ketika mentari mulai muncul.

Momen ini akan menjadi momen terbaik untuk memotret sunrise lengkap dengan hiasan awannya. Usai puas menikmati sunrise, santai sejenak sambil menikmati secangkir kopi panas lengkap dengan camilan.

Misteri dan Pantangan

Selain keindahan panorama dari puncaknya, gunung ini juga menyimpan banyak misteri. Terlebih lagi, banyak kejadian janggal yang sering kali ditemukan para pendaki.

Contohnya seperti munculnya burung gagak, suara aneh seperti hewan dan lonceng dan lainnya. Keganjilan tersebut tidak lepas dari cerita warga sekitar mengenai sosok putri serta keris Kyai Ampal Bumi.

Untuk itulah ada beberapa larangan serta aturan yang harus Anda patuhi saat berkunjung. Seperti tidak berkata kasar, berlaku sopan, dan tidak melakukan tindakan senonoh saat pendakian.

Fasilitas di Gunung Butak

Misteri Gunung Butak

Anda mungkin penasaran dengan fasilitas yang ada di wisata alam gunung ini, bukan? Di sekitar gunung ini terdapat fasilitas penginapan yang cukup terkenal.

Selain penginapan, tempat wisata ini juga mempunyai fasilitas toilet untuk keperluan MCK. Terdapat sejumlah warung kecil yang sering menjadi tempat wisata kuliner Malang bagi para wisatawan yang hendak mendaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Butak

Wisatawan yang ingin melakukan aktivitas hiking di gunung ini harus daftar terlebih dahulu dengan membayar tiket masuk di basecamp.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan, ada tambahan biaya untuk parkir yang nominalnya tak mahal.

Berikut adalah info HTM dan biaya parkir terbaru di objek wisata pendakian ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00/ orang
Parkir Motor Rp5.000,00/ unit
Parkir Mobil Rp10.000,00/ unit

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Gunung Butak

Lokasi Gunung Butak

Letak gunung berapi ini diantara wilayah Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Lokasi ini cukup dekat dengan Gunung Welirang.

Jika berangkat dari Kota Malang, rute yang dilalui bisa dengan memilih Jalan Ir. Soekarno.

Alternatif rute lainnya yaitu melalui Jalan Raya Lawang-Malang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Waktu tempuh ini terbilang lama jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Pastinya juga akan cukup melelahkan.

Sepertinya menyewa kendaraan di Salsa Wisata adalah keputusan yang tepat. Ada banyak pilihan produk paket sewa mobil yang kami tawarkan.

Salah satunya adalah paket sewa mobil Hiace Premio Malang yang tangguh untuk segala medan.

Jam Operasional Wisata Gunung Butak

Sama dengan wisata gunung pada umumnya, Anda dan wisatawan lainya dapat memulai aktivitas hiking kapan saja dan di mana saja.

Sebab, wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam. Libur nasional tetap buka dengan jam operasional yang sama.

Bagi wisatawan umum, hiking adalah kegiatan yang cukup menantang dan tetap fun karena akan menemui hal menarik di atas sana. Fasilitas yang ada juga cukup lengkap sehingga wisatawan pun tetap nyaman.

Jika Anda sangat penasaran dengan serunya sensai Gunung Butak dan ingin membuktikan pesona alamnya secara langsung, segera atur persiapan perjalanan Anda dari sekarang.

Gunakan paket gathering Malang murah dari Salsa Wisata agar rencana perjalanan outbound atau wisata outdoor Anda bersama rombongan dapat berjalan lancar.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)